Oct 012016
 

Diplomat muda Indonesia di PBB, Nara Masista Rakhmatia, memberikan sikap tegas dalam Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Ia mengecam tudingan negara-negara di Kepulauan Pasifik yang mengkritik catatan HAM di Papua.

Rakhmatia mengatakan bahwa negara-negara kepulauan di Pasifik itu telah mengganggu kedaulatan nasional Indonesia. Ia menjelaskan bahwa mereka telah mengganggu kedaulatan dan integritas wilayah Indonesia dengan menyalahgunakan forum PBB.

“Laporan bermotif politik mereka dirancang untuk mendukung kelompok-kelompok separatis di Provinsi Papua Barat, yang telah secara konsisten terlibat menghasut kekacauan publik dan dalam melakukan serangan teroris bersenjata,” ujar Rakhmatia seperti dilansir kompas.com pada Sabtu (1/10).

Diplomat muda Indonesia itu menyebut, negara-negara itu menggunakan Majelis Umum PBB untuk memajukan agenda domestik mereka dan bagi beberapa negara menggunakan forum untuk mengalihkan perhatian dari masalah politik dan sosial di dalam negeri mereka sendiri.

Sebelumnya, negara-negara Kepulauan Pasifik mengkritik catatan HAM Indonesia di Papua dan Papua Barat. Negara-negara yang mengkritik Indonesia itu adalah kepala pemerintahan dari Kepulauan Solomon dan Vanuatu yang didukung oleh Nauru, Kepulauan Marshall, Tuvalu dan Tonga.

Mereka mengungkapkan hal tersebut saat mendapat kesempatan berpidato di Sidang Umum PBB dan mendesak digelarnya penentuan nasib sendiri di wilayah Papua dan Papua Barat.

Sumber: kompas.com dan detik.com

Bagikan Artikel :

  50 Responses to “Sikap Tegas Diplomat Muda Indonesia di Sidang PBB”

  1. Solomon dkk memang perlu disikapi secara tegas agar tidak merecoki urusan dalam negeri Indonesia.

    • betul tuh kanjeng patih pragoda…kalau perlu kirim pasukan kita tumenggung carin sama tumenggung bowo…

    • Tidak boleh ada Pesawat Dan kapal Mereka yang boleh lewat ..ke 6 negara pacific itu ..
      Harus diperiksa …dan harus mau bayar pajak lewat yang extra mahal ..
      Biar kapok….

      • Nda ada yg bisa lewat di kita bung seperti Kepulauan Solomon cuma memiliki 5 pesawat, 1 boing 737 jurusan PNG dan Australia, 3 twin oter, 1 Islander dan 1 Dash8 sewaan dari PNG, kapal patroli 40 meter cuma 4 unit dan tak bersenjata ( saya pernah satu kali naik ke kapal patroli mereka, senapang mesin pun tak ada ) polisi tak punya senjata, Tentara cuma ada tentara dari Australia dan Selandia Baru itu pun tak lebih dari satu battalion. …jadi faham2 lah kondisi negara itu

    • Ini baru pahlawan diplomat muda di PBB
      Perlu diapresiasi memang benar adaanya.
      Mari kita hancurkan kepulauan salomon.
      Merusak kedaulatan.
      Mereka pikir dia hebat..
      Pahlawan pahlawan nasional udah mendarah daging kepemuda NKRI

    • Manise….Pooooooll, Niiih Mba Nara

    • Salut dan hormat buat dubes muda indonesia yg sangat tegas pada kelompok negara pendukung separatis di forum internasional. Dengan sikap tegas tersebut memberi sinyal akan ada konsekuensi pada negara negara pendukung separatis di indonesia. Indonesia bisa bangga punya putra puteri terbaiknya yg selalu memberi kehormatan negara indonesia di panggUng internasional. Well mich of cucumbie

  2. Negara besar sudah menggerakkan pion pionnya untuk memisahkan papua dari pangkuan ibu pertiwi..

  3. Salutt dh buat si nara masista…
    Terusin misi perdamaian d PBB..
    Biar g kacau ni dunia dr perang..

  4. Ambil sikap tegas Dan keras terhadap gerakan separatist OPM ..dan semua pendukung nya ..termasuk LSM ..KomNas HAM… dan ke 6 negara negara pacific itu.
    Cari gara gara ..dan cari Masalah…Mereka itu …
    Tapi jangan lupa ..tingkatkan keadilan Dan kesejahteraan rakyat irian barat…Supaya Mereka itu tahu rasa syukur punya NKRI .. dan tidak terhasut godaan separatist Oleh pihak asing..
    Pemerintah Kita juga salah ..mengeruk kekayaan irian barat . Demi kekuasaan pribadi Dan keluarga besar pejabat ..Tapi tidak meninggalkan apa apa bagi Mereka ..orang irian barat itu …

    • Kalo berani tunjukan batang hidungmu malingsial !!..

    • SABAH SARAWAK FREEDOM.

    • Yang bilang RI langgar ham di papua silahkan baca UU No. 21 tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Papua.
      Kurang apa RI sama Papua..??
      Justru pejabat asli Papua yg gak punya sikap tegas, bermuka dua, alias pejabat abu-abu. Cuma bisa ambil enaknya dari RI tapi kalo RI di diskreditkan oleh asing gak ada yg bersikap lantang menantang.
      Heiii…! para pejabat dan tokoh Papua..!! kalau anda mengaku warga Republik tunjukkan sikap anda yg tegas kepada dunia luar bahwa Republik tidak pernah sedikitpun menindas rakyat Papua.
      Kami yg di sumatera jawa bali kalimantan sulawesi maluku dan lainnya justru yg bicara lantang menentang kebohongan itu semua, tapi kami heran kenapa kalian yg sedang dihinakan justru terdiam…!!
      Ingat kami berbondong bondong menyerahkan harta nyawa darah dan air mata ketika Trikora dikumandangkan hanya untuk kalian.

