Feb 212014
 
ships-patrol-strait-of-malacca-piracy

(photo: Pirate busters. Reuters)

Singapura batal mengikuti Patroli Terkoordinasi (Patkor) Indonesia-Singapura (Indosin) ke-87 di Selat Malaka. Gugus Keamanan Laut Armada Kawasan Barat (Guskamlabar) telah menggelar operasi itu sesuai jadwal, 17 Februari 2014, tanpa unsur Angkatan Laut Singapura.

Biasanya kegiatan tahunan ini bekerja sama dengan Singapura. Jalinan kerja sama ini telah dilakukan bertahun-tahun. Setiap tahun kegiatan patroli terkoordinasi itu digelar dua kali atau selama dua periode.

Target operasi Indosin terkait kejadian kejahatan ataupun kecelakaan di Selat Malaka atau perbatasan perairan Indonesia-Singapura, seperti Selat Philips, Selat Singapura, dan Selat Malaka.

Komandan Gugus Keamanan Laut Kawasan Barat, Laksamana Pertama Harjo Susmoro, menepis kabar batalnya Singapura bergabung karena alasan hangatnya polemik penamaan (KRI) Usman Harun, yang membuat pemerintah Singapura meradang.

“Terkait Usman Harun sangat kecil kaitan” ujar Harjo kepada Tribun di Batam, Kamis (20/2/2014). “Hanya Tuhan yang tahu,” imbuh jenderal kelahiran Tegal, Jawa Tengah tahun 1965 itu.

Singapura beralasan tidak bisa mengikuti operasi dengan alasan tengah banyak kegiatan dan minta diundur pada Maret 2014. Namun pihak Guskamlabar tak menyanggupi karena memiliki agenda di bulan itu. Padahal kesepakatan sudah terjadi pada 17, 18, 19 Februari 2014 untuk dilakukan evaluasi terkait Indosin tahun sebelumnya.

“Jadi bukan batal, tapi Singapura minta undur dan kita tidak bisa. Artinya ada tidaknya Singapura kita tetap jalan. Namanya operasi rutin. Dan tidak ada pengaruh. Lagi pula operasi ini bisa digelar sepanjang waktu karena waktunya 360 hari,” ujar jenderal bintang satu yang bertugas menggantikan Laksamana Pertama TNI Arusukmono Indra Sucahyo.

Ketidakikutsertaan Singapura itu disampaikan Komandan Maritime Security Task Force (MSTF) Singapore kepadanya melalui aplikasi WhatsApp. Harjo kemudian membacakan isi pesan perwira berpangkat kolonel itu, bahwa Singapura meminta mundur jadwal Indosin dari 17 Februari ke tanggal 28 Maret 2014 karena banyak kegiatan.

Harjo menyebutkan pada bulan Maret TNI AL mempersiapkan kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2014 yang akan berlangsung di Batam, mulai Maret-April 2014. “Jadi kita tidak bisa memenuhi permintaannya karena Maret itu kita persiapan Multilateral Naval Exercise Komodo,” ujar Harjo.

Map11Harjo mengakui selama ini kegiatan tersebut digelar antara dua negara bertetangga, Singapura dan Indonesia. Tujuan operasi, selain menjalin kerja sama dalam penanganan keamanan di Selat Malaka.

Dalam operasi itu, rencananya Guskamlabar mengerahkan empat Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) serta sekitar 270 personel. Sejauh ini antara Indonesia dan Singapura memang saling memiliki kepentingan dan ketergantungan, terutama dalam soal pengamanan Selat Malaka.

Indonesia tidak merugi dengan tidak ikutnya Singapura. “Yang rugi itu Singapura. Kepentingan mereka untuk keamanan perairan selat Malaka itu lebih besar dampaknya kepada Singapura,” kata dia. Kendati demikian, Indonesia juga memiliki kepentingan manakala dalam menindak pelaku kejahatan di laut yang kabur ke wilayah perairan Singapura.

Apalagi peralatan dan kecanggihan Singapura memang lebih baik dari Indonesia. Singapura memiliki peralatan canggih untuk menyebarkan semua kejadian yang berada di laut.

“Mereka punya pusat informasi. Kita belum miliki lembaga yang fokus mengurus itu,” kata dia. Sehingga, lanjutnya, dengan peralatan yang canggih tersebut, Singapura dengan mudah mengirim informasi ke kapal-kapal internasional yang berlayar di Selat Malaka.

