Sep 082014
 

Jakarta – Saat bergerak di air Kapal Selam (KS) hanya mengandalkan propeller dan saat ini belum ada teknologi pendorong jet bagi KS. Kalau untuk kapal permukaan mungkin ada, tetapi bagi kS yang 90 persen kegiatannya berada dalam air, perlu penelitian yang lebih serius, untuk memiliki kemampuan itu.

AIP (air independent propulsion) memberikan kemampuan menyelam lebih lama bagi KS konvensionil bertenaga diesel, sebelum diharuskan snorkeling untuk mengisi kembali baterai penggerak motor elektrik saat menyelam.

Dalam pengoperasiannya, KS dapat menyelam pada beberapa macam kedalaman. KS bisa dikatakan menyelam pada kedalaman periskop, yaitu sekitar empat belas meter, dimana KS masih dapat menggunakan periskopnya untuk melaksanakan kegiatan pengamatan daerah operasi sekitar KS berada, dan juga masih dapat menggunakan alat alat angkatnya untuk bekerja (melakukan pengisian baterai dengan rezim RDP, atau mengirimkan / menerima berita dan lain-lain).

Biasanya KS akan berada pada kedalaman ini pada saat melakukan pengintaian di daerah lawan.

Kedalaman aman adalah kedalaman selam sekitar tiga puluh sampai tiga puluh lima meter sekurang-kurangnya, dimana KS dapat berlayar dengan aman, walaupun tidak dapat melihat lingkungan sekitarnya yang ada di atas air, karena pada kedalaman ini KS tidak akan mungkin tertabrak oleh kapal atas air (dengan asumsi, bahwa tidak akan ada kapal atas air yang demikian besarnya, sehingga sarat kapalnya mencapai tiga puluh meter).

KS dilarang keras menyelam lama pada kedalaman di antara dalam periskop dan dalam aman, karena ada kemungkinan akan tertabrak oleh kapal atas air.

Kedalaman operasi adalah kedalaman di atas atau lebih dalam dari kedalaman aman, dimana KS boleh beroperasi dengan jangka waktu yang tidak terbatas.

Kedalaman maksimal adalah suatu kedalaman, dimana kapal masih boleh menyelam, tetapi waktu untuk berada di daerah kedalaman ini dibatasi. Hal ini berkaitan dengan keselamatan badan tekan KS, dalam menerima tekanan kedalaman air tempatnya menyelam, yang akan bertambah besar 1 kg/cm2 setiap pertambahan kedalaman sepuluh meter.

Biasanya kedalaman ini dicapai saat KS harus melarikan diri dari kejaran musuh, masuk kekedalaman ini untuk mengambil keuntungan adanya layer dalam air yang memiliki kemampuan menghalangi propagasi pancaran sonar aktif kapal atas air musuh, atau menurunkan kemampuan deteksi sonar pasif kapal selam lawan. Lama berlayar pada kedalaman maximal harus senantiasa dicatat, karena ini akan mempengaruhi kekuatan badan tekan KS secara keseluruhannya.

KRI Nanggala 502 (photo: detik.com)

KRI Nanggala 502 (photo: detik.com)

Kedalaman kehancuran atau collapse depth adalah kedalaman yang diperhitungkan secara teoritis, berdasarkan ketebalan badan tekan kapal akan dapat menghancurkan kapal. Bagi Changbogo class, collapse depth adalah sekitar empat ratus lima puluh meter sampai lima ratus meter, tetapi tergantung seberapa lama dan sering KS ini telah menjalani pelayarannya pada kedalaman maksimal pada masa masa sebelumnya. Makin lama KS pernah berada pada kedalaman maximal, makin rendah dalam arti makin kecil nilai collapse depth tersebut. ditiap kedalaman tersebut prosedur penanganan emergency yang berbeda-beda.

Secara prosedur yang dilarang itu adalah diantara kedalaman periskop dan kedalaman aman, alias di tengah-tengah. Sonar memang bisa aktif memantau tetapi bila kita bisa menghindar dari resiko, akan lebih baik. Saat KS memantau melalui periskop (kedalaman periskop) yang muncul di permukaan hanya periskopnya saja. Riak bisa timbul tergantung kecepatan KS saat itu. Saat KS mengintai biasanya berjalan lambat, lagipula periskop KS itu mempunyai jarak pantau yang jauh.

Kapal selam juga memiliki tipe dan jenis. Perbedaan KS Pemburu dan KS biasa, cukup banyak, mulai dari bentuk desain KS nya, propeller, persenjataan, elektronika, navigasi, sensor dan lain-lain. (by Pocong Syereem).

  77 Responses to “Siasat Penyelaman Kapal Selam”

  1. pertamax dulu ah..

  2. Hoammmm,mendusin
    Habis nguap nyium bau aneh ??

  3. bulan ini kenyang dengan menu Lontoooooong……

  4. hehehe..bung diego naekin soal kasel lagi..sayang dosennya dah rtb..hehehe..klo ahlinya yg ngasih bahan kuliah yg begini berarti dah pantes disebut warga karatan nih..bukan warga kehormatan lagi..hehehe

  5. Selamat malam…bung PS month nanya,jenis KS yg di gunakan james cameroon untuk menyelami palung mariana itu apa ya….???kok bisa dalem banget….???ma’af melenceng jauh nih….!!!

