Jul 122014
 
Demonstran bersorak anti-Boikot, Divestasi dan Sanksi (BDS) pemrotes dalam perayaan Israel Parade di New York, Amerika (1/6). Parade tersebut dihadiri 35.000 orang. (AP/John Minchillo)

Demonstran bersorak anti-Boikot, Divestasi dan Sanksi (BDS) pemrotes dalam perayaan Israel Parade di New York, Amerika (1/6). Parade tersebut dihadiri 35.000 orang. (AP/John Minchillo)

Boston – Protes terhadap serangan Israel ke Gaza dilakukan di berbagai belahan dunia, tak terkecuali Amerika Serikat. Di Boston, protes terhadap Israel antara lain diselenggarakan oleh Jewish Voice for Peace, diikuti ribuan demonstran di 15 kota.

Selain menggelar demonstrasi, mereka juga melancarkan seruan boikot terhadap produk asal Israel. Salah satunya adalah kampanye menghentikan pembelian SodaStream yang dibuat di Tepi Barat dan diimpor ke AS.

“Kami berada di sini untuk mengutuk hukuman kolektif Israel atas Palestina, untuk meratapi hilangnya nyawa, dan untuk meminta pertanggungjawaban perusahaan-perusahaan yang memungkinkan kekerasan ini terjadi,” kata Lisa Stampnitzky, seorang aktivis HAM asal Boston.

Selain di Boston, aksi unjuk rasa menolak serangan israel juga dilakukan di New York, Chicago, Los Angeles, Philadelphia, dan San Francisco. Menurut Rabbi Alissa Wise, selain boikot, mereka juga menyerukan pemberlakuan sanksi terhadap Israel.

Ada setidaknya sembilan produk asal Israel yang beredar luas di AS. Menurut situs Mic.com, produk-produk ini mengalirkan keuntungan tak sedikit bagi perusahaan Israel. Boikot diharapkan para penggiatnya sebagai taktik untuk menekan Israel agar mengubah sikapnya.

Di antara produk asal Israel yang diimbau untuk diboikot adalah:

Sodastream
Minuman bersoda ini mendunia setelah Scarlett Johansson menjadi bintang iklan produk ini. Sodastream ini diproduksi di Ma’ale Adumim, salah satu dari banyak pemukiman ilegal Israel yang merupakan wilayah Palestina “Tentara Israel secara paksa mengusir 200 keluarga Palestina dari rumah mereka untuk menyediakan lahan demi pembangunan pabrik mereka,” kata Rafeef Ziadah, juru bicara Komite Nasional Kampanye Boycott, Divestment, and Sanctions (BDS). Mereka baru-baru ini mengumumkan rencana untuk mengusir lagi 2.300 warga Palestina untuk membuat jalan bagi pertumbuhan permukiman.

Jaffa Oranges
Jeruk Jaffa yang mendulang keuntungan besar ini dikembangkan di tanah ilegal milik bangsa Pelestina. Banyak buah-buahan dan sayuran yang dikembangkan perusahaan ini di Lembah Yordan di Tepi Barat. Selain melanggar hukum internasional, pertanian komersial di daerah tersebut menghalangi akses petani Palestina atas air. penduduk Palestina kerap harus membeli air dengan harga mahal untuk tanah pertanian mereka.

Ahava
Ahava berarti cinta dalam bahasa Ibrani, tapi cerita di balik produk ini tidak romantis. Pabrik utama perusahaan yang berbasis di Mitzpe Shalem, berada di sebuah wilayah pendudukan. Lokasi ini memberikan Ahava akses istimewa pada mineral dan lumpur Laut Mati, yang merupakan bahan dasar masker wajah, body scrub, dan pelembab, produk andalan mereka. Perusahaan ini mendulang keuntungan US$ 150 juta per tahun dari penjualan produk-produk ini, sementara warga Palestina dilarang memanfaatkan sumber daya Laut Mati.

