Jun 282016
 

Konflik masalah wilayah provinsi antara China dan Taiwan masih berlanjut. Taiwan berencana akan menunjukan kekuatannya kepada China dengan melakukan uji tembak sistem rudal Patriot Advanced Capability-3 (PAC-3), buatan Amerika Serikat.

Pemerintah Taiwan melalui Departemen Pertahannya menjelaskan, sistem rudal itu akan diluncurkan di White Sands Missile Range, New Mexico, Awal Juli 2016.

Sudah bisa dipastikan, rencana Taiwan untuk melakukan uji coba tembak sistem rudal ini akan memicu kemarahan China. Yang menarik adalah, selama ini antara Amerika dan Taiwan tidak pernah memiliki hubungan diplomatik secara resmi. Tapi, Amerika merupakan negara pemasok utama persenjataan untuk Taiwan.

Tahun 2008, Taiwan pernah membeli sebuah sistem rudal dari Amerika, kemudian Pada tahun 1990, Taiwan kembali membeli tiga sistem rudal PAC-2. Konflik antara China dan Taiwan dipicu masalah wilayah provinsi. Pemerintah China menyebutkan. Taiwan berada di wilayah Provinsi China, tapi Taiwan merasa sudah merdeka dan memiliki presiden baru yaitu, Tsai Ing-wen.

 Posted by on Juni 28, 2016