Feb 182014
 
kri-usman-harun-140210c

KRI Usman Harun 359, KRI John Lie 358 dan KRI Bung Tomo 357 (photo: TNI AL)

Jakarta – Singapura melarang KRI Usman Harun melintas di wilayah mereka. Pernyataan ini tegas disampaikan Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen. Apa jawaban Indonesia?. “Ya biar saja,” kata Menko Polhukam Djoko Suyanto saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (18/2/2014).

Djoko enggan berpolemik soal itu. Dia sendiri heran mengapa soal KRI Usman Harun dipersoalkan. Kapalnya saja masih dibuat di Inggris.

“Kapalnya saja belum datang kok ribut. Lagian siapa yang bilang mau bawa kapal itu ke Singapura? Aya aya wae,” tambah Djoko.

Sebelumnya, seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (18/2/2014), Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen mengatakan , KRI Usman Harun akan dilarang masuk ke pelabuhan-pelabuhan dan pangkalan-pangkalan Angkatan Laut Singapura.

“Singapura tak akan mengizinkan kapal militer bernama Usman Harun ini untuk meminta masuk ke pelabuhan-pelabuhan dan pangkapan-pangkalan Angkatan Laut,” tutur Ng dalam pidatonya di depan parlemen Singapura.

Ditambahkan Ng, militer Singapura alias SAF juga tak akan bisa melakukan latihan bersama kapal militer Indonesia itu.

“Mustahil bagi SAF (Singapore Armed Forces) sebagai pelindung negara ini untuk berlayar berdampingan atau melakukan latihan bersama kapal ini,” imbuhnya.

Dalam pidatonya yang emosional, Ng menyatakan bahwa Kementerian Pertahanan dan SAF kecewa atas penamaan Usman Harun tersebut. Dikatakannya, meskipun tanpa maksud buruk, penamaan menggunakan nama dua pengebom tersebut tak akan bisa membangun hubungan baik kedua negara.

Ditandaskan pejabat tinggi Singapura itu, keberadaan KRI Usman Harun di lautan akan menjadi pengingat agresi militer dan kejahatan keji yang dilakukan kedua marinir Indonesia itu, yang menewaskan dan merusak kehidupan warga sipil tak bersalah dan keluarga mereka di Singapura.

Reaksi Singapura ini terkait dengan rencana TNI Angkatan Laut memberi nama Usman-Harun untuk kapal perangnya. Usman dan Harun merupakan dua pahlawan nasional Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Presiden 050/TK/1968.

Usman bin Said dan Harun bin Muhammad Ali adalah prajurit KKO (kini Korps Marinir TNI AL) yang dihukum mati Singapura karena mengebom gedung perkantoran di kawasan Orchard, MacDonald House pada 10 Maret 1965 silam. Serangan itu menewaskan tiga orang dan melukai 33 orang lainnya. (detik.com)

  93 Responses to “Singapura Larang KRI Usman Harun Melintas”

  1. The first one..!

    • Ha..ha…he…he..
      Ternyata pejabat di singpura-pura lebih bodo dari pejabat sini ya ???

      Mungkin dari pada ngak bicara ya ???

      Singapura itu negara kota nan kecil mungil, ngak kelihatan bila dilihat dari Globe, apalagi sebesar Peraut…he…he…

      Batas lautnya sangat kecil, KRI Usman-Harun akan leluasa melintas dekat dengan batas laut nya, mungkin sambil nampang banner Usman-Harun.

      Laut Indonesia itu Super Luas, mau kemana saja bisa untuk ke segala penjuru dunia

      Kalau latihan pakai kapal lain khan bisa, Indonesia punya ratusan kapal perang

    • Light Fregat Nahkoda Ragam Class

  2. Boleh bagi link nga dari sumber singapore tentang Larang KRI Usman Harun Melintas

  3. Aya aya wae 😀

    dibales ga boleh masuk perairan kita baru nyaho, mereka bisa jadi Angkatan Laut Aquarium

  4. Setidaknya kita jadi tau dan paham bagaimana mengobok2 harga diri pemerintah singapore..
    tenang z mr. …kecuali kita lupa …xixixi

  5. INDONESIA apakah sudah siap menghadapi yang ini..?

    • klo singapura yang nyerang duluan,.. ya Indonesia bakalan menang,..
      wong konsentrasi penyerangan cuma di satu titik seluas kota kecil,..

