Feb 092014
 
Frigat Formidable Singapura

Frigat Formidable Singapura

Hubungan diplomatik Indonesia dengan Singapura semakin memanas. Singapura membatalkan undangan bagi Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin di acara Singapore Airshow pekan depan. Tak hanya itu, seluruh delegasi Indonesia yang jumlahnya mencapai 100 orang juga tidak jadi diundang.

“Iya, kontingen TNI juga batal,” kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhan Brigjen Sisriadi saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (9/2/2014).

Menurut Sisriadi, delegasi TNI biasanya datang ke acara airshow yang digelar beberapa negara menggunakan pesawat Hercules. Jumlahnya cukup banyak karena datang dari berbagai kesatuan.

“Seperti kemarin di Brunei Darussalam, kita bawa tim pakai Hercules,” ceritanya.

Dengan demikian, tak ada unsur TNI yang menyaksikan acara Singapore Airshow pada 11 Februari mendatang. Yang tetap berpartisipasi adalah PT Dirgantara Indonesia, selaku peserta pameran.

“Kalau perusahaan kan mereka sudah bayar dan ikut pameran, jadi tetap ikut,” ujarnya.

Hubungan Indonesia dan Singapura memanas belakangan ini. Pemerintah Singapura prihatin dengan sikap Indonesia yang memakai nama Usman dan Harun untuk kapal TNI AL. Bagi mereka, Usman dan Harun adalah seorang kriminal dan pembunuh pada tragedi pengeboman tahun 1965 silam.

Namun, dengan tegas Indonesia menolak keprihatinan negeri tetangga itu. Usman dan Harun adalah pahlawan nasional yang layak mendapat penghargaan. (Detik.com).

Bagikan:

  203 Responses to “Singapura Tolak Delegasi Indonesia di Singapore Airshow 2014”

  1.  

    Apa perlu korvet SIGMA-nya diberi nama Komandan Kopassus yang pertama itu ya?

  2.  

    Ini wamen SDMnya lebay..dari kemaren saya baca di situs berita lain isinya kurang lebih bernada sama..MENGELUH. Lah kan situ wakil menterinya pak?. Ya action dong. Itu gunanya anda dilantik jadi pejabat buat menyelesaikan masalah spt ini bukan untuk mengeluh.

    •  

      Bung makrov@
      Ya itulah bung mental pejabat kita ya seperti itu, ibarat atlit klah sblum tanding……kmrin2 dirut pertamina yg ngomong, klu kita perang BBM hanya cukup 5 hari, skarang wamen ESDM nya yg bilang, klw perang kita mati 5 hari.

  3.  

    Apakah bner om, TNI sudah memprediksi konflik-konflik kecil seperti ini(kalau sudah di presiksi tantunya ada persiapan dong hehehe…. 😀 ) atau jangan-jangan ini hanya upaya pemerintah kita untuk mendinginkan suasana rakyat kita agar tidak terpancing emosinya akibat ulah FPDA.

    Saya minta pencerahanya ini, alutsista apa ªjª yg sudah deal di dapat dari rusia, yang masih rahasia tidak di share jga ga papa, yg penting yang sudah di teken agar saya dan temen2 ndak ketar-ketir mengenai alutsista MEF tahap Ii

    •  

      itu betul mass…. ada yg namanya Olah Yudha RenStra (Perencanaan dan Strategi) untuk 5-10 tahun bahkan 20 tahun ke depan… di lain pihak setahu aku setiap Pimpinan TNI melatihkan prajuritnya di tiap2 daerah/wilayah untuk menghadapi ancaman kontijensi pada 1 tahun ke depan.

  4.  

    Tapi tidak dengan Singo edan ini bung satrio, Kalou ngomong kebaikan Indonesia ke Singo edan ini sudah berlebih-lebih, memang sifat mereka yang arogan dan hanya dengan arogan inilah mereka menganggap mereka akan selalu exis. saya justru berharap sekali-kali singo ini dikasih pelajaran. dan saya kira Indonesia tidak terlalu membutuhkan singo edan. Indonesia tidak akan hancur hanya oleh singo edan ini, dan saya pastikan singo edan akan mudah dihancurkan oleh Indonesia.

  5.  

    Ini berita basi tapi sekarang jadi relevan.
    Serdadu kelontong bertugas bawa babu.
    http://www.globalpost.com/dispatches/globalpost-blogs/the-rice-bowl/singapore-soldiers-shame-his-maid-carries-his-rucksack
    http://www.globalpost.com/photo/5633948/singapore-soldier-maid-2011-03-29
    Bung Diego tampilin dong gambarnya. Makasih.
    Macam gini mau lawan kita.

  6.  

    Kejadian2 yg menimpa indonesia akhir2 ini menyadarkan kita utk dihormati hrs mempunyai kekuatan dan kemandirian. Selama ini kita sdh membuang2 uang kita utk menjadikan singapura sbg transit baik kapal maupun pesawat kita. Padahal kita mpy batam yg sama dgn singapura baik luas maupun posisinya. Kenapa kita tdk membuat bandara dan pelabuhan yg hampir sama dgn singapura di batam. Pasti byk negara yg mau mendanai krn letak pulau batam yg strategis. Saya percaya cina atau jepang pasti akan mau mendanai pembuatan bandara dan pelabuhan tsb. Setelah jadi, kita hrs membuat semua negara transit di batam dgn cara melarang setiap negara yg mau transit di singapura lewat wilayah udara dan laut indonesia. Utk kekuatan militer, tanpa dana memang sgt susah utk itu perlu diadakan dana nonbudget utk membeli alusista tsb. Saya yakin pasti rakyat pada mau utk menyumbang uang utk pembelian alusista tsb.

