Dec 142018
 

Tank tempur utama T-72 Rusia dimodernisasi dengan sejumlah peralatan canggih © Dmitry Serebryakov via TASS

JakartaGreater.com – Dengan lapisan perisai baja modern, mesin ‘turbocharger’ dan amunisi ‘sub-caliber’ terbaru, armada tank T-72B3 Rusia benar-benar siap tempur, seperti dilansir dari laman Russia Beyond.

Armada tank T-72B3M pertama yang dimodernisasi saat ini sudah digunakan tentara Rusia. Pada versi sebelumnya, tank tempur ini dilengkapi dengan bidikan multikanal Sosna-U dengan pelacakan target otomatis dan kanal pencitraan termal sendiri untuk mendeteksi target bahkan ditengah malam.

Saat ini, para perancang telah meningkatkan sistem pengendalian tembakan tank dan memodernisasi kemampuan balistiknya dalam bentuk meriam 2A46M-5 125 mm.

Namun, dari semua aspek yang ditingkatkan, tank itu masih menggunakan lapis baja tanggap ledakan (ERA) yang sudah ketinggalan zaman. Pelindung lapis baja itu kini sudah tak lagi mampu melindungi tank dari senjata anti-tank modern.

Oleh karena itu, modernisasi dari T-72B3 ke T-72B3M memecahkan masalah ini dan memberikan tank baru dengan beberapa fitur sebagai bonus tambahan.

Misalnya, T-72B3M upgrade sekarang telah dilapisi dengan lapis baja Relikt pada sisi-sisinya, termasuk turret dan bodinya, membuatnya “sebanding” dengan tank generasi baru T-14 Armata. Sekarang “kulit” monster Soviet ini lebih tebal dan dapat menahan serangan senjata modern.

Para perancang juga telah memasangkan mesin diesel baru, memberikan sekitar 200 tenaga kuda tambahan pada tank ini. Dengan bobot 46 ton, versi upgrade tersebut kini memiliki daya 1.130 tenaga kuda. Artinya, T-72B3M itu dapat dipacu melintasi medan yang sulit dengan kecepatan 50 – 60 km/jam.

  6 Responses to “Siap Tempur, T-72 Rusia Dilengkapi Alat Canggih”

  1.  

    Ya bagus sekali sih…
    Cuma yang diingat orang itu …armada Tank T72 nya Iraq and Syria hancur semua nya Oleh USA and Israel …
    Tapi …mungkin ..semua nya itu dikembalikan lagi kepada operator tank itu ..
    Bagaimana skill mereka dalam mengoperasikan tank T72 itu..

    •  

      Sikill sopo…tank irak ludes sama apache…pukan sama sikill…

    •  

      hush sembarangan sampeyan ngomongnya……….
      iraq sudah punya pengalaman bertumpuk-tumpuk, setelah melawan iran lalu habis itu berhadapan dengan amrik….
      yg notabene pengalaman tempur melawan teknologi maju dan operasi intel yg rapi tetap masih menang sate bu rt eh….. state of the art of warfare…….. 😛

  2.  

    Udah dikirim ke Krimea, buat hadapi Oplot + Bulat

  3.  

    waw ini T-72 yg paling canggih ini yak…
    kata orang ukraina, ada kisaran 10-20 tank kayak gini di frontline…
    sisanya kayak yg difoto satelit kemarin versi lawas yg ditumbuk buat kanibal tipe B3 ini 😆

  4.  

    Apakah Pesawat Tempur Masih Dibutuhkan Pada Zaman Yang Tentram Ini? Saya memiliki pendapat tentang masalah ini, berikut adalah pendapat saya:
    http://muhammad-abdul-gani-fst18.web.unair.ac.id/artikel_detail-315512-unair.ac.id-Is%20Mesin%20Tik%20Masih%20Needed.html