      tapi tetep efeknya ke perekonomian,.. lebih berat dampaknya dibandingkan dengan kerusakan material…

      rakyat indonesia mau ga negara Indoneia mundur 10 sampai 20 tahun kebelakang dari segi ekonomi,..
      sayang kan klo udah naik naiknya kaya gini, tapi gar gara negara upi, hampir 300 juta orang kena getahnya,..

      soal usman harusn itu udah kelar,.. cuma pemerintah singapura aja yang terlalu koar koar demi mendapatkan simpati masyarakatnya karna saat ini, pemerintah singapura udah ga terlalu dipercaya ama rakyat nya sendiri…

      pokoknya. USMAN-HARUN adalah PAHLAWAN NASIONAL. mau tidak mau,. suka atau tidak suka,.. kami rakyat INDONESIA harus mendukung penamaan kapal ini. TITIK.

    • Maksudnya: Jika Malaysia timur di utara Kalimantan dicaplok negara asing, para negara anggota FPDA tidak wajib membantu. Selain itu, FPDA adalah forum konsultasi pertahanan, bukan benar2 aliansi militer seperti NATO

      The FPDA was merely a consultative forum, not a formal alliance
      http://www.rsis.edu.sg/publications/WorkingPapers/WP195.pdf

      military engagement in the region by proposing to supersede the 1957 AMDA by a “loose consultative political framework”
      http://www.securitychallenges.org.au/ArticlePDFs/vol3no1Thayer.pdf

      • om now, menurut saya, jika dirasa-rasa china memiliki gelagat kuat untuk menginvasi serawak-sabah-brunai, dan telah menempatkan kekuatan serang pantai dalam radius 1000 km dari pesisir, lebih bagus lagi bila kita dahului… untuk mengakuisisi serawak-sabah-brunai, seperti yang om now blg tadi, bahwa adalah sangat berbahaya bila keta berbatasan langsung dengan china, baik darat maupun laut.

        apalagi fpda meng exclude kan area area tadi. jika terjadi invasi ini, tentara2 abege malaysia yang manja itu pasti akan berkumpul di semenanjung dengan meninggalkan serawak-sabah guna pemusatan kekuatan. apalagi tentara2 singapork cengeng itu, mungkin pas perang nyuruh pembokatnya megang senjata, untuk gantiin dirinya berperang di medan laga.

        Di saat terjadi vacum of military power di east malaysia tadi, kita bisa mencoba cara persuasif membujuk raja2 yang ada disitu untuk masuk menjadi wilayah RI, daripada diduduki cina lebih baik dan lebih bagus bergabung ke RI…..

        Tanggapan terhadap video angleseyes:
        Arena latihan perang nya terlalu ringan. coba bayangkan kalau mereka berperang di pekatnya hutan kalimantan, atau dahsyatnya keganasan nyamuk malaria di bukit barisan, ataupun medan perang dijawa yang telah membuat puluhan marinir AS pingsan sewaktu mengadakan latihan perang, belum lagi ular2 ganas di belantara hutan2 yang tersebar merata di seluruh nusantara ini….
        apalagi kenekatan rakyatnya dalam berperang…. dahsyatnya gerilya bisa melebihi bom2 bunuh diri di irak-iran-afganistan, bisa lebih kejam dari peperangan di syria.

        kalau mau berperang dengan pemuda kekar ini, harus memiliki kesiapan fisik dan mental yang luar biasa, serta biaya perang yang sangat besar……..

        belum lagi bila agresor2 itu tersengat di ibukota negeri sendiri……

      • bung @desperado, Malaysia tanpa Sabah Serawak akan lumpuh sebelah bagai kena stroke. Saya rasa China sudah melirik Borneo utara ini, claim mereka terus berkembang meluas. Sabah-Serawak tidak dilindungi FPDA dan ternyata tidak dilindungi juga oleh Semenanjung yang memilih diam tidak berekasi terhadap claim China

        Sementara FPDA tidak bisa diandalkan, bahkan Australia mengandalkan Indonesia untuk menahan pengaruh China, bukan mengandalkan anggota FPDA seperti Malaysia atau Singapura yang sepajang sejarahnya memang lebay. Mlaysia sendiri saat ini mengikuti jejak Singapura yang merapat ke US

        Kerenggangan hubungan Aus-Indonesia terbukti akan sangat merugikan Australia. Kunjungan 3 kapal perang PLAN ke selatan membuat kita sedikit waswas namun membuat Australia dan Malaysia jantungan 😀