“Jadi kapal-kapal pun sering ngasih info soal kejadian di laut ke mereka (Singapura),” ucap Harjo.

Harjo meminta tidak dikait-kaitkan tidak bergabungnya Singapura dalam operasi tersebut. Pasalnya, selama ini kerja sama TNI AL dengan angkatan laut Singapura, tidak itu saja, namun ada sekitar 30 kegiatan. (Tribun Batam /Muhammad Zuhri).

  45 Responses to “Singapura Batalkan Patroli Selat Malaka Lewat WhatsApp”

  1. Negara upil mulai olokan lagi…

  2. nggak mereka khan lg demam whatsapp, pdhl kita udah basi hi hi hi hi

    • Gpp bung,besok-besok klo ada kegiatan serupa cukup kirim “code morse” pembatalan dr pihak RI melalui kapal nelayan tradisional diperbatasan atw sekalian dr KRI USMAN HARUN

  3. Teruslah merajuk singapur 😀

  4. * Misalnya terjadi Perang dgn Singapore..*

    Jika TNI gebuk Sing, kira2 berapa batalyon terpadu yg dibutuhkan untuk menghancurkan militer singapore sampe lumpuh total..?? berapa lama..??

    satu kogabwilhan z tentu termasuk overkill, apalagi jika semua kekuatan TNI, itu tidak fair

    • *jika mengabaikan pakta pertahanan_klo sekarang sy rasa jgn dulu… Angkatan udara Singapura msh terlalu bahaya. jgn diremehkan, bisa2 pasukan yg akan menuju singapura habis dtengah jalan. belum lagi lautnya yg sangat kecil djaga 6 kapal selam, Angk darat jg dlengkapi Leopard + Apache. sangat bahaya.. kecuali TNI AU sudah dlengkapi SU-35 dan penambahan sukhoi plus Rudalx serta penangkis udara S-300 yg dtempatkan di titik2 vital buat mematahkan gerak AU singapura, juga kepung singapura dengan 1000 roket R-han yg daya ledaknya ditambah dan sdah on target.

      Kapal perang kecil produksi PT PAL yg bisa bwa C-802 & C-705 diperbanyak.. nah, sementara Roket Rhan ditembakkan tanpa jeda di titik2 vital (bandara, markas komando, markas batalyon Tank, logistik dll) smentara AU bertugas melindungi jika F-18 hornet dtg mengganggu. Setelah negara kota itu porak-poranda, segera terjunkan pasukan secara besar2an melalui Udara dan laut beserta perlengkapannya. dijamin kurang 3 hari negara itu sudah berhasil dikuasai dan diganti namanya dari singapura menjadi Usman Harun 😀 😀

      • 3 Hari ya..?? kalo kelengkapan yg diperlukan sudah ada,tinggal perintah z gimana?
        gue kira 1/2 Malam malah, asumsikan z Penyerbuan jam 00.00 dini hari.
        jadi Jam 06.00 pagi sudah ada pengumuman Rata atau tenggelam, dan Peta Asean harus diupdate

        Kalo dikuasai buntutnya akan panjang, ini berbeda jika hanya lenyap ke dasar lautan,
        Opini sekutu bisa terpengaruh begini. ” Untuk apa balik menyerang Indonesia, toh tidak akan mengembalikan singapore jadi daratan lagi..”

        😀

        • Hehehe..! Nice comment, bung Donnie. Saya setuju, seandainya memang harus perang, jangan sampai lebih dari satu hari. Semua pergerakan harus dirasakan spontan dan spartan.

          Saya juga usul, kalau perang jangan dimulai saat terbit fajar. Di negara seperti S’pore dan Malaysia, terbit fajar artinya sudah sekitar jam 06.00 pagi waktu setempat, atau kurang lebih jam 05.00 WIB. Pada jam seperti itu, jangankan orang dewasa, anak SD aja udah dianterin ke sekolah.

          Jadi kalau bisa, mulailah menjelang dini hari. Warga S’pore punya kebiasaan pulang telat ke rumah. Habis ngantor, akan nongkrong bareng, menjelang pelayanan kereta api jam terakhir, mereka baru pulang. Jadi enaknya sekitar jam 02.00 dini hari. Saya jamin, jangankan warga sipil, mulut tentara etnis India dan Chinanya pasti masih bau alkohol.