  6. Gambar kedua nanggala terlalu pendek panjangnya ,
    Coning Towernya juga kecil tidak seperti difoto kemarin saat berlabuh di Banten,,

    Bingung :mrgreen:

  7. Maaf ya rekan2 OOT..di warung sebelah ada artikel 222 pesawat akan masuk Juanda tgl 21 Sept utk latihan menyambut HUT TNI ke 69. keterangan dari Kadispen Armatim Letkol {L} Abdul Kadir bahwa ada hanggar khusus untuk peswt Sukhoi dan” F5 Tiger yang baru dibeli dari Prancis “….?….ada yg tau F5 tiger Perancis itu apa ya?..apa maksudnya EC 665 Eurocopter Tiger?…memang kita beli ya?…surprise??,,,dulu mmg sempat ada kabar ya tp katanya wartawannya salah tulis..tp sekarang yg ngomong Kadispenal lho..Letkol lho…?? barbarannya sesepuh please…

  8. 2

  9. waduh bisa hoex2 ni bung ps dijejeli artikel perlontongan trs.
    ya ALLAH berilah kesehatan,kesabaran ,kesejateraan bagi keluarga bung ps dan para warjak semua amin

  10. Terimakasih @ndan PS wawasan kasel kami menjadi semakin luas. Tq

  11. Yang difoto detik itu memang KRI Nanggala 502..#bingungmodeon atau lontong yang baru… 🙂

  12. Kumpulan komentAr Pak PS yg di rangkum jd artikel…besok2 klo Nanya Pak PS suruh jawab yg Detail biar di angkat jd artikel….hehehe

  13. nanya ndan PS,KS kita udah bisa nembakan rudal nyang keluar dri air belum,apa cuma torpedo tok

    :mrgreen:

  14. Kemenyan dah dibakar habis 5kilo ndan ps kok lum nongol juga ya?

  15. tanya lagi ndan,top speed KS tercepat berapa knot? :mrgreen:

  16. Om PS yang mana ya..kalau lihat video diatas…

  17. oke mantab bung PS…lanjut kan.

  18. Mabok lontong lagi hari ini…
    Lanjut om diskusinya gue mingkem ae di pojokan

  19. Absen
    dapat bangku belakang nih..

  20. sarapan pagi ma lontong sayur, bis sarapan mojok bil ngopi + sbtng menyan nunggu dan PS datang….

  21. sdh punya kelas lemper, sdh punya lontong, sdh juga kelas arem2, yang kelas lemang sekali2 tongolin donk ndan PS…semoga aja nanti parade tgl 7 oktober besok kelas lemang yang ikut parade…hehehehehehehehe

    salam hangat ndan PS … slmt bertugas

  22. Tenang hati : TNI itu asuransi tegaknya NKRI…kalo asuransi spt ini yah mantap sbg pemegang polis WNI NKRI….he7x…

  23. berarti babaran sesepuh SEPTEMBER CERIA betul.. teko kabeh. hehehe

  24. @ndan PS…ntar siang ato sore klo nongol…dijwb y prtnyaan sy yg kmaren.. :mrgreen:
    blm djwb tuu

  25. nangala 502?
    401 bukan chakra lagi ya pung PS?
    jadinya nangala 401 dan 402

  26. Bung PS, sepertinya ini artikel baru satu bab. Mohon artikel berikutnya, misalnya jenis2 KS Dan kegunaannya, persenjataan KS, dan sebagainya. Ditunggu lho bung artikel lanjutannya. Untuk nambah ilmu… Maksa.com

  27. Wah surprise ndan PS langsung jawab ni. Sy doa kan bung Dan keluarga selalu sehat walafiat, sehingga artikelnya selalu nongol di warung ini. Amin…………

  28. Bung PS nanya dikit ni,bgmana caranya sebuah ks dalam posisi nyelem mengetahui ks yg dihadapi itu lawan/kawan.

  29. slmt sore bung ps, ane mo tny bung, ks nanggala yg digunakn untk ceremony brevet hiu kencn u 3 kstaf berikut panglima tni, jensnya apa beda dgn nenggala yg digunakan ceremony brevet kehormtn untk beberapa mentri ? ane perhatiin ujg sensr/antena di kubah cone beda ?

  30. bung Ps ini paling ya pak pur kasatkasel kita…h..h..h..

  31. Bung ps bade tanglet ni gimana reaksi kanguru sama jepang mereka pasti tau jumlah ks kita lebih dari 2 soalnya dulu mencak2 saat kita mau akusisi kilo .apa lagi ks bongkok udah di mari saya yakin mereka kirim james bons buat nyari tau

  32. Maaf oot..

    Bung PS tolong saya yg awam ini diberi pencerahan, apa keunggulan dan kekurangan Soryu dibandingkan Kilo kita…. Opss hehehe

    Salam hormat bung.

  33. slmt mlm bung ps, ane mo tnya lg ndan, ks cakra yg open house di lanal palu kok panjang overall beda dgn nanggala yg di banten kemarin, bukanya sama2 u 209 ndan ? salam hormat ndan

 Leave a Reply