        • Sepakat,sejatinya klaim china slain lcs adalah Sabah Sarawak Dan Kalimantan tiara,suatu Palau yg kaya dgn slumber energy Dan mineral sera kekayaan hayati,itulah mengapa perkuatam militer di sana salah satunya. Anggapan soal Malaysia sbg lawn potential sebenarmya Hana hoax,tni sangat tau siapa lawan sebenarnya yg sepanjang latihan sepanjang latgab sbg ngr sonora

    • ya….. terkadang singapura lupa, kalau negaranya dikelilingi wilayah negara lain …… budhaya timur dia sdh hilang …… dia lupa sebagai bangsa timur, merasa jadi bangsa barat….. hmm…..semoga cepat sadar……….

    • Saya yakin petinggi militer kita sudah ada siapkan segala sesuatu bila terjadi konflik dengan FPDA ini. Entah itu dari Alutsista yang di rahasiakan, atau mungkin dengan perjanjian pertahanan bersama dengan negara sahabat.
      Ingat, militer negara kita ini sangat misterius, dan belum bisa diukur kekuatan nya oleh negara lain. Makanya para tetangga pada nyadap dengan tujuan keamanan negara nya sendiri….

    • ya siap ga siap harus pertahankan NKRI, yang belum dimiliki oleh anggota FPDA
      rakyat yang nasionalisme tinggi……
      yang penting jgan “jual” dulu, kalau “dia” jual ya kita beli….
      apa lagi NKRI negara kepulauan tentunya punya lebih dari satu base(titik) daripada negara daratan…

      yang penting pemerintah selalu nyimpan kartu AS dan Berpandangan non blok…..

  6. ngapain di openi

  7. semakin diabaikan semakin stress itu singapura. mungkin…

  8. Menurut saya apa yg dilakukan pak marty sampai saat ini sgt pintar, tdk perlu terbawa emosi tapi tetap bermain cantik krn kita hidup di dunia ini tdk hanya dgn singapura atau australia saja tapi msh byk negara lain yg pasti mencermati tindak tanduk bangsa indonesia.

    Tunjukkan kpd dunia bahwa kita bangsa yg besar, tdk perlu meladenin negara kecil singapura yg lg ngambek agar tetap exist atau tindakan cowboy aussie yg slalu melanggar hubungan dan hukum internasional spt secara sengaja melanggar batas negara lain, perbuatan tdk manusiawi thd para pengungsi, scr sengaja memfasilitasi pengiriman sekoci ke dlm kedaulatan wilayah ind tanpa ijin, dan yg lg hot skg penyadapan.

    Alasan penyadapan ini memang tdk masuk akal dan tdk relevan krn mengaitkan bisnis udang indonesia dgn masalah keamanan aussie apalg yg tdk masuk akal adlh penyadapan telepon ke bu anie krn tdk ada hubungannya sama sekali dgn keamanan aussie.

  9. Satu saja yg terpikirkan tentang negara kecil ini, mereka punya kapal selam kan, enam klo ga salah, apa semuanya ngepos di negara nya atau ada dipangkalkan diluar juga…
    lalu hampir ga mungkin rasanya kalau kapal selam mereka berlayar/nyelam ga masuk teritori kita.. lahh perai?annya seluas apa sihh..sorry kalo oot..

  10. Singaporn berani begini, dikarenakan mereka tahu ekonomi indonesia sgt tergantung dengan mereka. Dan langkah yg hrus diambil indonesia adalah : mulai sekarang harus mengurangi ketergantungan itu.

    Tahap pertama kita wajib untuk membangun kilang minyak, mampu tidak mampu dalam membangunnya itu harus dibangun, kalo tidak jangakan nama kapal perang kita yg berani mereka persoalkan, hal hal lain pun bisa mereka persoalkan.