          Jangan lupa, S’pore adalah negara yang menerapkan wajib militer secara tegas dan keras. Mereka sudah tahu, apa yang harus mereka buat saat tanda berperang sudah berdentang. Hanya dalam sekejap mata, mereka akan bisa mendapatkan senjata lengkap dengan pelurunya. Bunker kekuatan pertahanan terbesar semua berpusat di Changi.

          Bandara Changi sendiri didesign beberapa tingkat ke bawah tanah. Kita tidak akan mudah menemukan senjata dan kendaraan tempur mereka secara kasat mata, semuanya tersimpan rapat di bawah tanah. Bahkan di pelabuhan Changi sendiri, disinyalir pelabuhan kapal selamnya terkoneksi dengan ruang bawah tanah tersebut.

          Kota S’pore sendiri sejatinya adalah kota dua tingkat. Banyak fasilitas vital berada di bawah tanah. Pengolahn air limbah, distribusi air bersih, listrik, telekomunikasi dan gas, semua berada di tempat bawah tanah ini. Konon MBT Leopard S’pore lebih sering berada di bawah tanah ini daripada berada di jalan raya.

          Sangat logis, karena di S’pore semua kendaraan truk dan sejenisnya hanya boleh berkeliaran sesudah jam 10.00 malam. Jadi hal lain yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan apabila terjadi perang dengan S’pore, selain persenjataannya, juga kultur yang ada di negeri itu. Beberapa skuadron pesawat tempurnya tidak berada di S’pore, tapi tersebar di Thailand dan Brunei. Hati-hati jangan terlalu ngoyo, nanti malah kita yang loyo. Peta yang dipakai jangan peta dua dimensi, tapi harus 3D.

          Ingat, setiap yang kita lihat sebagai public area, maka dibawahnya adalah private area yang dikuasai pemerintah. Begitupun sebaliknya, jika anda melihat markas tentara, maka dibawahnya akan terdapat fasilitas yang berfungsi bagi kepentingan umum, seperti pusat penyulingan air limbah atau air laut, gas, genset, dan lain-lain.

          • Tolong diatur tanggal dan bulannya pas DPR lagi reses, biasanya mereka jalan-jalan sekeluarga di orchard, saat-saat inilah D-day untuk penyerangan karena akan menambah moril dan semangat prajurit dalam penyerangan. Maklum selama ini mau uji coba yakhont ke senayan gak diapprove terus….

      • tambahin doank…bagus nya di serang pake astros II dari batam sebanyak banyak nya,dan ratusan UAV ber pensil tajam,,untuk mengurangi korban prajurit,,dan yakhont tanam di batam juga..tingal pasang kordinat bandara changi…

    • memberi pelajaran KHUSUS untuk singapure…cukup 1 menit..!…serangan dadakan..
      .caranya kirim rudal, roket secara serempak. dari darat laut dan udara..kirim rudal gabungan sebanyak 200 buah..dan roket sebanyak 20 rb buah.
      nah singapure boleh tangkis dengan iron dome atw alut sista yang paling canggih..
      MINIMAL 50% kiriman rudal dan roket ..pasti sampai…!
      singapure jadi kubangan.
      nah alut sista yang di parkir di luar..biar saja membantu..TOH..singapure sudah jadi kubangan duluan….lagian indonesia tidak ingin menjajah cuma kasih pelajaran .xixixi ….just joke.

      • tidak ada pelajaran khusus, karena dgn masih ada/exist maka kemungkinan jadi duri dikemudian hari selalu ada, jadi pilihannya BAYAR JASA KEAMANAN ke YU atau ticket pada kemusnahan..
        😀

        • kalo saya berpikir ga usah repot2 pake rudal trlalu mahal , cukup di susupi denjaka langsung masuk ke jantung kota tanpa pemberitahuan, dgn pusat komando nya yg dihancurkan, dari pelabuhan plus semua kapal perang nya , bandara plus semua pesawat tepurnya, serta pusat pemerintahan nya, cukup kerah kan 2 kompi aja, masing2 tempat 2 org, dan di ledakkan secara bersamaan, tepat 00.01 pagi,, kyk nya langsung ga bs berkutik,
          seperti kapal malon yg di ambalat langsung disusupi 2 marinir di anjunan nya,tanpa ketahuan kapan nauk kapal nya, langsung nyerah balik lagi,

          • maaf pak andri cahyadi..keliwat mewah pakai den jaka..
            kalau rudal kemahalan…ya sudah pakai roket lapan saja 20 rb unit

            kompor….xixixi

        • donnie…otak preman,..tukang palak.
          xixixi

        • @ bung Yayan, Nice Info.!
          juga bung2 lainnya

          Skenario sbb yg ada dipikiran gue (00.00-06.00)

          00.00
          Serangan Bawah laut (sebagai penanda serangan pertama),
          target, melumpuhkan kemampuan Ks.sing dan alutsista lainnya sambil membersihkan jalan untuk mengirim Paket 2-3 Ks.bekas whiskey yg berisi penuh bahan Peledak massive ke perut bumi Singapore dan diledakan sebagai penutup serangan jam 05 pagi.