Golan Heights Wine
Menurut website-nya, anggur ini dikembangkan di kebun-kebun anggur kelas dunia milik Israel. Sayangnya, bagaimanapun, tempat itu berada di dataran tinggi Golan, wilayah yang disita dari Suriah dalam Perang 1967. Sebanyak 140 ribu orang yang semula tinggal di Golan dipaksa mengungsi dan belum diizinkan untuk kembali.

Victoria Secret
Victoria Secret ditargetkan oleh kampanye BDS karena tekstil mereka diambil dari Delta Galil Industries, sebuah perusahaan dengan sebuah gudang di Barkan Industrial Zone, sebuah pemukiman Israel di Tepi Barat. Victoria Secret, bagaimanapun, bukanlah satu-satunya perusahaan yang membeli bahan-bahan dari wilayah pendudukan Israel. Delta Galil juga memasok kain ke Walmart, Calvin Klein, Nike, dan Columbia.

Kurma Medjool
Kurma super-manis ini adalah produk andalan Palestina, secara tradisional dimakan untuk berbuka puasa. Tapi hari ini, lebih dari setengah panen global kurma medjool diproduksi oleh Israel, dari perkebunan yang dibuka di pemukiman di tanah Palestina dan khususnya di Lembah Yordan. Di sana, praktek perburuhan ilegal tercatat pada skala yang signifikan: pada tahun 2008, 7.000 anak-anak Palestina dipekerjakan di perkebunan itu.

Beberapa organisasi nirlaba juga bergabung dalam aksi ini, antara lain American Friends Service, Grassroots International, dan Ads Against Apartheid, sebuah kelompok yang secara periodik berkampanye melalui poster anti-Israel pada sistem transportasi di Boston.

Komunitas Yahudi Boston enggan mengomentari aksi ini. “Kami mencurahkan semua energi kami untuk mendukung Israel yang kini menghadapi situasi sulit,” kata Margolis Elana, asisten direktur Jewish Community Relations Council.

Boston adalah kota pendidikan di Amerika Serikat. Mahasiswa cerdas berbagai negara ada sekitar 10 persen yang ikut kuliah di Harvard University, Boston.

Boston adalah kota aristokrat dan pendidikan. Orang orang di kota ini dapat menjalani pendidikan dengan baik, karena didukung oleh suasana kota.

Di sisi lain, organisasi pro-Israel juga berencana menggelar aksi dukungan bagi Israel. Aviva Malveira, salah satu penggagasnya, menyatakan kekecewaannya dengan ulah sekelompok kaum Yahudi yang menggelar protes anti-serangan Israel. “Sangat disayangkan dan menyedihkan bahwa Jewish Voice for Peace menyelaraskan diri dengan agenda anti-Israel. Mereka menyalahkan semata-mata pada Israel atas apa yang sekarang terjadi di Palestina,” katanya.

Wise mengatakan konflik itu harus dipahami secara utuh, bukan sekadar tentang penculikan dan pembunuhan tiga remaja Israel. “Ini adalah konflik yang kembali terulang selama 47 tahun ini,” katanya. (Tempo.co).

Bagikan :

  68 Responses to “Seruan Boikot Produk Israel di AS”

  1.  

    Pertamax

    •  

      Kok lama-lama artikelnya bukan tentang militer ya….? apa bung diegonnya lagi siaga satu, shg artikel apa saja langsung di upload.