    Berika pesan kepada mereka (aussie,singaporn,malys*t, PNG dan sekutunya bahkan dunia) BANGSA KAMI SUDAH TERLALU LAMA MENDERITA 3 SETENGAH ABAD DIJAJAH BNGSA LAIN, JADI HAL HAL SEKARANG YG DAPAT MELECEHKAN,MENGGANGU BNGSA KAMI DENGAN TEGAS AKAN KAMI LAWAN

  11. Paling oke pajangin aja KRI USMAN HARUN dibatam biar jadi pemandangan yg indah & menawan
    Paling lama2 sirajasinga matanya juling melihat dr sebrang

    • Betul, tambahin bonus lagi: Rubah nama Pelabuhan dan Pangkalan Marinir jadi Usman Harun, jangan lupa patungnya seperti Yos Sudarso di Surabaya itu, tapi tidak lagi nunjuk kesana, melainkan pegang lagi nyobek patung singa dan ikan jadi 2 binatang aslinya.
      Definisi:
      Bisa jadi Singapork (berarti singa ma babi yah) terbelah 2 he…he…

  12. betul itu..
    kirim aj asap ke sono biar merengek tu upil kayak anak kecil yg lg sesak nafas

  13. Penamaan 3 nama Pahlawan di KRI jadi lebih mencuat ke KRI Usman Harun dibanding Bung Tomo dan John Lie. Padahal Bung Tomo yang menggelorakan semangat arek suroboyo sehingga ada Jenderal sekutu/Inggris tewas di battle of Surabaya, dan Inggris pun nggak protes??

    Goreng aja terus sesuai pesanan, asal jangan main sabosatase yaaa ?
    Aku santet dengan R-han entar masuk diperut, hehehehe

    Apa sekalian call signnya diganti bukan Bung Tomo Class tetapi Usman Harun class ?

    Karena busa deterjen sudah berbuih-buih ke tetangga kawasan sebelum kapalnya datang. Bagaimana nanti bila sudah datang??

    Sepakat yaa nyebutnya Usman Harun Class ?

  14. @patech ,silakan anda menggunakan kata2 singapork,singaporn,singaasuu etc…tp jangan pernah menggunakan kata singaedan untuk mengganti kata singapura dengan konotasi negatif,hanya satu singa edan di muka bumi ini dan yg jelas bukan singapura,mohon di perhatikan

  15. coba bung karno msh jad presiden , dah habis tu si upil tenggelam di dasar selat malaka……..

  16. Kalo perlu yonif 10 marinir dibatam diganti namanya “YONIF USMAN HARUN” ditanggung sirajasinga otaknya berasep

  17. Singapore emang kolokan. Gak mau lihat KRI Usman Harun melintas, tapi pelabuhan dibuat pas dibibir laut internasional. Salah sendiri, walaupun nanti kita memberondongnya dengan rudal, selama masih berada dalam area laut internasional, orang juga akan mikir dua kali kalau mau memvonis kita telah melakukan invasi. Niat reklamasi yang kebablasan, yang akhirnya hanya menyebabkan semakin terbukanya S’pore terhadap ancaman agresi militer dari negara lain.

  18. jangan kalah ama singapore NKRI. masa kita kalah ama UPIL singapore sih! saya dukung kapal laut Usman Harun

  19. pak Marty harusnya bilang gini: Negara kecil tidak seharusnya bersikap seperti negara besar, sama sekali nggak luwes. Kita tidak perlu ikut-ikutan lebay sampai emosional menanggapi pernyataan Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen, dari nadanya sepertinya dia hanya ingin simpati dan caper saja dari rakyat singapore biar keliatan nasionalis.

  20. sudah… sudah…
    cuwekin aja singadepok… mungkin dia lagi horni 😀
    bentar lagi juga lemes sendiri haaahaaahaaa…..

    • kok rumah ogut disebut-sebut bung golongan puteh? ini ketidaksetujuan pertama
      mana bisa horny kalo udah kena rajasinga stadium akhir? ini ketidaksetujuan kedua

  21. Biasa bung pudel itu aik aik nya paling seru apalagi kalo disebelah tuannya.tapi kalo di dupak kaing kaingnya juga paling keras.beda sama doberman yg lebih banyak menggeram tapi tau kaki sobek

  22. UNTUK MENGURANGI KETERGANTUNGAN TERHADAP BANGSA LAIN
    DIPERLUKAN KEMANDIRIAN BANGSA INDONESIA BERDIRI DENGAN KEKUATAN SENDIRI

