Sep 202014
 

image

Ada informasi menggelitik yang disampaikan warjagers Loki, terkait kedatangan pesawat Angkut Antonov ke Indonesia. Kenapa saya sebut di Indonesia, karena di sisi kanan gambar ada pesawat Boeing 737 TNI AU, ada berseragam PDH TNI AU. Selain itu cone, cat strip pembuatas jalan, juga ciri khas instansi militer.

Nah yang menarik ada dua pesawat tempur Sukhoi yang menjadi background dari pesawat Antonov yang datang. Kedua pesawat itu terlihat sebagai siluet. Siluet ini terbentuk karena intensitas cahaya matahari sangat tinggi saat itu dan photo diambil dari jauh.

image

image
Gambar siluet dari pesawat yang di kiri, memang agak berbeda dengan SU30 MK ataupun SU 27 TNI AU. Badan pesawat yang kiri agak menyembul, seperti SU 34. Pesawat SU 34 biasanya dipanggil oleh warjagers dengan istilah cocor bebek.

Gambar pembanding: SU 34 Russia

Gambar pembanding: SU 34 Russia

image

image

SU 34 Rusia

Apakah bentuk siluet Pesawat tempur Sukhoi TNI AU seperti cocor bebek SU 34 karena faktor pencahayaan, atau benar adanya, belum ada informasi tambahan.

SU 34 adalah jet tempur varian serang maritim Rusia, yang dikhususkan untuk memburu dan menghancurkan kapal perang permukaan.

SU 34 Rusia

SU 34 Rusia

image

SU 34 Rusia

Tidak ada maksud menggiring opini dalam artikel ini, melainkan hanya sebagai bahan diskusi dan menyaring berbagai informasi yang beredar. (JKGR).

*Thanks photonya Loki

  254 Responses to “Siluet Jet Tempur Sukhoi Indonesia”

  1. Selamat pagi…!!!

    • hadir bung! apapun pesawatnya tak enteni nang hujunggaluh. bravo tni dan terima kasih pak beye

    • Klo menurut saya gambarnya sengaja di siluetkan ya….ma’af kalo salah…

    • Ane yakin itu SU 34,…bung Nara mana..? Bung Naraaaa……

    • Just info, dalam rentang waktu semingguan terakhir (tepatnya 2-4hr lalu) di UPG terdengar suara jet2 yang lalulalang di atas langitnya.. Dari malam sampai pagi sungguh ga berhenti2.. Posisi saya 2-3km dr bandara. Mungkin lg latihan nerbangin ini SU yg baru, atau latihan pake SU yg lama buat acara yg d SUB bulan depan, sipil kek ane ga paham jg ^^

    • yang malah ane pertanyakan tu, antonov segede itu ngapain aja ya bung kesini? hehe

      • hahaha manteeeeebbb bung ambelgedess..

        • Hebatnya si cocor bebek? Dia bisa nenteng yakhont versi aerial launch tanpa ngap2an, bisa gak si 30 mk2 nenteng yakhont? nyang versi mki/mkm utk nenteng brahmos aja ngap2an. Baedwei si cocor bebek punya kemampuan nenteng klenengan sapi sama percis kyk si 35, klo 30 mk2 bijimane? :mrgreen: he,he,he

        • Mantebbb kang bantingane ? Hehe, gambar sing nang duwur iku cocor bebek tenan ora kang @erich ??

        • Erich: udh itu doang kehebatannya? Yaelah gua pikir bisa bawa iskander, atau maha rudal lain, taunya cuma yakhont. Sekarang kalo emang itu cocor bebek apa lg clue bisa smp kesimpen di makasar, gmn cara nyimpennya? Fisiknya itu mudah dikenali x..wkwkwk.. mau mainin otak org hanya dengan gambar samar smp dipikir itu cocor bebek+ hanya krn bisa bawa yakhont smp di agung agungin. Kalo bawa tentengan su 35 mah paling tambahannya rudal RVV absolute killer doang . Yg lainnya sama.

        • Diraba aja bung ardians, psikologi bung Erich, menjawab bung Faim. Benar-benar ingin menjelaskan masalah teknis atau agak gemes memberi pencerahan. Meraba yang lain bisa dikonsultasikan Ndan Sarkem. Jangan lupa kalau kontak Ndan Sarkem bawa garam Grosok. Diharapkan setelah ada penjelasan, maqam anda naik dalam memahami wejangannya…sori lho ndan…

        • alhamdulillah sudah ada info dari bung Erich.. adem atiku rasane..

        • Iya bung blaze ? Kang erich agak gemes keliatane ngomentari komennya bung falm yg agak ngetroolll… Kalo ama bung sarkem ane nyerah ndan !! G kuat ma wejangane hehe

        • F15 itu di atas F18
          F18 di atas F16
          masalah F18 brand baru bukan masalah bung
          SU emang standing bahkan di atas dikit ama F15 tinggal yg berperan si jokinya aja

          Su 34 itu maritim hampir kayak bomber kalo ane bilang
          daya angkut nya besar dan lbh lengkap untuk serangan ke darat or laut

          sorry kalo ada yg salah ya
          heheC

        • Lah ngetrol gmn? Itu adem gmn hati? Kalo memang rahasia militer kenapa dibagi bagi jg ke rakyat biasa? Wkwkwkwk lucu. Sesuatu yg rahasia tp dibagi bagi via primary message? Lucu.!!

