Jul 172014
 
image

Kendaraan LVT-7 Marinir dalam latihan RIMPAC 2014 (all photos : Marinir)

Prajurit Korps Marinir TNI AL Serbu Hawaii

Dispen kormar (Hawaii). Satu peleton Korps Marinir dipimpin Lettu Marinir William David Halley, Minggu (13/7) melakukan serbuan dengan kendaraan tempur (ranpur) amfibi LVT (Landing Vehicle Traked)-7 di MCTAB (Marine Corps Training Area Bellow), Bellow Beach, Hawaii.

image

Serbuan mekanis dalam bentuk Kerjasama Infanteri Tank (KSIT) gabungan infanteri dan ranpur Korps Marinir tersebut merupakan bagian dari skenario latihan Satgas Latma Rim of the Pasific (RIMPAC) 2014 dibawah kendali Komandan Kompi Kapten Marinir Helmy Hamsyir yang dilaksanakan di Hawaii. Kegiatan ini dalam rangka menyelesaikan perintah operasi di sasaran CLT objektif 4 (mount site 2) guna pengamanan objek vital air, dan mengamankan AO (area of operation) PLT 2 CLT 2. Selain itu juga dilaksanakan patroli sektor guna pengamanan jalur logistik dari satuan atas selama dua hari ke depan.

image

Sebelumnya pada Jumat (11/7) prajurit Korps Marinir TNI AL melaksanakan latihan pendaratan di pantai Bellow, Oahu, Hawaii. Pendaratan yang juga diikuti personel gabungan dari Amerika, Australia, dan Tonga ini melibatkan dua ranpur amfibi Landing Vehicle Traked (LVT)-7 dan 13 unit Assault Amphibious Vehicle (AVV) yang diluncurkan dari kapal perang Amerika USS Rusmore LSD-47.

image

Pendaratan dua buah LVT-7 milik Korps Marinir TNI AL yang dipimpin Lettu Marinir Remon Dabuke, berhasil mendarat di pantai setelah menempuh jarak kurang lebih 8255 meter dalam waktu 1 jam 20 menit. Usai mendarat dilanjutkan dengan melaksanakan pertahanan/ harbouring di Marines Corps Training Area Bellow (MCTAB).

image

Pada waktu yang sama, di tempat berbeda, satu peleton Marinir yang dikomandani Kapten Agus Muttaqim melaksanakan HELO (Helly Operation) yang on board di kapal perang USS Peliliu LHA-5.

image

Latihan ini dilaksanakan sebagai kerjasama infanteri dan ranpur saat operasi darat untuk menguji kecepatan dan kekompakkan dalam penyerangan dan pertahanan secara cepat dan aman. (marinir.mil.id).

  30 Responses to “Serbuan Amfibi Marinir di RIMPAC 2014”

  1. Mantaap

  2. Mantap,kelas dunia marinir kita,lanjutkan….!!!

  3. Angkatan darat donk mas sesekali. Koq ditirikan yah?

  4. 4(sekawan).

  5. Met malam Warjag…….

  6. maaf OOT nih, baru aja ada berita pesawat MAS 777 milik malaysia airlines hilang kontak di sekitar perbatasan ukraina rusia ( berita di tv one ) .
    kok kebetulan bgt di line berita di metro tv jet tempur rusia menembak jatuh pesawat ukraina. kira” ini sama gak ya ? beda pesawat ato enggak?

  7. iya Bung @tama, turut prihatin dg musibah itu

  8. breaking news, pesawat malaysia airlines jatuh di perbatasan ukraina dengan rusia,
    berita masih simpangsiur,ada yang mengatakan pesawat di tembak jatuh.

  9. mantafs…, maju terus TNI AL

  10. Lanjutttkkaaann

  11. <:D
    ?) siap !!!
    _||_ Komandan !!!

  12. Afirmative 😈

  13. Bung wer, marinir kok gak bawa tank bmp 3f nya ? Cuma bawa panser aja ?! ????

  14. 15…hadiir

  15. absen

  16. semoga TNI AL medio Juli 2014 hingga akhir tahun 2015 sudah diperkuat tambahan armada baru :
    3 Light Frigat …. 8 KCR – 60, 16 KCR – 40 , 10 KPC – 43 ….

  17. Kendaraan Tempur Baru Angkatan Darat Rusia Adopsi Konsep LEGO
    13 July 2014 Dmitriy Litovkin, spesial untuk RBTH

    Pasukan darat angkatan bersenjata Rusia tengah mengembangkan platform tempur universal untuk tank dan kendaraan tempur.

    http://nl.media.rbth.ru/web/id-rbth/images/2014-07/big/RIAN_01246338.HR.ru_468.jpg

    Tank berat terbaru Rusia akan mulai beroperasi pada awal 2015. Berdasarkan keterangan Wakil Presiden Komisi Militer-Industri Pemerintah Rusia Oleh Bochkarev, tank tersebut akan ditampilkan dalam parade Hari Kemenangan di Lapangan Merah.

