JakartaGreater.com - Forum Militer
Feb 252015
 
Jet Tempur Siluman F-35

Jet Tempur Siluman F-35

Victoria, Australia – Singapura bergerak lebih cepat untuk memesan F-35 Lockheed Martin F-35, menurut kepala Program AS Letjen Chris Bogdan. Bogdan juga mencatat peningkatan potensi penjualan militer asing untuk F-35, termasuk Israel, yang baru-baru ini berkomitmen untuk membeli 14 pesawat.

“Kami memiliki sejumlah potensi pelanggan asing lainnya yang meminta kita memulai dialog yang lebih serius dengan mereka dalam hal pesawat, termasuk Singapura.” ujar Bogdan di International Airshow Australia di Bandara Avalon.

Bogdan mengatakan kantor program bersama (JPO) telah bertukar informasi dengan Angkatan Udara Republik Singapura dalam beberapa tahun, untuk mendukung keputusan mereka dalam rentang waktu yang ditentukan.

“Selama tahun lalu, diskusi kami telah memperdalam dan permintaan mereka untuk informasi sudah lebih luas, sehingga akan menunjukkan kepada kita bahwa Singapura telah mulai mengambil langkah selanjutnya menuju pengambilan keputusan,” katanya.

Pemerintah Singapura belum menunjukkan varian F-35 mana yang mereka minati, namun telah meminta informasi tentang ketiga varian: conventional takeoff, short-takeoff vertical-landing, dan carrier model.

Bogdan menyelenggarakan roundtable media pada pembukaan Avalon 2015 dengan melibatkan Kepala Program F-35 Australia, Marsekal Chris Deeble. Deeble mengatakan proyek untuk memperoleh 72 pesawat F-35 untuk Angkatan Udara Australia telah berada di lini produksi untuk dikirim dan memiliki kemampuan operasional pada akhir 2020.

Namun, Deeble mengidentifikasi beberapa persoalan yang harus mendapatkan perhatian. “Memahami apa kemampuan yang akan kita dapatkan di akhir tahap pengembangan sangat penting,” katanya.

“Apa yang mengkhawatirkan saya adalah tentang pemeliharaan, pelatihan serta dukungan terhadap pesawat. Kami tidak bisa lagi mengandalkan autonomic logistics global system yang terus berevolusi. Itu masa lalu. Kita harus melakukan lebih banyak pekerjaan untuk mempercepat dan memahami artinya dalam konteks nasional “. (defensenews.com).

Bagikan :

  144 Responses to “Singapura Semakin Dekat dengan Siluman F-35”

  1.  

    tongkrongin aja di pantai batam, sambil bawa manpads πŸ™‚

    •  

      Fakkk DPR

    •  

      beli versi cina-nya aja plus te o te. model J-31. bisa produksi di indonesia. enak n murah. yg penting kuantitas dulu. hehehehe

    •  

      Menurut saya, kita harus jernih dan memisah-misahkan issues dan kepentingan.

      Jika issue nya adalah melawan F-35 (2016-2022), maka pesawat yg kompeten adalah tinggal SU-35 (ga usah mikir TOT dahulu-atao minimal service center dibangun di RI)

      Jika issue nya adalah kemandirian tahun 2024 maka kita sukseskan IFX + grippen/typhon (TOT) jika punya uang

      Jika issue adalah stop gap/pengganti F-4 tahun 2015-2024 maka kita akuisisi SU-35

      maka dengan mapping issues di atas kita bisa putuskan lebih fokus, tidak tercampur-campur dengan objextive lain yg malahan membikin pusing dan terlalu lama mengambil keputusan.

      satu hal lagi, apakah tidak bisa kita TOT ke India khusus utk system integrasi Blok barat dan timur yang saat ini berhasil dilakukan India. Jika LEN berhasil untuk hal ini, maka kita bakalan bebas memilih darimana saja.

    •  

      tp saya yakin pemegang kendali ditubuh TNI dah memperhitungkan itu bung..
      G mungkin kl yg dikrm tu versi senjata andalan..
      yg dikrm itu versi publiknya, yg andalan alias senjata andalan pst G mungkin diumbar gt… IMHO

    •  

      @.salah sendiri.masak iya sih indonesia pusing masalah ause. Apa g’ kebalik gitu, hebat dong ause bisa buat pusing negara yg namanya indonesia ….!