          Kalo memang itu cocor bebek, kenapa pas dimakasar gk ketahuan? China lg punya proyek jet tempur aja ketahuan, pesawat diparkir di bandara ketahuan semua jenisnya apa. Pada mau bilang ini krn dihanggar? Bos memang tuh pesawat kgk ada dipanasin dan harus keluar untuk ttp terbang? Kalo mmg dihanggar doang cuma satu opsi, DUMMY!! Dan kalo memang latihan terbang ya pasti keluar hanggar dan ketahuan melalui citra SATELIT. Logika oh logika. Belajar sok heboh semua.wkwkwkwk

        • kelebihan cocor bebek harganya lebih murah πŸ˜€

        • Falm: sgtu doank argument ente, msh cetek ternyata ente ya? Klo emang katanya pinter coba sampeyan jelasin 2 skenario maritime strike against kapur dgn kapabilitas AEGIS SYSTEM dr masing2 pespur ( baik 30mk2 atw 34 ) dgn asumsi masing2 pespur bawa senjata/andalan mereka, berapa persen mission success ratio dr masing2 pespur? Jelasin jg killing prob dr masing2 senjata/rudal andalan mereka…baedewei ane gak pernah komeng ntu siluet cocor bebek apalagi statement nyang bilang ntu cobek punya dimari, sampeyan bacanya kaga pake kaca mata ya?….. oya atu lg klo sampeyan bisa jawab dgn benar & detail ane bakal pensiun dr warjag…..silahkan dicari di google klo mang ada….tally hoo :mrgreen:

        • mana nih si fan boy..?? noh bung @Erich dah ngasih tantangan lagi… klo cuma fan boy jgn sok2an tau semuanya jeroan TNI dah…

          Jujur aje klo diskusi nya sehat saya juga masih bisa hargain tp yang kyk gini2 yang bkin diskusi jdai kgk sehat… ini bukan forum sebelah yeee…

          Mohon Maaf bung @Diego sebelumnya karena kok kenyamanan di ini warung jd hilang karen orang2 yg seperti ini…

        • Loh loh bung erich memang ada kalimat gua yg bilang ente yg blg itu.cobek? Kalimat yg mana coba?

          Gua memang fan boy, makanya gua menggampang, gua cobek masuk bomber ringan otomatis payloadnya pasti mendukung. Konsep perang kgk ngarti, pan gua cuma fan boy.

          Lagian siapa tuh nickname yg blg gua tau tau semua ttg TNI AU? Coba tunjukkin kalimat mana? Gua hanya mempertanyakan, lagian dr kapan tau kgk dijawab jawab sama orang orang yg nganggep itu cobek, iya kan? Bln dpt tuh gua jawaban, yg ada malah ditanya hal baru kaya gini sama bung eric, lah gua kan cuma fan boy.

          Lagian ente siapa? Maen nimbrung kaya cewe jd kompor. Hahaha

          Kalo memang ente bisa bantu jawab ya jawablah, gk usah menghujat.

          Tidak adanya jawaban sampai detik ini jelas bukti siapa saja yg barusan komen itu mungkin cobek cobek itun pun ragu, terlebih yg bilang saya sangat yakin itu cobek mana? Kgk ada suaranya lagi.

          Gua hanya mau lihat pertanggung jawaban dr opini dia itu apa? Kgk ada tuh, asa cletuk ikut ikutan yg lain.hahahaha

          Kalo jawabannya ngena dan bisa gua terima jg gua gk akan nanya nanya terus kok. Seperti halnya sikap gua ke bung erich, gua cuma fan boy dan gua gk bisa jawab pertanyaan dia untuk saat ini karena memang gua bukan kalangan terpelajar untuk khusus mempelajari militer.

          Jadi kalo memang bisa jawab bantulah jawab, tidak usah dihujat, saya tidak akan jadi seseorang pengikut, karena apa yg mengganjal dlm pikiran gua pasti gua tanya. Memang sih bung satrio sudah jawab, tp dia bukan masuk dalam orang yg menyatakan itu cobek, dia diem aja loh dr awal.

          Oke kalo memang bisa dijawab yoo monggo.

        • Bung winoko : wkwk gk kepancing gua bung, setidak saya sudah mengakui saya gak paham makanya, saya hanya tau itu bomber ringan dan fungsinya untuk maritim strike.

          Lah kalo anda apa bung winoko? Hanya jd pengikut yah?wkwkwk bangganyajd pengikut.wkwkwk

          Biasa jd ekor ya?

        • Bung erich : mau tanya deh bung, memang ada yakhont versi aerial yah? Bukannya yg bisa ditembakin dr pespur itu brahmos bukan yakhont yg original? Mohon koreksi kelancangan saya.

        • Bung falm, brahmos ntu kw nya yakhont. Pake logika simpel aja klo males gugel, kw nya ada berarti ori nya ada gak?…….hayo jgn males ya ….he,he,he

        • Bung Erich salam kenal, gimana kabar si Jin Rafa, kapan nongolnya dimari? Dah gak sabar

        • bung Falm gak ngeh
          “”Kalo bawa tentengan su 35 mah paling
          tambahannya rudal RVV absolute killer doang . Yg lainnya sama.”
          wkwkwkwkwk….. :v :v :v

          Yang dimaksut bung erick tentang tentengan bukan itu/rudal..

          Ya harus menyamakan gelombang dulu untuk bisa berbicara masalah teknis ….
          mau nerangin takut entar ikutan dihujat… jadi males..

          kang erick bijimane suplement nya buat nyang udah dimare sudah datang ?? dan bisa ikut dipamerkan belum?

        • Bung erich : tp begini bung, memang kw, tp pernah baca dimana yah ( lupa saya, mgk di ang**sa) disitu dibilang bahwa yakhont realnya cuma ada versi kapur dan darat/bastion. Nah dibilang karena alasan itulah india ngajak kerjasama rusia untuk produksi versi aerialnya, makanya hasilnya sampai sekarang belum bisa dibilang sangat memuaskan, logikanya kalo memang orinya sudah ada versi aerial harusnya tidak terlalu sulit dong bung ngembangin brahmos versi aerial. Itu sih menurut pemikiran saya yg sok tau. Hehe

          Bung satrio:

          Terus maksudnya apa bung, saya nagkepnya ya perihal rudal, soalnya td lg bahas yakhont yg bisa dibawa si bomber ringan ini πŸ˜€

        • Bung Falm
          Masih banyak yang harus kita pelajari ,, diatas langit masih ada langit.. untuk itu kita diajari ilmu padi semakin merunduk,,(bersyukur) agar kita yang hebat semakin dihebatkan lagi dengan Tambahan nikmat oleh Tuhan termasuk pengetahuan yang kita dapatkan..

