Sep 142017
 

MiG-29SMT Fulcrum Rusia terbang ke Latakia, Suriah, 13/9/2017. (Russian DoD)

Beirut – Angkatan Udara Rusia telah menempatkan jet tempur elit mereka MiG-29SMT ke perbatasan Suriah untuk pertama kalinya dalam konflik tujuh tahun yang panjang itu.

Menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertahanan Rusia, Angkatan Udara Rusia akan mulai menggunakan MiG-29SMT di Suriah untuk melakukan misi melawan kelompok teroris di dalam negeri.

Meskipun sudah memiliki pesawat tempur Su-30 dan Su-35 yang kuat yang berada di Pangkalan Udara Hmaymim di Latakia tenggara, Kementerian Pertahanan Rusia membuat keputusan untuk menyebarkan MIG-29 ke Suriah.

Penyebaran jet ini mungkin berkaitan dengan serangan Angkatan Udara Israel di kota Masdaf Tartous Governorate, yang ada kehadiran besar personil militer Rusia, ujar almasdarnews.com, 14/9/2017.

MIG-29SMT memiliki rudal udara-ke-udara yang bisa secara precise menembak pesawat musuh.

Kementerian Pertahanan Rusia merilis sebuah foto MiG-29SMT yang berangkat dari pangkalan udara Khmeimim Rusia tujuan ke provinsi Latakia, Suriah.

MiG-29SMT adalah versi modern dari pesawat tempur MiG-29 Fulcrum. Pesawat ini memiliki kapasitas pengangkutan senjata yang meningkat dan menggunakan senjata udara-ke-udara dan udara-ke-permukaan presisi tinggi untuk memberikan efisiensi tempur yang tinggi terhadap target udara, darat, dan berbasis laut. Pesawat tempur menggabungkan kokpit dan avionik yang disempurnakan, tangki bahan bakar tambahan dan mesin yang diupgrade.

Awal pekan ini, foto tidak resmi MiG-29SMT di Suriah muncul secara online. Namun, penyebaran pesawat tersebut secara resmi dikonfirmasi pada hari Rabu, 13/9/2017. (southfront.org /almasdarnews.com)

  25 Responses to “Setelah Su-30 dan 35, Rusia Kirim MiG-29SMT ke Suriah”

  1. Saya pikir pak Najib minta kiriman MIG29 lagi…. xixi…

  2. Ini lagi kaleng kerupuk berita keluar lagi

    • Sabar lah bung tn, dr kalimat segitu, nti efek nya bisa ratusan reply lho…spt kmrn…xixixi bahkan ribuan mungkin…

    • Menurut loe kaleng kerupuk broo, tapi klu mig29 batal produk mungkin amerika tidak tau radar aesa yg dinamakan militer rusia zhuk utk menyamarkannya dr mata2 amerika yg dikembangkan NIIR Phazotron, tapi akhirnya bocor juga dari instansi mrk sendiri didalam Phazotron yg mnjd mata2 amerika sehingga amerika tau apa itu zhuk ternyata aesa & apa itu jammer & sbginya.
      Hahhahaaaa

  3. Pertanyaan anda susah dijawab bung…pikir aja sendiri…

  4. hati2 nanti nyungsap lg kelaut…

  5. katanya mig-29 malay di jual ke india buat beli suku cadang su-30 mkm..xixixiii

  6. Wah….bahan promosi nih

  7. Mig29 yang turun dalam medan perang kebanyakan dioperatori negara2 pengguna, sepertinya seperti evaluasi pada SU 34/30/35 dilakukan juga evaluasi pada Mig29 untuk memastikan berfungsi dan efektivitas sistem jet ini di medan perang… evaluasi di lapangan akan sangat signifikan untuk kemajuan pengembangan jet tempur sejenis kedepanya… dan seperti anak tiri jika Mig tidak dilibatkan dalam evaluasi dan operasi perang…

  8. SMT artine opo bung jim?

  9. mr. putin luar biasa nawarin dagangannya, setelah perang mendekati selesai nanti yg ditawarin kayaknya pesawat latih YAK

  10. Klu untuk RI mendampingi SU-35 cocoknya MIG-35 sesama Rusian Fighter, cuma SU-57 dijual jg gak tuh? Boleh jg dibeli untuk menandingi F-35 FPDA dan F-22 USAF di Darwin.

  11. Mig 29 SMT punggung nya kok lebih besar daripadanya mig 29 biasa. Apakah punggung nya dijejali perangkat elektronik tambahan? Adakah warjager yang tahu?

 Leave a Reply