Jul 112017
 

Pasukan AS di Afghanistan (Staff Sgt. Andrew Smith)

Washington – Seorang Sersan Satu Angkatan Bersenjata Amerika Serikat (AS) yang pernah bertugas di Irak dan Afghanistan, yang sekarang ditempatkan di Hawaii, ditangkap dengan tuduhan memberikan dukungan materi kepada pasukan garis keras ISIS, ujar Biro Penyelidikan Federal (FBI), Senin 10-7-2017.

Ikaika Kang, 34 tahun, yang diperbantukan pada Pasukan Tempur Penerbangan 25, Divisi Infanteri 25, telah diselidiki oleh pihak Militer dan FBI selama lebih dari 1 tahun, dan ditahan oleh FBI pada Sabtu 8-7-2017.

Menurut tuntutan kriminal yang diajukan di Pengadilan Distrik AS, di Honolulu, Ikaika Kang telah bersumpah setia kepada kelompok ISIS yang juga dikenal, pasukan tempur ISIS yang merebut sebagian besar wilayah di Suriah dan Irak untuk mendirikan sebuah kekhalifahan.

Ikaika Kang juga dituduh telah memberikan dokumen Militer dan latihan untuk kelompok tersebut, ujar FBI dalam sebuah pernyataan.

Ia menjalani sidang pertama di pengadilan pada Senin sore 10-7-2017

Ikaika Kang, seorang spesialis pengendali lalu lintas udara yang mencapai pangkat Sersan Satu, bertugas di barak Schofield, pulau Oahu. Ia telah menjalani tugas luar negeri di 3 Negara, yaitu di Korea Selatan (2002-2003), Irak (2010-2011) dan Afghanistan (2013-2014), menurut catatan pihak Militer.

Barak Schofield berjarak sekitar 27  Km dari Honolulu, didirikan pada 1908 sebagai Pos untuk pertahanan Pearl Harbor dan pulau Oahu. Barak tersebut merupakan rumah bagi lebih dari 22.000 anggota Militer dan keluarga mereka.

Pihak Militer berusaha mencegah terulangnya kekerasan oleh pasukan tempur yang berasal dari anggotanya sendiri, sejak peristiwa pada 2009 di Fort Hood, Texas. Pada saat itu Mayor NH, membunuh 13 orang dan melukai 32 lainnya dalam sebuah serangan yang ia sebut sebagai pembalasan atas perang yang dilancarkan Amerika Serikat terhadap dunia Muslim, dilansir , Antara/Reuters, 11/7/2017.

Bagikan:

  5 Responses to “Sersan Satu AS Ditangkap Karena Bantu ISIS”

  1.  

    Kok agen CIAnya gak ditahan? FBI gak berani usik CIA karena FBI domainnya domestik. Mengorbankan 1org sebagai kambing hitam untuk menutupi skenario yg lbh besar!

  2.  

    Ketahuan..

  3.  

    Ah… enggak juga kok… sapa bilang mami rika bermuka dua…. kalo dulu jaman Ramayana yg d hadapi Rama adalah dasa muka krn bermuka sepuluh… nah d jaman modern ini dasa mukanya yg mami rika… jd kurang tepat kalo mami rika d sebut bermuka dua.. krn yg benar adalah bermuka 10 aleas dasa muka musuhnya Rama sbg simbol kebenaran…

  4.  

    kasian tuh sersan jadi kambing hitam …padahal as hakikatnya itu isis

  5.  

    Dari pada terjadi “collateral damage” pada induknya…mendingan satu saja yang di salahkan….

 Leave a Reply