Des 142018
 

Tank tempur utama T-72 Rusia dimodernisasi dengan sejumlah peralatan canggih © Dmitry Serebryakov via TASS

JakartaGreater.com – Dengan lapisan perisai baja modern, mesin ‘turbocharger’ dan amunisi ‘sub-caliber’ terbaru, armada tank T-72B3 Rusia benar-benar siap tempur, seperti dilansir dari laman Russia Beyond.

Armada tank T-72B3M pertama yang dimodernisasi saat ini sudah digunakan tentara Rusia. Pada versi sebelumnya, tank tempur ini dilengkapi dengan bidikan multikanal Sosna-U dengan pelacakan target otomatis dan kanal pencitraan termal sendiri untuk mendeteksi target bahkan ditengah malam.

Saat ini, para perancang telah meningkatkan sistem pengendalian tembakan tank dan memodernisasi kemampuan balistiknya dalam bentuk meriam 2A46M-5 125 mm.

Namun, dari semua aspek yang ditingkatkan, tank itu masih menggunakan lapis baja tanggap ledakan (ERA) yang sudah ketinggalan zaman. Pelindung lapis baja itu kini sudah tak lagi mampu melindungi tank dari senjata anti-tank modern.

Oleh karena itu, modernisasi dari T-72B3 ke T-72B3M memecahkan masalah ini dan memberikan tank baru dengan beberapa fitur sebagai bonus tambahan.

Misalnya, T-72B3M upgrade sekarang telah dilapisi dengan lapis baja Relikt pada sisi-sisinya, termasuk turret dan bodinya, membuatnya “sebanding” dengan tank generasi baru T-14 Armata. Sekarang “kulit” monster Soviet ini lebih tebal dan dapat menahan serangan senjata modern.

Para perancang juga telah memasangkan mesin diesel baru, memberikan sekitar 200 tenaga kuda tambahan pada tank ini. Dengan bobot 46 ton, versi upgrade tersebut kini memiliki daya 1.130 tenaga kuda. Artinya, T-72B3M itu dapat dipacu melintasi medan yang sulit dengan kecepatan 50 – 60 km/jam.