JakartaGreater.com - Forum Militer
Apr 212014
 

http://cdn.sindonews.com/dyn/620/content/2014/04/21/40/855968/HofthzouDW.jpg

KRI Usman Harun 359 (kanan), bersama KRI John Lie 358 (tengah) dan KRI Bung Tomo 357. Foto: Istimewa

Sindonews.com – Pemerintah Singapura dan Pemerintah Indonesia harus menemukan cara untuk begerak ke luar dari polemik penamaan kapal perang Indonesia, yakni KRI Usman Harun. Demikian disampaikan Menteri Pertahanan Singapura, Ng Eng Hen.

Dia mengajak Indonesia untuk memperbaiki hubungan yang sempat retak akibat polemik penamaan kapal yang diambil dari dua marinir pembom gedung MacDonald, 1965 silam.

Menurutnya, Singapura bingung bagaimana menangani polemik berkepanjangan itu.”Kita hidup di lingkungan ini, kita harus menemukan cara untuk membangun hubungan dengan tetangga kita,” kata Eng, seperti dikutip Today Online, Senin (21/4/2014).

“Kadang-kadang, kita tidak dapat sepenuhnya memahami cara-cara lain, tapi selama kami terus dengan berdiri sendiri dan orang lain memahami kita, saya percaya itu adalah dasar yang sangat kuat bagi kita untuk membangun hubungan dengan orang lain,” lanjut dia.

Komentar menteri Singapura itu muncul setelah Panglima TNI, Jenderal Moeldoko, mengklarifikasi ihwal pernyataan maaf saat diwawancari stasiun televisi Channel NewsAsia Selasa pekan lalu. Moeldoko, sejatinya tidak menyampaikan permintaan maaf ke Singapura atas penamaan KRI Usman Harun.

Dia menegaskan, penamaan KRI Usman Harun sudah final dan tidak akan berubah. Ditanya apakah, Ng menerima klarifikasi Jenderal Moeldoko, dia berujar; ”Saya pikir itu tidak produktif bagi kita untuk terlibat dalam politik dalam negeri mereka.”

Menurutnya, Pemerintah Singapura akan menerima pernyataan Jenderal Moeldoko seperti yang disiarkan stasiun televisi Singapura tersebut. Di mana, lanjut dia, Indonesia telah mengakui bahwa insiden tersebut telah menimbulkan emosi dan menyatakan, tidak ada niat buruk dari Indonesia.

”Bagaimana kita bergerak maju akan tergantung pada kemampuan kita untuk memperlakukan satu sama lain dengan saling menghormati dan menganggap sebagai wilayah yang berdaulat,” katanya.

“Jika kedua belah pihak ingin membangun hubungan yang kuat, dan (Indonesia) mengakui bahwa kita sebagai tetangga yang saling membutuhkan dan harus bekerja sama, saya yakin bahwa kita dapat memulihkan membangun yang telah terjalin selama beberapa dekade.” (SindoNews.com)

Berbagi
 Posted by on April 21, 2014  Tagged with:

  121 Responses to “Singapura ajak RI akhiri polemik Usman Harun”

  1.  

    Singapura bingung ????

    •  

      Singapore mulai tobat, ingin kembali ke jalan yg benar 😀

    •  

      Menteri Eng Ing Eng binunn.. :mrgreen:

    •  

      Ini Menhan nya s’pork udh terlanjur malu.. Berita dr media nya di telen mentah2.. Jd bingung mau ngomong apa..

    •  

      Sepertinya singaporno berulah lgi lewat media mereka dgn membahas jam tangan rolex pak moeldoko mungkin mrk tertipu dgn pernyataan maaf pak moeldoko,mrk berharap rakyat membenci pak moel karena memakai jam mahal ya terserah pak moel yg penting tdk memakai alat negara dgn tujuan pribadi.pak moel kan dri kalangan mampu.maju terus pak moeldoko jdikan kopassus no.1 dunia.singapura israelnya asia tenggara yg penuh dgn kebencian.

      •  

        “Singapura israelnya asia tenggara yang penuh kebencian”

        Kan prinsip pertahanan mereka sama dengan Israel, merasa terancam walaupun dengan tetangga sendiri.

        makanya beli alusista yg banyaknya ga masuk akal, coba aja tuh alusista d jejerin d jalan raya singapura, yakin kurang lahannya.
        ckckxkxk

  2.  

    #pertamax

  3.  

    Kita liat z sampe mana kepala batunya is upil…

  4.  

    makanya jangan sombong kau singapura

  5.  

    Mungkin dalam tekanan??

  6.  

    Hehehehehehe….. Indonesia dilawan…

  7.  

    INDONESIA gak usah takut sama negara upiL macam gini..

  8.  