    •  

      @salah sendiri

      Loe Kira Dengan embel2 ToT bisa lsg mengatasi F35 Gitu?… Mentah Bgt..
      apalagi gripen, nggak bisa di andalkan, dri pada beli tuh mainan, mending Beli ikan Koi deh, lebih seneng lihatnya. πŸ˜€

    •  

      heheheh…..orang2 bule barat, plus kompradornya orang2 cina singapore
      memang lagi putus asa. setelah usulan mereka untuk menjadikan Indonesia sebagai sekutu kuatnya buat ngadepin cina ditolak mentah2 oleh indonesia.

      Sebab bagamanapun indonesia itu tetap non blok…..tak mau ada blok 2 buat indonesia. prinsipnya zero enemy, thausand friends itu cukup.
      Karena indonesia menyadari berdasar pengalaman masa lalu akan sejarah dunia.

      peperangan akan terjadi antara dua blok2 yang saling bertentangan..dan memang dibuat oleh kekuatan gelap.

      Indonesia sendiri mampu menghadapi cina….juga mampu menghadapi blok barat sendirian. perkara nanti ada yang membantu secara iklas itu usrusan mereka. bukan urusan indonesia.

    •  

      Siapa bilang indonesia tidak akan bisa jadi big bronya ASEAN. Ini cuman permasalah gaya diplomasi, dan begaining power saja. Coba liat siangpura dalam kasus ini bila dilihat lebih dalam singapura ini negara kecil tpi punya daya pukul (diplomasi) diatas berat badanya. Coba bayangkan indonesia dengan negara sebesar ini memukul apakah dunia tergoncang. Ini cuman permsalahn di elite politik, dan masyarakat umum apakah mereka mau berkerjasama untuk mencapai indonesia jaya

    •  

      yang menutup peluang adalah pemerintah sendiri, banyak kesempatan untuk jadi negara kuat dan mandiri tapi selalu dipatahkan dari dalam…coba pemerintah kita serius seperti Korea Selatan dgn mendukung industri teknologi dan pertahanan + dukungan anggaran yg selalu dialokasikan khusus tanpa ada praktek korupsi, dijamin dalam 10-15 tahun Indonesia bisa masuk jajaran 10 besar negara dgn pertahanan yg kuat…

  2.  

    Wah ketinggalan ma Ausigila nich,mana pak menhan Su 35nya…..?

  3.  

    uno

  4.  

    singapore negara seupil aja berani memborong persenjataan yg banyak n canggih, sedangkan indonesia yg jelas” berribu kali luasnya dari seupil masih mikir n banyak berkoar” dalam membeli persenjataan padahal untuk keamanan wilayah sendiri
    bingung dg cara pembelian persenjataan pemerintah,apa hanya permainan level atas atau rencana user yg ganti pemimpin ganti kebijakan
    #wani piro ???

    •  

      iy ya hebat jg ya si raja singa bs beli senjata canggih..
      tp yakin aja petinggi TNI dan punya yg lbh gahar dr itu…

      •  

        kita punya QW-3, Mistral, Grom, TD-2000 bung untuk menangkal pespur F-35.
        bisa nggak ya nembak pake rudal ini.

        •  

          Wew, ngatain diri sendiri..
          QW-3 dan Mistral Emang Bisa nembak F35 kok, loe Kira Stealth di F35 itu absolute?..,
          QW3 kan pake IR.. dan tidak hanya mengandalkan Heat seeker doang , dlm visual range, F35 nggak akan bisa berkutik dengan ini, walau pakai Flare bejibun.

      •  

        jgn bandingkan Indonesia dgn singapura, krna negara kita ini lbh besar dan begitu bnyak suku serta budaya dan adat istiadat. tdk mudah mmpersatukan prbedaan hingga msh mnjadi satu smpai saat ni..brsykurlah krna sampai saat ni Indonesia msh ttp utuh..jika Indonesia hnya sbesar singapura lain ceritanya.

    •  

      banyak berkoar gimana…?
      bukannya memborong T50 Golden Eagle 1 ska, Super tukano 1 SKA, 24 F16 blok 52, 1 ska SU27/30 Mk2, 8 apache, 10 Mi 35, x buah tiger H61, xx mistral, xx starsstreak, xx pantsyir, grom missile, TD2000 missile, BUK missile, 110 leopard MBT, 40 Marder…bukannya itu suatu kenyataan…?

      kalau singapura kan masih akan…barangnya belum ada. kalau soal itu indonesia juga mau borong SU35, rafale, dan Typhoon dan gripen.
      saya kira ituy sudah cukup untuk menghadapi F35 aussie dan singapore.