          Kata kata bung erick :
          “Baedwei si cocor bebek punya kemampuan nenteng klenengan sapi sama percis kyk si 35, klo 30 mk2 bijimane? :mrgreen: he,he,he”

          Klenengan sapi adalah perangkat electronick warfare (EW) yang dimana SU 35 mampu membawa dua jenis SAP Knirti,,, dan hanya bisa disaingi oleh SU 34.,dan tidak bisa ditenteng dua duanya oleh SU 30MK 2..

          Kalau mau jelasin lagi panjang,dan lebar,,
          dan lebih baik anda baca baca lagi sebelum dikasih pertanyaan oleh bung erick bagaimana cara dua mbak nirti diatas bisa ditenteng oleh SU 30 MK 2 kita ? dan bagaimana perannya dalam satu gugus tugas mengatasi spektrum ancaman yang ada,

          met belajar,, jangan hanya suara aja lantang.
          Imho

        • Bung falm:males gugel ya? Knp vijay kesulitan ngembangin kw nya klo ori nya ada? Baca lagi, coz klo nyang ori make platform su34 sedangkan kw nya maksain utk platformnya make su30mki….msh gak bisa bedain jg? :mrgreen: he,he,he

    • Kaya maen tebak2an neh antara su-30 ato su-34
      Sayangnya gk ada hadiahnya
      Klo ada hadiahnya kan lumayan buat beli kambing buat kurban
      Xixixi

    • Mantap kopi luwak asli numbuk sendiri sruuput. jlep terasa aman di dada ngebayangin indukan bebek sudah ada…

    • jawabnya ada di http://jakartagreater.com/sukhoi-tni-au-dan-rudal-r-77
      judul gambar : Sukhoi TNI-AU dengan rudal R-73 & R-77 dari Angkasa Readers
      posisi pesawat sama dgn foto diatas
      CASE CLOSE

    • Sebagai negara maritim terbesar di dunia, sangat pantas apabila TNI punya cocor bebek minimal satu skuadron, dan dikombinasikan dng Su27/30 lainnya, sehingga punya minimal 2-3 skuadron Su family sampai dng akhir MEF2. ngarep.com

      • Yah, dulu memang ada rumor..bin…rumor…bin..rumor bahwa sukhoi s 55, yang merupakan low model (sejajar kalau f15 ada adiknya f16) ..dari varian sukhoi su. Single engine , multi guna, dan dapat dioperasikan dari wahana carrier. Ditolak oleh china dan india . Tidak ada berita resmi atas indonesia. Prototipe pesawat ini sudah ada pada tahun 2000, sehingga kemudian ada versi vitay 2000(?) sebagai versi mutakhirnya. CMIIW jika berita ini salah, tapi bisa menjadi inventaris yang bagus dengan teknologi active cancelationnya sebagai penolak propagasi radar musuh alias stealth mode. Intermezzo saja ya bung pitik. Sambil rokokan stel lagu..tutupe wirang ketimbang tutupe warung…

  2. tahniah indonesia =D

  3. hahaha… gambar nya dibahas.. πŸ˜€

    alhamdulillah dapat keduaxs

  4. nyimak

  5. Absen wilujeung enjing/selamat pagi.

  6. Tak bisa dipungkiri ternyata benar2 silent TNI AU DAN ALA KHUSUSNYA,BS menyembunyikan pespur yg segitu besarnya tanpaa terendus publik,seperti pespur bersayap delta oleh bung nowyoudont,dan kilo yg bersandar di brunei berbendera indonesia yg pernah di paparkan oleh bung yayan.

    Selanjutnya colek tukang warnet abang satrio. πŸ˜€

    • burung sayap delta apa yg terbangnya jam 02.00an dua hari lalu dr halim kebetulan ane lg ngeronda….emang ada pes komersil jam segitu terbang dr halim …kira2 1km diatas saya….jd ileur yeh

    • @bung P a t e c h
      itulah Mengapa ada latihan Sukhoi pda malam hari.. emg keliatan bentuuk body pesawatnya kalo latihan malam hari… itu merupakan kamuflag dari TNI IMHO
      paling ketauan cuman suara mesinnya aja.. kalo siang yang Su 27/30 … kalo malem ya itu tuh… hihihi
      biar ga ketauan publik..

  7. Siip..tinggal tunggu aksinya saja

  8. bisa jadi emang su34, salam hangat bung mirza

  9. Ane yakin 80% itu si cocor bebek…aminnnnn….

  10. apa udah dimari itu bung??mohon infonya….

  11. klo d liat dari jauh cocok sma su 34… mungkin yg dtang d dlam antonov itu bsa jga su 35… gag ada publikasi sma skali tntang fto trsebut… hiihiii ngarep

  12. ini makasar atao iswayudi?

  13. Mohon ijin absen sesepuh…..

  14. klo d liat dari jauh cocok sma su 34… mungkin yg dtang d dlam antonov itu bsa jga su 35… gag ada publikasi sma skali tntang fto di dlam antonov trsebut dlu paz dtang su 27 sma 30 di publikasikan… hiihiii ngarep

  15. membahas tentang produk persenjataan rusia memang tidak ada habisnya, monggo mampir blog saya,mengulas tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan militer rusia
    russiaarms.blogspot.com .. thanks bung admint

  16. Sayang para sesepuh udah gak nongkrong di mari πŸ™

    Klo bgini yg tertawa dan bergembira adl para ular yang (berhasil) menjauhkan para warjager dgn sesepuh

    Kangen ada artikel kewiraan dari ndan sat
    Ilmu layangan dari Pak EH
    Ilmu nyelam dari Ndan PS
    Cerita serius yg dibungkus guyon jenaka dari Ndanplak (LS)
    Cerita heroik kstria kita olah Bung PR,NR,PW
    Cerita usilnya negara lain terhadap NKRI dari ndan Nara

    Masalahnya yg kyk bgituan gk ada di google bos! Ini lgnsg dpt dari narasumbernya langsung bos!