    SINGAPURA :
    Yg telah dan akan dilakukan (rencana) oleh pemerintah RI:
    1. Singapura masih menjadi pemasok utama minyak mentah dan BBM ke Indonesia. Untuk mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap impor minyak dan BBM dari Singapura tersebut, Pertamina memperbanyak fasilitas infrastruktur distribusi BBM. Pertamina wajib untuk perbesar terminal timbun BBM dan minyak di Pulau Sambu! Dengan mampu disandari kapal besar dan kapasitas bertambah, membuat Pertamina dapat membeli minyak dari negara lain selain Singapura yang jauh lebih murah. Sampai saat ini Indonesia belum bisa lepas dari ketergantungan impor BBM. Yang jelas kita ingin mengurangi ketergantungan dengan Singapura
    2. Rencana pengurangan ekspor energi fosil secara bertahap. Kebijakan ini dimaksudkan untuk memberikan nilai tambah dan dampak berganda berupa penciptaan lapangan kerja, pertumbuhan industri hulu dan hilir, pemberdayaan masyarakat sekitar, serta peningkatan pajak dan bukan pajak. Contoh : Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi menyatakan kontrak penjualan gas ke Singapura akan segera berakhir
    3. NEW Priok Port atau Pelabuhan Kalibaru di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok yang digarap IPC (Indonesian Port Corp-nama baru PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) bakal membawa harapan baru untuk perbaikan daya tampung kontainer di Tanah Air. Jika pelabuhan kalibaru tersebut terwujud, maka ketergantungan ekspor impor Indonesia pada Singapura sebagai pelabuhan pengumpul (hub port) bakal berakhir.
    4. Untuk menyelamatkan cadangan devisa dalam negeri, pemerintah harus menekan kebutuhan impor dalam sektor energi. Sebab, sektor energi memakan anggaran APBN sebesar Rp 300 triliun untuk impor BBM.
    Dengan cara:
    • Pertama, pencarian sumber baru minyak dan gas bumi. langkah pertama yang menjadi kendala adalah eksplorasi di laut dalam yang membutuhkan teknologi dan investasi yang besar.
    • Langkah Kedua, mengurangi ketergantungan impor dari negara tetangga. Salah satu caranya mengganti kendaraan yang menggunakan BBM dengan BBG. Mengganti pemakaian minyak tanah ke elpiji untuk mengurangi ketergantungan terhadap BBM. Dgn begitu kita tidak tergantung pada Singapura terus.
    • Langkah ke tiga, pemerintah mengganti pembangkit listrik dengan solar cel. Hal ini untuk menekan ketergantungan atas solar impor untuk pembangkit listrik.
    • Langkah Keempat, mengganti sebagian BBM dengan bahan bakar nabati (BBN). Salah satu hal yang sudah dilakukan mencampur BBM jenis solar dengan biodiesel 10 persen
    5. Untuk melindungi pasar dalam negeri dari serangan impor maka diperlukan smart regulations berupa kebijakan teknis NTMs (Non Tariff Measures) dan instrumen kebijakan lainnya. Klasifikasi langkah-langkah Non Tariff adalah :
    a. Technical measures : penerapan Sanitary and Phytosanitary (SPS) misalnya untuk produk pangan, Technical Barrier to Trade misalnya melalui penerapan Standar;
    b. Non-Technical Measures : misalnya melalui penerapan
    • Pre-shipment inspection and other formalities
    • Price control measures
    • Licences, Quotas, Prohibitions
    • Charges, taxes and other para-tariff measures
    • Finance measures
    • Anti Competitive measures
    • Trade related investment measures
    • Distribution restrictions
    • Restrictions om Post-sales services
    • Subsidies (excluding export subsidies)
    • Government procurement restrictions (penggunaan produksi dalam negeri dalam pengadaan barang/jasa pemerintah)
    • Intellectual property
    • Rules of Origin
    c. Export measures : penerapan pemberian insentip ekspor termasuk memberikan subsidi ekspor).Penerapan instrumen-instrumen untuk mengamankan pasar dalam negeri dari serbuan barang-barang impor perlu dilakukan koordinasi lintas sektoral dan harus dikawal agar dapat dilaksanakan secara konsekwen dan konsisten tanpa dipengaruhi oleh tekanan-tekanan negara mitra dagang serta menghindari praktek-praktek penyeludupan (smuggling).
    6. Bekerja untuk kurangi impor! (dahlan iskan), caranya:
    Misalnya : Sekarang BUMN juga berusaha keras mengurangi ketergantungan pada impor, seperti impor produk buah. Menurut Dahlan, BUMN terus mengembangkan perkebunan buah tropis skala besar dan modern. Targetnya adalah pemenuhan buah dalam negeri dan ekspor ke China atau negara ASEAN.
    Perum Navigasi Siap Rebut Sistem Udara Yang Dikuasai Singapura , Pengelolaan navigasi udara di wilayah Flight Information Region (FIR) Batam yang sampai saat ini masih dikelola Singapura, bakal segera diambil alih.
    7. Kembalikan Indosat dan Telkomsel Sebagai Aset Bangsa