  5.  

    Terlepas dari sentimen anti barat dikalangan (mayoritas?) rakyat Indonesia..kenapa ya kok pemerintah atau TNI kurang tartarik dgn F35?? krn harganya? Krn speknya?? Atau lebih krn politis atau krn hal-hal lain yg mungkin sdg terjadi??

    Trims…

    •  

      TNI kurang tertarik dengan huruf di depan nomer seri bung. Huruf F masih kurang jantan dibanding huruf Su … πŸ˜†

    •  

      sbnrnya posisi Indonesia udh gak bisa lagi disamakan dengan yang terdahulu bung. posisi tawar kita bisa dibilang sangat tinggi (kl gak mau bilang sangat kuat). saya yakin, bukan hal yang mustahil apabila sekarang pemerintah kita memutuskan untuk membeli F-35 akan dengan segera AS mengupayakan untuk segera memenuhinya. bukan berarti saya jadi fan boynya f-35 atau saya tidak memiliki nasionalisme yang tinggi. tapi saat ini kita harus sdh tahu posisi kita saat ini, rengekan sedikit saja dari kita ke negara yang ingin berpengaruh, sudah pasti efeknya akan sangat kuat. jadi hal yang hampir mustahil bagi jiran kita untuk benar benar mengganggu, menyerbu, apalagi merusak. konsekwensinya akan jadi sangat berat untuk mereka. kita adalah bangsa yang besar, dan berpengaruh bagi dunia. memilih F-35 atau Su-35? saat ini itu hanya hal yang sepele kawan..!!

      •  

        ini baru benar, yang merengek2 tidak kenal TNI. klo diberi tahu TNI sdh pny ini pny itu tdk percaya melulu.

      •  

        betul bung !!! saya orang awam tidak mengerti masalah pesawat yang baik… tapi terlepas dari itu jika ada negara lain nyan mau mengusik kita mereka akan berfikir ulang contoh indonesia bisa sewaktu-waktu menutup ALKI 1,2,3(maaf klo salah). dan bisa dibayangkan jika negara yang mengusik tersebut jalur perdagangan nya melewati alur tersebut bisa bangkrut tu negara makanya cina sekalipun blum berani untuk bersengketa dengan indonesia karena faktor2 tersebut.

    •  

      setuju sama bung @ MJ, untuk Indonesia, pesawat siluman masih belum perlu, karena kita bukan tipe penyerang murni, kita gelandang serang…bertahan ok, diserang nyerang balik….jadi pesawat nya harus Racing abies….pake NOS biar joss…dan si pigeon bukan type pesawat balap….jadi opsi akhir aja….itu menurut hemat saya.

    •  

      Ane kaga percaya. Terus walaupun di tawari, Amraam nya kita pasti di bawah amraam si upil.

      lagian harga 200jt / unit. Duit dari mana?

      Beli 1 skuadron su35 yg harga hanya 85 jt saja sampai skrg belom tau jadi atau kaga. apalagi F-35. apalagi ada yg bilang SUDAH LUNAS !!! ahahahaha

      •  

        Sudah lunas lagi, coba dicek ke lanud dan armada, kan sekarang peringkat 12, Singapore masih Di bawah kita…

        •  

          Itu peringkat 12 karena faktor lain kali bung. Kalau di lihat 12 lebih karena jumlah personel nya dan GDPnya dan Jumlah populasinya dan letak geografisnya. Bukan karena alutsistanya.

          Kalau Alutsista yg canggihnya kita masih kalah jauh banding aust dan sing

    •  

      Karena Oh karena …….F35 Merusak Kantong !

      β€œApa yang mengkhawatirkan saya adalah tentang pemeliharaan, pelatihan serta dukungan terhadap pesawat ”

      Bener kan?.. Duit maning duit maning, Baut 1 biji aza USD$7500.

  6.  

    Kesuen rek rek..gak tuku tuku su 35 ,selok di sliweri f35 e siupil..lha nek ngene trus yo opo nek sido perang?

  7.  