    Ah ini hanya curahan hati si bakul tahu yg semakin hari semakin cinta sama republik ini yg dibangkitkan oleh susunan kata membentuk sebuah cerita oleh para sesepuh kita

  17. yang ghoib udh mulai nongol,

  18. Mohon adek adek disini semua yang realistis, itu bukan shukoi, tapi super tukano. Mohon yang reaslistis ya

  19. itu Su 27 SKM,,

    • Bukan bung, itu su 30mk2. Sukhoi bongkok gitu ciri khas su 30, warjager pd lebay..ckckck. kebanyakan berharap dr info info jane dan novosti sih. Kalo mimpi cocor bebek kita ada di rusia itu okelah bisa kita blow up, lah ini di makasar/lanud di indonesia tp bisa gk ketahuan, aneh aneh aja mimpinya yah.

      • Mimpi itu gk ada yg larang bung.selagi kita masih bisa bermimpi apa salahnya.toh gak ada yg di rugikan…..

        • Iya mimpi berlebihan itu jadinya ngayal. Ayolah kawan, gua gk suka malon, tp ngeliat kaya gini kita gk beda jauh kaya malon yg sering dikatain sama ki ‘mimpi basah’.

          Yg namanya pesawat top secret dan bomber, gk mgk diumpetin satu kandang sama sukhoi 27 dan 30.

          Maksud saya sisini adalah mengegur teman teman untuk boleh bermimpi tp jgn ketinggian bgt, jdnya malah kaya ngayal.

          Kalo pun mmg kita membeli fullback ya gk mgk diumpetin di indonesia, pasti dititip di rusia. Contoh simpel ya singapur nyimpen f15 sg yg baru ketahuan.

  20. <:D
    ?) siap !!!
    _||_ Komandan !!!
    Maaaannntaaaabbbb

  21. Klo dilihat ,Sirip belakang agak tinggi kayanya su 30 ndan

  22. bagus yaa.. mirip mirip gimanaa gitu
    para sesepuh jagan pada turun dulu, mantau aja. hehee

  23. Coba dilihat lebih seksama lagi fotonya Bung2 sekalian….coba komparasikan dan bedakan pesawat tersebut dengan SU 30 MKI yang disebelahnya lagi. Saya rasa itu juga SU 30 MKI…nyaris gak ada beda keduanya..cuma memang karena faktor siluet, di area moncong jadi terkesan kalau itu SU 34. Tapi saya juga kurang yakin.
    Mudah2an saja itu memang SU 34

  24. Mudah2an ikut parade 7 okt 2014

  25. saya setujuh Sama si embah,itu seratus persen super tukano yang buatanan paman beruang.

  26. Ane yakin,, siluet yang di kanan itu su 30,,, yg kiri ,,,,tau ach gelap

  27. woow… semoga beneran itu SU-34, kalo pun salah ya saya ngehayal lagi aja deh… hehehe

  28. Uhm…..menyimak saja…sambil menunggu bukti2 lain

  29. Ane suka neh artikel walaupun hoax, ngilangin pusing mikirin nasib NKRI semakin tidak jelas arahnya.

  30. wah..pake hp lawas…g kelihatan bagus…d zooomm malah pecah2…

    • pertama kali saya liat ni gambar di trit sebelah, bahkan sebelum baca komen rekan warjag saya jga dah mikir kok ni siluet kayak cocor bebek, apa ya pa saya yang salah liat, ee ternyata pas baca komen anggapanya sama. Ni malah diangkat jadi artikel lagi tambah rame jadinya.
      ngemeng ngemeng si raja singa mana kok gak muncul n ngetrol lagi, jangan jangan lagi meratapi lontongnya yang udah bujel kali ya , he he he.

  31. yang pasti itu bukan super tucano, tapi SU 34, bisa jadi SU 27 atau 30. Cuma yang paling dekat SU 34. wallah aklam

  32. itu su 34 bukan super tucano. mungkin juga su su yang lain

  33. udu ,super sukhoi+bom hipnotis+ilusi

  34. Hehehe..emang iye su34…!!! I like hoax-hoex..!!

    ….NKRI HARGA MATI…

  35. siluetnya terlihat jelas itu bkn su 27 ato su 30 ..hehe, klo dilihat bentuk kanopinya beda bgt sm su 27 ato su 30 yg aga landai, blom lg.liat dr bentuk congornya hehe…. ga salah … pasti itu si donal bebek

  36. Kita Bandingkan
    SU 27

    SU 30MK2

    SU34

  37. Ku berharap itu cocor bebek…otak kiri mengatakan bukan…otak kanan condong ke iya.

  38. poto yg kedua bandingin ma poto su34, liat baek2 kemiringan belakang kepalanya (kagak tau istilahnya)..lebih mirip su30 ato su34 ?

    su34 kebih landai n bulet, kalo su30 agak curam..coba admin bantu tongolin poto enih..

    monggo digalau, hahag πŸ˜€

    • SU 30 moncong nya lancip,gambar diatas gak lancip IMHO.liat photo no 3 dah

    • Sepertinya emang SU30 yang dual seater ya Ndan LS. cmiiw..

    • siipp bung lare sarkem.. menuru saya yang kanan dan yang kiri tu beda jenis.. yang kanan su30 yang kiri su34

      pokoknya galau sebelum ada pencerahan.. hehe

      salam bung lare sarkem

    • imho, klopun RI udah punya Su-34, itu bukan foto Su-34…

      logika sederhana;

      > klo udah ada tanpa pemberitaan artinya digolongkan alutsista classified (setara KS ?)

