Apr 232018
 

Belarus Air Force MiG-29. (photo: Dmitriy Pichugin via commons.wikimedia.org)

Belgrade, Jakartagreater.com – Tentara Serbia telah menerima 4 jet tempur MiG-29 dari Belarusia, ujar Menteri Pertahanan Serbia Aleksandar Vulin dalam sebuah wawancara dengan harian Serbian Politika pada hari Minggu, 22-4-2018, dirilis TASS.

“Di bawah kesepakatan antara Presiden Serbia Alexandar Vucic dan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko, Belarus telah memberi kami jet tempur dan kami sangat berterima kasih untuk itu,” katanya, menambahkan bahwa berkat pasokan 6 jet tempur MiG-29 dari Rusia dan 4 pesawat tempur seperti itu dari Belarusia, Serbia akan memiliki 14 jet tempur.

Menteri pertahanan Serbia mengatakan bahwa ketika mengunjungi Moskow pada bulan April ia telah melakukan pembicaraan dengan timpalannya dari Rusia, Sergei Shoigu tentang pasokan 4 Helikopter tempur Mi-35, 4 Helikopter transportasi Mi-17, tank T-72, kendaraan lapis baja infanteri BMP-2. dan sistem pertahanan Rudal.

Enam jet tempur MiG-29 tiba di Serbia pada Oktober 2017. Sekarang pesawat-pesawat tempur harus dimodernisasi dalam 3 tahap. Negara ini berencana membelanjakan 180 juta hingga 230 juta euro untuk tujuan ini. Bersama dengan jet tempur MiG-29, bantuan Rusia ke Serbia akan mencakup 30 tank T-72 dan 30 kendaraan patroli tempur BRDM-2.

Selain itu, pihak-pihak mendiskusikan pasokan sistem rudal Buk-M1 dan Buk-M2 serta sistem senjata dan peluru kendali permukaan-ke-udara Tunguska. Sebelumnya, Belarus mengumumkan rencananya untuk menyerahkan ke Serbia pada tahun 2018 delapan jet tempur MiG-29 dan 2 sistem Rudal Buk dengan syarat bahwa Belgrade membayar untuk perbaikannya. (TASS).