    Akhir nya siupil ngajak rujukan 🙂 😆 makanya jangan jaguh kalo jadi negara kecil :mrgreen:

  9.  

    ngimpi kali nih anak 😆 itu berita tentang rusia yang beli mig :mrgreen:

  10.  

    [email protected] ikut binun xi..xi..xi.. Mau jualan bumbu dapur.
    Maaf bung2 jd nyampah.

  11.  

    Nampaknya kebencian singapura dan Indonesia sudah tidak tertahankan lagi, kedua negara tidak akan bisa hidup di langit yang sama. Singapura 100% dihuni oleh china perantauan, makanya masyarakat mereka bengis dan penuh kebencian dengan Indonesia.

    Bisik-bisik yang mbah dengar adalah singapore akan terus mencari gara-gara dengan negara kita untuk menjatuhkan nama negara kita dimata internasional. Semakin negeri ini diam, semakin dihina.

    Dimana wibawa negara kita yang katanya hebat ? Harus kita invasi negera mereka, kita hancurkan gedung-gedung mereka, kita tawan semua penduduknya sampai 2 tahun lamanya, kita bentuk pemerintahan peralihan yang terdiri dari etnis melayu. KIta kembalikan singapore untuk etnis melayu.

    Mbah jamin FPDA akan diam saja,

    •  

      @Mbah Bowo sampean mendem atau edan :mrgreen: ngoceh ra ono juntrunge hahahahahahahahahaa 😆

      •  

        iya mbah sudah tidak tertahankan, makanya singapura jadi bingung…ribut sama tetangga sendiri itu ngga enak, “tapi maaf ya kalau situ jual ane beli”…:)

        •  

          Mbah sangat benci dengan singapore, harus segera di invasi, cari gara-gara tapi pesen mbah jangan memulai duluan, jadi posisi kita diserang dulu, baru kita hancurkan total mereka.

          Bila terjadi perang Kita harus rusak gedung-gedungnya dengan bom-bom napalm, jangan lupa juga jalan-jalan dan jembatan layang juga wajib di bom biar berlobang-lobang semua dan rusak, segera kepung instalasi radar dan pangkalan udara mereka, sabotase unsur-unsur non militer seperti bandara dan juga pelabuhan.

          Kita akan memberikan kerusakan total bagi mereka, Jangan lupa kibarkan sang saka merah putih di atas gedung paling tinggi di singapora yaitu UOB Bank Plaza One, & Republic Plaza di pusat kota.

          setelah itu kunjungi dan buat upacara kecil di tempat dimana digantungnya marinir kita yaitu Alm Usman dan Harun.

          Singapura akan mendapatkan pembayaran yang setimpal.

          •  

            logikanya gimana ya;

            …harus segera di invasi, cari gara-gara tapi pesen mbah jangan memulai duluan, jadi posisi kita diserang dulu…

            berarti jika kita tidak diserang dulu, harus SEGERA diinvasi-nya juga gak bakalan jalan dong…

          •  

            Menyerang duluan adalah sebuah kesalahan besar, jangan pernah dilakukan. Buat saja gara-gara dengan cara serempet saja salah satu kapal perangnya, kalah mereka marah bilang tidak sengaja. Ganggu penerbangan sipil mereka dengan beberapa sorti pesawat F 16 kita yang berpangkalan di Riau.

            Mbah jamin singapore akan bereaksi keras dengan menembak jatuh pesawat tempur kita.

          •  

            …Ganggu penerbangan sipil mereka dengan beberapa sorti pesawat F 16 kita yang berpangkalan di Riau…

            Penerbangan sipil mereka salah apa?
            RI / TNI AU bakalan dikecam dunia karena mengganggu keselamatan penerbangan sipil tanpa alasan, salah2 terjadi insiden mirip KAL di semenanjung Kamchatka…

          •  

            mungkin 10 tahun itu bisa terwujud mbah….
            tapi pas itu terjadi mbah udah kaga ada. gimana tuh….
            atau ngeliat siaran tv di akhirat kali ya….

          •  

            jangan dirusak mbah,…mending diambil alih semua duit dan asetnya, termasuk aset militer & aset-aset yang lucu2 lainnya..

          •  

            tantangan / provokasi seharusnya ditujukan kepada unit2 militer,

            http://www.dailymail.co.uk/news/article-2604590/Russian-fighter-jet-ignored-warnings-provocatively-passed-U-S-Navy-destroyer-Black-Sea-90-minutes-getting-close-1-000-yards.html

            mengganggu pesawat sipil seperti kelakuan preman…

          •  

            mbah juga setuju dengan dek danu, tapi instalasi militer mereka berada di tengah-tengah gedung gedung pencakar langit itu.

            Satu-satunya jalan memancing F 15 mereka keluar adalah dengan mengganggu penerbangan sipil mereka.

          •  

            @mbah bowo,maaf ane mau nanya mbah tau dari mana instalasi militer mereka ada di tengah2 gedung pencakar langit?

