May 172017
 

Model kapal selam Type-218SG Angkatan Laut Singapura. © Defense Study

Tren ekspansi angkatan laut tidak hanya terbatas pada kekuatan global seperti AS, China dan Rusia. Angkatan Laut Singapura juga telah bergerak untuk meningkatkan armadanya, seperti dilansir dari Sputnik News.

Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen telah menandatangani kesepakatan untuk 2 unit tambahan kapal selam Type-218SG buatan Jerman, menurut keterangan pers Kementerian Pertahanan Singapura.

“Selain ang diumumkan sebelumnya, Angkatan Laut Singapura (RSN) akan membeli tambahan dua init kapal selam Type-218SG untuk mengganti kapal selam yang lebih tua, pengiriman diharapkan dari tahun 2024 dan seterusnya”, kata Menteri Pertahanan Ng Eng Hen

Menteri Pertahanan Singapura menambahkan bahwa 2 unit  kapal selam pesanan awal akan dikirimkan ke RSN masing-masing pada tahun 2021 dan 2022.

ThyssenKrupp Marine Systems (TKMS), memenangkan kontrak pengadaan dua  unit kapal selam untuk Angkatan Laut Singapura pada tahun 2013 lalu. Pengumuman terbaru tersebut membawa program bawah air Singapura menjadi 4 unit kapal selam, yang dianggap sebagai “kemajuan yang baik” oleh Menteri Pertahanan Singapura.

Kapal selam Type-218SG akan mengganti sejumlah kapal selam kelas Challenger yang telah mendekati masa pensiunnya, dan bermaksud untuk menambah lamanya masa tugas kapal selam Singapura dari 3 minggu menjadi 6 minggu.

“Negara-negara ASEAN, Australia China dan India telah meningkatkan kekuatan angkatan laut mereka. Dan saya perkirakan bahwa anggaran keamanan maritim akan meningkat 60 persen dalam tiga tahun ke depan”, tambah Menhan Singapura.

Langkah tersebut untuk membantu Singapura mengejar perkembangan negara-negara yang ada di Asia Tenggara (ASEAN) yang juga semakin gencar menambahkan aset angkatan laut, seperti Indonesia, Vietnam, Thailand dan Malaysia.

Menhan Singapura Ng End Hen mengatakan kepada Straits Times, “terlepas dari kenyataan bahwa Singapura berencana untuk terus bekerjasama dengan angkatan laut terdekat dalam membatasi ancaman keamanan yang semakin memanas akhir-akhir ini”.

  42 Responses to “Singapura Tambah 2 Unit Kapal Selam Type-218SG”

  1. tau ah

  2. jerman oh jerman, hidup changbogo hidup changbogo

    • Cangbogo cuma di peruntukan menjaga perairan di dalam rumah atau istilahnya anjing kampung yg keliling pekarangan karena body nya kecil dan daya jangkaunya jga terbatas jelas tidak berefek dikawasan, indonesia membutuhkan kasel yg bobot lebih besar memiliki kemampuan mengarungi samudra luas nan dalam sbg efek deterent dan menguatkan posisi sbg poros maritim dunia.

      • Memangnya kita mau nyerang siapa pak? Kita negara non blok jika alutsista lebih hebat dari mereka maka kita malah akan diserang…

        Penyerangan di Indonesia tidak akan langsung di rudal sama asing tp dibikin otran2 dlm negeri dululah, Syria dan libya salah satu contohnya

  3. ayolah pak 214 di modif juga jadi 218

    itupun kalau jadi borong 214

  4. Biarkan saja mereka menumpuk senjata..Apa guna banyak senjata tapi tidak bisa leluasa latihan.

    • e kita jangan angap remeh singapura boleh bisa menyerang seluruh wilayah di dunia ini lo kan ia dah si ajarin amerika menyerang dg drone besar yg menggotong rudal hell fire bahkan gede lagi kecuali dg ratusan ribu roket dan rudal singapura mesti takut

  5. Natuna sudah betul dijadikan latihan perang oleh TNI AL,sebab diperairan itu banyak lontong2 tetangga yg lg resek ngeronda rumah orang.Bila perlu nelayan sekitar mmasang jaring disekitar perairan terluar natuna.biar lontongnya kena jaring smua,sehebat san scanggih type lontong,tp klo sdh kena jaring dijamin 100% lgsg klepek2.

  6. Tahun 2013 kri fko mndapat kontak lontong dinatuna,dperkirakan lontongnya skelas virginia.Tp berita tidak diexpose kluar

  7. Apakah ada ketegangan di Lcs sehingga Singapore akusisi kasel baru. atau sebagai lawan tanding kasel baru kita changbogo&u214. tinggal si Malon doang yg kaselnya terapung…

  8. Apa ga sulit manuver itu kapal selam banyak banget tapi wilayah lautannya cuman seuprit..

  9. nah loh..

  10. Sdh tepat kebijakan pemerintah RI tuk tambah Kasel dari korea dan TOT, (Mudah2 Kasel type 214 dari turki jg jadi) meskipun Kasel kita secara spek mungkin ada di bawa Kasel Singa dan Aus, namun sdh ada upaya pemerintah utk membuat keseimbangan dikawasan, memang butuh waktu lama utk membuatnya menjadi seimbang dari segala sisi Matra… Namun percayalah bila program Kasel Nasional berjalan sesuai jalurnya 10-15 tahun kedepan kita akan bangkit, tetap optimis.
    Salam warga jakgreat

  11. Siiip bung Ayam jantan…..

  12. Berita duka dari Natuna mana Min?

  13. ikut menyampaikan duka cita atas musibah di latihan tersebut
    korban jiwa di link bung Doy downgrade 3 orang sedang di link dari bung Naga Bonar ada 2 orang selain luka luka

  14. Apa Perlu Saya Tawarin Kartu Joker agar Bisa Ngimbangin U-218SG… Tapi Itu Joker Harganya Sedikit Lebih Mahal Dari U-218SG Loh Tapi Yg Mau Saya Tawari Gk Perlu Isi BBM Selama 25Thn Dan Nyelemnya Bisa Dalem Banget Plus Nyelemnya Cuma Terbatas Sama Stok Makanan Yg Di Bawa…

  15. byuh byuuh……..gedhi men kapal e…. lanjutken hehe

  16. Yang harus jadi perhatian adalah TNI AL harus bisa menjaga perbatasan dengan Singapura, biar kapal selem mereka ga bisa kemana-mana, la wong halamannya secuil……kalo perlu kembangin Rudal RHan-450 tongkorongin di perbatan Singapura…kalo ga bisa juga ya bakar aja semak2 sepanjang perbatasan Singapura utk kirim asap kesana pasti ga ketangkep radar mereka ………hi..hi..hii

  17. Berita tadi sore pakta terbaru persidangan kasus E-KTP oleh salah satu saksi melalui telekonpress dr Singapura klu perusahaannya merugi sebagai salah satu konsorsium pengadaan E-KTP, yg aneh dan lucu dan pemerintah RI tidak berdaya ialah sisaksi telah mendapat suaka politik dr Singapura, lagi2 koruptor dilindungi oleh Singapura. Enak jg ya pengusaha keturunan sesudah korupsi uang negara melalui KKN berkhianat bersama Pejabat penghianat. Dan Singapura melindungi penghianat negara lagi2 RI dipecundangi.

 Leave a Reply