Oct 082014
 

Tank Leopard saat melintas di Jalan Diponegoro Surabaya/Budi Sugiharto

Surabaya – Tank Leopard dikenal sebagai mesin pembunuh yang ampuh saat di medan perang. Bagaimana bila tank buatan Jerman itu melaju di jalan beraspal yang mulus?

Tank Leopard dan Marder yang dimiliki TNI hari ini bisa dinikmati warga Surabaya. Tank tempur berbobot sekitar 62 ton untuk medan berat itu berhasil melintasi jalan beraspal di Kota Pahlawan dengan mulus.

Parade tank ini dimulai dari Makodam V Brawijaya, Rabu (8/9/2014). 88 Tank dan Panser Anoa serta kendaraan tempur lainnya ditumpangi warga.

Warga sejak Pukul 07.00 Wib sudah berbondong-bondong ke makodam. Mereka ingin merasakan menumpangi kendaraan tempur istimewa keliling kota.

Pantauan detikcom, konvoi kendaraan tempur itu menyusuri jalan beraspal yaitu Jalan Gajah Mada menuju Jalan pertigaan Gunung Sari, Jalan Joyoboyo, Dipononegoro, Kutai, kemudian masuk komplek Makodam V melalui Jalan Hayam Wuruk.

Sepanjang perjalanan, warga yang menumpang kendaraan tempur tak henti-hentinya melambaikan tangan kepada warga lainnya yang menonton di tepi jalan.

Sejumlah pekerja di Jalan Kutai saat mengetahui ada tank lewat sempat kaget. Mereka yang berbondong-bondong keluar dari ruang kerjanya baru menyadari jika ada konvoi kendaraan tempur yang digelar untuk memperingati HUT ke 69 TNI.

“Asyik juga bisa naik tank ya. Sayangnya hari ini bukan hari libur, jadi gak bakalan bisa ikut,” kata Indah, salah satu karyawan lain yang bekerja di Jalan Diponegoro.

Selama perjalanan hampir 5 Kilometer itu, tidak ada jalan yang ditutup total. Petugas gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, Linmas dan Dinas Perhubungan sibuk mengatur lalu lintas di rute yang dilalui alat perang itu. (news.detik.com)

 Posted by on October 8, 2014

  92 Responses to “Serunya Keliling Menumpang Tank Leopard di Surabaya”

  1. OOORRRAAAHHHH!!!!!!!

  2. yesss

  3. :mrgreen:

    • Dengan Leopard “blusukan” turun ke jalan dan warga boleh menumpang, maka TNI semakin dekat dan di cintai rakyat.. sekaligus membuktikan bahwa TNI tdk salah pilih tank Leopard yg konon katanya “segelintir org” bikin jalan rusak…

  4. papat

  5. Keinginan masa kecil..dan sampe hari ini juga nggak terwujud….meweeeekkkk

  6. ijin nyimak dulu…

  7. Delapan

  8. Tentara dan rakyat menyatu

  9. jadi pengen tau komen lebih lanjut oleh mas melektech nih..
    :mrgreen:

    • Bung Melektech pernah berargumen diselingi dengan kata2 hanya sebuah nick name……
      Saya rasa beliaunya tidak akan berkomentar tentang ini bung Zod!
      Maaf salam kenal bung Zod!

  10. Ga ada video paradenya apa om?

  11. nangis dalam hati gara2 lagi nguli di luar kota

  12. Jalanannya TETAP MULUS………

  13. Kami yg jauh cuma bisa liat di tv doang,,,mungkin harus ada kebijakan pemerataan kekuatan TNI dan alutsista paling tdk di 5 pulau besar NKRI hehehehehhhh,,,

  14. bravo tni

  15. Amblass,,amblass,,amblass,,,yg dulu pd komen tanahnya gak kuatt hayoo ikutan naikk

  16. Ajegile itu tank kaya mobil bak, mungkin cuma di Indonesia yang seperti ini hahaha…. semoga TNI semakin dicintai rakyat dengan adanya acara begini, “Bersama Rakyat TNI Kuat” 😀

  17. Gayeng tenan..

  18. TNI bersatu dengan rakyat,hmmm betapa gaharnya..

  19. saya malu..malu..malu ternyata leopard tidak merusak jalan…malah ditumpangi sebanyak itu, tapi jangan coba-coba menyebrangi jembatan secara beriirngan ya, bisa ambles tuh jembatan

  20. Gayeng polllll…. 😀

  21. ini menjawab kritikan warga amblesiah

  22. Besok keluar di rekor dunia, tank leopard buat piknik keliling kota hanya ada di RI sebuah hubungan erat antara rakyat dan TNI. Tank belum dipakai buat latihan perang sudah di dahulukan rakyat yang menaiki, jerman dan negara dunia lainnya belum ada yang seperti ini.
    klo di dunia ada ladys first di negara kita ada ‘people first’ pencetusnya siapa lagi klo bukan TNI.
    no talk do more bukan basa basi

  23. He he sy paling banter naek BMP3,PT76 or BTR50…beruntunglah yg bs naek leopard…happy riding… 😀

  24. otak gue amblesh ngeliatnya… jd iri gara2 liatin warga naik si leo. kapan yah acara gini bisa di lakukan di makassr.