    (Diolah berbagai sumber)

    • P. SAMBU-(IDB) : Hingga saat ini Indonesia tidak memiliki seliter pun stok BBM untuk ketahanan energi, bandingkan negara lain yang memiliki stok BBM hingga 6 bulan lamanya. Tapi ternyata Indonesia ada rencana bangun stok BBM cukup besar yang cukup hingga 30 hari.

      “Saat ini pemerintah ada rencana untuk membangun strategic petreleum reserve, salah satunya membangun gudang penimbunan BBM yang digunakan untuk stok BBM, sebagai bentuk ketahanan energi nasional,” ujar Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina (Persero) Hanung Budya, ditemui di Fasilitas Terminal Timbun BBM di Pulau Sambu, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (13/2/2014).

      Harusnya minimal 3 bulan, tapi ini langkah maju. Indonesia tidak akan lagi dilarang perang

    • like this.
      daripada misuh2 nggak jelas, lebih baik perkuat diri sendiri.
      kurangi ketergantungan dengan singapur.
      bila saat itu tiba, yakin nanti gantian mereka yg datang ke pintu kita.

      salam hormat bung gue

    • Saya lebih prefer bila kita mengangkat pulau Batam agar bisa menyamai singapura sbg pelabuhan dan bandara transit internasional. Batam yang letaknya dimuka singapura pasti akan menjadi pilihat alternatif disamping singapura sebagai tempat transit internasional apalagi kalau kita mewajibkan kapal-kapal kita sendiri untuk transit di batam tidak boleh di singapura, akan banyak devisa yang bisa dihemat dibandingkan kita ngasih devisa tersebut ke singapura. Batam sangat memungkinkan menjadi tempat yang dikunjungi oleh para pelancong baik pelancong dari singapura yang sudah bosan hidup diperkotaan singapura maupun para pelancong lokal yang ingin melihat tempat yang dekat dan mirip dengan singapura maupun juga pelancong dari luar yang sekedar transit dengan bisa lebih murah dari singapura.

      Untuk mengimbang reklamasi pantai singapura, kita juga harus mereklamasi pantai batam tepat di muka singapura. Reklamasi pantai ini tidak hanya memperluas daratan juga akan memperluas wilayah lautan kita. Tidak perlu memakai dana pemerintah, swasta juga akan mau bila pemerintah bisa memberi jaminan kepada mereka seperti perijinan, tanah, dan infrastruktur lainnya.

      Saya salut dengan idenya Pak Habibie dulu yang sudah jauh menerawang ke masa depan akan potensi batam dulu sehingga mendirikan badan otorita batam yang sekarang tidak ada gaungnya sama sekali sejak krisis 1998 dulu dan atas desakan IMF dan lobbi singapura yang tidak mau kita maju khususnya batam. Singapura tidak ada bedanya sama sekali dengan batam sebagai suatu pulau yang dilalui oleh jalur internasional malah batam masih asli dan potensial untuk dikembangkan dibandingkan singapura.

      Dengan adanya pendirian markas marinir di batam dan rencana pertamina untuk menambah suplai dan logistik di batam diharapkan bisa diikuti oleh lembaga pemerintah lainnya untuk lebih memprioritaskan batam dengan begitu diharapkan juga swasta bisa mengikutinya terutama perusahaan-perusahaan ekspedisi dan perkapalan atau juga rencana pendirian pabrik pesawat dan maintenance pesawat oleh perusahaan pak habibie diharapkan juga bisa meramaikan bandara yang ada di batam sebagai tempat transit pesawat sekaligus service pesawat.

      • Badan Otorita Batam bukan cuma sudah gak ada gaungnya lagi, Bung.! Tapi badan itu juga sekarang memang sudah gak ada, seiring keluarnya UU Otonomi Daerah. Batam berubah menjadi sebuah Kotamadya sama seperti daerah lainnya, tapi dengan status Kawasan Ekonomi Khusus. Salam kenal Bung..!

