Setelah Kowsar, Iran Siap Bangun Jet Tempur Baru

Pesawat tempur kowsar Iran. (@ IRNA)

Jakartagreater.com  –  Komandan Angkatan Udara Iran Mohammad Zalbeigi mengatakan bahwa penciptaan Jet tempur baru buatan Iran hanyalah masalah waktu, meskipun ada beban akibat sanksi AS.

Tiga Jet tempur Kowsar canggih buatan dalam negeri Iran dikirimkan ke Angkatan Udara Republik Islam Iran (IRIAF) pada hari Rabu 25-6-2020 dalam sebuah upacara yang dihadiri oleh Menteri Pertahanan Brigadir Jenderal Amir Hatami, dirilis  Sputniknews.com, Kamis 25-6-2020.

Brigadir Jenderal Amir Hatami menggarisbawahi bahwa IRIAF yang mendapatkan pesawat generasi keempat mengirim pesan kepada musuh-musuh Iran, terutama AS, bahwa sanksi Amerika terhadap Teheran telah gagal merusak kemajuan Iran di sektor pertahanan.

Menurut Kepala Pertahanan Iran, Washington sangat sadar bahwa sanksi-sanksinya telah “menghasilkan hasil yang berlawanan”. “Musuh dan Amerika harus tahu bahwa jalan (kemajuan Iran) akan berlanjut”, ujar Brigadir Jenderal Amir Hatami.

Komandan IRIAF Mohammad Zalbeigi mengatakan kepada Mehr News Agency Iran akhir bulan lalu bahwa sanksi anti-Iran dari AS tidak akan mencegah Teheran dari membuat pesawat perang buatan dalam negeri yang benar-benar baru.

“Insya Allah, kami akan menyaksikan perancangan dan produksi pesawat (satu lagi) yang dibangun di IRIAF dalam waktu dekat”, kata Zalbeigi. Dia menambahkan bahwa Angkatan Udara Iran telah membuat “kemajuan besar dalam merancang berbagai jenis pesawat, berkat upaya personel IRIAF dan perusahaan berbasis pengetahuan”.

Adapun Kowsar, itu dirancang dan diproduksi oleh Organisasi Industri Penerbangan Iran (IAIO) dan melakukan penerbangan demonstrasi pertama selama upacara khusus yang dihadiri oleh Presiden Iran Hassan Rouhani pada Agustus 2018. Dilengkapi dengan avionik canggih, Jet tempur mampu membawa berbagai senjata dan dapat digunakan untuk misi dukungan udara.

https://youtu.be/yWexBBmXBIk

Pesawat perang memasuki layanan IRIAF di tengah ketegangan yang sedang berlangsung antara Teheran dan Washington, yang meningkat setelah Jenderal Iran Qasem Soleimani terbunuh dalam serangan pesawat tak berawak AS ke mobilnya di Bandara Internasional Baghdad.

Ketegangan telah ada sejak Presiden AS Donald Trump mengumumkan penarikan sepihak Washington dari kesepakatan nuklir Iran 2015, atau Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA), pada Mei 2018, juga mengaktifkan kembali sanksi ekonomi yang keras terhadap Iran. Tepat satu tahun kemudian, Iran mengumumkan bahwa mereka mulai menangguhkan sebagian kewajiban JCPOA-nya.

4 pemikiran pada “Setelah Kowsar, Iran Siap Bangun Jet Tempur Baru”

  1. Itu pespur F-5 Tiger yg dibeli jama Shah Iran kemudian diupgrade sendiri oleh Iran akibat embargo oleh AS.
    Kalo urusan pespur, Iran memang jago ngibul. Sebelumnya jg ada F-5 yg diubah sirip tegaknya menjadi sirip kembar spt hornet, dan diakui sbg produksinya jg. Sebelumnya lg sdh menciptakan pespur siluman tercanggih katanya yg sempat menghebohkan dunia dirgantara akibat design yg tak lazim. Mungkin dlm upgrade dibantu tenaga ahli.china spt jg dng rudal.

    Kalo soal rudal, iran gak ngibul, memang teknologi rudalnya sdh berkembang, malah Indonesia kalah dng Iran.

  2. Jangan under estimate ke iran,
    mrk memang meniru F5 (kloning) semua detail dan mesinnya kecuali avionik.
    Dan itu cukup, mereka cuma butuh pesawat pembawa rudal2 yg aktualnya sudah ada di gudang.

    Dan,, hanya soal waktu utk melihat kemunculan F14 kloningan buatan dlm negri iran (atau refurbish F14 tua dg avionik baru), karena mereka butuh platform utk menggotong rudal fakour (kloning phoenix) yg saat ini sudah siap tetapi dimensinya terlalu besar utk dipasang di kowsar/F5

  3. waduh dek onthel ini ngeyelan juga sama kayak siluntang lantung,kalou senior kasih penjelasan itu benar adanya,apa lagi sekelas master bang rusky,itu sudah tak terbantahkan.
    kamu tunggu aja penjelasan beliau setelah kelar rapat diistana,mungkin dia kasih bocoran dikit tentang borong borong alutsista rusia strong bingiiiittt.
    karna bang rusky pergi menemani pak bowo kesana jadi dia tau pessis,jadi diharap jangan lagi pake ngeyelan malah nanti master rusky ogah kasih bocoran.

Tinggalkan komentar