          •  

            Dek kecil, pertanyaan anda terlalu ke teknis, terlalu vulgar kalau mbah buka disini, mbah tidak mau menjawab.

          •  

            semoga intelijen indonesia mengetahui yg sebenarnya…karena yg ditengah bandar hanyalah sebahagian kecil saja dengan tujuan menarik perhatian sebagai jebakan…

          •  

            Ayo mbah….. duluan mbah ke sana berakin kepalanya PM singapur…. abis itu mbah bentak bentak mereka….. pasti dijamin bakalan rame dah mbah….. aku dukung mbah jadi yang pertama dah….

    •  

      yang mbaurekso LCS muncul lagi, gimana mbah kabar LCS? jadi kapan perangnya?

      •  

        menurut bisik-bisik yang mbah dengar sekitar tahun 2022 atau 2025 mulainya berawal dari blokade china terhadap filiphina.

        Sebelum masuk gelanggang laut china selatan maka untuk pemanasan dan untuk menunjukkan pada China bahwa Indonesia hebat dan kuat, maka sebaiknya sesekali Singapura di hajar sampai meminta genjatan senjata.

        •  

          kira2 yang bisikin orang atau makhluk2 halus mbah? trus kalo boleh usul nih perangnya jangan ditahun segitu lah mbah, diundur dikitlah tahunya yaaaa sekitar 2030 ato 2035-an lah mbah, biar nanti kalo saya dah punya anak, kan bisa diajak nonton bareng gtu mbah, gimana mbah bisa gk?

          •  

            Kalau masalah LCS itu tergantung china komunis itu sendiri, kapan dia memulai Blokade laut terhadap filiphina ya itu awal mulai meletusnya perang laut china selatan.

            Sumber-sumber semuanya dari bisik-bisik, keakuratannya ada yang 65%, ada yang 70%.
            Kalau yang 100% mbah sendiri ngak tau, itu Ring 1.

          •  

            kira2 mbah dapat bisikan dari siapa yach?
            A. makhluk astral aka genderuwo dkk
            B, ikan2 yang hidup di laut LCS
            C. ki joko bodo CS
            D. semua benar
            E. ……….(jawab sendiri)

          •  

            @mbah bowo ,,maaf kalau pendapat saya,dimulainya perang LCS bergantung pada USA…jika USA tidak ikut campur maka keadaan akan statis,masalah klaim hanyalah masalah biasa yg bisa diselesaikan dengan rundingan…

        •  

          Mbah, dari pada meramal perang 2020 / 2025

          mending ramal siapa yang jadi Juara Piala Dunia?
          klo Benar baru Muantabbbb

          •  

            mbah, mending tobat aja deh mumpung masih ada umur.lagipula nggak baik mendahului takdir tuhan.

          •  

            dek HQ : jangan klise seperti itu, nyuruh tobat mbah, nyuruh sadar, sekarang mbah tanya Bagaimana tanggung jawabmu bangsa ini masih diperbudak dalam segi ekonomi oleh Bangsa Lain ?
            Lihat siapa pemilik dari Toko kelontong sampai perusahaan besar ?
            Apa sudah buta ya ? atau sudah tidak cinta NKRI dan yang penting bisa makan sendiri ?

          •  

            mbah,saya tahu kekhawatiran mbah ttg lcs&cina.tapi,yang saya pertanyakan itu ramalan mbah yang mendahului takdir tuhan.saya juga cinta nkri mbah,dan saya tidak ingin ekonomi negara saya dikuasai oleh slh satu etnis saja.saya tahu mbah amat membenci cina,tetapi bukan hanya cina saja yang menguasai perekonomian ri,tetapi juga us jls jls selama ini us memerah sda kita& juga selalu memperalat kita.mbah juga harusnya membenci us dong.ingat mbah,us itu bermuka dua.us tidak pernah tulus sama kita.

          •  

            piala dunia terlalu tinggi buat kita, yang dekat aja, siapa next RI-1 ?

          •  

            saran aku sih mbah dong yang berada di depan memimpin para pemuda… ok mbah ??? n jangan lupa mbah.. mahluk halus pembisik mbah juga di bawa yak….

        •  

          mbah,sya sudah tahu motifnya mbah.kelihatan dari topik yang dibahas plng2 tdk jauh 2x dari lcs,cina,&us.kelihatn sekali mbah ini ingin menggiring opini warga warjag agar cina kelihatan jelek dan us dkk terlihat baik.mbah hanya memaparkan keburukan cina,tapi mbah tdk pernah menulis ttg keburukan us.saya curiga mbah ini anggota lsm pro barat yang bertujuan utk merenggangkan hubungan indonesia dan cina.pake ngramal ngramal segala lagi,emangnya mbah mau jadi dukun apa.