    •  

      Maunya sih Warjag tidak hanya membahas alutsista dan militer, tapi juga isu-isu yang mendukung pembangunan Indonesia atau pun yang menjadi perhatian besar masyarakat. Menu utama tetap Alutsista 😀

      •  

        setuju bung Diego… hanya dengan melihat keluar kita bisa menilai kondisi sebenarnya negara kita jika dibandingkan dengan negara-negara lain…

        ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari konflik palestina ini… minimal dari konflik ini kita bisa sama-sama menjadi saksi atas standar gandan yang diterapkan amerika…

        jika korea utara atau rusia yang berulah, amerika protes dan melakukan aksi boikot… tapi jika israel yang berulah, amerika bilang itu hak mereka

        •  

          setuju bung afiq. 1 org israel terluka langsung bilang melanggar HAM. tapi ratusan orang, ibu2, anak2 Palestina dibom bilang membela warga Israel..hmm..Polisi Dunia yg aneh

  2.  

    Absen,izin nyimak

  3.  

    nomor 3 ndai

  4.  

    4

  5.  

    10 besar

  6.  

    I love kurma medjol. Sekarang kurma medjol terbaik di dunia justru berasal dari gurun California, US. Sekarang produk ini dijual di Kuala Lumpur, seharga RM290 untuk setiap kemasan 350gram, atau lebih dari Rp1juta/350gram. Kenyataan pahit bagi saudara kita di Palestine..!

  7.  

    pray for Gaza…Go 2 hell to zionist

  8.  

    7

  9.  

    Kesejahtraan hanya bisa terwujud dalam perdamaian. Semoga perdamaian segera terwujud di tanah Palestina. DamaiSejahtra untuk sahabat ku di gaza.
    Ada tim rainbow lg ga?

  10.  

    Assalamualaikum ijin nyimak, 10 besar.

  11.  

    ???????????????

  12.  

    Boikotlah apa yg bisa diboikot dan sebaiknya listnya spesifik produk yg dibuat di daerah pendudukan. Tapi ada juga yg sulit diboikot spt prosesor yg minimal R & D nya ada di israel
    1. Intel: http://www.intel.com/cd/corporate/europe/emea/heb/290083.htm
    2. AMD: http://www.globes.co.il/en/article-1000651071
    3. Qualcomm: http://www.iati.co.il/company/2821/qualcomm
    4. Mediatek: http://www.mediatek.co.il/

  13.  

    kang somay…tu doa gue br denger ko kejem banget ya he he he..peace

  14.  

    Hmm saya tidak menampik hal ini bung.. saya pernah ikut pengajian juga.. hasilnya iran memang sedang bersandiwara seakan2 bermusuhan dengan yahudi

  15.  

    Justru itu kemarin sby telp perdana mentri iran , bukannya negara arab lainnya

  16.  

    @bung cinta sby, saya juga suka dengan komen anda.. Salam..

  17.  

    he he he
    ajib……….
    salam damai bung

  18.  

    Demonya kurang seru, mungkin kalo ada bakar membakar baru ada reaksinya

  19.  

    seandainya semua umat muslim diarab mau bersatu pasti israel bs ditendang dr tanah palestina sejak dulu..

  20.  

    menurut saya organisasi semacam hamas atau hizbulah,akan lbh baik tdk melakukan provokasi kpd pihak israel,krn setiap provokasi akan di respons israel berlebihan..jd menurut saya hamas harus mulai berfikir dan bertindak lbh hati2 lah,kasian bgt dgn org2 yg tdk tahu apa2 jd sasaran balas dendam israel..hamas sdh mempertaruhkan nyawa rakyat gaza cm utk mencari simpati dunia,israel jg bertindak sangat2 tdk manusiawi..dunia menangis,saya pun menangis melihat seorang bpk menggendong anaknya yg entah itu terluka atau sdh tak bernyawa..saya berkata dlm hati,”Tuhan,dimana engkau..?”

  21.  

    amiiin, it’s not about religion, it’s about humanity..

  22.  

    Palestine ngga semuanya Muslim, ada juga Kristen; Palestine Kristen jumlahnya makin lama berkurang! Pelanggaran kemanusiaan Zionist bukan hanya terhadap Muslim tapi juga Kristen Palestine

  23.  

    dan prlu di ingat bhw ” entitas ” israel tdk akan berhenti menggerogoti tanah palestina, sblm mrk brhsl mendirikan “negara” israel raya.
    dan itu merupakan cita2 utama fhm “zionist”(apartheid).