  25. Iri gua liatnya sedih.com

  26. Harusnya Pak TB juga ikut naik..hehehe…

  27. Aspalnya Di kota surabaya mantab, ambles gw jadinya…. \m/

  28. Waaaaaa. Sifat iri gw muncul abis liat poto ini. Mauuuuuuuuu. Kapan ya bisa naek leo. Mungkin klw dalam keadaan perang baru boleh numpang diatas leo sambil megang SS2 V5 pindad.

  29. yang di tv pernah mengaku sbg pengamat militer dan ada juga yg purnawirawan TNI,dulu pernah bilang jalanan aspal akan hancur klw di lewati leopard,woyyy pengamat sotoy lihat itu,dasar pengamat amatir,pasti orgnya lg nanggung malu krn argumenya yg sdh keluar sama kentutnya

  30. Kali ini warga surabaya yg ketiban rejeki…mewakili semangat seluruh rakyat indonesia,jadi terharu…dan sedih kapan ya bisa naik leo hu..hu..hu

    • wajar buat warga dan kota surabaya, pertempuran surabaya bukti bahwa pejuang akan kuat bersama rakyat….btw pengen juga ikutan naik dan keliling kota naik MBT bukan naek delman lg…thanks pak SBY

  31. Tidak baik membully bung apalagi beliau calon pemimpin kita, mungkin kemarin dia khilaf akibat salah penafsiran, dengan AD mempertunjukan hal ini dan diperkuat statement Jenderal Gatot sudah merupakan hal yang memalukan buat beliau.

  32. Bisa buat bantu warga nih klo angkutan umum mogok.Sekali angkut brapa orang tuh.Gile beneeeerr… 62.5 ton + warga =-65 ton.Koq bisa ya…? (HE..HE..HE..).

  33. mantab,, tni manunggal dengan rakyat,,

  34. @vassily

    Tolong dijaga comentnya, jangan memancing keadaan panas lagi. Sudahi saja hujat menghujat atau apalah yg ndak penting. Silahkan kritik apabila menurut anda kurang berkenan ato pas (tp tetep dijaga sopan santunnya), karena sekarang sudah bukan jamannya lagi hujat menghujat.

    Yang penting bagaimana memajukan bangsa Indonesia dengan cara yg positif, terserah cara anda seperti apa.

    salam…

  35. Nunggu komentar dari pak jokowi….

  36. wahhh,,,mantap.
    nah itu kenyataannya masyarakat di libatkan kok…kata siapa perayaan hut TNI masyarakat ngga di libatkan

  37. bung melektech mana ya?
    lumayan dah pernah naik leo

  38. lumayan besuk klo rebaran bisa buat mudik tank leo’nya

  39. Saluut ama org jerman yg nyiptain tank ini, secara perhitungan yg cermat dan akurat sempurna dlm membagi berat tank leopard merata bahkan sampai tiap inchi..

    TOT..??

    • Jerman pengalaman dengan tank berat Bung Petruk, bayangkan dari tahun 1940an sudah sudah ada model Tiger II (75 ton), Karl Mortar (120 ton), dan Maus (200 ton), Khusus dua terakhir memang gak pernah liwat jembatan karena dikhawatirkan amblesiah dan gak muat. Tapi untuk kelas dibawah 75 ton historynya paling banyak dihancurkan crew sendiri karena gak ada sucad/logistic, dan tidak ada yang nyemplung / amblesh di jalan padahal harus jalan di medan eropa yang berupa tanah gembur / salju untuk operasi di Rusia.