        •  

          maaf mbah sebelum tahun 2022 semua yang berhubungan dgn amerika akan hancur hehehehe…

    •  

      Haduh simbah di sini to.. dicari kesana-kemari gak ketemu, ternyata di warung ini, sudah offline dulu mbah, waktunya tidur siang, obat asam uratnya jangan lupa diminum, ntar kalau kambuh gak bisa ngetik lagi.

    •  

      Malah Dagel’an…hedeuuhhh:(

    •  

      Mbah aja nanti yg langsung maju perang.
      Atau gini aja mbah, untuk cari gara2 dengan singapore, mbah jadi umpan aja. Nnti mbah di ksih pakaian/rompi yg isi nya bom, mbah jalan menuju pusat kota/gedung tinggi di singapore dengan niat mau ledakin gedung tsb. Tapi mbah bawa bendera merah putih, biar singapore tau mbah itu utusan dari indonesia. Jadi pas mbah udh di tembak mati dluan sm tentara/polisi singapore sblum mledakkan bom, indonesia udh ada alasan utk nyerang singapore.
      Hitung2 kan mbah mati ada manfaat nya utk NKRI. Mbah kan mau nya ingn indonesia serang singapore. Dari pada mbah mati sia2 gk ada guna n hanya bwa dosa, ya mnding mati jadi umpan untk nyerang singapore sprti kmauan mbah. Lumayan kan mbah jadi pahlawan indonesia. Insya Allah klau perang LCS di tahun 2022-2025 udh pecah, indonesia mngkin sudah beli kapal perang baru lagi di kasih nama KRI Mbah Bowo. Kapal nya jenis kelotok bermesin ganda dengan senjata meriam bambu.

      Maaf mbah, bukan nya mksud kasar sm mbah, tapi ini kan cma pndapat, demi kbaikan mbah juga.

    •  

      Assalamualaikum wr.wb

      nanti kalau KRI Usman Harunnya mau patroli di perbatasan mbah ikut ya 🙂
      Siapa tau nanti mbah di butuhin, untuk di luncurkan lewat tabung VLSnya KRI Usman Harun 🙂
      atau mungkin mau di luncurin lewat tabung tube buat nenggelemin scorpone.
      lumayan mbah hemat anggaran untuk beli amunisi 🙂

      kalau salah ya maaf 😀

    •  

      ngak bosan2 tuh mbah bowo…,
      yg di bicarakan lcs mulu… mau ngracunin pikiran kita ya..
      rakyat tu dah pinter mbah bisa milih mana yg baik yg tidak.
      ndak usah digiring pake opini yg terus menerus. mbah2..

    •  

      betul bung..coba dicari tahu kenapa di sumatera sangat banyak LSM lingkungan hidup yg menunutut penanaman hutan bakau secara besar2an tidak proporsional,dengan mengangkat bahaya abrasi,menolak kapal2 besar melewati pesisir alasan abrasi dan mengumpulnya delta.merusak ekosistem laut dan mengganggu nelayan tempatan.ITU SEMUA BERTUJUAN AGAR INDONESIA TIDAK MEMBANGUN PELABUHAN BARANG YG MENJADI ANCAMAN SINGAPORE..

      masalah TKI sebenarnya pemerintah pusat sangat memperhatikan.tetapi pihak KBRI yg lemot…itu semua para TKI mengetahui,sehingga TKI lebih mempercayai kepada aktivis2 yg ada diluar negeri untuk menyampaikan aspirasi kepada pemerintahan pusat tanpa melalui KBRI..
      KBRI dijadikan dianggap TKI hanya sebagai kantor untuk pemilu,minta visa,splp dan dokumen yg lain itupun dengan uang sogok juga,,TAPI kalau untuk kesejahteraan TKI, KBRI tidak dipandang langsung
      KBRI bertindak jika kes atau masalah sudah terlanjur dihebohkan media

    •  

      Yen aku yo Mbah, ora usah golek goro-goro karo si upil kuwi cukup sediakan arteleri jarak jauh macam astros dan sistem pertahanan udara area macam S-300 terus taruh di Batam atau Bintan pasti si upil tidak bisa tidur nyenyak…….

    •  

      Mbah Bodat..Jaminan nya pke surat tanah gak nie.?

  12.  

    Assalamualaikum wr.wb
    malah hal itu yang di tunggu FPDA
    untuk memasukkan tentara FPDA ke wilayah NKRI yang kemungkinan dengan dalih tentara penjaga perdamaian.

    kalau salah ya maaf 😀

  13.  

    Singapura …..
    Bener2 dah si red dot …kl dikita pasti dah disebut “GAJEBO” ….gak jelas boooo heheheee

  14.  

    Seperti ramalan jayabaya, INDONESIA akan jadi MERCUSUAR dunia…!!!