  7.  

    entah mengapa saya merasa terlalu sepele bagi singapura untuk melakukan tindakan yg diatas hanya gara” penamaan usman-harun. kalau memang masalah ini bukan by desain maka saya berpikiran pasti ada kepentingan yang lebih besar sehingga beberapa peristiwa terjadi akhir-akhir ini. dimulai dr penyadapan hingga pnerobosan tapal batas oleh ausie,kemudian protes mslh singapura lalu pembakaran kapal nelayan di PNG. kayaknya ada yg sangaja memancing RI untuk melakukan langkah kurang tepat dalam berdiplomasi dengan negara tetangganya. khusus untuk mslh PNG pemerintah harus berani bersikap tegas namun terukur karena telah menyangkut nyawa warga negara,jika tidak ditangani dengan tepat maka persoalan seperti ini bisa menjadi gejolak sosial di papua dan makin menguntungkan pihak yg selama ini berusaha melepaskan papua dari indonesia (mngkn ada hub dengan kepentingan bisnis minerba)

  8.  

    Saya pernah membahas di tulisan saya Mengembargo diri sendiri di warjag ini ,coba dibaca lagi

    KESALAHAN terbesar kita adalah membuat Singapura menjadi hidup ,bertahan dan besar dari KEFOYA FOYAN kita sendiri ,
    Saat nya mengembargo diri sendiri,
    Buat Kilang minyak dalam negeri,,hancurkan mafia minyak
    masalah Pelabuhan tandingan ,merebut FIR itu sedang dikerjakan suatu saat akan tercapai dan itu masalah teknis,
    Yang susah dihilangkan adalah kebiasaan masyarakat Indonesia sendiri yang SIngapura Mainded.
    watuk iso diobati,,ngobati watak iku sing angel (batuk bisa diobati,merubah watak itu yang susah)

    •  

      sy sepakat mslh itu bung satrio,kadang agak miris juga melihat PNS” muda kita begitu ada libur mereka berlomba untuk liburan ke singapura,seakan-akan kalau tdk ke singapura maka liburan jadi tidak indah.ckckckc
      sy sebenarnya berharap dalam setahun pemerintah harus fokus menyelesaikan 1 atau 2 mslh utama yg dihadapi bangsa indonesia seperti mafia BBM dan mafia daging,sy rasa kalau pemerintah serius maka dalam setahun 2 sektor ini bisa dibersihkan setelah itu baru lompat ke permasalahan yg lainnya.

    •  

      Kalau perlu berlakukan lagi fiskal khusus yang mau bepergian ke Singapore. Gara2 bebas fiskal jadi banyak yang PP numpang foto di patung singa. Nambah2in devisa negara kecil itu aja. Mendingan foto2 di GWK lebih cakep he..he

    •  

      Bung satrio@
      Maaf ni newbie, sbenarnya seberapa besar ketergantungan kita kpd singaporno, selain yg bung satrio sebutkan diatas…..misal kan kita putus hubunagn diplomatik, apa kerugian dan keutungan di pihak kiat maupun singaporno

      •  

        Gas natuna langsung ke Singapura, lalu dijual balik ke Indonesia.. Hebatkan pejabat kita? Tragis!

        •  

          @Anak Deli, Singapura memang dikondisikan begitu oleh “kekuatan kekuatan” asing. Mereka memang perpanjangan asing di Asia Tenggara dan menerapkan strategi Israel dalam pertahanan

          banyak item kita yang ga bisa dijual langsung ke pembeli di Eropa, misalnya saja seperti kopi dan coklat tetap harus lewat Singapura.

          yang harus Indonesia lakukan adalah me-lobby dan melakukan perbaikan2 intern agar petani/nelayan atau produsen apapun dalam negeri bisa langsung menjual tanpa lewat calo di Singapura.

          bahkan Pratt & Whitney buka kantornya di Singapura, padahal industri pesawat terbang di Asia tenggara hanya ada di Indonesia. ini kan keterlaluan. Pasar kita yang besar harus dijadikan daya tawar nasional daripada objekan oknum2 pejabat, kita harus berani beralih pada opsi lain dan menekan kerjasama harus langsung tanpa peran calo di Singapura

  9.  

    Saya setuju dengan bung satrio, menhan sudah tepat tidak menarik tim jupiter aerobik, kita tunjukin ke singapore dan dunia internasianal(skalian ni jualan alutsiata dari PAL, DI,PINDAD dll…..) Bahwa kita ini bangsa yg bersahabat dan tidak ingin mencari musush, kita harusnya semakin waspada dan segera berkonsetrasi tentang MEF 2, MEF 3 dan kogabwilhan guna mengisi alutsista TNI yg masih banyak lubang kosong di isi dengan alutsista yang modern dan mematikan dan tentunya akan membuat daya tawar kita dimata dunia, khususnya negara tetangga(asean) akan semakin santun dan menghormati negara kita

    Seperti filososfi tanaman padi, semakin berisi maka akan semakin menunduk(akan menjadikan NKRI semakin di segani)

    Kalau petahanan Kita kuat tentunya tidak ada yg berani macam-macam dg kita.

    Seperti kata orang dulu “pemimpin kita batuk ªjª mereka akan langsung diem ga berkutik”

    •  

      singapore kesal sama indonesia :
      1.pembelian alutsista sudah pakai skema G to G sehingga tidak ada calo2 disana yg diuntungkan

      2. pembelian BBM juga sedang mengarah ke arah G to G atau meniadakan calo2 BBM

      banyak perushaan internasional menjadikan singapore sebagai branch office untuk memasarkan produk mereka ke negara2 asean dan australia…. cukup blokade itu saja… persuhaan2 itu suruh buka kantor perwakilan di indonesia untuk memasarkan produk2nya atau indonesia akan tutup produk2 mereka…. blammmm tanpa militer singapore akan kolaps !!!