    Minyak

  8.  

    hmm…F35…….kita harus punya yg minimal seimbang dgn punya mereka

    •  

      Penyeimbangnya hanya Pak FA. Kalo SU35 ane rasa kalah gan. Ane lagi pikirin gimana lwn F35 dgn SU35. masih kaga dapet tuh. IRST SU35 kalah jangkauannya banding F35. Irbis E mana bisa deteksi si siluman?

      •  

        jangan bingung bang, cari kota hitam airasia pake alat yang canggih2 aja kagak ketemu2, masih mending ada serpihan jadi bs di temukan itupun berhari2, apalagi mendeteksi barang yang terbang cepat, yang penting pilotnya yang jago. alat canggih belum tentu segala2nya

      •  

        Cari peswat MAS aja gk ketemu apa kurang canggih tu alatnya FPDA.

      •  

        salah ente…dari yang pernah aku baca disini…Iribis E mampu mengendus RCS 0.01 m2 sejauh 90 km. RCS 3 m2 sejauh 350-400km.

        pesawat siluman bukan berarti tak bisa dideteksi radar…mereka hanya punya kemampuan RCS yang sangat minim.

        IRST SU35 kalah jauh dibandingkan dg F35 itu maksudnya apa…?
        kalah jarak tempuh ?

        IRST su35 daya hendusnya tuh sekitaran 50 – 75 km. kalau F35 masuk radisu 50 -75 km jelas terendus SU35.

        setahuku F35 gak punya IRST lah secara onboard. gak tahu kalau ntar di kasih cantelan IRST diluar tubuhnya (macam F18 hornet baru2 ini). kalau sudah begitu hilanglah kemampuan stealth nya ( peningkatan RCS nanti malahan).

    •  

      Tenang Mas ,
      biar ada kisah F-35 rontok karena SAM Indonesia ,

      kaya kisah UAV & F-18 rontok di Papua …..

      Note : baca militernkri.blogspot.com

  9.  

    Harus dilawan dengan pespur yang seimbang…asal uangnya cukup pasti Indonesia bisa membeli antidotnya, semoga pembuat kebijakan telah memikirkan hal ini

  10.  

    segera bungkus SU-35…pak menhan….pak TNI.

    voting juga….kyanya rakyat indo…lebih memilih su-35 dibandingkan yg lain….hhe

    F-35 coconya sma yg 35 juga lwnnya(SU-35) πŸ˜€
    tpi bungkus dulu..EMB-145i AEW&C bru SU-35.

  11.  

    Politis iya jg bung…inget embargo …sakitnya tuh di ulu ati

    •  

      Ya Indonesia pernah mengalami pengalaman pahit. Jgn terulang kembali dan jgn mudah terpedaya bungkus su 35 rusia sdh memberikan kelonggaran u tot dan lisensi apalagi yg hrs dipikirkan wlu semua hrs d byr mahal itu konsekuensi kita agar bsa lbh maju tdk ada brg bagus hrg murah

  12.  

    ..gak usah panik..biasa aja kaless…kyk indonesia akan hancur aja ktika spngr punya f35…

  13.  

    para petinngi militer indonesia tdk menghiraukan entah singapura atau australia akan mendatangkan f 35 karena indonesia udah bersiap untuk melawan dengan yg baru ini di pesan dan uniknya cara membawa pulang barang’n itu lo
    yg udah kita punya di bawa ke pembuatnya dgn jumlah antara 3 samai 6 dulu dengan alasan mau perbaikan besar’a tpi balik’n ke indonesia lagi dengan jumlah yg lebih dari yg di bawa seblum’n ke negara pembuat karena indonesia sangat merahasiakan barang ini alias jumlah pesanan’n
    kalo yg lain akan di rakit di indonesia dan itu semua akan di mulai pertengahan 2016 kecuali barang yg untuk latihan para pilot kita dulu akhir tahun ini sudah datang
    salam komando
    kami bangsa besar kami bukan pengemis
    jati diri kami adalah pejuang
    kami seperti supermen jika tidak ada apa” kami diam seperti org yg pendiam dan agak culun tapi saat kami mendengar ada masalah yang besar kami langsung akan berubah dengan memiliki kekuatan yang anda tidak ketahui
    kami ttidak bisa anda hancurkan karena kami akan hancur dengan kekuatan Tuhan saja tapi kami bisa menghancurkan akan jika kami mau
    karena kami adalah Indonesia

  14.  