  15.  

    usa,singapore,australia,malaysia,akan merapat ke INDONESIA dengan tujuan menghancurkan dari dalam..setelah mengalami KEGAGALAN
    1.konspirasi MH370 gagal mengadu domba INDONESIA dengan china.
    2.memisahkan papua dengan NKRI
    3.mengaibkan INDONESIA dimata international tentang pelarian
    4.melemahkan imej pertahanan INDONESIA dimata internasional dengan pencerobohan wilayah
    5.untuk memasukkan militer USA di selatan INDONESIA untuk memberantas teroris yg mereka cipta
    dll

    bagaimanapun USA,AUSTRALIA,SINGAPORE DAN MALAYSIA tidak akan pernah duduk diam selagi NKRI belum bubar..dengan tujuan bagian2 daerah yg memisahkan diri dengan INDONESIA akan dipeluk dan dibagi2 kepada 4 NEGARA SODOM ITU..

    PEMERINTAH (POLISI,INTEL,DLL) seharusnya mengawasi dan mengontrol LSM-LSM didaerah2 perbatasan…karena mereka sudah disusupi antek2 asing untuk menyusun agenda dalam pemisahan wilayah dengan NKRI dengan tujuan sebagai daerah penempatan militer USA yg sekarang sedang menunggu di selatan indonesia untuk menyusun strategi melawan china..

    apakah ada yg ingat ketika di KEPRI meminta otonom dan pemekaran wilayah???dengan ancaman jika pusat tidak mengabulkan maka mereka AKAN BERGABUNG DENGAN NEGARA JIRAN.kalau ditelisik dan dicermati kalimat jawaban dari masyarakat( TIMOR-TIMOR,SIPADAN LIGITAN,PAPUA DAN ACEH YG ADA DI NEGARA LAIN DENGAN STATUS DIBAWAH LINDUNGAN UNCHR maka mempunyai jawaban yg identik sama,, ( WARNING..PULAU RUPAT HARUS JADI PERHATIAN )

    mereka tahu untuk melawan teroris,militan INDONESI pasti dengan mudah akan menang,,,jadi mereka menyusupkan LSM-LSM yg akan memprovokasi warga,karena suara RAKYAT di INDONESIA menjadi nadi pemerintahan…

    MAAF tulisan dari seseorang yg prihatin dengan tingkat kewaspadaan pemerintah di daerah perbatasan..

  16.  

    kelas jengkol n kelas pete ngga bung?

  17.  

    Jika kita ingin berkonfrontasi dengan sing, maka kita harus siap menghadapi serangan dari FPDA dalam waktu singkat adalah :

    Khusus matra laut.

    FPDA exclude UK

    Destroyer
    Hobart class 6250 ton : 2~4 unit (plan)

    Frigate :
    Formidable Class 3200 ton 6 unit
    Gowind class 3000 ton 6 unit
    Lekiu class 2270 ton 2 unit
    Kasturi class 1900 ton 2 unit
    Anzac class 3600 ton 10 unit
    Adelaide class 4100 ton 4 unit

    Corvette :
    Victory Class 600 ton 6 unit
    Laksamana class 675 ton 4 unit

    FAC/PC 39~50 unit

    Submarine :
    Current 15 unit
    Add Future : 19 unit

    Bandingkan dengan Indonesia
    Frigate
    Ahmad Yani class 6 unit
    Sigma 10514 2365 ton 2 unit

    Corvette
    Sigma 9113 1690 ton 4 unit
    Bung Tomo (NR) Class 1940 ton 3 unit
    Fatahillah class 1450 ton 3 unit

    corvette
    Pattimura (Parchim) class 800 ton 16 unit

    Fast Attack Craft
    Clurit Class 8 unit
    KCR 60 class 6 unit
    Klewang I class 8 unit
    Klewang II class 8 unit
    FPB-57 class 18 unit

    Submarine
    Cakra class 1200 ton 2 unit
    DSME 209 class 1400 ton 3 unit

    jika dibandingkan maka NKRI harus melakukan pengadaan
    Destroyer class = 4 unit lagi
    Frigate = 22 unit lagi
    Submarine = 29 unit lagi

    •  

      Kalau FPDA maju, Indonesia gk mngkin sndirian mnghadapi.
      Lagian indonesia juga lagi giat2nya mmperkuat diri untuk setidaknya bisa melawan FPDA Exclude UK.

      Cuma pendapat, maaf jika salah

    •  

      Memang kalau perang jumlah armadanya minimal harus sama gitu ya om alugoro? saya gak paham perang.

      •  

        maklum bung hanya model domino saja. memang kondisi sekarang kita mungkin menganut asymetric warfare mungkin seperti rujukan sbb :

        http://www.rsis.edu.sg/publications/Perspective/RSIS0562012.pdf

        dengan asumsi “tingkat kehandalan sistem dan manpower sama” maka lebih aman jika kita bisa menutup lubang kelemahan. itu belum melibatkan aset udara (air superiority). kondisi peperangan di laut jelas dan udara jelas berbeda dengan peperangan di darat.