      • Maaf koreksi dikit bung grim..tanah eropa gak gembur bahkan padat karena kaya kandungan mineral tanahnya…tank tiger memiliki kelemahan desain pada tracknya yg sering macet melewati medan bersalju sehingga ketika di bawa ke rusia malah kd bulan bulanan T34 yg lebih lincah…tiger cm berjaya di medan eropa barat melawan tank tank sekutu yg secara keseluruhan lebih lemah dibandingkan tank tank jerman…

        • bung wehrmacht,

          seperti di bag lain dunia, jenis tanah eropa bervariasi juga…

          tanah hutan ardennes belgia bersifat lempung / lembek, tapi akan cukup keras jika membeku di musim salju, jerman tahu hal ini, dan pada saat itulah tank2 tiger mereka menerobos masuk, yang kemudian terkenal sebagai battle of bulge…

          • Bung danu…kampanye fall gelb dan operasi dinamo untuk menaklukan perancis dimulai dari hutan ardeness juga di musim panas Mei 1940…berdasarkan rencana manstein yg diolah dari taktik schieleffen pada PD1, gerak tipu seakan akan jerman akan menyerang dari sayap kiri padahal serangan utama dilakukan pada sayap kanan melewati ardeness belgia…itu berarti tanah ardeness cukup keras di musim panas..

  40. Hussss….. -_-

  41. Bung Gue /admin . N

    kemaren ane kirim foto hasil dari visit makodam 5 sama armatim .
    silakan di share dan diedt,karena belum sempat menata .

    oh ya bagi yang ingin melihat 3 Frigat ex Brunei / KRI JOHN LIE , KRI BUNG TOMO , KRI USMAN HARUN silakan disimak

  42. aww. bung gue/ and bung diego, entar ane kirimin foto pas di belakang bapak Gatot N, bapak Mulyono muter-muter surabaya via email digital……..

  43. Jelas aja ga ambles wong yg dilewati aspal,di surabaya lagi,coba ditaruh di samarinda terus suruh tuh lewat jembatan mahakam, dijamin dag dig dug tuh driver n awaknya, atau coba taruh di kaltara dinunukan misalnya,saya tidak yakin bisa keluar dari dermaganya.tapi bagaimanapun saya bangga dengan apa yang dipunyai TNI, maaf suara lancang dari seberang.

  44. Alhadulillah kmrn sdh merasakan & menggelus semua alutsista mulai tank leopard, marder, bmp 3, anoa, komodo, mlrs astros, yakhot, exocet mm 40 B3, C 802, bushmaster, radar2, hellicoptet mil, dll….komplit. bekas pijakan track diaspal cuma ninggalin bekas putih seperti pool sepatu bola lama yg msh pakai besi. Itu tidak merusak sama sekali…. sampai foto dizoom dibeberapa tempat jg msh sama. Klo bantalan karet ditrack y yg kelihatan terkikis dibeberapa tempat, mgkn saking panas y aspal di sby.

    Salam persatuan&kesatuan… jayaalah TNI ku….

    • Bung mronggos Pulham nih ceritany…..

      • Iya bung wira pas cuti kmrn, lmyn bisa lht kemeriahan hut tni di koarmatim & kodam. Bangga bisa elus2 alutsista kebangaan TNI…. sampe istri ikut protess…..hehehehe

    • kok nggak ketemu saya? hehehe

      • Maaf bung ghi baru bls…. sy pas koarmatim di pal bung, g bs maksimal lht alutsista…budale kesiangan bung mk y dpt y di pall bukan y di markas koarmatim sendr. Klo pas dikodam siangan brngkt y jam 2.an nunggu ngemong anak dl. Hehehe……. klo pas cuti lg kopdar ya bung….pengen bisa kopdar dg teman2 biro sby…. apalg bisa ketemu bung satrio, bung ps dan bung2 lain y yg di sby.
        Salam hangat…..

  45. Semoga di kepemimpinan presiden yang baru, tank Leonya beranak pinak dan jumlahnya bisa ngalahin singaparno dan malon.

    Jaya NKRI

  46. Greyhound: Whooiiiy… bung melektech kemana dikau?
    Melektech: sory bung grey lagi pijat di moroseneng..
    Greyhound: ya..gitu.. emang enak kena bantingan …, emg baru kena plindes tang leopard kali..
    Melektech: iya nich pegel semua..
    Greyhound: untung aja masing pegel saja nggak sampek ambles…
    Melektech: ok deh mulai sekarang tak ganti nick name ku Melektech jadi Julingtech

  47. Keraguan akan leopard ambles akhirnya dijawab dengan fakta, melihat fakta ini seharusnya perdebatan sudah selesai…mantap

  48. yang begini2 ini belum tentu WNI, karena jika kita ribut terus yang pasti untung adalah negara2 sekitar yang selalu sirik…

  49. 62 ton + 40 orang ( @ 50kg ) ….jadi berapa tuh bobotnya?

  50. lumayan nih nebeng tank, mumpung ga perang tni pengen mbuka diri ke masyarakat gitu? mau dong naik tank, klo bisa sih ngendarain sendiri, butuh sim level brapa yah klo kendaraan tracked vechile kek leopret???

 Leave a Reply