  24.  

    Setuju sama bung frans,hamas harus mengusulkan gencatan senjata untk mengakhiri konfik.menurut sy palestina harus menjadi negara yang diakui pbb dulu,baru bahas perbatasan sama israel secara diplomatik di pbb ato yang lain(sy kurang tau) kalau pake kekerasan malah rakyat sipil yg sengsara(ato hamas emang lg nyari sumbangan n perhatian kaya biasanya,ini denger2 dari tmn di kerawang yg kemaren maen di libanon).

  25.  

    sopo sih orgnya yg mau di jajah bung @kacung apa lagi mau jadi “kacung”nya penjajah, klo gk hamas sopo mane yg mau melawan israel.
    mana ada arab unta yg mau bela palestina.
    sprt kt dlu ketika para pahlawan kt mengadakan prlawanan apa kt londo?????? mrk blg extrimislah, terorislah,pemberontak pdhl mrk tu penjajah gk tau diri bgt….shittttt

  26.  

    Pasukan dengan karakter yang anda sebutkan memang cukup ditakutkan pasukan pengecut israel

  27.  

    #PrayforGaza Pray for Palestine…..
    maaf kawan2 mungkin pendapatku sedikit berbeda.
    Palestina Vs Israel bukanlah masalah agama melainkan masalah POLITIK.
    Tidak semua warga Israel adalah Yahudi, warga Israel jg ada Kristen dan Islam dan populasi warga Islam di Israel kalo saya tdk salah baca adalah 25% dari seluruh warga Israel, dan saya yakin tidak sedikit pula warga Islam Israel yang direkrut menjadi tentara yang skg membombardir Gaza.
    Palestina tidak semua warganya adalah Islam, ada warga Yahudi(sedikit), warga Kristen kalo saya tidak salah baca adalah 30% dari seluruh warga Palestina, saya meyakini warga Kristen Palestina skg pasti ikut angkat senjata melawan Israel.
    Saya beragama Kristen, jika saya warga Gaza(Palestina) saya jg pasti akan ikut angkat senjata melawan Israel, dan jika saya seorang warga Yahudi sekalipun tapi warga negara Palestina saya akan tetap angkat senjata melawan Israel. karena Palestina memperjuangkan hak untuk merdeka.
    Jadi mohon maaf mungkin pendapatku sedikit berbeda,
    So,… tanggalkan baju agama anda n tanggalkan kitab suci anda.
    Saya pribadi sangat mendukung PALESTINA MERDEKA, seperti halnya INDONESIA dulu berjuang melawan penjajah, begitulah situasi di Palestina sekarang.

  28.  

    dari bahasanya kayanya anda sdh pernah ke gaza neh..tlg dong beri pencerahan saya dan kawan2 disini siapa hamas sebenarnya,anda pasti tahu detilnya

  29.  

    Sy dak pernah kesana cuma denger2 doang dr temen dikarawang.

  30.  

    indonesia sdh menyatakan sikap blm ya?

    •  

      Sudah. Indonesia melalui dubesnya di PBB mendesak PBB mengeluarkan resolusi DK PBB tetapi seperti biasa US selalu berusaha menjegal dengan hak istimewa dan power yang mereka miliki. Hntuk itu kemarin Indonesia menggagas 2 pertemuan dengan negara GNB (skitar 137 negara) unclude dengan negara observer (ada US juga) dan OKI di hari yang sama. Hasilnya belum dipblikasi detailnya, hanya mereka sepakat melalui 2 forum itu untuk mendesak DK PBB mengambil sikap.

  31.  

    klo mau memboikot ya mudah saja….
    kita para warjagers saat lebaran nanti harus punya komitmen untuk tidak membeli produk coca cola, bila perlu mulai detik ini

    tp yg sy bingung si scarlett j diboikot jg gak ya…kan cantik n seksi juga…hehe…

  32.  