        •  

          @bung alugoro…anda melupakan faktor taktik dan militansi….semua anggota FPDA itu ayam sayur semua…apalagi induknya mama eli pernah merasakan pahitnya ujung bambu runcing..

          •  

            betul bung jgn lupakan the man behind the gun :mrgreen:

          •  

            Nambahin bung @Wehrmacth
            Kalau lihat sejarah, unit pasukan paling hebatnya itu SAS Inggris. Semua unit khusus anggota FPDA salah satunya mengacu ke sana.
            Nah, RPKAD saat Dwikora, malah menghadapi SAS Inggris.
            Nah gimana itu SASR, NZSAS, GGK, SOF SAF?

            O ya, baretnya Paskal berwarna sama dgn baretnya Kormar TNI-AL di mana Usman-Harun “mengobok” Sing, dan baretnya Special Operation Force Sing itu berwarna merah (RPKAD “mengobok” Kalimantan bagian utara dan brhdpn dgn SAS).

            Kalo SOF Sing mengacu ke US ya biasanya berwarna hijau (GGK berbaret hijua) di mana US SOF mengacu Commando-nya Inggris waktu PD II. “We Dare” motto SOF Sing, mirip “Who Dares Win”-nya SAS.

          •  

            Indonesia yang baru proklamasi dgn SDM dan alutsista seadanya, tanpa dukungan negara lain (lone wolf), berani menghadapi Inggris di pertempuran Surabaya 1945 (keyword: Battle of Surabaya), kalah berdarah2 tapi Inggris jadi tahu semangat pejuang yang membara & membakar.

            Kalo Vietnam/vietcong digadang2 krn berhasil mengalahkan Amrik, ya si Viet itu kan didukung RRC dll dan mainnya petak-umpet.
            Dan Battle of Surabaya itu jadi inspirasi Viet.
            Buku tentang perang gerilya tulisan AH Nasution itu jadi salah satu pegangan dunia, termasuk AS dan Vietnam.

            Jadi para jiran lebih bangun alutsistanya untuk berhadapan dgn di mari.

    •  

      FPDA tidak akan maju bersama jika salah satu negara berperang…(kemungkinn hanya dukungan lisan/bahkan diam sama sekali ) karena
      1.diantara mereka ada konflik internal sendiri
      2.diantara mereka mempunyai dendam2 lama yg selalu diwariskan ke anak cucu
      3.kepentingan ekonomi
      4.tidak ada perjanjian untuk mewajibkan berbuat sebegitu
      5.kondisi keuangan dan politik masing2 anggota
      6.keputusan yg diambil harus melalui persetujuan parlimen yg kompleks

      dll….dllll
      intinya FPDA bertahan hanya untuk menjaga gengsi dimata dunia dan menyenangkan hati mama untuk menunjukkan bahwa anak2 yg lucu hidup rukun

    •  

      Air Force Asset

      Singapore
      Qty
      Heavy F-15 SG 24
      Medium F-16 74
      Light F-5 49

      Multiplier Asset
      AEW & C 4

      Future
      Medium F-35 24

      Malaysia
      Heavy SU-30MKM 18
      Medium F/A-18 Hornet 8
      MIG 29N 18
      Light F-5 13

      Australia
      Medium F/A-18 E/F 12
      F/A-18 Growler 12
      F/A-18 A/B 71
      Multiplier Asset
      AEW & C 7
      Future
      Medium F-35 100

      Total Air Fleet FPDA
      Current
      Heavy 42
      Medium 195
      Light 62
      Future
      Heavy 0
      Medium 124
      Light 0
      Total 423

      Total by class (Include future plan)
      Heavy 42
      Medium 319
      Light 62

      Indonesia Fleet
      Qty
      Heavy Su-27/30 18
      Medium F-16 40
      Light F-5 11
      TA-50 16
      Future
      Heavy Su-35 18
      Medium F-16 30
      Typhoon/Gripen/ 18
      Rafale
      F/A-50 33

      Multiplier Asset
      N295 AE&W 4

      Total Air Fleet Indonesia
      Current
      Heavy 18
      Medium 40
      Light 27

      Future
      Heavy 18
      Medium 48
      Light 33
      Total 184

      Total
      Heavy 36
      Medium 88
      Light 60

      jadi bisa dibandingkan bahwa dikelas medium kita kekurangan pesawat dalam jumlah yang luar biasa besarnya ( 213 unit atau setara 13 sq)

      kalau untuk matra darat selama target mef dilakukan bisa dikatakan kita “on par” dengan mereka.
      terakhir dan teramat penting adalah : “Berkata Perang Memang Mudah, Tetapi Yang Tidak Kalah Pentingnya Adalah Kemampuan Berhitung Aset Yang Kita Punyai Dibanding Lawan”. Janganlah membandingkan kondisi kita sekarang dengan di saat Dwikora dikobarkan.