    Yo opo cak alden iki iso gak ganik? Wong negoro negoro tonggo e indonesia iki musuh kog..kudu curiga bung..mikiiiir..lha nek siupil ama si abot ndase nyerang indonesia, terus dilawan nggawe opo? Pake si Elang ndas botak? Hmm yo sido modar pilote..mikiiirr..j

  15.  

    Waduh..sampe keliru rek ..panik maksude.. Sepurane kabeh.

  16.  

    Pokoke saiki kudu iso tuku su 35..
    Kudu iso mbales nek di serang
    Kudu iso nggawe pesawat dewe
    Kudu iso nggawe rudal dewe
    Kudu iso nggawe kapal selam dewe
    Kudu iso nggawe nuklir dewe
    Kudu iso nylametno awake dewe
    Kudu iso nggolek mangan dewe
    Kudu iso orep dewe…

  17.  

    Tetangga kita punya pesawat siluman tidak perlu kuatir. Kita punya lebih banyak siluman di negeri ini. πŸ˜€

  18.  

    Singapura agak aneh juga. Pespur banyak dan canggih kalo negara itu dibombardir duluan lalu mau mendarat dimana? Dan apakah sempat terbang semua pespurnya?

    •  

      itulah yg ga dipikirkan org indo yg pesimis, sy meramalkan bila perang dengan upil , cukup waktu satu jam, upil lenyap dari peta dunia. tinggal bombardir dengan rudal KS dan pespur seccara bersamaan 1 jam selesai dengan strategy jerman nazi upil tdiak akan bisa menerbangkan pespurnya sama sekali.

    •  

      Pesawat Singapore kan g hanya disimpan di negaranya sendiri , jadi hal yg biasa kalau pesawat-pesawat penyerang SIngapore tinggal landas dari negara sahabatnya .

  19.  

    Siupil itu rencanae mau bangun bandara di bawah tanah cak..soale nang nduwur tanah wes gaono nggone..rencanae sing bawah tanah iku gawe nyimpen pespur, rudal n komando sistem..sing bandara nduwure tanah iku gawe peswat komersil..info iki A1 soale krungu n ero dewe pas dolan nang kantor pusat inovasi n tehnologine si upil..

  20.  

    kalau di telusuri dari berbagai sumber, Indonesia itu memiliki kemampuan militer yang mumpuni dan sudah bukan level Asia Tenggara lagi tapi sudah dunia, lah..negara seluas Eropa kok cuma dibandingi dengan upil atau upin ipin dan Abott….walah salah besar….kemampuan militer indonesia juga sudah naik peringkat yang cukup Significant dibanding sebelumnya, itu yang bikin rangking bukan orang kita jadi patut berbangga sebagai bagian dari bangsa ini.

    yang memprihatinkan adalah cadangan energi/BBM kita, hanya bertahan sekitar 20 hari. ini yang mengkawatirkan, kalau terjadi perang berlarut, mau diisi apa peralatan tempur RI, kita memiliki peralatan tempur tapi tidak bisa jalan…..

  21.  

    Lawan dan tetangga usil pakai F35, masa kita milih Elang Botak, bikin tetangga tersenyum geli. Kalau ikut ambil F35 juga, bikin tetangga tersenyum gembira. xixixixi.

  22.  

    Singapor dan F-35 sama aja burung elang di dalam kurungan kenari…..

  23.  

    Semua serba 35 /F/Su/Mig, apa makna dibalik pemilihan nomor 35 pada jenis pespur terbaru

  24.  

    Dengan kekuatan finansialnya yg termasuk salah satu terbesar didunia, maka syah2 saja negara ini memperkuat alutsista tercanggih yg ada didunia yg belum tentu dimilki negara2 lainnya! …namun pertanyaannya adalah?
    1. Ancaman dari negara manakah sebenarnya yg dihawatirkan Singapura yg hanya mempunyai wilayah
    darat, laut dan udara yg demikian sempit ini berambisi memiliki sejumlah besar alutsista modern
    (termasuk F-35, drone, KS, hingga keinginan memiliki kapal induk klo ngga sampai diprotes oleh
    tetangga sebelah)
    2. Konspirasi Global untuk mejadikan Singapura sebagai Israel-nya Asia sebagaimana yg ada di Timteng

    Tentunya TNI dan BIN lebih mengetahui secara bijak, serta mampu mengantisipasi segala anacaman dan tantangan NKRI dimasa2 yad!

