Jun 172016
 

Seoul – Pemerintah Korea Selatan memanggil Duta Besar Cina untuk Korea Selatan untuk menyampaikan protes keras atas penangkapan ikan secara ilegal oleh kapal-kapal nelayan Cina di perairan Korea Selatan.

Seorang pejabat Kementerian Luar Negeri mengatakan, Rabu (15/6/2016) bahwa Wakil Menteri Luar Negeri Kim Hyoung-jin memanggil Duta Besar Cina Qiu Guohong dan meminta Beijing segera mengambil langkah tegas dan efektif agar kapal-kapal nelayan Cina menghentikan penangkapan ikan ilegal di wilayah laut Korea Selatan.

Sementara itu, Duta Besar Cina menyatakan pemerintah Beijing tengah menangani isu itu secara serius, dan berupaya memperkuat pengendaliannya. Qiu juga menawarkan kedua negara mencari cara untuk menanggapi isu tersebut melalui konsultasi bilateral.

Korea Selatan dan Cina rencananya menggelar pembicaraan di awal bulan Juli di Seoul untuk membahas masalah kapal-kapal ikan Cina yang menangkap ikan secara ilegal.

Dok. Kapal ikan Cina yang ditangkap Korea Selatan

Dok. Kapal ikan Cina yang ditangkap Korea Selatan

Pembentukan Satuan Tugas Untuk Mengawasi Kapal Nelayan Cina

Atas kejadian itu, pemerintah Korea Selatan mengoperasikan satuan tugas besar-besaran mulai hari Rabu (15/6/2016) untuk menangani kapal-kapal nelayan Cina yang menangkap ikan secara ilegal di perairan Korea Selatan, dekat garis batas utara-NLL di Laut Barat.

Empat kapal perang besar, 8 unit kapal patroli kecepatan tinggi dan satu helikopter dikerahkan dalam operasi pengawasan.

Satuan tugas yang dibentuk pertama kali tahun 2014 ini, telah dioperasikan sebanyak tiga kali tahun lalu dan tahun ini. Hasilnya, 172 kapal nelayan Cina yang menangkap ikan secara ilegal telah ditangkap, dan sekitar 10 ribu kapal dipaksa keluar dari perairan Korea Selatan.

Polisi penjaga pantai Korea Selatan akan menempatkan satuan gerak cepat di lepas perairan laut sekitar pulau Yeonpyongdo dan muara sungai Hangang, dan melakukan operasi pengawasan terhadap kapal-kapal Cina.

Kbs.co.kr

Bagikan :

  39 Responses to “Sering Nyuri Ikan, Korea Selatan Panggil Dubes Cina”

  1.  

    Panggil aja dubes nya. Jewer aja kalo jawaban dubes china ngawur.

  2.  

    bagus, jangan dipantau saja

  3.  

    maaf dulu sempet ga suka banget etnis china..
    eh sekarang pacarku salah satu diantara mereka 😀

  4.  

    ternyata cina parah, tdk cuma kita yg diobok-obok, semua diobok-obok.
    STRATEGI JITU CINA dalam mengukur nyali suatu negara, nelayan maju duluan berani tangkap atau tidak, berani kasih sanksi atau tdk.

  5.  

    makanya seluruh LCS diklaim, ada 1,3 milyar perut yang perlu diisi !

  6.  

    China ini ya klu gak Yajuj pasti Majuj, klu sudah masuk kesuatu wilayah pasti bakal habis semua sumber daya alam nya, di laut nya udah over-fished.. sebentar lagi akan menginvasi negara2 tetangga baik secara fisik maupun non fisik. Embrace yourselves people, they are coming!!

  7.  

    Huuussss….jng gitu bro. Bung Colibri itu sohib saya. Itu memang spesialis dia.
    Jng menghujan dng kata2 kasar bung nanti dibanned admin nya. Apalagi ini bulan puasa.
    Selamat beraktifitas bung, semoga sehat selalu

  8.  

    172 kapal nelayan Cina yang menangkap ikan secara ilegal telah ditangkap, dan sekitar 10 ribu kapal dipaksa keluar dari perairan .

    maling rakus, hahaha
    sama dengan tetangga sebelah hahaha
    tenggelamkan aja kapal2nya 🙂

  9.  

    Ditenggelamkan saja kapalnya ……….. berani kagak ……….. ???

  10.  

    Begitu banyak kapal china bisa habis ikan di laut nih, ini semacam strategi ?…atau semacam signal ?..yg mengartikan kalo cina bisa lebih dari itu….

    jadi inget lord of the ring…
    awas serangan orc…..nya sauron…
    mereka banyak dan buas…

  11.  

    perjuangin bro kalo cewe ente seorang amoy, gak semua cina bertabiat jelek, btw kalo ente muslim jangan sampe kebawa doi ya bro muehehehe

  12.  

    Baca judulnya Kirain dubesnya yg nyuri ikan..

  13.  

    itulah knp dulu bu susi sanggat marah saat liat data bahwa lebih dr 6000 kpl ilegal yg menangkp ikn setiap hariny di lautan Ri.

  14.  

    @carien.pacar situ sapa namanya,jangan jangan istri saya?.

    wah piye maling kok dijadikan hoby!.

  15.  

    ternyata cina parah, tdk cuma kita yg diobok-obok, semua diobok-obok.
    STRATEGI JITU CINA dalam mengukur nyali suatu negara, nelayan maju duluan berani tangkap atau tidak, berani kasih sanksi atau tdk

  16.  

    china emang gitu gak pernah puas, tapi kalo ceweknya loyal pada suami.

  17.  

    tuh liat kamov yg jd gembala sapi sapi kapal china

  18.  

    di kasih lobang 1-1 pake kanon. buat ngurangin maling…. biar jd rumpon di laut.!!!

  19.  

    china Klepto….

    rakus serakah musuh bersama nih

  20.  

    ngga di indonesia..g di korea g di malaysia…kerjaannya kok nyolongin ikan tetangga…dah mending nyari ikan di samudera aja..gratis….g ada ngelarang

  21.  

    cina lgi cina lgi … dsr cinq maling kampret ….

  22.  

    mungkin di kira korea jg bagiam dri cina , negara yajuj majuj.. mn taiping nih

  23.  

    gitu..dong…mesti di kasih contoh dulu…..(saran ini bukan untuk negara sok jaguh yg senang duduk termenung d bilik)

  24.  

    Adili next ledakkan boommmmm

  25.  

    Membahas ISU INI??
    Sudah jelas maling di katakan isu oleh dubes maling

    Tapi klu di baca ini ma maling exra ordinary maling kahkahkah

    Bentar lagi rakyat korsel susah dapat ikan
    si cina kenyang makan ikan
    kasih racun saja ikannya biar 1.5 rakyatnya modar
    sisanya yg ada di dunia potong tangannya

  26.  

    seluruh cina di dunia di suntik mandul aja untuk mengurangi polusi penduduk, sekali lagi polusi bukan populasi yaa

  27.  

    Kalau saja ada ilmuwan yg mengkloning ikan dan ternak serta tumbuhan dgn cepat.dan effsien,permasalahan utk sumber pangan penduduk dunia akan teratasi.
    Semoga saja Tuhan mengabulkan
    Aminn

  28.  

    ini china suruh bikin aja ikan dari plastik kayak yg kemarin beras impor plastik ilegal dar china……

  29.  

    Tampilan baru..mantap

 Leave a Reply