      •  

        dan pulau2 indonesia sekitar singapore jadikan tempat usaha logistik dan perbekalan (cattering, bunker oil dan equipment) untuk kapal2 niaga yg melewati malaka sehingga tidak lagi dimonopoli singapore

    •  

      sebenarnya untuk melemahkan Singapore knp kita tidak mencoba merayu ke Thailand untuk membuat terusan seperti di suez dengan iming2 pendapatan ekonomi dari kapal yg akan resuply kebutuhan logistik mereka sebelum melintasi samudera hindia ataupun samudera pasifik. ingat posisi awal singapura adalah pelabuhan resuply bagi kapal yg akan melintasi samudera hindia atau samudera pasiifik. nah dengan dalih keamanan dalam negeri serta kerusakan lingkungan knp kita tidak menutup jalur selat malaka serta selat jawa kita. negara kita itu lucu orang melewati wilayah kita tapi yg mendapatkan keuntungan negara lain. ingat kita adalah negara yg mempunyai kekhususan laut dalam sebagaimana termuat dalam deklarasi juanda yg di kemudian di ratifikasi oleh unclos. jadi kita mempunyai kedaulatan atas wilayah apa yg di namakan Laut Indonesia yg terletak di sisi dalam wilayah NKRI.

  10.  

    cooling down dlu,kita liat apa maunya para tetangga.biar dunia tau,seperti apa militansi dan rasa cinta tanah air yg di miliki orang indonesia.kita telah di ajari untuk siap bertempur dari sejak perang kemerdekaan hingga masalah ambalat dan berlanjut sampai skg.mereka kira kita sbgai rakyat indonesia dengan segala macam suku dapat di pecah.namun mereka akan segera menyadari kesalahan yg mereka perbuat.kalau berani gak usah maen kroyokan.1 lawan 1.biar china ,rusia yg jd wasitnya.darah yg dulu telah di persembahkan oleh para pejuang kita,akan kita tumpahkan demi bangsa dan negara tercinta ini.kita umumkan kepada seluruh dunia,bahwa kita negara yg cinta damai,tp kita lebih cinta kemerdekaan.muak rasanya melihat negara yg sombong seperti singapura.untung mereka tidak berbatasan darat dengan kita,jika iya,sepertinya kita akan rubah sejarah mereka.untuk selamanya.lebih baik anda bersahabat dengan indonesia,dr pada mencari masalah dengan indonesia.

  11.  

    singapore protes karena nama USMAN HARUN..klo dibalik aja jd HARUN USMAN pasti mereka ga protes lg,yg penting dah di ganti walau volendrome

  12.  

    Calm down, Sebelum Indonesia mampu buat kapal perang, kapal selam, pespur, artileri bersrta persenjataannya sendiri dan mampu swasembada BBM, DIMOHON jangan perang dulu. Gunakan diplomasi. Presiden dan Menlu kita, saya kira cukup mumpuni dalam bidang ini. MERDEKA

  13.  

    ini baruu system terintegrasi dan mobile hihihihih

  14.  

    salah satu materi latihan pasukan infanteri TNI AD..”perang berlarut”….mohon pencerahan warjager…..kira2 TNI vs Singa spartan siapa??

  15.  

    “Diplomasi Bertaji dgn KRI” Metro TV

  16.  

    Alhamdulillah di tolak , lumayan duit yg buat jalan jalan para pejabat ke upil , bisa buat nambahin beli s400 dan DF 21D.

    stop impor minyak dari upil.. bangun kilang sendiri. blokade si upil biar gak dpt devisa.

    Jangan memberi makan ke singa sementara setiap saat bisa menerkam yg beri makan..

  17.  

    derap langkah yang keras menembus kebisingan..
    ditengah tatapan mata yang penuh kesinisan..
    dengan tangan mengepal menunjukan siapa diri..
    kadang geram membakar emosi..!!
    deras arus yang kadang melumat kan nyali.. namun aku.. aku tak peduliii..!!!

  18.  

    Saya yg tua ini salut dengan nasionalisme anda semua ini mars untuk membangkitkan semangat :

    Tingal ayah tingallah ibu,
    ijinkanlah kami berjuang,
    di bawah kibaran merah putih,
    Majulah ayo maju menyerbu
    tidak kembali pulang
    kalau tidaklah menang
    untuk bangsa kami berjuang
    Komando…….
    Komando…….

    Thanks lot

  19.  

    Tambah saja Roket RM 70 Grad dan 10 Tank Leopard di sepanjang Pantai Utara Batam arahkan ke Satu Titik Gedung Parlemen Singapura.gimana Bro??????

  20.  

    KALAU PERLU BATALKAN KE IKUTSERTAAN SINGAPURA PADA NAVAL MULTI EX KOMODO DI RANAI DAN KEPULAUAN NATUNA

  21.  

    banyak hal2 yg kagak jelas di negeri ini, bikin kita jadi direndahin negara lain, padahal kita udah rendah dari dl. daftar hal2 yg kagak jelas dan cenderung hoax dinegri ini antara lain:

    1. kri trimaran (kagak ada kabar lagi)
    2. negosiasi kapal selem rusia yg katanya bulan ini (hoax)
    3. khayalan siang bolong tentang su-35 (sdh jelas gak bakal terwujud)
    4. kerja sama rudal cina (mimpi ampe ngiler…wkwkwkwk)
    5. nambahin angan2 kosong tentang korporasi bikin med- tank dengan negara kebab turki ( mending kerja sama bikin kebab ukuran jumbo…..wkwkwkwk)
    6. gembar-gembor uji coba roket lapan (lah…dananya aja kagak ada)
    7. mengkhayal tentang hq-16 ( gak ada duit…ga cincai tu barang…wkwkwkwk..)

  22.  

    IRONIS….Kapal AL Usman Harun Belinya di Inggris, waktu Konfrontasi Singapura masih bagian/provinsi Malaysiayang nota bene Bagian dari Inggris toh… Inggris ga protes….. Singapura negeri sa Upil… Protes… Betul kata Sejarah… Negara yang Besar adalah Negara yang menghormati Jasa pahlawannya …. Singapura negara kecil pasti gak punya pahlawan… Lawan Si Upil Cukup pake jari Kelingking aja… ketarik deh tu,….

  23.  

    Bung Satrio ini ada copas, bagaimana pendapat bung satrio mengenai ini, apakah benar rencana pengadaan ini ?

