Siap Pukul Kim Jong-un, AS Gelar Latihan Pasukan Khusus Terbaiknya

Grup pasukan khusus Angkatan Laut AS atau yang lebih dikenal sebagai SEAL Team 6 akan tiba di Korea Selatan untuk melakukan latihan militer bersama dan turut ambil bagian dalam latihan simulasi menghabisi pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, rilis Departemen Pertahanan Nasional Korea Selatan, Senin.

Salah satu keberhasilannya yang terkenal adalah pembunuhan terhadap pemimpin Al-Qaeda Osama bin Laden pada Mei 2011 pada misi yang dikenal sebagai Operation Neptune Spear.

Ini akan menjadi pertama kalinya tim elite tersebut berpartisipasi pada latihan tahunan Foal Eagle and Key Resolve, yang akan dimulai pada bulan April.

Kementerian Pertahanan tidak menyatakan kapan SEAL Team 6 akan tiba, namun Japan Times melaporkan unit elite AS masih berada diatas kapal induk USS Carl Vinson, Jumat kemarin dan saat ini kapal induk sedang melakukan latihan di perairan Korea Selatan dan akan tiba di Busan Port pada Rabu, tulis surat kabar Japan Times.

Selain SEAL Team 6 juga akan datang unit khusus dari Angkatan Darat AS, yakni Delta Force yang memiliki kemampuan utama pada misi penyelamatan sandera dan kontraterorisme. Bersama dengan SEAL Team 6, Delta Force akan berlatih menghabisi Kim Jong-un dan menghancurkan senjata pemusnah massal Korea Utara, kata Kementerian Pertahanan.

“Ini akan mengirim pesan yang sangat kuat untuk Korea Utara, yang terus-menerus melakukan provokasi militer,” kata seorang pejabat Kementerian Pertahanan.

AS menggelar latihan pasukan operasi khusus di Korea Selatan setelah Korea Utara melakukan dua kali uji tembak rudal balistik antarbenua.

KoreaJoongangDaily (Foto:Sofrep.com)
Editor : Muhidin

Leave a Reply