  18.  

    Mari kita ludahi saja polemik ini… Eh sudahi maksud saya.

  19.  

    Blom jg reda, Eng Ing Eng bakal tambah bingung ketika (sbntr lg) FIR Singapore (wilayah Kepri) kembali direbut dan dikendalikan NKRI. Mati kutu nanti Singapore. Wilayah udara mereka makin Se-UPIL. Pesawat mereka ga bisa trbang kemana2, hahahaaa….
    Bersiaplah menyambut:
    Raksasa Bangkit dari Tidur.
    NKRI HARGA MATI!!!!

  20.  

    kayaknya ada tujuan terselubung nih
    mungkin mreka berfikir jangka panjang kalo hub ini terus memanas
    dari segi ekonomi jakarta akan punya pelabuhan new tanjung priuk yg nantinya kapal2 kargo kelas besar dapat merapat disini sehingga tidak perlu ke hub singapura tapi kangsung ke hub jakarta
    pembangunan kilang baru di INA jadinya INA tidak membeli minyak dari perusahaan berbendera singapur tapi minyak mentah langsung di olah di dalam negri
    bandara kuala namu akan jadi hub penerbangan INA ke barat sana nan jauh karena lebih dekat ratusan km dari singapur

    mreka takut akan kehilangan uang dari INA nantinya ke depan dan mreka sadar INA skrng bukan INA 16th yg lalu

    •  

      kasus uu minerba setidaknya membuat sadar mereka bung. jika pemerintah mengeluarkan undang2/perpres atau sejenisnya terhadap barang dan jasa hasil produksi Indonesia, pasti mereka pingsan. Hampir semua barang ekspor dan impor ex kawasan industri harus dimakelar-i oleh mereka. salah satu yang aneh adalah beberapa produk komponen elektronik seperti semi konduktor dsb, harus di ekspor dulu ke singapore dan selanjutnya dikirim balik ke NKRI. Padahal pabrik pembuatnya ada di karawang dan pembelinya ada di cibitung dan cikarang.

  21.  

    segala sesuatu berawal dari mimpi…
    saya dukung bung @Ponari [email protected] terwujud

  22.  

    @ Bah bowo : Bah Sampai segitu nya Cari makan…….Saya kasian Sama mbah,meyesatkan org dgn cara pikiriran anda itu dosa besar bah….apa lagi kalo mbah ada niatan tidak baik,trus hasil kerja dari meyesatkan org di kasih ke anak istri….sangat2 dosa besar….tapi mudah mudahan yg di kata mbah bowo selama ini apa adanya….sehingga anak istri nya tidak merasakan uang dari hasil meyesatkan org….Sangat besar Pertanggung jawaban di akhirat nanti…..( Sekedar mengingatkan )

    •  

      Lebih kasian lagi kalau mbah membiarkan anak cucu terombang ambing tampah arah.

      Mbah ini sudah tua, tau persis betapa sedihnya rakyat indonesia saat Alm Usman dan Harun di Gantung.

      Darah harus di bayar dengan darah, dan invasi adalah jalan yang mulia.

      •  

        yakin mbah……apa yg di katakan mbah itu….apa ada nya….ya saya cuma mengingatkan aja….toh kalo itu benar menurut pandangan
        mbah bowo di lanjut….trus jangan lupa bah pikirin apa yg pernah mbah sampai kan di mari…apa kah itu semua benar benar apa adanya.tidak ada maksud meyesatkan orng…..itu aja yg saya sampaikan….semoga semua baik baik saja….Dunia dan akhirat ….Amin.

      •  

        Gk seharusnya darah di bayar dengan darah mbah.
        Kalau bisa buat mereka berdarah sendiri kan enak mbah.

        Anggap lah gini, klau dendam sama org lain, mending di racuni aja smpai mati pelan2 dari pada kita bacok dia. Iya gk mbah?

        Piss mbah, :*

      •  

        Gak kebalik tuh mbah bodat.?? Bkn nya kau itu yg terombang ambing tanpa arah.??

  23.  

    Mbah aja nanti yg langsung maju perang.
    Atau gini aja mbah, untuk cari gara2 dengan singapore, mbah jadi umpan aja. Nnti mbah di ksih pakaian/rompi yg isi nya bom, mbah jalan menuju pusat kota/gedung tinggi di singapore dengan niat mau ledakin gedung tsb. Tapi mbah bawa bendera merah putih, biar singapore tau mbah itu utusan dari indonesia. Jadi pas mbah udh di tembak mati dluan sm tentara/polisi singapore sblum mledakkan bom, indonesia udh ada alasan utk nyerang singapore.
    Hitung2 kan mbah mati ada manfaat nya utk NKRI. Mbah kan mau nya ingn indonesia serang singapore. Dari pada mbah mati sia2 gk ada guna n hanya bwa dosa, ya mnding mati jadi umpan untk nyerang singapore sprti kmauan mbah. Lumayan kan mbah jadi pahlawan indonesia. Insya Allah klau perang LCS di tahun 2022-2025 udh pecah, indonesia mngkin sudah beli kapal perang baru lagi di kasih nama KRI Mbah Bowo. Kapal nya jenis kelotok bermesin ganda dengan senjata meriam bambu.