    Air force :
    1. Su-35SI Super Flanker : 64-O, 16-D2014, 24-D2015, 24-D2016
    2. JAS-39 Gripen NG: 44-O, 14-D2014 (leased scheme), 8-D2014 (first batch delivery) 18-D2015, 18-D2016
    3. EF Typhoon: 36-O, 12-D2014 (ex Luftwaffe), 10-D2015 (brand new), 14-D2016.
    4. Su-34 Fullback: 48-O, 8-D2014, 12-D2015, 14-D2016, 14-D2017 (note: batch 1+2 derived from VVS-RF units)
    5. Erieye: 10-O, 3-D2014, 3-D2015, 4-D2016 (possible order extension into 14 units).
    Note:
    1.item #3 pending British approval for technology transfer scheme on certain parts, financing scheme, and acquisition of MBDA Meteor missiles.
    2. item #2: possible scenario of integrating leased units from Swedish Air Force as part of acquisition scheme, thus increasing actual figure to 58 units.
    3. item #1: including upgrade package on EW, radar, and integration systems into current Indonesian Air Defense Ground Environment frameworks.
    4. item #4: including upgrade package on EW, radar, ASW sensors, and long range “tactical missiles”.

    Navy:
    1. Slava class heavy cruiser: 1-O, 1-D2016
    2. Sovremenny class destroyer: 5-O, 2-D2014, 1-D2015, 2-D2016.
    3. Talwar class frigate: 4-O, 1-D2016, 2-D2017, 1-D2018
    4. Stereguschyy class corvette: 7-O, 2-D2015, 2-D2016, 2-D2017, 1-2018
    5. F122 Bremen class frigate: 4-O, 1-D2014, 2-D2015, 1-D2016.
    6. De Zeven Provincien frigate: 6-O, 2-D2016, 2-D2017, 2-D2018.
    7. Sigma class corvette/light frigate variant: 22-O, delivery scheme being finalised.
    8. Astute class SSN: 2-O, 1-D2015, 1-D2017
    9. Kilo class 877EKM SSK: 10-O, 4-D2014, 4-D2015, 2-D2016
    10. Amur 950 class SSK: 6-O, 2-D2015, 2-D2016, 2-D2017
    11. U212 class SSK: 9-O, 1-D2014, 2-D2015, 2-D2016, 2-2018, 2-2019
    Note:
    1. Type 23 Duke class frigate acquisition scheme being finalised, possible 5 existing units will be transferred to Indonesian Navy. All will be equipped with air defines upgrade package which includes Sea Captor VLS missiles system.
    2. item #1: utilizing hull of incomplete unit being stored in Ukraine, will be equipped with combination of SS-N-12 Sandbox/SS-N-27 Sizzler SSM, upgraded SA-N-20 Rif M/Gargoyle SAM systems, new phased array PESA radar.
    3.item #3: using same configuration of Indian Navy’s variant, except for BrahMos substitute for Yakhont system.

    •  

      hehehe copasan dari sebelah ya
      Coba di analisa bila dana mef I tersisa 40 persen berarti masih ada sekitar 60 triliun yang bisa dihabiskan untuk menggenapi MEF I
      Dari list yang diatas kira kira 60 T itu bisa nggak untuk dp list yang diatas yang deliveri thn 2014 dan 2015 ,

      Clue dari bung surya juga disentil apa aja alutsista yang akan dibeli kan ‘kalau gak salah Typhon dan U212.

      Pembelian alutsista dari rusia dan jerman infonya bisa dikeep karena mempunyai MOU perlindungan informasi.
      Nah yang menarik ngapain juga pembelian dari UK typhon dan astute harus dikeep juga?
      Pembelian typhon ane da prediksi kalau beli pasti lewat Jerman,dan masih ada aproval yang harus disetujui oleh UK sebagai pembuat sparepart primer dari pespur tersebut bila UK setuju maka akan dibungkus (kabar kabarinya dari tukang layangan sih begitu) makanya ada opsi beli dulu yang bekas milik AU Jerman typhon gen pertama.
      PEmbelian typhon juga untuk alternatif TOT buat IFX.

      Pembelian astute sudah lama terdengar isuenya dan bila ini terjadi memang UK akan terbantu perekonomian nya dan ini bisa saja dari deal kemudahan pembelian alutsista yang terpaksa dibuka oleh UK.karena kita bisa membuka aib mereka didunia Internasional.
      Astute dan typhon dijual ke kita dengan sarat akan dikeep informasinya.
      Dan provokasi anggota Fpda untuk memancing Indonesia agar gagal mendapatkan deal “kemudahan pembelian alutsista ” dari inggris,ataukah lulus ujian

      Dan Indonesia juga gak kalah mengetes kesungguhan Inggris
      maka penamaan 3 kri kita dengan nama pahlawan yg melawan Inggris ,
      juga tahun lalu kita juga mengumumkan akan menaruh scorpion diperbatasan kalimantan ,hawk sering berpatroli diperbatasan kalimantan dan selat malaka.
      bila mereka bereaksi berlebihan yaa dibatalin semua pembelian dari Inggris,

      Salah satu pertimbangan membeli alutsista dari Inggris dan Jerman adalah mempertahankan status nonblock,dan pembelian alutsista gahar dari mereka Alasan kita perlu astute dan typhon dalam agenda untuk digunakan bila konflik LCS pecah,,sehingga mereka mengijinkan,,
      USA sebenarnya juga menawarkan F 15 mereka tetapi kita belum sepenuh hati mempercayainya,karena mereka masih suka ngintip.,

      CANTIK benar strategi dari pemerintah kita,
      Pak SBY ahli strategi,,dibantu Pak Pur yang cerdas,,dan pak Syafrie yang ahli dalam Intelejen dan melaksanakan dgn jitu kebijakan kemenhan
      Just IMHO

      •  

        sedapp……betull….?????