    Kehadiran tank bernama Armata menandai angkatan bersenjata Rusia telah memasuki era baru platform tempur universal yang digunakan sebagai basis produksi semua tank dan kendaraan tempur.
    Victor Murakhovsky, ahli persenjataan kendaraan tempur lapis baja menjelaskan bahwa standardisasi tersebut menyederhanakan operasi militer dan penggunaan teknologi dalam pertempuran. Seperti balok LEGO, sebuah casis dapat digunakan untuk mengubah modul dan peralatan khusus tanpa harus melakukan banyak perubahan pada desain mesin itu sendiri.

    Menurut sang ahli, proyek ini tengah dikembangkan di tiga bidang utama. Di bidang peralatan berat berbobot hingga 60 ton, proyek ini disebut Armata. Hasilnya akan berupa pembuatan tank tempur utama—sebuah kendaraan tempur berat infanteri dalam keluarga teknologi rekayasa angkatan darat Rusia.

    Proyek Rahasia

    Armata merupakan sebuah proyek yang sama rahasianya seperti proyek pesawat T-50 generasi kelima yang muncul beberapa waktu lalu. Satu-satunya yang diketahui tentang tank baru ini adalah bahwa tank tersebut akan memiliki menara kecil tanpa awak. Kru akan mengoperasikan tank ini dari sebuah kapsul lapis baja yang terisolasi, yang akan meningkatkan perlindungan dari tembakan musuh. Uji coba tank baru ini akan dimulai tahun depan dan pengiriman ke angkatan darat akan dilakukan dalam periode 2015-2020.

    Wakil Perdana Menteri Rusia Dmitry Rogozin menyatakan, dalam periode tersebut tank baru ini akan dipamerkan dalam parade Moskow di Lapangan Merah. Kementerian Pertahanan berencana mendatangkan setidaknya 2.300 unit kendaraan ini pada parade Hari Kemenangan.

    Kendaraan Lapis Baja Sederhana yang Canggih

    Bidang selanjutnya adalah lini kendaraan lapis baja berbobot hingga 25 ton, Boomerang dan Kurganets. Fitur utama kendaraan tersebut adalah mesinnya yang akan ditempatkan di depan, alih-alih di belakang. Ini akan melindungi kru dari tembakan langsung musuh, sekaligus memungkinkan untuk membuat kompartemen pasukan penuh di bagian belakang kendaraan. Personel akan keluar dari kendaraan melalui pintu ayun atau ramp berengsel.

    Terakhir, bidang ketiga ialah kendaraan militer ringan yang disebut Taifun. Dalam banyak hal, kendaraan di bidang ini berpenampilan futuristik, yakni sebuah kelompok lengkap platform kendaraan multifungsi. Kendaraan “paling sederhana” adalah sebuah mobil multigandar lapis baja yang akan digunakan untuk mengangkut personel militer. Karakteristik dasar kendaraan ini ialah mampu mengatasi halangan air dengan kedalaman lebih dari dua meter dan kecepatan lintas alam hingga lebih dari 100 kilometer per jam.

    Tempat duduk khusus antiranjau bagi personel disediakan di sisi-sisi dalam truk kontainer lapis baja. Tempat duduk tersebut dirancang untuk melindungi personel militer dari dampak ledakan jika truk melindas bom. Semua kursi memiliki basis ergonomis, sepenuhnya mengikuti garis punggung manusia. Tempat duduk ini dilengkapi dengan sabuk militer yang sama dengan yang terpasang pada mobil balap. Namun, semua tempat duduk di ruang kemudi tempur terpasang pada langit-langit kendaraan dengan lengkungan khusus. Desain ini sangat impresif dalam hal perlindungan dari ranjau darat.

    Mesin-mesin tersebut sepenuhnya terkomputerisasi. Dalam ruang kemudi, layar LCD menampilkan informasi teknis tentang kendaraan ini serta gambar langsung dari kamera-kamera yang dipasang di luar truk. Bahkan ketika pengemudi sama sekali tidak dapat melihat, kendaraan Taifun dapat diarahkan ke medan tempur hanya dengan instrumen.

    Bertaruh untuk Standardisasi

    Persyaratan lain kendaraan tempur modern adalah modularitas, yakni kemampuan untuk dipecah menjadi bagian-bagian terstandarisasi dan disusun ulang menjadi hal lain. Dalam keluarga KAMAZ Mustang baru, terdapat sepuluh jenis truk gandar dua, tiga, dan empat yang berbeda. KAMAZ telah menciptakan mobil lapis baja sendiri yang disebut Vystrel berdasarkan keluarga truk ini. Bahkan ada sebuah versi amfibi dari truk ini, yang dirancang untuk menggantikan GAZ-66 yang legendaris.

    Setiap lini sepenuhnya memungkinkan pertukaran bagian atau mekanisme untuk memfasilitasi perbaikan di lapangan. Perusahaan juga menawarkan suatu platform untuk merangkai sistem senjata. Sebagai contoh, sebuah unit angkut empat gandar menjadi bagian dari sebuah sistem rudal-senapan antipesawat Pantsir otomatis. Modul ini memiliki berat 24 ton.

    Kementerian Pertahanan Rusia berharap pembuatan jenis baru platform tempur terstandardisasi ini akan mengurangi biaya pemeliharaan armada dan meningkatkan efisiensi secara signifikan, karena casis yang sama dapat digunakan sebagai unit-unit tempur pelengkap dalam sebuah divisi tentara.

  18. ranpun hibah dari korsel ini ga ada RCWS nya yah?

 Leave a Reply