Setelah Rencana Pembelian Su-35, Pakistan Akan Latihan Militer Bersama Rusia

11
6

Pakistan dan Rusia untuk pertama kalinya akan melakukan latihan militer bersama akhir tahun ini. Latihan bersama ini memperlihatkan peningkatan kerjasama militer antara kedua negara yang pernah rusak semasa era Perang Dingin. Sekitar 200 personil militer dari kedua belah pihak akan ikut ambil bagian dalam latihan militer bersama yang bersandi ‘Frienship-2016’.

Islamabad memutuskan untuk memperluas pilihan kebijakan luar negerinya saat hubungannya dengan AS memburuk setelah terbongkarnya rahasia serangan CIA di Abbottabad yang membunuh pemimpin Al-Qaeda Osama bin Laden pada Mei 2011 lalu.

Hubungan Pakistan dengan AS semakin memburuk saat anggota parlemen AS memblokir dana yang sedianya untuk mensubsidi pembelian delapan jet tempur F-16 oleh Pakistan.

Pakistan memutuskan untuk memperluas pilihan pembelian pesawat tempur seperti yang baru-baru ini diungkapkan Duta Besar Pakistan. Terakhir Pakistan menandatangani kesepakan pembelian empat helikopter serang MI-35 dengan Rusia. Perjanjian tersebut ditandatangani di Moskow pada bulan Agustus 2015.

Pembelian helikopter MI-35 termasuk rencana pembelian pesawat tempur tercanggih Su-35 dari Rusia dianggap sebagai perubahan kebijakan yang besar terhadap Rusia, ditengah semakin mesranya hubungan antara AS dan India.

11 COMMENTS

  1. Kesalip lg oleh pakistan, dulu judulnya msh enak dibaca, “indonesia akan menjadi negara pertama yg miliki su 35”, tp nyatanya boong besar, udah kesalip china, skr pakistan ikut2an, global firepower 2017 yakin deh indonesia merosot ke posisi 20 dan mungkin 30, dijaman bpk jokowi, alutsista kita hanya kelas teri alias anak bawang…bahkan vietnam sdh lbh maju ketimbang kita…kasihan negeri ku ini…

LEAVE A REPLY