      •  

        kalau benar begitu skenarionya bung satrio berarti tebakan saya benar bahwa ada sesuatu yg lebih besar drpd pemberian nama Usman dan Harun.

        bung satrio apakah pembelian alutsista dari inggris sudah bisa dipastikan bebas embargo.?apalagi jumlah typhoon lmyn banyak yg mau diakuisisi

      •  

        Woww…ternyata byk hal yg tersirat…pantas sj membikin gerah kawasan…
        Termasuk kapal2 yg disebutkan juga terealisir semua ya bung@Satrio?
        Atau ada info lain dr warjager yg lainnya?

      •  

        @ Bung Satrio,… ternyata…. cantik sekali permainan 3 serangkai ini, memang klo kita perhatikan bangsa kita sebenarnya memang cerdik dan pintar, masalahnya cuma satu yaitu sering ribut sesama bangsa sendiri, artinya dari dalam lah potensi kehancuran bangsa ini dan itu dimanfaatkan oleh pihak musuh.
        Hal yang paling ditakuti musuh kita adalah sebenarnya jika kita bersatu… !

    •  

      benarkah???? Amin…Amin…Amin… bagi linknya dunk bung alfan..

    •  

      menurut pandangan saya, anggaran mef 1 s/d mef 3 = 15 milyar dollars kepake 38-39%, masih sisa sekitar 9,15 milyar dollar. Asumsi anggaran mef 2 digabung mef 3 adl 9,15 milyar dollar
      Melihat paparan diatas untuk air force itu aja klo mengakusisi sekitar 202 pesawat membutuhkan sekitar 15-16 milyar dollars.

      Saya memprediksi Mef 2 digabung Mef 3 untuk TNI AU dan TNI AL memdapat porsi 80 % sekitar 7,32 milyar dollar dibagi 2 sekitar 3,66 milyar dollars
      Maka perkiraan pembelian alutsista untuk TNI AU:
      1. SU-35 = 16 bh
      2. GRIPEN E/F = 32 BH
      3. CN-235 Erieye = 4 BH
      4. S-300 SERIES = 3 baterei
      Angkatan laut :
      1. Sovremenny class destroyer second = 2 bh
      2. F122 Bremen class frigate second = 4 bh
      3. PKR sigma = 4 bh
      4. Amur 1650 class = 3 bh
      5. Type 212 submarine class = 2 bh

      •  

        @ gatutkoco …klo itungan saya spt ini : MEF Jilid 2 tahun 2015-2019 US$20 Milyar dan program mef klo ngga salah itu diluar apbn kan? artinya masih ada pembelajaan alutsista yg diambil dari apbn, klo mengacu kepada 2013 angaran apbn untuk militer 80T maka untuk 5 tahun kedepan dg asumsi pertumbuhan ekonomi 6% adalah total Rp. 558T jika 50% nya untuk alustsista maka ada sekitar 250an T atau sekitar US$ 23 Milyar, jadi jika semua digabungkan maka bisa diproyeksikan : Sisa MEF 1 US$ 5M + MEF 2 US$ 20M + APBN 5th US$ 23M = US$ 48M …. (asumsi US$ Rp12.000) …CMIIW

    •  

      Masalah pesawat bersayap delta isuenya sudah lama dibahas diforum diskusi banyak yang sudah yakin kita punya pesawat delta,atau dapat pinjaman untuk mengenal performanya ,bahkan tes adu dog fight dengan Sukhoi kita di langit jawa

      Isue makin menghangat saat ada penampakan pesawat bersyap delta terbang dibelakang sukhoi kita persiapan landing di lanud sekitar yogya
      http://mw2.google.com/mw-panoramio/photos/medium/55712596.jpg

      Coba ditebak warjager ntu pesawat delta jenis yang mana

      Pengadaan pespur se mistrius pengadaan kasel
      pada thn 90 an kita masih mengoperasikan 5 Kasel
      apakah sekarang malah cuma punya 2 kasel saja ,

      Demikian juga dengan Jumlah F16 yang hanya diyakini cuma 10 biji doang,
      ISuenya saat pemerintahan Gusdur ada pembelian F 16 dari negara haram, dihalalkan dibilang beli dari yordania datang ferry flight lewat guam ??
      banyak yang tidak kita ketahui kekuatan sesungguhnya TNI
      Karena itu adalah secret weapon dalam menjaga kedaulatan bangsa ini

      •  

        Typoon, Rafale dan Gripen semua menggunakan design sayap delta. Gambarnya kecil dan susah nebaknya.

        SAAB dan perwakilan pemerintah Swedia penah datang, demikian juga pemerintah UK. Antara typhoon dan Gripen kyknya.

      •  

        maaf bung Satrio kira” apa urgensinya menyembunyikan alutsista seperti pespur.?karna kalau menurut saya disembunyikan bgmn pun pasti tetap akan ketahuan krna negara kita bisa diawasi dgn satelit mata-mata. mau disembunyikan dr rakyat juga pun sy tdk mnemukn alasan yg tepat mngpa hal itu yg harus dilakukan. beda dengan KS yg memang lbh sulit terdeksi oleh satelit mata-mata

      •  

        @Bung Fadil
        menurut anda sendiri bagaimana..

        Yang punya satelit misal US ,rusia
        bagaimana dengan teori konspirasi
        didunia internasional sedang diembargo tetapi masih bisa jual dengan perantara negara sekutu,,
        bagaimana bila ketauan negara kawasan misal menjaga perasaan negara tetangga dan tidak menimbulkan arm race
        Bagimana bila US sendiri menghianati sekutu dekatnya macam singapura dan aushie karna ada deal tersendiri dengan Indonesia dengan imbalan pengolahan SDA,

        Demikian juga modus nya kerjasama dengan china,rusia dan Inggris,
        mereka pasti punya deal deal rahasia dengan kita sehingga mau menggelontorkan alustsista terbaiknya

        dan Inodnesia cerdik memainkam bargaining ke nonblock an nya
        politik susah diprediksi

      •  

        Ikutan nebak om… air intake ada di samping dan canard ada di ujung atas air intake dgn posisi sejajar dgn horizon. Di luar itu, kita sama2 tahu pabrikan pesawat mana yg secara terang2an, secara gamblang, eksplisit tanpa malu2 dan tanpa tedeng aling2 berani menantang Sukhoi series.

