Serangan Taliban Tewaskan 100 Lebih Pasukan Afghanistan

Dok. Patroli Pasukan Afghanistan. (Marcus J. Quarterman, U.S. Army)

Moskow, Jakartagreater.com   –  Sebuah ledakan bom mobil terjadi pada hari Senin 21-1-2019 di dekat pangkalan Pasukan Khusus Afghanistan di provinsi pusat Wardak, dilaporkan penyiar TOLOnews, mengutip pemerintah setempat.

Sebanyak 126 anggota pasukan keamanan Afghanistan tewas dalam serangan oleh gerilyawan garis keras Taliban di sebuah kompleks militer di provinsi Wardak tengah, pada Senin 21-1-2019, Reuters melaporkan mengutip seorang pejabat senior Kementerian Pertahanan Afghanistan yang ingin namanya tetap anonim, dirilis Sputniknews.com, pada Senin 21-1-2019.

Seorang pejabat setempat mengkonfirmasi jumlah korban tewas melebihi 100. Sebelumnya pada hari yang sama, Xinhua melaporkan bahwa serangan terhadap pangkalan pasukan keamanan Afghanistan di kota Maidan Shahr di provinsi Wardak di Afghanistan tengah menewaskan sedikitnya 18 orang dan melukai 27 lainnya.

Bom meledak sekitar pukul 7 pagi waktu setempat (02:30 GMT) di kota Maidan Shahr, menurut penyiar TOLOnews. Juru bicara gubernur provinsi, Rahman Mangal, mengatakan sebelumnya bahwa ada korban jiwa akibat ledakan itu, tetapi dia tidak dapat memberikan data yang tepat saat ini.

Sehari sebelumnya, sebanyak 8 orang tewas dan 10 lainnya cedera akibat serangan militan terhadap konvoi kendaraan yang membawa gubernur dan pejabat senior lainnya dari provinsi Logar, Afghanistan tengah, menurut kantor berita Khaama.

Taliban adalah kekuatan besar yang memerangi Kabul untuk menguasai negara itu. Kelompok ini berhasil merebut kekuasaan pada pertengahan 1990-an sebelum digulingkan pada 2001.

Afghanistan telah lama menderita dari situasi politik, sosial dan keamanan yang tidak stabil karena aktivitas berbagai kelompok teroris dan radikal. Pasukan Pertahanan dan Keamanan Nasional Afghanistan, didukung oleh koalisi yang dipimpin AS, telah melakukan operasi ofensif bersama untuk memerangi terorisme di seluruh negeri.

Tinggalkan komentar