          00.01 – 02.00
          dari pulau2 terdekat dgn sing, serangan 500 artilery 155′ Howitzer + sejumlah artilery AD lainnya dgn target melumpuhkan Lapangan udara, menghancurkan pos2 militer, pusat kota, situs2 arhanud singaporn,gudang2 amunisi permukaan,dan setiap target militer permukaan

          00.05 – 03.00
          Serangan rocket balistic 1000 R-han 420/550/Astros II dari riau, setokok, batam dll, 200 Yakhont + c-705, C-802 + Meriam kapal dari 50 unit (selat malaka, dari arah natuna, dan dari arah selat sunda) berupa sasaran pelabuhan dan military base lainnya.

          02.00-05.00
          – Bombardemen udara, 200-500 MOAB buatan lokal + Rus.
          – membuang sisa bomb era Trikora,
          – Bomb2 variance lain.
          – diakhiri dgn Bomb2 Napalm, untuk menciptakan pulau singapura jadi lautan api atau serangan Bomb Kimia.

          05.00
          Diledakannya 3 KS.wiskey yg penuh dgn Bahan peledak konsentrasi tinggi sebagai penutup serangan.

          00.00 – sampe waktu ditentukan berikutnya
          TNI AU berfungsi mengintersep kekuatan Au singapore yg tersimpan diwil.lain atau intersep pespur FPDA lainnya.

          – Combat dibuka dgn serangan bawah laut (Commando)-Artilery + Kapal permukaan – Bombardemen udara – Peledakan paket penutup.
          – Tidak ada Prajurit Au/AD/Marinir YU ke daratan Sing karena target serangan adalah The Doom of hell.
          – warga sing yg selamat dlm bunker biarlah terkubur tanpa ada jalan keluar.

          06.00 Pengumuman : Sing tidak ada lagi dlm peta.

          # ternyata gue cukup sadis juga
          😀

          • Anda trll banyak main game bung. Perang, segitu mudahnyakah????
            Bagaimana dgn Amerika Sang Agresor, Mbahnya Sing? Bgmn dgn negara2 persemakmuran yg notabene sekutu Sing? Bgmn klo Ausi, Tmles, Malingsia, melibatkan diri??? Utk SAAT INI, saya kok msh berfikir klo Indonesia bakal kocar-kacir klo memaksa membuka perang. Saya kok lbh sepakat dgn penerapan strategi2 cantik MEMBUNUH tanpa hrs PERANG.

          • hihi bolehlah berangan angan bung, soal perang kenapa kita bakal susah karena klo kita deploy pasukan atopun artileri sebanyak itu jelas bakal ketauan duluan. Sangat sulit meratakan s’gpore secepat itu.

          • @ Wedus…relax, judulnya juga kan “MISAL…SEUMPAMA..”

            memulai perang itu sangat mudah, menghentikannya yg sulit.
            Prediksi :
            Jika singapore msh utuh sebagai negara setelah penyerangan, gue sendiri yakin bahwa sekutu pasti datang menghajar negara YU untuk menyelamatkan sing. tapi Jika lenyap sama sekali.. mereka datang buat apa..?? yg mereka perjuangkan pun tidak akan kembali.

            @ Sasha
            tidak ada yg susah, dgn spesifikasi Bomb tertentu, negara kota ini bisa lenyap,

            kecuali bikin pengumuman..”Singapor ..nih gue lagi mindahin artilery kelas berat, nih gue lagi mau nyerang negara loe…siap2 ya..trima kasih atas kesiapannya” 😀

            berbicara kemungkinan2, yang jelas Singapore sangat sulit untuk memulai trigger Perang, beda dgn kita, Hal ini patut mereka pertimbangkan sebagai negara kecil untuk lebih tau diri,

            Size Does Matter.