      •  

        bagaimana dengan
        teori konspirasi
        didunia
        internasional
        sedang diembargo
        tetapi masih bisa
        jual dengan
        perantara negara
        sekutu
        ————–
        Bisa jadi… mungkin itu sebabnya mengapa pesawat2 buatan amrik tetap bisa terbang walaupun ada embargo bahkan bisa melakukan ujicoba penembakan dgn rudal maverick. Jual ke Indonesia memang dilarang, tapi “jual” ke Thailand tidak dilarang (kemudian Thai menjualnya lagi ke Indonesia).

      •  

        jf17 sulfur kayanya hahhahaa…

      •  

        @ arta…

        silahkan pilih…mau tunggu kfx hinga thn 2030-2040 untuk pesawat gen 4++ dan KATANYA BISA GEN 5 DENGAN HARGA YANG TINGGI DAN BERESIKO DI EMBARGO..?
        ATAU PILIH INI…!!! YANG BISA DI PRODUKSI DI INDONESIA THN 2016 …he he he
        2016.5/d..2018.. bro….indonesia punya pesawat generasi 5
        HARGA MURAH ..TAMPA BERESIKO DI EMBARGO
        DAN PESAWAT GENERASI 5…!!!!! stealth ,radar aesa.dengan rudal jarak jauh 350-400 km…mengalahkan brahmos dengan fakfanya..

        http://2.bp.blogspot.com/-70S6Njsxqqk/TzYrtjVT4tI/AAAAAAAAA14/Kk0Aqcq-VYU/s400/159_8109_5cbb9aa691ed911.jpg

      •  

        hmm…ini bukan jepretan tukang soto yang mangkal di luar lanud?

        kalau keduanya akan mendarat IMHO si delta akan berada pada ketinggian yang lebih tinggi dari Su.

        sebaliknya jika baru saja take-off, posisinya keduanya kira2 sudah pas…

      •  

        Klo Kfir ga sesuai karena ga ada canard di sisi intake…mirip2 mirage…

      •  

        bus baru ex china untuk busway 2 minggu udah karatan hingga ke mesin

        jf-17 pasti lebih lama, 1-2 tahun ? 😀

    •  

      ini sumber asalnya dari mana ya? saya liat di tempat lain juga terlihat sama2 copas-an saja. ada yang tertinggal dikit:

      ARMY:
      1. PZH2000 SELF PROPELLED GUN 155MM : 88-O, POSSIBLY EXTENSION UP TO 130 UNITS
      2. LEPOARD 2 RI: 350-O (UPGRADE PACKAGE INSTALLED ON DEUTSCHES HEER SURPLUS OF 2A6)
      3. MARDER 1A3; 140-O
      4. AH-64D/E: APACHE LONGBOW/GUARDIAN: 40-O.
      5. CAESAR SELF PROPELLED GUN 155 MM: 160-O
      6. ASTROSS II: 48-O
      7. UH-60 BLACKHAWK: 40-O (EX US ARMY RESERVE UNITS)
      8. S-300PMU2 / SA-20 GARGOYLE: 36-O (BATTERIES, COMPRISED OF 5 TELAR VEHICLES, 1 C&C VEHICLE, 3 RADARS AND SENSORS VEHICLES, 4 RELOAD/RESUPPLY VEHICLE).
      9. HQ-16 SAM SYSTEMS: 74-O (DETAILS TO BE CONFIRMED).
      10. STARSTREAK VSHORAD: 220-O
      11. SS-N-27 SIZZLER/YAKHONT COASTAL DEFENSE PLATFORM: 60-O
      12. KH-78/79 FIELD ARTILLERY SYSTEMS: 360-O.
      13. RAIL BASED STRATEGIC WEAPONS SYSTEMS: 24-O

  24.  

    Udah nggak usah ditanggepin, keliatan banget bedanya udah kayak bumi sama langit.

    check this …

    Singaporean Army

    http://www.youtube.com/watch?v=R0nW_M0YlaQ

    Nyang ini nih TNI

    http://www.youtube.com/watch?v=Lorqfcd6vH4

    Bisa bedain kan kawan-kawan?
    anggap aja singaporn itu ibarat anak kecil yang lagi ngambek, nanti kalo udah kena batunya juga ngerengek-rengek lagi ke kita 😀

  25.  

    betul bung@satrio, kalo saya boleh menambahkan ini terjadi di mulai dari Ambalat oleh malaysia,imigran gelap oleh Australia,pembakaran perahu oleh PNG, dan sekrng Protes Harum Usman oleh Singapura, kalou di liat semuanya seperti “memancing” agar Indonesia melakukan konfrontasi militer terhadap mereka dan kebetulan beberapa nya anggota persemakmuran inggris raya, yang di takutkan ialah jika Indonesia melakukan reaksi berupa tindakan militer hal ini justru di inginkan oleh negaranegara tersebut, dan akibatnya bisa di tebak,kemungkinan yg terjadi: 1. Embargo militer dari dunia internasional kepada RI, sementara kita sedang giat giatnya belanja militer pemenuhan MEF , sehingga barang belanja yg sudah dipesen sebut aja produk barat seperti, F 16 hibah, Apache,Fregat Ragam Class, bisa bisa di pending/embargo dan ga di kirim, padahal kita sudah bayar misal nya, ke 2. jika perang terjadi jelas Indonesia akan di keroyok oleh Singapura dari batam,Malaysia dari sabah serawak, australia dari NTT kupang dan Irian oleh PNG ikut ikutan.ditambah kutukan internasional lewat PBB yang akan menjatuhkan sangsi.akibatnya hancur semua cita cita bangsa ini. jadi bener tuh yg bung@satrio bilang..sabar dan tenang, jgn mudah di provokasi.tetap tenang dalam berfikir.

    thanks

  26.  

    silent is gold …suatu saat nanti mata mereka akan terbuka..kalau Indonesia tidak butuh Jiran yang bernama Singapura itu..apa mereka g sadar kalau pesawat mereka take off aja pakai ruang Wilayah Indonesia (Batam), Gas impor dari Indonesia, Turis dari Indonesia. Rumah Sakit mereka isinya orang Indonesia. apartmen2 yang Isi orang Indonesia. Pasir Dari Indonesia sekarang sudah di larang. memangnya pahlawan Indonesia kalau di lihat sisi negara Belanda juga berbeda. toh Indonesia ga pernah permaslahkan. Dukung TNI untuk jadi yang besar dan kuat. bukan kecil tapi kuat.