      > klo classified gak akan diparkir sembarangan di hanggar terbuka πŸ™‚

      lokasi hanggar TNI AU di hasanuddin masih bisa dipotret dengan telelens pro dari area terminal penerbangan sipil

      • Logika yang bisa diterima nalar bung danu, kalau pun memang kita sudah punya su 34 tidak mungkin ditempatkan satu sarang dengan keluarganya yang lain, karena pertimbangan extraordinary secret kemungkinan di simpan di tempat yang tidak diperkirakan bisa di sumatra, kalimantan, kupang atau biak “who knows”??!

        • Justru nyang ane pikir di paarkir satu hangar dg family nya bung rafly,krn banyak masya luas banyak nyang kagak bisa ngebedain bung.
          Nthu cuma opini ae aja bung.

          opini awan

          • bung P a t e c h,

            jika suatu jenis alutsista dinilai perlu dirahasiakan, dirahasiakannya tentu bukan terhadap masyarakat luas (yang boro2 bisa membedakan seri/tipe Su, tahu itu pesawat buatan negara mana belum tentu), tapi terhadap mata terlatih para spion?

          • Tidak salah opini bung p a t e c h, yang salah apabila kita tempatkan di area terbuka dan sangat mudah di awasi mata telanjang maupun satelit negara lain, sedangkan itu adalah (kalau kita punya) salah satu kartu truft kita.

            Ada salah satu spot di daerah siberia yg bila kita lihat dari google maps tampak kabur atau samar, rumor yang berkembang disana adalah salah satu instalasi militer rusia yang artinya mereka memproteksi daerah tersebut karena kerahasiannya dan tdk diumbar begitu saja.

            Tapi saya masih ingat tahun kemarin kalau tidak salah pak pur sempat keceplosan ingin membuat skadron sukhoi di sumatra :mrgreen: maaf bila opini awam saya tidak berkenan, salam kenal bung P a t e c h

          • bung P a t e c h,

            ada contoh bagus untuk intipan mata profesional, kebetulan sedang ditampilkan lanud di pekanbaru

            http://osimint.com/

      • Nice bung untuk dukungan dalam memberikan penjelasan detail kepada teman teman yg mendukung fullback.

  39. Kawasan akan lebih heboh jika TNI-AU memiliki Su-34 daripada Su-35 mengingat Su-34 adalah pesawat penyerang, cocok dgn doktrin pertahanan aktif, bukan mengadang musuh yg masuk ke wilayah Indonesia tetapi menghancurkan musuh di negerinya sendiri.

  40. wow…iya2 mirip sama SU 34 πŸ˜†

  41. Kalau saya percaya itu emang Su-34 soalnya timing nya pas sama yang pernah komandan nara kasih leak waktu itu.. hhihihi

  42. SU30 MK2 LANUD MAKASSAR COY

  43. @bung Erich itu moncong Fullback ko abu-abu bung

    Bukankah itu cirikhas dari Squadron Sukhoi Indonesia ya..
    Masing – masing negara pengguna kan mempunyai Identitas sndiri dari warna idung, setau saya Rusia itu memakai moncong Putihh, lha itu ko abu-abu … yang merupakan cirikhas Sukhoi Indonesia, ada udang di balik bakwan ini πŸ˜€
    Mohon dijelaskan Bung EH… apa itu kamuflase, ? atau emg punya kita yg masih di titip dsana.. ?

  44. ketika rahasia sering dibocorkan, biasanya akan ada rahasia baru hehehe

  45. lumayan buat ngebom pasukan mbah bowo :mrgreen:

    Persenjataan

    1 Γ— 30 mm Gryazev-Shipunov GSh-30-1 (9A-4071K) cannon, 150 rounds
    Defensive weapons include the R-27 Alamo, R-73 Archer and R-77 Adder series, with the PESA providing the capability to track ten targets and concurrently engage four with BVR missile shots.
    10 Γ— wing and fuselage stations for up to 8,000 kg (17,630 lb) of ordnance, including Kh-29L/T, Kh-25MT/ML, Kh-25MP, Kh-36, Kh-38, Kh-41, Kh-59M, Kh-58, Kh-31P, Kh-35 Ural, Kh-41, Kh-65S, Kh-SD, 2 Moskit, 3 Γ— Jachont air-to-ground missiles, KAB-500L/KR or KAB-1500L guided bombs, unguided bombs, B-8 rocket pods with 20 Γ— 80 mm S-8 rockets, B-13 rocket pods with 5 Γ— 122 mm S-13 rockets, O-25 rocket pods with 1 Γ— 340 mm S-25 rocket, fuel tanks, EW- and reconnaissance pods.

  46. halah kurang ngetiknya, siluet ato bayangan sukoi diatas ntu kepalanya lebih mirip su30 daripada su34..jadi ane yakin ntu siluet su30, secara su34 didalam hangar wkwkwkwk πŸ˜†

  47. sesuai A1 nya bung nara…….

  48. Itu bukan cocor bebek. Itu cocor itik.

  49. setuju mbakyu waljinah, hehe, tunggu aj kedatangan mereka, tp kalo nanti datang pasti 1 rombongan,

  50. tarik garis lurus ajalah,,katax indonesia hya pya 1 skuadron sukhoi family,,tp di berita luar qta pya lbh dari 1,, 17 SU-30 dan 5 SU-27..nah mkn di dalamx termasuk SU-34 yg di kamuflase..jd ane haqul yakin qta pya SU-34,,knp demikian,,krn di berita luar jg mengatakan qta pya bomber TU-16..nah klo bomber aja qta pya brt ga ada alasan kan klo qta jg pya SU-34..ingat doktrin qta skrng bung,,prempetive strike..ini masuk akal kan,,

  51. Hmm.. tapi sebenarnya apa sajakah kemampuan si cocor bebek Su-34 ini ? Kenapa banyak yang suka pespur ini ? 😐

  52. apa cuma ane yang kagak seriusi itu cocor bebek apa bukan.
    yang ane bingung itu antonov ngapain ke makasar,??mo beli coto kuda ???

