Apr 152017
 

Kapal tempur pesisir USS Coronado di Changi Naval Base, Rabu. Kapal ini tiba di Singapura pada Oktober lalu. kapal tersebut dapat melakukan misi mulai dari kontra-pembajakan untuk bantuan kemanusiaan, dan beberapa kapal akan bersamaan dikerahkan untuk Republik pada tahun depan, kata Rear-Adm Gabrielson. (ST FOTO: ALPHONSUS CHERN)


Guna meningkatkan hubungan lebih lanjut, Singapura dan Amerika Serikat akan mengadakan latihan bilateral angkatan laut di Guam pada bulan Agustus mendatang, serta penambahan kapal tempur pesisir Amerika Serikat ke Republik.

Komandan Logistik Grup Pasifik Barat Don Gabrielson kepada The Straits Times, pada Rabu, mengatakan bahwa latihan dengan sandi Pacific Griffin ini akan diadakan selama dua minggu di perairan wilayah pulau Amerika Serikat.

Itu adalah latihan akhir yang lebih tinggi, dan kita melihat sejumlah peluang untuk Angkatan Laut Republik Singapura (RSN) untuk latihan kemampuan menembak langsung mereka,” ujar Rear-Admiral Gabrielson dalam sebuah wawancara di kantor Angkatan Laut Amerika Serikat di Sembawang Wharves. “Saya sangat yakin itu akan memenuhi kebutuhan RSN untuk mengasah keterampilan mereka di laut.”

Dia menambahkan bahwa sejumlah besar kapal RSN dan aset Angkatan Laut Amerika Serikat akan terlibat dalam apa yang disebut “latihan kompleks”.

Bulan depan, RSN dan Royal Thai Navy juga akan bergabung dengan Angkatan Laut Amerika Serikat untuk Cooperation Afloat Readiness and Training (Carat), acara tahunan yang dimulai oleh Angkatan Laut Amerika Serikat di mana ia melakukan latihan dengan negara-negara Asia Selatan dan Tenggara.

Sumber: Straits Times

  10 Responses to “Singapura dan Amerika Serikat Akan Gelar Latihan Angkatan Laut di Guam”

  1. Latihan bikin perfect

  2. No Comment…

  3. Kapan NKRI latihan perang Dengan Rusia melibatkan jutaan pasukan..

  4. Indonesia-Kita harus’x berani & lantang utk tegas’kan negara” ASEAN bebas dr blok militer…

    Se’lm ini Indonesia-Kita sebnr’x boleh di’bilang lakukan standard ganda dlm kebijaksanaan ASEAN….

    Sdh jelas” s’Pore, Malaysia & Brunei punya hubungan/merupakan anggota blok militer ( ANZUS )…
    Ujung”x pasti ada hubungan juga dgn NATO + Amrik…

    Lg’an hampir tiap tahun juga s’Pore juga slalu dpt kunjungan kpl-perang Amrik ( mgkin saja ada senjata nuklir )…

    Dgn bersikap begini Indonesia-Kita tdk ada dpt ke’untungan apa”…
    Malah secara phisikologis merupakan ke’rugi’an…
    Contoh dlm hal pembelian alutsista…
    Negara” ( blok Barat & non Barat ) produsen alutsista akan ber’pikir ulang utk jual alutsista yg original…
    Krn di’anggap ambigue ( kerahasian produk )…

    Kasus” IFX/KFX + Changbo pasti akan slalu ter’ulang & ber’ulang-kali terjadi…

    • MESKIPUN PENGARUH MILITER BARAT KELUAR DARI ASEAN TIDAK MENJAMIN ASEAN AKAN BEBAS AKTIF SELAMA NAGA AMNESIA MASIH BERBURU SDM2 UTK MENJAMIN MASA DEPAN RAKYATNYA DGN MENGORBANKAN MASA DEPAN RAKYAT LAIN

  5. Singapore jd pangkalan militer rahasia AS biasa litlle Israel in SEA. Non Blok langkah tepat sekaligus posisi sulit karena ditengah tarik menarik dua pengaruh aliansi barat dan timur. Seharusnya Indonesia bs menguasai total teknologi militer agar bs mandiri dan kuat.hanya opini awam semata!

  6. miris amat jadi negara upil mo latihan perang aja mesti nyewa tanah ke negara orang terus

 Leave a Reply