  27.  

    Memang senang kalau memulakan perang, tapi kesan dan mengakhiri perang itu yg susah. ngak perlu tunggu MEF segala kalau mau serang singapore, png dan australia. skrng juga bisa dgn kekuatan yg ada. TAPI harus di ingat. mau ngak terima risiko nya? siapa yg memulakan perang duluan atau menyerang negara lain pasti akan rugi.. Ini yg cuba di hindari oleh indonesia, jgn terpancing dgn provokasi mereka. mereka mau indonesia mulakan serangan duluan, ini akan memberi kelebihan kepada mereka. sudah tentu bantuan dari sekutu mereka seperti Amerika dan lainx2.

    Sekatan ekonomi akan dikenakan. ini yg akan membuat hidup rakyat indonesia menderita, harga BBM naik dan Epiji aja sudah demo sana sini. embargo senjata dari negarax2 pengeluar dan sebagainya. China belum tentu akan bantu kerana mereka ini terkenal dgn solusi diplomatik dan hubungan ekonomi. mereka lebih suka business dari peperangan. India pasti akan berkecuali atau tunduk dengan kemahuan Amerika, Russia sama dengan china hanya akan cari solusi diplomatik atau dagangan senjata. Sekutu kuat russia seperti syria yg sudah hancur ini pun russia hanya bantu dengan senjata. tidak menghantar tentera.

    Kesan peperangan yg tinggalkan membuat indonesia kembali ke zaman silam seperti perang dunia ke 2. hidup rakyat menderita. pepecahan disana sini yg akan membuatkan mereka keluar dari kesatuan republik indonesia dan menuntut untuk mendirikan negara sendiri. Jadi gunakan solusi yg baik dalam menghadapi provokasi mereka. gunakan akal fikiran sehat bukan dgn kehendak nafsu yg akan membuat banyak kerugian dari kebaikan.

    •  

      Encik, Indonesia tak akan perang kecuali diserang lebih dulu. Indonesia dapat memutuskan hubungan bilateral dengan negara mana pun yang Indonesia mahu. Indonesia boleh melarang Australia memakai jalur laut Indonesia, kalau Indonesia mahu. begitu pula dengan Singapura, kita boleh putuskan hubungan bilateral dengan Singapura, kalau Indonesia mahu. Indonesia tak perlukan negara lain untuk bertahan hidup.

      Hanya 1 yang Indonesia perlukan untuk bertahan hidup di zaman merbahaya ini, teknologi modern untuk meningkatkan kualitas hidup rakyat dan defence sector.

    •  

      setuju pak cik….efek ekonomi jauh lebih terasa dibandinhbefek perang yg cuma fisik
      lanjut pak cik.ditunggu komen2nya

    •  

      bang @Boku, Indonesia tidak punya fakta pertahanan dengan Russia atau China atau negara manapun. Jika perang, kami perang sendiri ga nunggu nunggu tentara Russia 🙂 yang kami inginkan adalah dukungan maksimal dari pemerintah bagi TNI untuk menghadapi ancaman dari luar yang terus meningkat di sekeliling.

      tidak ada yang ingin perang, tapi perang adalah jalan akhir jika situasi memburuk tanpa solusi politik.

  28.  

    singaporn jangan macam2, saat ini sdh stan by di sigaporn ribuan personil yang siap menjadi “usman-harun”2 lain !!!

  29.  

    Kita bikin tambah kesel lagi aja Singapur, gak cuma satu kapal kita namain Usman Harun. Kasih nama Usman Harun 1, Usman Harun 2 dst.. dst..

  30.  

    indonesia harus mengembangkan meriam dengan didalamnya terdapat rudal. dimana rudal akan aktif setelah ditembakan meriam. meriam ini ditempatkan di sepanjang perbatasan dg kaliber besar seukuran roket lapan. seperti pemanah pasukan kerajaan menghujani ratusan roket bakal menghancurkan sebuah negara.
    sejarah perang jerman vs inggris dimana jerman mengebom kota inggris dari daratan eropa. terus maju pemuda-pemudi indonesia.

  31.  

    HANTAM KIRI KANAN PERSETAN…

    http://www.youtube.com/watch?v=mpYbq_3musg

  32.  

    Woyyy….Upil, tahun 1973 bapak negaramu sudah pernah menabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata di pusara Usman dan Harun. Kasus menyangkut itu sudah selesai di tahun itu. Contohlah itu Belanda, Korvet Sigma yang dibeli dari sana diberi nama KRI Diponegoro yang dulu melawan penjajah Belanda juga tidak marah mereka, dewasalah Upil…

  33.  

    Jakarta ? Perdana Menteri sekaligus Menteri Pertahanan Timor Leste Xanana Gusmao menyatakan pihaknya terbuka bagi kehadiran armada Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China di wilayahnya.

    ”Saya ditanya hal yang sama saat berada di Australia. Kami terbuka dan sebagai negara kecil tentu menyambut baik pihak-pihak yang bersahabat,” kata Xanana di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin (10/2).

    Xanana sebelumnya ditanya soal kesiapan Timor Leste membuka pangkalan bagi armada China atau fasilitas logistik dan perbaikan kapal bagi armada China yang sedang membangun kekuatan lintas benua.