          • Bung donnie, saya tambahin lagi..:
            setelah selesai D-Day ini RI mengirim Tim surveyor dan mereka melihat hal yang mengejutkan, ternyata dari reruntuhan puing2 perkantoran militer, pos2 militer, dan gedung2 militer ternyata yang melakukan perlawanan adalah para pekerja wanita yang disuruh majikannya yang tentara itu, sementara seluruh petinggi militer telah melarikan diri dengan kapal selam, ataupun pesawat2 berbadan lebar.

            tentu saja mereka telah mengetahui serangan itu akan terjadi dari hasil penyadapan mereka melalui peralatan2 sadap canggih yang dipasang tanpa sepengetahuan pimpinan indosat geblek bin gendeng itu yang mengatakan pemilik saham tidak bisa mengintervensi kegiatan indosat.
            (betapa lugunya anak ini.)

  5. Biarkan singapore ngambek dengan sendirinya yg penting TNI AL tetap berlatih agar profisional nantinya untuk menjaga kedaulatan Indonesia yg merupakan negara dengan batas wilayah perairan laut yang sangat luas dan strategis. Oleh sebab itu, Indonesia rawan terhadap gangguan keamanan di perairan malaka di sejumlah batas kelautannya.

    Indonesia memiliki lima Choke Point strategis yang menjadi penentu perdagangan di seluruh dunia, melalui jalur laut dari sembilan Choke Point yang ada di seluruh dunia.
    Artinya, Indonesia sangat strategis di bidang perdagangan.

    Wilayah batas perairan laut Indonesia harus memiliki pertahanan yang kuat, agar tidak diambil oleh negara lain, untuk memperkuat pertahanan batas perairan laut Indonesia, harus dengan memperkuat alutsista modern tanpa singapora TNI AL harus punya radar system komando seperti seperti singaporepunya, alhasil tidak hanya menjagakan tentaranya singapore mlulu untuk menjadi komandonnya.

    • Benar bung, sebetulnya pembatalan latihan ini yg akan dirugikan adlh singapura malah yg diuntungkan adlh indonesia. Selat malaka yg tidak aman, praktis kapal2 kemungkinan mencari jalur alternatif spt selat sunda. Selat sunda yg ramai maka akan timbul kota2 pelabuhan yg dilaluinya

  6. Dan postingan ini :

    PAJAJARAN wrote:

    INTINYA INDO PUNYA RED BUTTON SAMA GREEN BUTTON N SORRY ANE NGAK BISA JABARIN, ADA BEBERAPA KARTU TRUFS YG KITA PEGANG PERIHAL KESEPAKATAN YG INTINYA TIDAK MERUGIKAN DAN TIDAK MENGGEROGOTI APA YG DIMILIKI OLEH INDO BERIKUT SYARAT YG KITA KELUARKAN KE SI ASU DGN KETENTUAN TERTENTU ITU KLO MEREKA MAU. KLO BUAT PENGADAAN DARI RUSKIE FAMILY,JOECINK,DAN BEBERAPA DARI NEGARA EROPA LAINNYA TERMASUK DARI NEGARA ASIA JUGA TETAP PRIORITAS DAN TERUS BERKESINAMBUNGAN,
    SU 34 BERIKUT SU 35 ITU SDH TEREALISASI KLO PERLU TAMBAH MALAH PENGENNYA BISA LEBIH CEPET BISA HADIR DIANGKASA NUSANTARA CARANYA DAH ADA RUSKIE PUN SDH SANGGUP ( KANCIL THINKS ).
    MSH INGET YG NAMANYA SI BANGAU…..?( ATAU ADA YG LAINNYA ).NNTINYA TIGA MATRA YG BERKELIARAN MESKI DARI ASU TAPI ADA RASA LASTA-MASTA ( UDEK2)
    YG SKARANG LAGI DIGENJOT DLM NEGERI BNTAR LAGI NONGGOL……..HEHEHE…?
    WE ALL MUST HAVE COURAGE TO FIGHT FOR DECISION MAKERS

    • bung dawala ini bisa dipercaya gak? kalau saya berharap ini benar, masalah lontong yang nongol (sudah jadi) lebih dari satu, saya percaya, tapi kalau yang mau jadi kok saya jadi bertanya-tanya. maaf newbie. mohon dikoreksi jika salah. terimakasih.

  7. Kita hrs buat perang dingin dg singapura, baru TNI latian spt biasa(sesuai wilayah kogabwilhan) dan perekonomian ditata dg (perikanan laut ditingkatkan, kelapa sawit di urai buat gliserin utk bom, smelter utk bahan galian hrs segera ditertibkan agar dpt buat bahan uranium, titanium, niobium,hafnium bahan nozzle,pesawat terbang,pengembangan alutsista BUMN) baik agar kita lebih makmur dr negeri2 sekitar kita. Salam…………..