  25.  

    Sbaiknya jangan mengikuti trend bila itu terasa memberatkan

    “Pedang tidak perlu dilawan dengan pedang”

    ( smoga ada yg paham maksudnya pesawat tempur top belum tentu dilawan jg dgb pesawat tempur)

    Namun kadang jg perlu untuk mengimbangi
    Dan efek menaikan moral berjuang
    Minim punya senjata yg sama atau setara dgn calon lawan
    Syukur punya yg lebih bagus

    Hemat saya lebih baik Indo
    Punya

    NUCLEAR

    Lebih tepat jika disimpan di
    Kapal selam

    Serem sih

    Sambil memperkuat kemandirian bangsa

    Calon lawan sudah pikir dua kali

    Dua kali dua ratus

  26.  

    Beli SU 35 sbg pengganti F5 Eagle..untuk 2 Skadron baru pesen Pak Fa..jadi ke dpn untk Heavy Fighter kita di isi SU Family 27/30/35 dan Fak Pa..untuk kelas Medium di isi Pesawat IFX..Inshaa allah kita lepas dari ketergantungan pihak luar..

  27.  

    loe pada lupa jaman trikora,,seberapa kaya indonesia,,sampai2 peralatan militerx paling kuat di bagian bumi selatan,,jd skrang negara mana yg berani menganggu nkri..yg ekonomix masuk dlm 20 ekonomi terkuat di dunia,,jika tjd perang dan dlm keadaan terdesak,,peralatan tempur tercangihpun bisa qta datangkan dlm sekejap,,jd jgn lah pesimis dgn negeri ini bung,,singapura,,malaysia ataupun australia bukanlah tandingan qta,,jika qta kerahkan seluruh kemampuan qta..makax mikiiiiiiirrrrrrrr,,,,hahahahha

  28.  

    mbah pikir, kita harus beli F35A juga, selain lebih bagus dari Pakfa. mbah juga suka negara singapura

  29.  

    beli beberapa batterai SAM s-300/s-400 , taruh aja dibatam/ tanjung pinang beberapa batterai,
    udah tercover thu wilayah udara si raja singa, mungkin bingung tuh pesawat mau manuver , ckckckckck

  30.  

    Tidak ada salahnya RI juga untuk mengakuisisi F-35, asal bebas embargo dan tidak ada syarat2 dan ketentuan penggunaanya !!!

  31.  

    Aneh banyak yg teriak F 35 jelek SU 35 strong. Padahal Ane lagi mikir gimana radar SU35 detect siluman F35. Aesa F35 jangkauannya lebih jauh dari IRST SU35. Kalau F35 luncurin 2 amraam, SU 35 sudah kagak sempat kejar si F35 ketika weapon bay nya ke buka.

    Coba dong di babarin para analis F35 vs SU 35 menang siapa? Ane mu tau gimana caranya.

    •  

      Bung [email protected] sudah dibabarin sama bung [email protected] silahkan buka file file lama di forum ini. lengkap dan kompleted

    •  

      kalo gak salah aesa itu radar , irst itu penjejak panas jadi beda fungsi , su 35 dapat mengendus f 35 tanpa menggunakan radar aesa (radar di matikan) hanya menggunakan irst , jadi su 35 agak sulit di detect pihak lawan

      •  

        Maksudnya si cocor kalau radar Aesa F35 vs Irst Su35 yg irbis nya di matikan masih menang si F35 bung.

        Coba deh yg para analis alutsisa jelaskan gimana cara lawan F35 dengan Su35.

        contohnya 5 F35 Vs 5 Su35.

      •  

        SU35 tetap bisa didetek radar aesanya F35, sekalipun dia (SU35 ) mematikan radarnya. Bukankah radar aesa F35 adalah jenis radar doppler, radar yang bekerja berdasar karena target bergerak.

        kenapa SU35 mematikan radar aesanya..? bukankah IRIBIS E mampu menfeteksi RCS 0.01 m2 sejauh 90 km…lebih jauh daripada jangkauan IRST yang cuma 50 – 75 km.

        bukankah RCS F35 dikisaran 0.01 m2…?

        memang kalau dibandingkan dg kemampuan radar aesa nya F35 yang mempunyai jangkaun sejauh 160 km utk RCS 0,01 m2. SU 35 kalah jauh dalam hal ini. Tapi apa gunanya..?karena SU35 memang bukan pesawat stealth. RCS su35 nya berkisaran 1 m2.

        walaupun soal detek mendetek F35 memang menang…tapi rudal yang dibawa bakalan mandul oleh DRFM punyanya SU35…alias tak mampu merontokkan SU35….apalagi ditambah dg kemampuan super manuver SU35 dan cobra style serta TVC nozzlenya.