    • @SULU ARMY learn english then come back

  5. Sikattt ini permainan singaporno malayshit,austragila. Perserikatan persemakmuran..gara gara tex amnesty

    Negara peluncur kepulauan salomon dan kroco kroco ini sebagai politik menyerang NKRI.
    Memang hebat permainan negara negara persemakmuran udah mengambil timor timor sipadan dan ligitan.. aceh ama papaua udah jadi incarannya sekarang.

  6. Good job mba Nara masista, lanjutken.

  7. ngaa layak di sebut negara, layaknya di sebut kampung, kampung primitif yg letaknya di tengah lautan hanya siaran radio yg nyampek pada mereka sehingga ngaa mengetahui kemajuan yg telah telah terjadi di papua, tunggu saja kalian semua akan jadi pengungsi, sebentar lagi akan ada bencana dasyat yg datangnya dari lautan sehingga kampung kalian akan tengelam

  8. Nex president RI 2019-2024. Indonesia stroong….

  9. http://2012books.lardbucket.org/books/regional-geography-of-the-world-globalization-people-and-places/section_16/008dd4de1a47f143f3adbbed324e48e5.jpg

    kirim aja 1 lpd lengkap dengan marinir + tank + helikopter, kri owa, diponegoro, bung tomo + 1 tanker jalan2 ke wilayah melanesia

    sekalian masuk wilayah laut teritorial mereka, boleh kok, innocent passage sesuai unclos..

  10. Jangan jangan mereka juga yang kasih senjata ??

  11. Jila selama ini NKRI selalu diam, mungkin sudah saatnya NKRI melakukan pelebaran wilayah daratan dan lautan, kepulauan melanesia sudah saatnya dimasukkan dalam wilayah NKRI

  12. tapi si arie kriting/ stand up komedian ga suka ama ni perempuan

    liat akun sosmednya deh

  13. Nama kepulauan salomon seketika membuat saya teringat dengan nama raja

  14. selera enyong banget…

  15. Negara pulau yg ngeributin HAM negara lain tetapi penegakan HAM mreka sendiri masih dibawah standar internasional…
    Harusnya negara2 pulau tsb ngaca pake tembok…udah ga bisa ngaca pake cermin lagi…hahahaha

  16. Jadi… penting bagi Indonesia untuk memiliki kapal induk (kapal induk beneran lho ya,) !
    Sekedar untuk mondar-mandir di sekitar negara usil seperti si Solomon dan Watuwatu itu,
    eh apa tadi.. Panuatu.

  17. mungkin anggapannya selama ini kita lembut dan sabar dgn mereka, jadi mereka coba2 berani dgn kita, tapi kita maklumlah jenis suku2 spt mereka ini di wilayah manapun mudah di tipu, terang2an australia nipu pun mereka tak sadar

  18. bung diego angkat dong ariesatria03.blogspot.co.id/2016/10/mari-memeluk-papua_1.html?m=1

  19. mereka berani mnginjak kaki kita mskipun untuk bertatap muka perlu mendongak ke atas!
    kirim intelejen cari tau bibit konflik ke 6 negara kurcaci tersebut ( mgkn lbh pantes 6 desa) dan kita bikin chaoz biar mereka tenggelam ke dasar lautan,dan tentunya jg cari tau siapa yg menyuntikkan morfin ke para kurcaci trsbut hingga berani nginjak kita!

    • Mantappp…!

    • gak usah bung, kita masih anggota MSG dengan mereka, kita rangkul aja mereka, kita bicara baik2 sambil minum teh. kita bantu mereka dengan segenap kemampuan kita, dapatkan hati mereka.

      WARNING : DI Melanesian Spearhead Group (MSG) ada salah satu anggota nya sebagai PENGAMAT, yaitu Sekretaris Jenderal ULMWP “Octavianus Mote”, dia adalah bagian dari separtis OPM bung.

  20. Muatan beritanya ga lengkap banyak disunat kali… tetangga sebelah lebih komplit

  21. kenapa ni negara2 ep.pasifik tidak menuntut pelanggaran ham dam menentukan nasib sendiri pada masyrkat aborigin di asutralia..

  22. suruh aj kopasus satu kompi serbu pulau solomon,di jamin dalam satu jam habis tanpa penghuni.

  23. siapa dulu yg memilih diplomat muda di pbb,kalau bukan jokowi.atasan kalau tegas bawahan ikut tegas juga..salut memang seharusnya kalau ada yg recokin hajar aja pake pentungan

  24. Wilayah irian memang rawan opm dan campur tangan asing, saatnya TNI juga perlu banyak intervensi mereka, buat pangkalan militer AD dan AL terbesar setelah Jawa. Natuna sdh jadi agenda, tetapi jgn sampai terlewatkan wilayah Irian Jaya, ingat Australia itu busuk dan begitu jg PNG.

  25. hai solomon panu atu! seharusnya kalian tahu indonesia itu bukan negara etnis tertentu macam kau. indonesia juga bukan negara agama katakan pada temanmu opm . kalo kalian mampu datanglah ke jakarta dan cobalah jadi menteri atau jadi presiden.jangan malah berpikir sempit.dan rasialis.cobalah makmurkan kami seluruh rakyat indonesia.dan berusahalah jadi bangsa yg besar.

  26. Pilih saya sbg presiden RI 2019 – 2024
    Hahahaha

  27. iya bung , jika kekuatan militer kita kuat, kita bisa basmi para teroris OPM ini, jika ada negara besar protes dan mau infasi negara kira, mereka akan berfikir ulang.

  28. NKRI harga mati..

 Leave a Reply