    Maaf mbah, bukan nya mksud kasar sm mbah, tapi ini kan cma pndapat, demi kbaikan mbah juga.

    *Repost

  24.  

    bener bro ucapan kakek sampean,……….semua pembangunan di singapura pun menggunakan uang dari indonesia, atau tepatnya dari rekening bank nasional di indonesia MT 103xxxxxxxxxx, jadi kenapa harus dihancurkan negaranya…..apa gak ada cara lain!!!!,……..ingat …. untuk masa depan MENGUASAI,… tidak harus dengan perang, cukup dengan menguasai EKONOMI,… berarti kita sudah menguasai suatu negara,…..sekarang tinggal take over saja perusahaan perusahaan yang ada disingapura seperti TEMASIK holding, FARALON holding dan lain lain, sesuai dengan pemilik rekening tersebut diatas,…….semoga ramalan JOYOBOYO dapat terwujud dalam waktu dekat

  25.  

    Si mbah ngarep disundul kaya 007 ya,. ane doakan ya mbah,. 😀 ,. biar diringkus dikarungin sekalian taro di morotai,. buat diluncurin pengganti isi KRI kita,. pasti daya ledak dan gertaknya mbah laku,. 😀 ,. woles mbah,.

  26.  

    “Kadang-kadang, kita tidak dapat sepenuhnya memahami cara-cara lain, tapi selama kami terus dengan berdiri sendiri dan orang lain memahami kita, saya percaya itu adalah dasar yang sangat kuat bagi kita untuk membangun hubungan dengan orang lain,

    pret
    suruh orang lain memahami mereka,sikap angkuh ngak akan membuat hub bertetangga lebih baik

  27.  

    Trus bagaimana dgn adanya kabar kalo ada capres yg d usung oleh pihak asing dgn modal besar utk menimbulkan opini public yg sedemikian rupa
    Apakah negara kita tetap bisa jaya yg sudah mulai bangkit ini kemudian d grogoti dr dalam oleh orang2 yg brkepentingn
    sbagai anak bangsa sangat sedih dan tentu kawatir

  28.  

    Yang benar itu Singaparno sangat ketergantungan dan membutuhkan Negara dan Bangsa RI . Sedangkan Indonesia tercinta dengan adanya Singaparno atau tidak akan biasa-biasa saja …

    “istilah kata lainnya..lhoe mo jungkirbalik kek, mo nangis guling-guling kek, emang gue pikirin”…
    ” lhoe punya itu kek, punya ini kek… terus gue harus bilang WOW gitu??”….

    Jadi intinya Indonesia akan tetap berjalan dengan tegap dibawah segenap kewibawaan dan penuh sopan santun layaknya bangsa yang besar dan bermartabat.

  29.  

    kalau bicara red dot, alutista mereka sudah dibilang gahar, over alutista dan tentunya misteri jumlah, melemahkan singapura haruslah “cerdik” bukan sekedar penguatan alutista NKRI tapi “pengembalian” barang, jasa yang bergantung pada nkri serta navigasi nkri yang “terjajah”.
    ketiga faktor tersebut NKRI berdikari maka sngapua akan lemah dengan sendirinya efek impactnya salah satunya militerr mereka akan lemah, saat itulah singapura “dipaksa” menandatangani perjanjian ekstradisi.

    cuma pendapat
    maaf cucu lancang

  30.  

    Pepesan kosong……..mending maen ama bini…

  31.  

    maaf atas komentar yang memfitnah Mbah, ID Mbah Bowo yang asli cuma saya, yang komentar invasi ke singapur itu bukan Mbah Bowo yang Asli

  32.  

    Sy terharu dan bangga melihat klarifikasi jendral moeldoko di media yg bicara tegas Dan berapi-api. Karir pak jendral selanjutnya: menhan ! Semoga

  33.  

    Proposal korvet untuk AL Malaysia dari DSME

    The proposed vessel has a length of 85.5 m, a beam of 12.9 m and displaces 1,800 tonnes at full load. The corvette can reach a top speed of in excess of 25 kt.

    The MSC model shown at DSA 2014 is fitted with a 76mm Oto Melara main gun, 4x Kongsberg NSM anti-ship missiles, 2x MSI 30mm guns located aft, and several South Korean made sensors, most of them from Samsung Thales.

 Leave a Reply