  32.  

    Sepertinya Singapura gak maksa untuk berhadapan dengan Indonesia, meskipun hanya membantu musuh Indonesia. Kalau hutan di Sumatra dibakar selama 1 atau 2 bulan, apa tidak selesai itu negara?
    Sekuat apapun Angkatan Perangnya, apa bisa melawan “Asap Sumatra”? Kalau dia ngebom, malah lebih parah asap yang nyampe. Kalau sudah gitu kan nggak mungkin pemerintahannya pindah ke sinead atau melembun…. hehehe just IMHO

  33.  

    Yang saya tahu.. Begitu Singapura deklarasi perang dgn Indonesia, Tamatlah riwayat negara mereka. Harga yang dibayar terlalu mahal

  34.  

    Menurut saya… Negeri ini kekuatannya udah setara korut bahkan mungkin india ato tiongkok karena coba pikir buat apa aussie dan siupil beli F-35 kalo indonesia cuma punya su-27/30 dan F16 dilawan pakai f 18 hornet mungkin udah kelar… & ane dulu pernah baca artikel translate dari russia klo indonesia punya tu-95 black bear dan PAK FA cuman pesawatnya di siaga di rusia

  35.  

    maaf bung2 sekalian saya beritahu tentang Faktanya radar Irbis E Su 35… Sumber informasi dari deagel.com disitu banyak informasi tentang radar dari pespur amerika smpe pespurnya rusia..

    1.Radar irbis E dengan passive phased electronically array nya dan teknologi X bandnya mampu mendeteksi musuh udara sejauh 400 km, untuk target darat bisa mendeteksi sejauh 300 km target kecil 150 km… Uniknya radarnya ini dilengkapi dengan tinggi, juga dilengkapi dengan teknologi low observable RCS….(mohon koreksi namanya πŸ˜€ ) jadi bisa mendeteksi radar pesawat musuh yg tingkat deciblenya dibawah -30db seperti pesawat F 35 ausei… ..jadi jadi masih bisa mengimbangin atau mungkin mengalahkan F35 titik sekian mohon koreksinya…

    •  

      Sepengetahuan saya IRIBIS E bukan passive aesa radar…tetapi active AESA…lihat singkatan AESA.
      memang SU 35 ini mengusnung banyak teknologi hitech rahasia….ditambah SU35 sebagai pesawat yang disain dan kemampuan aerodfinamis nya sangat luar biasa…berbeda dg SU27 dan SU30.

      baca2 dari komentar warjager yg dulu2 SU35 adalah hasil maha karya ahli2 indonesia yang bekerja di biro sukoi rusia. makanya rusia gak pelit sama Indonesia dalam hal TOT SU 35 ini…walaupun belinya sedikit.

  36.  

    ini kan cuma opini ane bung ! Percaya gpp gk prcya gpp

    toh pas perang bakal tau

  37.  

    lawan singapura gk perlu senjata canggih atau diturunkan koppassus segala, buang2 waktu… siapkan aja 100 org + 100jeriken bensin di riau dan pontianak. bakar lahan, dan suruh 100 anak2 dibatam maen layangan yg gede2 dijamin satu pulau singapura di asepin + gk ada pesawat yg mau lewat takut nyangkut… mati deh satu pulau. di laut siapin ranjau. dah habis dan hemat anggaran.

  38.  

    jadi Tantowi yahya sudah bicara kepublik melalui TVRI bahwa TNI AU melalui Menhan sudah memesan 16 buah SU-35S dari Rusia,mantaaap….

  39.  

    fir nya dong ambil alih total. jk tdk bs cara halus, pake cara kasar

  40.  

    bikin drone yg banyak, bikin sibuk lalu lintas udara si upil dgn drone, hingga macet penerbangannya. hingga menyerah dan ambil alih fir…… titik

  41.  

    terbangkan drone di wilayah udara kita, sambil mengelilingi perbatasan si upil. banyak drone terbang bergantian sambil towaf pulau upil selama seminggu. dijamin upil menyerah. jika berani tembak jatuh drone di wilayah kita, berarti siap perang.