    Hahahaaaaaaaaa propaganda antek WAHbABAI neh. Saya Aswaja. Tp dlm konteks konflik Palestina vs Israel, Iran jelas jauh lbh konsisten membela Palestina dr pd Arab Saudi (WAHbABI antek YAHUDI) bung….!!!

    Maaf
    #EdisiTolakPropagandaWAHbABI

    •  

      iran yg pamer punya rudal jarak jauh, apakah pernah ditembakkan langsung ke israel ?? israel pun yg sudah tau bila roket yg ditembakan hamas juga dari iran, pernahkah israel menyerang langsung ke iran??
      pertanyaannya, apakah iran takut perang terbuka dgn israel, atau rudal iran hoax, atau krn memang mereka “bersaudara” 🙂

  33.  

    Masalahnya memboikot dg menampilkan merk produk dan keunggulannya sama saja dg promo gratis.

    •  

      Hmm… berarti harus pakai cara lain. Misalnya:

      Inilah produk-produk yg bisa melemahkan ekonomi mamarika dan isroil, silahkan beli:
      – elektronik : merk A, merk B ( merk-merk non mamarika dan non isroil )
      – otomotif : merk A, merk B ( merk-merk non mamarika dan non isroil )
      – minuman : merk A, merk B ( merk-merk non mamarika dan non isroil )
      – makanan : merk A, merk B ( merk-merk non mamarika dan non isroil )
      – pakaian : merk A, merk B ( merk-merk non mamarika dan non isroil )
      – dst

  34.  

    saya mungkin tidak bisa bantu mereka dengan fisik saya, semoga saya diberikan rejeki oleh Allah untuk membantu mereka dengan sedikit dana saya dan doa saya. Mohon bung diego bisa memberi nomor rekening Mer-C kalau bisa yang bisa transfer dari BRI, karena saya ada di desa yang cuman kenal BRI.

  35.  

    israel apa bisa diajak berunding? seruan uni eropa bahkan asu untuk menghentikan perluasan pemukiman yahudi ga didengar tuh.
    kenapa hamas disalahkan? perlawanan gaza muncul ada sebabnya, coba bayangkan hidup disana yg diibaratkan penjara raksasa,sekelilingnya diblokade israel dan dibawah todongan senjata2 maut israel apa ga strees tuh?
    saya yakin israel yg mulai mungkin untuk menguji senjata2 mereka,melatih prajurit2 baru atau apalah

  36.  

    bung frans anda juga menganggap hamas yg mulai tolong buktikan jangan cuma dugaan saja

  37.  

    Saya juga dukung anda Bung

  38.  

    decildekfish@anda punya keyakinan seperti itu..pertanyaannya,apakah anda pernah ke palestine(gaza) sehingga anda bs meyakinkan org tentang kondisi yg di alami masyarakat gaza..

  39.  

    Ane salut sama ide ente bun Aitarak. Berarti yang kita kirim pasukan Kanibal donk…, jangaan paasukan TNI dech yang di kirim kalau cuma utk di suruh makan organ manusia…..lebih baik sekelas robot gedek dan sumanto aja dech yang di kirim ke israel…hehehehe

  40.  

    Untuk pejuang pejuang palestina ALFAATIHAH……..

  41.  

    Tidak semua yahudi menyetujui apa yang dilakukan Israel. Semua berawal dari geakan zionis, lalu bermunculan fatah dan hamas.

  42.  

    like it :

    “aksi israel ini karena rasa tidak suka akibat fatah dan hamas melakukan rekonsiliasi”

    “Tidak semua yahudi menyetujui apa yang dilakukan Israel. Semua berawal dari geakan zionis”

  43.  

    Saya juga sependapat dengan anda bungFB..

  44.  