  23. Dan pak Pur bilang NR bakalan tetep lewat selat malaka
    Nih isu di goreng terus di singa untuk jualan politik dan untuk mempersatukan etnis yang kemarin
    pada ribut di sono
    Padahal kerja sama militer terus berjalan,emang mau belajar nyopir LEO mau di mana,orang kemarin ngak beli LEO yang buat latihan nyopir

  24. sing mau ngoceh apa saja …….gk usah di hiraukan………pak boz……hidup kri usman harun

  25. Mungkin kalimat lebih tepatnya, KRI Usaman Harun tidak boleh masuk danau singaporno, dan memang KRI Usaman Harun hanya akan berlayar di laut bukan di danau.

  26. APAPUN BENTUK GONGGONGANNYA…
    ….USMAN HARUN TETAP NAMA KAPALNYA…….

  27. penamaan KRI Usama harun perlu dikawal seluruh rakyat Indonesia jangan sampai berganti pemerintahan terus bimbang apalagi diganti nama demi menuruti negara seupil yang bernama singapork oleh karena itu perlu dipilih pemimpin yang berani dan tegas yang hanya dimiliki oleh ex militer.

    pejabat of the month :

    1. pak pur
    2. pak safrie samsudin
    3. pak marty natalegawa
    4. pak muldoko
    5. pak mahfud sidik

  28. Nanti kalo beli kapal perang lagi namain KRI MAS SLAMET KASTARI biar makin mendidih (hehe just kidding bro) gerem banget ane sama singaporn ini

  29. Nyimak gan.. 😀

  30. Tentu saja pak SBY diremove dan diblokir pertemanannya dipesbuk,soalnya sebentar lg
    udah gak jadi presiden. 😀

  31. hoax gan berita soal facebook itu cuma lucu2an hihihih

  32. Singaporo makin panas dicuekin sama pemerintah RI… Pemerintah cerdas menanggapi protes mereka…
    KRI Usman Harun setronnggggg……

  33. maaf gan, salam kenal semuanya,.ane silent reader di forum ini, ijin share link berita yg bikin ane senyum2 sendiri bacanya gan…
    http://www.thejakartaglobe.com/news/batam-plans-usman-harun-monument/

  34. Se7 bung@now
    Singaporno,aushit, png dan dlu malay memang bekerja dlm irama yg samadan terkoordinasi dng baik dlm satu komando. Dan tujuan provokasi tsbt untuk memastikan satu hal yg ingin di ketahui yaitu memancing informasi kekuatan militer indonesia sesungguhnya. Data yg di kumpulkan oleh malay, singo, aushit, png, uk, usa di anggap tidak presisi dan ada perbedaan antara anggaran yg minim. Teknologi yg rendah dan jumlah alutsista yg sdh tua berbanding terbalik dng daya pukul prajurit TNI. Militer indonesia msh di anggap misterius oleh kekuatan utama dunia. Dengan melakkan provokasi , mereka berharap ada alusista rahasia yg di keluarkan atau pun di umbar ke media. Misteri militer indo dianggap lebih panting untuk di ikuti perkembanganya krn faktor sejarah , dmn selain sbgai penggagas GNB, di masa konfrontasi dengan belanda , dlam hitungan tahun kita bisa mendatangkan alutsista yg di segani dr blok timur.

  35. Pertanyaannya: BERANIKAH NYALI Mabes TNI AL menempatkan KRI USMAN HARUN di wilayah barat atau Batam.??? Jendral2 di China tidak akan mau Bunuh Diri berhadapan perang oleh TNI. Kualitas Tempur TNI bukan tandingan China. Kelemahan TNI hanya minim BBM dan Alutsista Canggih karna ekonomi Indonesia belum maju.

  36. sudah saatnya memindahkan 10.000 pasukan gabungan TNI AD, TNI AU. TNI AL…Kemping di batam…ASTROS II ,roket R Han 10.000 biji di batam,beberapa apache, 6 sukhoy su30 dan beberapa tank marinir dan leopard juga parkir di batam,serta 10 KRI mancing ikan … itung itung show force di halaman depan singapura…isenk isenk berhadiah dan tebak tebak buah manggis.sedia payung sebelum hujan,mirip kasus ambalat,biar ga berisik tetanga yang satu ini

  37. masa sama ancaman singaporn negara segede kecamatan saja takut
    ganti ancam, tidak boleh lewat perairan nkri saja

 Leave a Reply