  8. * Menghapus Singapura adalah sebuah pilihan..*

    // Jangan pernah berfikir untuk menguasai negara upil ini, lebih baik dihapuskan z //

    banyak keuntungan dari lenyapnya cancer ini :
    – sampling bagi FPDA lainya, mari kita duduk manis bersama sambil minum teh atau bagaimana pun 2 buah system bersebrangan pada akhirnya terjadi tubrukan, karena gaya tarik menarik gravitasi kekuatan, dan itu hal yg alami.
    – Adalah bisul yg mengganggu jika pada akhirnya negara YU berhadapan dgn negara Goa diselatan.
    – Menyelematkan anak cucu, tidak ada tempat lagi buat pencucian uang korupsi yg dekat dan aman.
    – Batam akan mengambil alih peran singapore karena posisi strategisnya, dan btm jelas wilayah negara YU.
    – Dukungan bagi Almarhum singapore akan sejauh mana jika sudah tidak exist lagi.?

    Hal diatas seharusnya menjadi pemikiran bagi otoritas Singapore dlm menentukan masa depannya, esok atau lusa siapa yg menjamin adanya pemikiran dari bangsa besar ini menjadi sesuatu hal yg sangat logis dan MUST BE..??

    size does matter.
    memang…!! 😀

    • Setuju dengan wacan menghapus singapura.
      Tidak perlu ekspedisi militer, tidak perlu demolition show, no army needed, no single bullett needed, no fancy special forces action needed.

      Yang diperlukan adalah:

      Mari mengembargo diri sendiri dari singapura.
      dan dengan sendirinya, singapura akan layu…..

  9. singapura down….widihhh mantab trus rakyatnya dikemanain…!!!!!????!!??&%#@*&&%%

  10. negeri upil sombong banget

  11. singaparno blunder lg….
    stlh pergeseran ekonomi n militer
    yg dulu dominan uncle n belitish, tnyata kemampuan diplomatik singaparno n oz tdk segarang alutista yg dimiliki(cm playgroup).
    memang telah diakui sprt artikel diatas kelemahan matra laut diteknologi,
    tp dont worry ,anak bangsa kita cerdas mslh kanibalisasi teknologi alutista,
    mgkn nanti kalau kfx jadi tp kemampuan tipe SU.

    cm pendapat
    maaf cucu lancang

  12. tapi patut dicermati ulah singaparno,png n oz yg sporadis n bersamaan,hanyalah akal2an untuk memancing nkri buka kartu(west or east),mdh2an ga terpancing…n mef generasi bjalan lancar

  13. Memang negara satu ini di dirikan sebagai isrealnya ASEAN, singapore gk akan pernah rela negara tetangganya yg lebih besar maju scra ekonomi ,militer dan politik, negeri singa ini sampai kapn pun akan slalu ngrecokin negara2 tetangganya .

  14. Kalau begitu, kita rugi dua kali Bung. Orang Riau udah mati duluan, sedangkan orang S’pore belum tentu kati. Orang Riau bisa cepat mati, karena di Indonesia gak ada Rumah Sakit yang gratis. Sedangkan di S’pore, semua balita, pekerja, pensiunan, ibu hamil, penghuni panti jompo, hampir semua warganya bisa mendapatkan pengobatan dan perawatan medis gratis. Apakah bangsa Indonesia akan rela mengjadikan warga sipil Riau sebagai tumbal perang? Gak adil dong Bung. Terlepas dari jiwa nasionalis dan patriotis, dimanapun, perang adalah domainnya militer, bukan sipil.

  15. ntar jga reda sendiri. Cuek aja

  16. dari bahasanya, pramono edie ternyata anak formil.. :mrgreen:

  17. Ada isu rasial mengancam keamanan dalam negeri Singapura, merubahnya dengan membuat musuh bersama dari luar (Indonesia) mungkin adalah upaya pemerintah Singapura mengalihkan perhatian

    http://thediplomat.com/wp-content/uploads/2014/02/thediplomat_2014-02-21_06-11-54-386×268.jpg

  18. perang…akan membawa masyarakat sengsara……………damai itu lebih indah………..

  19. kencingin aja bareng2…. gitu aja kq repot..

  20. singapura ckup di rhan sj

 Leave a Reply