    Xanana menjawab, Asia Pasifik adalah wilayah yang luas dan mampu menampung niat positif dari semua pihak yang berkepentingan. Namun, tidak dijelaskan di mana fasilitas bagi angkatan laut asing tersebut akan disiapkan di Timor Leste.

    Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro saat ditanya mengenai izin bagi armada China melintasi perairan Indonesia menuju ke timur (Timor Leste) menjelaskan, sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki tiga Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) yang dapat dilintasi armada mana saja, termasuk Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA).

    Selama ini, Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) dan AL Australia (Royal Australian Navy) juga biasa melintas secara damai di perairan Indonesia. US Navy juga memiliki fasilitas perbekalan dan perbaikan di Singapura untuk elemen Armada Ketujuh yang beroperasi di kawasan Asia Pasifik.

    Selain itu, US Navy juga memiliki fasilitas di Guam dan pangkalan Marinir di Darwin, Australia.

    Seperti diberitakan sebelumnya, AL PLA sudah mengoperasikan kapal induk perdananya dan sedang membangun beberapa kapal induk lagi untuk mewujudkan armada lintas samudra (blue water navy). Pemerintah China juga diketahui membantu pembangunan infrastruktur kompleks Kementerian Pertahanan Timor Leste.

    Sebaliknya, Timor Leste memiliki hubungan baik dengan negara-negara Lusofoni (pemakai bahasa Portugis), termasuk dengan Daerah Administrasi Khusus Makau yang kini sudah kembali menjadi wilayah China di sebelah barat Hongkong.

    Terbuka untuk semua

    Xanana mengingatkan media tentang pesan yang disampaikan Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton saat berkunjung ke Dili tahun 2012 yang menyatakan, Asia Pasifik terbuka untuk semua pihak dan bisa mengembangkan potensi ekonomi, pariwisata, dan lain-lain, termasuk kerja sama militer.

    Ditanya tentang kerja sama intelijen dengan Indonesia mengingat Timor Leste dan Indonesia mengalami hubungan kurang baik dengan Australia, Xanana mengingatkan agar media massa tidak mencampuradukkan persoalan yang dihadapi Timor Leste dengan hubungan Indonesia dan Australia.

    Dalam kunjungan ke Jakarta, dicapai sejumlah kesepakatan bidang latihan dan pendidikan bagi personel militer Timor Leste hingga rencana pembelian persenjataan dari Indonesia untuk Kementerian Pertahanan Timor Leste.

    Timor Leste berbagi perbatasan darat dengan Provinsi Nusa Tenggara Timur dan perbatasan laut dengan Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Provinsi Maluku. (Ong)

    Kompas

    oz, silakan dilihat nanti perkembangan kawasan yang mulai menghangat dengan kehadiran plan dihalaman anda

  34.  

    Aneh, Indonesia impor minyak dari singoedan,.. yang bener aja.!?

  35.  

    makanya saatnya NKRI punya batrei S300/400 biar biza unjuk gigi, dari pada d rendahin ama negara upil

    •  

      tepat sekali, idealnya dikutip kalimat dari laporan Met Office ini (The Recent Storms and Floods in the UK – February 2014) sebagai pengantar 2 link di atas:

      There is no evidence to counter the BASIC PREMISE that a warmer world will lead to more intense daily and hourly heavy rain events.

  36.  

    Rusia Tak Akan Biarkan Indonesia
    Dikeroyok Sekutu Singapura
    Duta besar
    Rusia untuk
    Indonesia
    Mikhail
    Yurievich
    Galuzin
    kepada TVRI
    saat ditemui
    di kantor
    kedutaannya
    di Jakarta mengatakan, Indonesia itu adalah
    negara sahabat kami, sahabat yang telah lama
    menjalin hubungan baik. Tahun 2013 lalu adalah
    puncak keakraban Indonesia-Rusia, Indonesia
    membeli berbagai senjata dan peralatan dari
    Rusia, pesawat tempur, rudal, dan beberapa
    senjata perang lainnya yang tidak dipublikasikan
    dan Rusia menghargai itu.
    Terkait hubungan yang memanas antara
    Indonesia dan Singapura, Mikhail mengatakan:
    “Rusia akan terus mengikuti perkembangannya.
    Hal terburuk jika akhirnya terjadi perang antara
    Singapura dan Indonesia, Rusia tidak akan
    khawatir sama sekali, sebab Singapura hanya
    melihat senjata milik TNI yang dipublikasikan
    sementara tidak mengetahui senjata TNI yang
    menjadi bagian rahasia operasi. Tapi Rusia tau
    betul kekuatan Indonesia saat ini, Indonesia
    bukan tandingan Singapura.” Namun ia
    menegaskan, jika terjadi penyerangan bersama
    sekutu (AS, Ingrris, Malaysia, PNG, dan
    Australia) tanpa diminta maka Rusia tau apa
    yang harus dilakukan untuk sahabat kami
    Indonesia, ini sikap resmi pemerintah Rusia.
    Dia melanjutkan: “Jika Indonesia menghadapi
    sebuah persekutuan maka Rusia adalah sahabat
    Indonesia yang akan melakukan tugas sebagai
    sahabat baik yang tidak akan membiarkan
    sahabat nya diserang dalam sebuah
    ketidakadilan, Indonesia adalah sahabat kami
    yang tempatnya lebih tinggi dari sebuah sekutu.
    Dan tentu kami akan melakukan hal yang lebih
    dari apa yang kami lakukan terhadap sekutu
    kami, melindungi dan membantu sahabat adalah
    idiologi kami (Rusia).”
    (TVRI LIVE dialog wartawan Endang Susanti di
    kantor Kedubes Rusia)

  37.  

    top secret
    —————–
    tanam lahan ganja di sepanjang areal perbatasan
    lihat arah angin…!
    lalu bakar lahan ganja di sumatra dan perbatasan di kalimantan
    pada mabok itu malaysia dan singapure.
    pasukan malaysia dan singapure jadi beler.
    xixixi