Sep 112018
 

Pesawat Boeing A330 Multi Role Tanker Transport (MRTT) Angkatan Udara Republik Singapura (RSAF) © Asian Military Review

JakartaGreater.com – Airbus telah mengirimkan pesawat A330 varian Multi Role Tanker Transport (MRTT) pertama milik Angkatan Udara Republik Singapura (RSAF). Pesawat ini pertama kali tampil dihadapan publik secara resmi pada hari Sabtu, 1 September 2018 di parade ulang tahun ke-50 RSAF.

Boeing A330 MRTT generasi baru akan memperluas daya tahan pesawat tempur RSAF, dan memastikan kemampuan layanan terus memberikan dukungan pengisian bahan bakar udara-ke-udara.

Pesawat tanker ini juga menyediakan RSAF dengan kemampuan angkutan kargo dan penumpang yang lebih besar, dan meningkatkan kemampuannya untuk berkontribusi pada bantuan kemanusiaan internasional dan bantuan bencana (HADR) serta operasi dukungan perdamaian.

Lembar Fakta Airbus A330 MRTT

Menurut keterangan yang terdapat di situs Kementerian Pertahanan Singapura, Airbus A330 Multi-Role Tanker Transport (A330-MRTT) ini adalah pesawat tanker generasi berikutnya (next-gen) yang mampu melakukan Air-to-Air Refueling (AAR) serta peran airlift secara bersamaan.

A330-MRTT memiliki endurance yang lebih baik, kapasitas kargo dan penumpang dan kemampuan untuk menyediakan lebih banyak bahan bakar ke pesawat lain dibanding dengan tanker udara KC-135R dan ini akan menggantikan KC-135R yang sudah tua.

Kemampuan AAR dari Boeing A330 MRTT memungkinkan Angkatan Udara Republik Singapura (RSAF) untuk memperpanjang daya tahan pesawat tempur untuk menjaga langit dan juga memungkinkan RSAF menjadi lebih efektif serta mampu memenuhi tuntutan operasional.

Selain itu, platform menyediakan RSAF dengan fleksibilitas operasional yang lebih besar dan akan meningkatkan kemampuan Singapura untuk berkontribusi pada misi Bantuan Kemanusiaan, Penanggulangan Bencana Internasional (HADR) dan Operasi Dukungan Perdamaian.

Kemampuan Pengisian Ulang Udara-ke-Udara

Boeing A330-MRTT dapat membawa sebanyak 245.000 lbs (111.000) liter bahan bakar untuk digunakan sendiri atau untuk diangkut ke pesawat penerima. Itu dapat mengisi bahan bakar baik untuk platform drogue-refuelled dan boom-refuelled, yang juga akan meningkatkan interoperabilitas RSAF dengan pasukan udara lainnya.

Selain itu, Boeing A330-MRTT dilengkapi dengan Universal Aerial Refueling Receptacle Slipway Installation (UARRSI), yang memungkinkannya menerima bahan bakar dari pesawat tanker lain. Ini akan meningkatkan daya tahan dan jangkauan A330-MRTT untuk memenuhi misinya selama operasi yang diperpanjang.

Daya Angkut Udara

Terlepas dari kemampuan operasi AAR, Boeing A330-MRTT ini memiliki kemampuan untuk membawa hingga 82.000 lbs (37.000 kg) kargo atau sekitar 266 orang personel.

Fleksibilitas ini memungkinkan pesawat untuk dikonfigurasi secara cepat untuk dapat melaksanakan berbagai misi pengangkutan udara. Ketika diperlukan, pesawat itu juga dapat dilengkapi dengan peralatan medis untuk misi evakuasi aero-medis.

Sistem Pesawat Terbang

  1. Avionik. Boeing A330-MRTT dilengkapi dengan avionik canggih serta sistem kontrol fly-by-wire yang ditampilkan dalam pesawat A330 sipil. Ini juga akan dilengkapi dengan seperangkat avionik khusus militer.
  2. Sistem Pengisian Bahan Bakar (AR). Sistem AR dikendalikan dari Konsol Operator yang terletak di dek penerbangan. Pengaturan memfasilitasi koordinasi pilot dan operator.

Aerial Refueling Boom System (ARBS) dapat dioperasikan oleh kontrol fly-by-wire dan aktuator elektrik, bersamaan dengan sistem video 3 dimensi (3D). Sistem video 3D ini menyediakan operator dengan visualisasi yang lebih jelas dan realistis dari operasi AAR yang sedang berlangsung.

Berbagi

  2 Responses to “Singapura Terima Airbus A-330 MRTT Pertamanya”

  1.  

    When Indonesia?

 Leave a Reply