  42.  

    ato bakar hutan untuk menutup udara si upil.

  43.  

    Sadis boneng…F-35 di utara dan selatan Indonesia. Harus ada obatnya nih !

    •  

      langkah awal harus dan wajib adalah mata radar harus lebih awas dan tajam. segera akuisisi radar pasif oth minimal 2 unit. 1 unit cover pergerakan f-35 red dot dan 1 unit cover pergerakan f-35 sonotan.

      •  

        Betul.
        Yang termasuk utama dan mendasar adalah radar. Baik radar statis mapun dinamis. Diperlukan sekali baik untuk Kohanudnas dan bahkan mencegah peristiwa MH370 dialami RI.
        Jika mata sudah sangat awas dan tahan pengacauan (jamming) dan mampu mengelola dan mengarahkan, sangat memudahkan pengerahan aset untuk menghadapi musuh atau persoalan.

  44.  

    Pilihan cerdas adalah radar yg canggih serta SAM, lebih murah dari pesawat, banyakin dan tempatkan di batam dan sekitar

    •  

      Pesawat udara tidak mungkin digantikan SAM 100%!
      Kalau ada blackflight? Mau diselesaikan dengan SAM?

      •  

        kasmudnya kita kan beli pswt tempur gak banyak2 skaligus dlm satu waktu, plg 1 skadron , alangkah baiknya diseimbangkan dgn SAMs

        •  

          TNI memang masih butuh arhanud dalam jumlah yang cukup, sehingga pengadaan masih berjalan.

          SAM bisa jadi memang lebih murah daripada pesawat tempur, tapi konsekuensi politik, hukum, dll itu lebih mahal.

          Kasus MH17 yang tertembak jatuh di Ukraina bisa jadi contoh.

          Pesawat tempur itu lebih fleksibel dalam penugasan. Buru sergap, pemantauan, perang elektronika, bahkan pemandu rudal (yang saat ini US Navy sudah mulai ujicoba Tomahawk yang diluncurkan dari kapal kemudian dialihkan komandonya ke Super Hornet untuk penentuan sasaran selanjutnya).

  45.  

    ada sekelumit pertanyaan,
    katanya merlion banyak alutsista dan pespurnya…yang sudah seatlement, tapi dia masih pengen yang F35, agak sedikit ambigu aja, klo wilayah udara kan mentok sana mentok sini…..maunya banyak banyak beli layangan….yang ada kena slepet mulu…., klo barang untuk bertahan dirinya….kebanyakan ga sih…?
    ato biar beritanya eksis, padahal barangnya punya sapa gitu yang di deploy disana….bisa jadi punya temannya yang dari barat atau juga sahabat dekat….yang sekitarnya…….ahh….
    maaf numpang ngayal…bung- bung smua…

  46.  

    Sukhoi paling top

  47.  

    Konflik yg paling mungkin adalah singapore vs malaysia dibanding singapore vs indonesia.. Pembelian alutsista oleh negara lain coba dilihat sebagai strategi marketing penjual sejata… Agar negara tetangganya ikutan beli..blom tentu benar2 beli..siapa tahu singapore hanya sebagai maneqin saja yg didandanin agar tetangga ikut belanja

  48.  

    Kita harus percaya ama TNI..karena mereka yang tahu apa yng akan di lakukan bila terjdi perang…

  49.  

    seperti yang dikatakan TV one…F-35 sdh tau posisi musuh saat musuh baru mau lepas landas. KEREN…tpi mimpi bagi indonesia. tpi gk apalah klw TNI beli su-35.sedikit tenang.

  50.  

    TNI sudah sepatutnya dan harus/wajib membeli rudal SA 400 produksi Rusia, guna menjaga pertahanan udara kita, NATO aja ketakutan sama SA 400 ini, rudal ini bisa nyasak segala pesawat buatan USA, apalagi F-35. Tempatkan di wilayah strategi di Riau kepulauan, Irian Jaya dan Jawa. Jika perlu kita saatnya mengembangkan rudal jelajah sendiri, bukan lagi pertahanan, tp sudah saatnya menyerang lawan.

 Leave a Reply