  53. sebagai warga negara saya sangat bangga dan senang kalau memang benar2 tni au membeli su 34 kalau saya usul sekalian aja rudal pertahanan s 400 untuk menjaga kedaulatan negara kita bravo TNI kami bangga kepadamu

  54. bagaimanakah perbandingannya secara efektifitas peran bila dlm 1 skuadrud besar yg terdiri dr brbgaibnyk jenis/gado2 ada su 27, 30, 30x, 34 dibandingkan dengn 1 skuadrud dengan sedikit/1 ato 2 jenis saja?
    mohon pencerahannya sodara2 warjager?trims

  55. Selamat siang dulur2, sy belum terlalu lama mengikuti perkembangan alutsista RI kira 1tahunan. Entah mengapa sampe detik ini sy kok bisa mengikuti tiap kali sy mau browsing. Bahkan banyak komentar aneh sy mengikuti berita seperti ini.

    Sy hanya kagum terhadap teknologi yang dapat diciptakan oleh manusia, disamping itu sy merasa tenang jika Indonesia tidak kalah dalam hal alutsista karena memang jika kita ingin damai makan kita harus memperkuat alutsista dengan demikian negara asing yang akan main2 di negara kita tercinta akan berpikir 2x.

    Berkaitan dengan gambar diatas mohon kiranya dari dulur2 ada yang berkenan membeberkan apa bedanya SU-34 dengan SU-35, dan lebih gahar mana?

    Maaf sy hanya anak bawang. Terimakasih

  56. yang sebelah kanan ajib yg sebelah kiri mantab tenan hehehe… mudah2an itu bner2 si cocor bebek

  57. kelihatan dari siluetnya ( kalau “siluet” itu tdk direkayasa ) seperti su-34 fullback, dijuluki si cocor bebek karena hidungnya lebih pipih seperti paruh bebek.
    sekarang keghoibannya telah hilang, ……..maka munculah wahai cocor bebek tgl 7 okt 2014 !!!

  58. SU 34 sendal jepitnya 2 biji kanan kiri, hayo liat lagi.

  59. CONFIRMED!!! itu SU30,jangan kebanyakan ngayal dah wkwkwkwkwkwkwkwkwk :mrgreen:

  60. itu asli SU30 bukan SU34

  61. Tapi pihak tni au aja belum respon tentang hebohnya ini

  62. Jika dilihat dari tonjolan kanopinya bisa dipastikan ini adalah Sukhoi 30. Cepernya hidung adalah karena siluet dari jarak jauh.

    • Sepertinya kalau yg di gambar memang kurang ceper dikit. Lagian pilot Su-34 nggak masuk kokpit lewat pintu kanopi [ Su-34 nggak punya kanopi yg bisa dibuka tutup ] tapi lewat pintu bawah yg di belakang roda depan. Kursinya pilot berjejer sama kursi navigator [ mirip kursi depan mobil ]

  63. perbedaan su 30 sma su 34 berada pada tinggi pespur tersbut. su30 lebih tinggi dibanding dgn su34 . su34 lebih ceper dibanding su30. bila diliht dri gmbar keliatan lebih ceper. so gak tahu juga itu jenis apa.
    Maaf nalisis tukang cuci.

  64. coba anda perhatikan foto pertama sukhoi yg kanan kalo diliat sayap belakang sebelah kiri kelihatan .kalo sayap sebelah kanan kayaknya gk mungkin kelihatan kalo difoto dari situ
    .. kalo itu su 34 ekornya panjang !!apakah itu sayap sebelah kanan atau ekor ya ????

  65. @ Bung Loki, koq bisa-bisanya anda punya tuh foto hi class secret. Apa ndak takut dikarungi ? Pribadi aku sih Ngarep dotcom. Benar-benar punya. Rilis resmi bilang saja punya 4 biji (sesuai korgabwilhan). Begitu.

    • Bung Iwoy.. itu bukan gambar saya bung, cuma nggak sengaja nemu.. terus saya share ke banyak orang dan akhirnya malah di bahas di JKGR

      entah itu fullback atau enggak yang pasti belum sembuh galaunya kalo belum dapet pencerahan dari sesepuh.. heheh

      salam hormat bung Iwoy

  66. Like this posting

  67. 30 ? atau 34, type maritim strike, gpp, yang penting ada, relatif cukup, pinsilnya tajam, sekali coret hangus jadi abu. Sapa sini berani macam sama indonesia tercinta?

  68. kenapa prioritas oerlikon ditempatin di halim,ujung pandang dan pontianak,…kenapa nggak iwj dulu ya? aapa ada hubungannya dg foto tsb
    mohon pencerahannya?
    Salam nkri…

  69. Hanya mengingatkan, clue gambar ini harus dianalisa bersama dengan sabar dan santun [ jangan saling menghina ]. Kita semua saudara sebangsa. Kalau benar ya syukur kalau nggak benar ya nggak papa.

  70. He?……………..

  71. jika sedang kuat maka perlihatkanlah seakan akan anda lemah,, jika lemah perlihatkanlah seakan akan anda kuat,,

    sudah bisa ditebak itu bukan su 34,,

  72. Iya itu SU-27

  73. Beda pendapat ga apa-apa saudaraku …
    Yang bilang itu su 34 memang mirip banget, trus yang bilang su 30 yah … Itu yang realistis …
    Mo su 30 atau cocor bebek aka cocor itik monggo …
    Klo saya bilang itu ‘goyang itik’ …
    Ha ha ha … # edisiguyon.com

  74. menurutku antara gambar kiri dan kanan beda moncong dan kanopi.. kalo gambar kiri moncong nggak terlalu merunduk ke bawah dan kanopinya g terlalu tinggi … dan yang kanan moncongnya terlalu merunduk dan kanopinya agak lebih tinggi dari yang kiri.. aku yakin antara yang kiri dan kanan jelas beda.. tapi apa ya??? inilah enaknya info yang ginian bikin penasaran dan timbulah diskusi lagi..