    Antek” usa termasuk singapork and malay

  45.  

    jd apa yg mesti kita lakukan ni bang asgar..

  46.  

    suwun @bung duke, ikut memberikan opini..

    Menurut saya, permusuhan US dan Iran itu sangat jelas, nyata, dan bukan sandiwara. Semula permusuhan itu adalah pesanan/tekanan dari Israel, terkait program nuklir Iran untuk keperluan energi dan medis. Tapi saat ini US terlibat seutuhnya ketika Iran membalas sanksi ekonomi NATO dengan menjual produksi minyak buminya tidak dalam mata uang US Dollar. Dan saat ini sedang terjadi perang proxy antara US dengan Iran di Suriah.

    Mesjid Ahlussunah? Agak aneh namanya. Menurut saya akan lebih baik jika nama-nama mesjid itu tidak mengandung kata yang memarginalisasi. Mungkin akan lebih baik jika nama mesjid itu seperti: Mesjid Baiturrahman, Mesjid Baiturrohiim, dll..

    Peace.. 😀

  47.  

    frans komen 18
    “menurut saya organisasi semacam hamas atau hizbulah,akan
    lbh baik tdk melakukan provokasi kpd pihak israel,krn setiap
    provokasi akan di respons israel berlebihan..jd menurut saya
    hamas harus mulai berfikir dan bertindak lbh hati2 lah,kasian
    bgt dgn org2 yg tdk tahu apa2 jd sasaran balas dendam
    israel..hamas sdh mempertaruhkan nyawa rakyat gaza cm
    utk mencari simpati dunia”
    anda sendiri seperti pernah di gaza sehingga bisa menilai hamas spt itu

  48.  

    HAM….HAM…HAM hanya sebutan lain di eropa untuk PORK, HAM memang mereka yg punya dan khusus untuk mereka, bukan untuk bangsa2 lain.

  49.  

    baca lagi sejarah bung. Saudi dulu adalah daerah yg tidak berada di bawah kekuasaan Turki Usmani. Keruntuhan Turki Usmani adalah takdir Allah. Adapun sebab-sebabnya antara lain karena para penguasa daerah (gubernur2) tidak lagi setia kepada pusat (mungkin karena urusan dunia, uang dan harta)) sehingga banyak dari mereka kemudian memberonntak. Nah disinyalir UK berada dibelakng pemberontakan2 tsb. UK yg dari sononya sdh bermuka dua mencoba bermuka manis kepada kedua belah pihak. Kepada pemberontak mereka memberikan bantuan persenjataan dan jg uang. Kepada pusat mereka jg memberikan HUTANG yg harus dibayar. UK terus mendanai pemberontak. Akibatnya pusat kewalahan pendanaan untuk membiayai perang menupas pemberontak. Liciknya UK, mereka terus menawarkan HUTANG kepada Sultan. Akhirnya sultan bangkrut karena banyak hutang dan tdk bisa membayar. UK meminta agar Sultan menjual Palestine untuk menutup utang, tp sultan bersumpah tdk sedikit pun tanah palestine akan di berikan.

    maaf cuma dpat baca dari buku

    •  

      Memang, awalnya sebagian kecil rakyat Palestine bersalah juga karena telah menjual tanah2 mereka kepada para Zionis yg saat itu telah menjadi wrga palestine. Nah oleh Zionis tanah2 yg dibeli kemudian dijual lagi kpd Zionis pendatang baru, dst..dst..hingga banyak tanah kemudian dikuasai oleh Zionis. Akan tetapi perlu di catat, rakyat palestine menjual tanah meraka kpd zionis karena ketidak tahuan bahwa pembelinya adalah Zionis dan mereka tdk mengetahui rencana besar Zionis pada Tanah Palestine.

  50.  

    betul bung, cuma pepesan kosong. Para penguasa Arab sdh terlanjur cinta dunia dan takut mati (koyo aku)

 Leave a Reply