Sep 302018
 

RSS Justice dalam upacara di Pangkalan Angkatan Laut Tuas, Singapura, 26/9/2018. (photo credit: Indranee Rajah)

Jakartagreater.com – Angkatan Laut Republik Singapura (RSN) telah menugaskan dua lagi Kapal Misi Litoral (LMV) Independen class, RSS Justice dan RSS Indomitable melalui upacara yang diadakan di Pangkalan Angkatan Laut Tuas, Singapura, 26 September 2018, dirilis Janes.com.

Dibangun oleh Singapore Technologies Engineering Marine Justice and Indomitable (dengan nomor 18 dan 19), kapal ini adalah keempat dan kelima dari delapan 1.250-ton LMV – berasal dari desain kapal patroli multimission Saab FLEXpatrol – yang secara progresif menggantikan kapal patroli Fearless class RSN yang menua, yang telah beroperasi sejak pertengahan 1990-an. Kapal-kapal ditugaskan untuk 182 skadron dan berfungsi sebagai bagian dari Satuan Tugas Keamanan Maritim Singapura (MSTF).

Persenjataan kapal termasuk senapan utama Oto Melara 76 mm, bersama dengan dua stasiun senjata remote-controlled Oto Melara Hitrole 12,7 mm di kedua sisi bridge dan sistem senapan Typhoo 25 mm Rafael di bagian belakang bridge. Perlindungan terhadap pesawat musuh dan amunisi berpandu presisi disediakan oleh sistem rudal anti-udara VL Mica MBDA yang dikerahkan melalui sistem peluncuran vertikal 12-sel (VLS) di bagian depan.

Kapal-kapal ini diawaki oleh awak awal 23 orang, termasuk lima petugas, dan dapat beroperasi hingga 14 hari di laut. Kapal juga dapat dengan cepat dikonfigurasi ulang untuk beragam misi termasuk operasi pencarian dan penyelamatan (SAR) dan bantuan kemanusiaan dan bantuan bencana (HADR) menggunakan containerised mission modules.

doc. RSS Independence bersama KRI Sultan Iskandar Muda. (photo credit: Republic of Singapore Navy)

Kapal juga dilengkapi dengan dock di buritan dan sistem peluncuran-dan-pemulihan yang dapat digunakan hingga dua perahu karet (RHIB) 11 meter, serta dek buritan yang dapat mengakomodasi helikopter menengah. Jane sebelumnya melaporkan bahwa hanya empat LMV yang akan dikonfigurasikan untuk operasi helikopter, dengan sisanya diharapkan untuk membawa kendaraan udara tanpa awak, yang belum ditentukan, apakah UAV fix wing atau rotary.

  5 Responses to “Singapura Operasikan RSS Justice dan RSS Indomitable”

  1.  

    Negara kecil tapi kapal perangnya gede gede

  2.  

    artinya mi abang dan mi adek

  3.  

    Pasti supplier terbesar buat ransum makannya Indofood

 Leave a Reply