  75. mantap!

  76. Ujian bagi warga warung di sini untuk tetap sejuk dalam mengomentari. πŸ™‚

  77. belum kelar juga nih :mrgreen: wong secara dimensi lebih besar su 34 xixixixixixixi,monggo liat speknya πŸ˜†

  78. Itu tampaknya adalah SU-30MK2 he he. Cirinya rudder/elevator dan postur yg tinggi dan tandem cockpit.
    BTW Bung Erich, rasanya SU-30MKI bisa bawa lebih dari satu Brahmos, kalau Flanker kita memang belum bisa. Kalau SU-35 bisa nggak ya?

  79. barusan tanya teman yg tiap hari lalu lalang di tempat foto ini… itu siluet sU 30.MK

  80. antonov yg itu mampir di lanudal surabaya dan ada 2 pesawat datang kemarin lusa dan keesokan harinya.
    siang tadi sudah pulang asalnya semua.
    cuma nganter beberapa kotak kecil dan 1 bungkusan box besar tiap pesawat. tanks

  81. Ada benernya juga sih bung mblegedesh ? Berat nya aja ape 60 ton… Kalo g salah maaf oot, beda jauh ma su 27 ma su 30

  82. Walau gw harap itu foto si bebek tp diliat dr punuknya yg tinggi dan lekukan depan, dan juga lekukan kanan dan kiri analisa saya itu SU 30 murniiii. Klw yg cocor bebek mah udah datang di awal tahun kemaren, dan ga akan sembarangan parkir kelessss, kalo yg su 35 itu masih didalem si Antoni. Imho.

  83. Itu gambar Su30mk2

  84. Gampang aja nebaknya..apakah yg kiri dan kanan adalah gambar pesawat yg sama..kalo beda ya udah..gak usah diperdebatkan lagi..

  85. Maap jadi gatel ikut nimbrung …
    ane perçaya list A1 smp 99%
    caranya musti kuat mlototin si goggle maps real time (berbayar) pake mode satelit … pasti kliatan tuh !!!
    (mode kaburrrr.com)

  86. Terlalu sulit dikonfirmasi sehingga menyisakan fantasi πŸ™‚
    Hal ini bagaikan rover di planet mars memfoto objek misterius yg menarik.

  87. Saya sih berharap itu Su-34. Tapi kalau dipikir2 kok bisa scepat itu kita memiliki nya? Smentara negara produsen nya saja masih belum trcukupi kbutuhan nya. Kalau gk salah baru beberapa unit saja Rusia terima Su-34, padahal mreka pesan puluhan. Ini kok malah kita dapat kiriman dluan sblum Rusia? Mohon pencerahan nya.

  88. Info tentang cocor bebek , td ane liat ad yg nanya kelebihan cocor bebek ya …

    Sukhoi Su-34 (kode NATO: Fullback) adalah sebuah pesawat tempur serang berkursi ganda mutakhir buatan Rusia, yang dikembangkan dari Su-27. Pesawat ini direncanakan untuk menggantikan Su-24 ‘Fencer’.

    Sukhoi Su-34 (Russian: ????? ??-34) (untuk ekspor Su-32, adalah pesawat tempur-bomber dan pesawat serang canggih. Pesawat yang oleh NATO diberi nama Fullback ini, sebenarnya memiliki nama resmi Platypus dan di rancang untuk menggantikan Sukhoi Su-24. Pesawat tempur-bomber dari varian Sukhoi Su-27, yang untuk versi ekspor dikenal dengan SU-32, mulai dikembangkan oleh Uni Soviet (saat ini Rusia) pada tahun 1980, dan berhasil terbang pada tanggal 13 April 1990. Rusia mulai memproduksi SU-34 dengan skala penuh pada 2008 di pabrik pesawat Novosibirsk, anak perusahaan Sukhoi Aircraft Holding.

    Versi khusus pesawat tempur serang dari Su-27 mulai dikembangkan Sukhoi pada 1980-an dengan nama T-10V. Pesawat ini pertama kali terbang pada tanggal 13 April1990. Penamaan resminya adalah Su-27IBIstrebitel Bombardirovschik, “Tempur Pengebom”). (IB:

    Pesawat ini mempunyai kursi ganda dengan konfigurasi berdampingan (side by side) dan di proyeksikan sebagai pesawat tempur maritim, dengan daya jelajah tanpa re-fuelling mencapai 4.000 km dan dengan 3 kali re-fuelling mampu menjelajah hingga 14.000 km, sangat cocok untuk pesawat tempur maupun patroli maritim yang membutuhkan daya jelajah yang cukup luas. Pesawat ini mampu menyerang sasaran dalam berbagai keadaan cuaca, siang atau malam.

    Salah satu keunikan dari pesawat Su-34 Fullback/Platypus ini adalah pengutamaan kenyamanan bagi para penerbangnya seperti penggunaan pressurization dengan air conditioning system pada ruang kokpit dan juga terdapat ruangan untuk beristirahat di belakang kursi pilot. Selain itu juga terdapat kursi pemijat type K-36 bagi kedua pilotnya. Hal ini dikarenakan daya jelajahnya yang cukup jauh.

    Versi khusus pesawat tempur serang dari Su-27 mulai dikembangkan Sukhoi pada 1980-an dengan nama T-10V. Pesawat ini pertama kali terbang pada tanggal 13 April 1990. Penamaan resminya adalah Su-27IB (IB: Istrebitel Bombardirovshchik, “Tempur Pembom”).

