Serbia Luncurkan “Sumadija”, Sistem Peluncur Roket dan Rudal Baru

Sistem peluncur rudal dan roket “Sumadija” buatan Yugoimport Serbia. © Vladimir Zivojinovic

Serbia Luncurkan "Sumadija", Sistem Peluncur Roket dan Rudal Baru 1

Sebuah perusahaan pertahanan asal Serbia yaitu Yugoimport telah mengembangkan sistem peluncur roket dan rudal universal terbaru yang disebut dengan “Sumadija”, seperti dilansir dari Defence Blog.

Peluncuran sistem multi peluncur roket dan rudal tersebut diumumkan perusahaan di ajang “Partner 2017”, sebuah Pameran Persenjataan dan Peralatan Pertahanan Internasional yang berlangsung di Beograd, Serbia.

Sumadija yang baru adalah platform peluncur universal yang mampu menembakkan roket tanpa pemandu “Jerina 2” ataupun rudal berpemandu “Jerina 1”.

Pada bagian belakang kendaraan peluncur Sumadija dilengkapi platform penggerak dengan tabung peluncur yang bisa meluncurkan roket atau rudal permukaan ke permukaan. Sistem ini memiliki empat roket atau rudal dalam posisi siap diluncurkan.

Sistem peluncur rudal dan roket “Sumadija” buatan Yugoimport Serbia. © Vladimir Zivojinovic

Serbia Luncurkan "Sumadija", Sistem Peluncur Roket dan Rudal Baru 2

Sistem peluncur roket dan rudal terbaru tersebut, berbasis pada chassis truk 8×8 Tatra dan memiliki kabin berlapis baja untuk mengoperasikan stasiun peluncur. Awak dan kabin diberi perlindungan terhadap tembakan senjata ringan dan serpihan amunisi.

Rudal permukaan-ke-permukaan Jerina 1 memiliki jangkauan hingga 285 km, sedang Jerina 2 memiliki jangkauan maksimum hingga 75 km.

Leave a Reply