Jan 142018
 

US Army UH-60 Blackhawk © US Army

JakartaGreater.com – Angkatan Darat AS telah menyerahkan sebuah kontrak senilai hampir $ 200 juta kepada Sikorsky untuk pengadaan 17 unit helikopter UH-60 Blackhawk khusus untuk Arab Saudi, seperti dilansir dari laman United Press International, Inc.

Ketentuan kesepakatan diumumkan pada hari Kamis oleh Departemen Pertahanan (DoD) AS. Kesepakatan yang dicapai antara Angkatan Darat AS dan Sikorsky, anak perusahaan Lockheed Martin, bernilai lebih dari $ 193,8 juta di bawah persyaratan penjualan militer asing dengan harga tetap.

Arab Saudi diperkirakan akan menerima 8 (delapan) UH-60M untuk Garda Nasional Arab Saudi, sementara 9 (sembilan) lainnya akan digunakan oleh Pasukan Khusus Angkatan Darat Kerajaan Saudi.

Helokopter UH-60M Blackhawk telah digunakan oleh pasukan militer di seluruh dunia sejak pertama kali diperkenalkan tahun 1979. Bagi AS, Blackhawk telah digunakan dalam sejumlah peran operasional, mulai dari penyisipan dan ekstraksi pasukan darat hingga menjadi helikopter utama untuk misi evakuasi medis.

Selama bertahun-tahun, beberapa varian dan versi desain UH-60 asli telah diproduksi. Helikopter Blackhawk telah mendapat perhatian nasional pada bulan Mei 2011, setelah sebuah helikopter Blackhawk siluman jatuh di Abbottabad, Pakistan, saat operasi penggerebekan di markas Osama bin Laden pimpinan al-Qaeda oleh anggota SEAL Team Six.

Pengerjaan kontrak akan dilaksanakan di Stratford, Conn, dan diperkirakan akan selesai pada bulan Desember 2022.

Lebih dari $ 11,1 juta telah diserahkan kepada Sikorsky pada saat penghargaan, yang telah dialokasikan dari penjualan militer asing tahun fiskal 2018, menurut keterangan Pentagon.

Bagikan Artikel :

  19 Responses to “Sikorsky Dapat Kontrak 17 Helikopter Blackhawk dari Arab Saudi”

  1. Katanya TNI mau pesen juga ya.

  2. Oh Ternyata Ini Tho Heli Yg Sering Di Pake Buat Ngelanggar HAM.

  3. ini yang yang sanggup melawan milisi modal AK47 di somalia…weh mantap ni helli

  4. RI dapat barang hibah Heli yg botol pulpen jatuh ditembak dimedan perang ini enggak ya? Mana tau ditawari seperti F16 dulu.

  5. Ditembak RPG baru nyaho tuh blackhawk

  6. Black Hawk UH-60 adalah Heli angkut personnel militer, heli ini biasanya untuk tugas penerjunan para militer di medan tempur,supporting dan angkut.

 Leave a Reply