Singapura Identifikasi F-35 ‘Pengganti Paling Cocok’ untuk Armada F-16

Pesawat tempur F-35. (pixabay.com)

Menteri Pertahanan Singapura pada hari Jumat mengatakan bahwa jet tempur F-35 Lockheed Martin merupakan pengganti yang paling cocok untuk armada F-16, dan berencana untuk membeli “beberapa pesawat terlebih dahulu” untuk evaluasi.

Singapura memiliki sekitar 60 jet F-16, yang pertama kali masuk layanan pada tahun 1998, akan pensiun segera setelah 2030.

“Mereka (agen pertahanan) telah memutuskan bahwa F-35 akan menjadi pesawat tempur pengganti yang paling cocok,” kata Menteri Pertahanan Ng Eng Hen dalam sebuah posting Facebook.

“Kami ingin mengadakan beberapa pesawat terlebih dahulu, untuk sepenuhnya mengevaluasi kemampuan F-35 sebelum memutuskan akuisisi armada penuh,” tambahnya.

Ng mengatakan agen-agen pertahanan akan berbicara dengan rekan-rekan mereka di Amerika Serikat untuk memajukan proses, tetapi itu akan memakan waktu 9-12 bulan untuk menyelesaikan persyaratan pada kesepakatan awal.

Singapura akan menjadi negara Asia ketiga setelah Jepang dan Korea Selatan yang membeli jet F-35.

Jet tempur F-35, yang dilengkapi dengan meriam, pod pistol, dan ruang senjata internal yang mendukung bom dan rudal darat-ke-udara, dirancang untuk meluncurkan serangan darat dan misi perang udara.

F-35 terutama didanai oleh pemerintah AS, dengan kontribusi dari anggota NATO lain dan sekutu Amerika, termasuk Inggris, Italia, Australia, Kanada, Norwegia Denmark, Belanda dan Turki.

Jet F-35 menyumbang sekitar seperempat dari total pendapatan Lockheed. Biaya variasi paling umum dari jet, F-35A, masing-masing sekitar US $ 90 juta, berdasarkan negosiasi kontrak dengan Pentagon di Amerika Serikat.

Label harga F-35 telah dikritik oleh Presiden AS Donald Trump dan pejabat AS lainnya, yang juga menunjukkan banyak penundaan produksi dan pembengkakan biaya. Tahun lalu, semua jet tempur F-35 milik AS dan internasional Lockeed Martin di-grounded untuk inspeksi mesin menyusul jatuhnya F-35B pada 28 September di dekat Beaufort, South Carolina.

Sumber: scmp.com

Tinggalkan komentar