    Dirancang berdasarkan Su-27 yang impresif, Su-34 adalah sebuah bomber β€œberketinggian-rendah” yang didesain untuk menggantikan Su-24. Purwarupa pertama Su-34 adalah pesawat trainer dua-tempat duduk tandem Su-30 yang dimodifikasi, yang merupakan varian dari Su-27, yang di-rekonfigurasi dengan tempat duduk berdampingan dalam sebuah bodi pesawat yang diperlebar. Di dalam hidung pesawat yang diperlebar, terdapat radar terrain-following dan sistem terrain-avoidance yang dibutuhkan untuk penerbangan ketinggian rendah. Selanjutnya, bentuk hidung direvisi menjadi datar dan tajam seperti milik SR71 Blackbird untuk mengurangi cross-section radar pesawat. Seperti Su-27, Su-37 juga memiliki radar yang menghadap ke belakang, terletak di antara mesin untuk melacak target yang berada di belakang pesawat.

    Pengembangan dari Su-27 menjadi Su-34 termasuk pemakaian sistem avionik canggih, penambahan canard seperti pada Su-33, manuverabilitas yang lebih baik, jarak yang lebih jauh, dan peningkatan performa penerbangan ketinggian-rendah. Su-34 pada awalnya dikenal sebagai Su-27IB, yang diharapkan untuk menggantikan pembom Su-24 pada 2010. Varian lanjut dari Su-34 adalah Su-32FN yang dikembangkan untuk penyerangan maritim dan tugas pengintaian. Beberapa laporan menyatakan bahwa Su-34 juga dibuat versi lautnya (mungkin dirancukan dengan Su-33UB) yang dilengkapi dengan mesin yang lebih kuat untuk mengurangi jarak take-off, tetapi varian ini diragukan karena Rusia hanya memiliki 1 kapal induk.

    Ciri-ciri umum

    Kru: Two
    Panjang: 23.34 m (72 ft 2 in)
    Rentang sayap: 14.7 m (48 ft 3 in)
    Tinggi: 6.09 m (19 ft 5 in)
    Berat isi: 39,000 kg (85,980 lb)
    Berat berguna: 8,000 kg (17,600 lb)
    Berat maksimum saat lepas landas: 45,100 kg (99,425 lb)
    Mesin: 2 Γ— Lyulka AL-35F turbofans, 137.2 kN (30,845 lbf) with afterburner masing-masing
    Kinerja

    Laju maksimum:
    High altitude: Mach 1.8 (1,900 km/h, 1,180 mph)
    Low altitude: Mach 1.2 (1,400 km/h, 870 mph) at sea level
    Radius tempur: 1,100 km (680 mi)
    Jangkauan feri: 4,000 km (2,490 mi)
    Langit-langit batas: 15,000 m (49,200 ft)
    Beban sayap: 629 kg/mΒ² (129 lb/ftΒ²)
    Dorongan/berat: 0.68
    Persenjataan

    1 Γ— 30 mm Gryazev-Shipunov GSh-30-1 (9A-4071K) cannon, 150 rounds
    Defensive weapons include the R-27 Alamo, R-73 Archer and R-77 Adder series, with the PESA providing the capability to track ten targets and concurrently engage four with BVR missile shots.
    10 Γ— wing and fuselage stations for up to 8,000 kg (17,630 lb) of ordnance, including Kh-29L/T, Kh-25MT/ML, Kh-25MP, Kh-36, Kh-38, Kh-41, Kh-59M, Kh-58, Kh-31P, Kh-35 Ural, Kh-41, Kh-65S, Kh-SD, 2 Moskit, 3 Γ— Jachont air-to-ground missiles, KAB-500L/KR or KAB-1500L guided bombs, unguided bombs, B-8 rocket pods with 20 Γ— 80 mm S-8 rockets, B-13 rocket pods with 5 Γ— 122 mm S-13 rockets, O-25 rocket pods with 1 Γ— 340 mm S-25 rocket, fuel tanks, EW- and reconnaissance pods.

    http://id.wikipedia.org/wiki/Sukhoi_Su-34

  89. itu foto su 30 mk…

  90. menurut gua itu f 22 raptor…

  91. Dan NARAYANI pun menjawab bahwa antonov itu membawa 1 sukhoi SU-34 dan 2 sukhoi SU-35BM

    — say good bye my friend, hidup hanya untuk ngetrol mulu — admin —

  92. Menurut gua itu soko goleb

  93. Sisi positifnya bagi saya:
    1. Semakin menggali informasi mengenai flanker family, baik itu su 30 ataupun su 34.
    2. Semakin meningkatkan logika berfikir dan analisa dari sebuah potongan informasi (baik itu info benar ataupun palsu)
    3. Mendapatkan tambahan serpihan – serpihan informasi yang beredar di forum luar, baik itu cuma gosip, bocoran ataupun hoax.

    Soal apakah itu su 30, su 34 ataupun super tunako (dari pendapat mbah bowo), biarlah yang lebih ahli yang menjawabnya. Bagi saya 3 poin di atas sudah cukup. Saran buat para wargers gak perlu terlalu ngotot dengan pendapat masing – masing, mari kita bangun diskusi sehat.

    Trims buat admin, bung loki dan bung penyimak.

    • Bung Riosoka..sama sama bung.
      terus terang saya juga belum yakin bahwa itu fullback SU34…masih 50:50 antara fullback dan su30MK2.. semoga sebentar lagi ada pencerahan dari sesepuh disini biar nggak galau lagi. hehe.. kalo ada yang bilang itu super tukano, hehe.. emang user name tersebut kadang nggak nyambung bung, maklum udah mbah mbah.. πŸ˜€

  94. Air intakenya beda sama cocor bebek

  95. mlm semua,maaf lama gak kunjungi jkgr,sering emosi liat komen pesimis ma negri sendiri,pdhl cuma tau kulitnya kacang.

 Leave a Reply