Jul 212014
 
The Joint Direct Attack Munition (JDAM) is a guidance kit developed by Boeing which converts an unguided bomb into an accurately-guided and all-weather "smart" munition that can be launched 15 nautical miles from its target.

Joint Direct Attack Munition (JDAM) adalah alat yang dibuat oleh Boeing yang mampu mengkonversi bom manual menjadi bom pintar (accurately-guided and all-weather “smart” munition) yang dapat diluncurkan 15 nautical miles dari target yang disasar

Washington – Departemen Luar Negeri AS berniat menyetujui penjualan kit Joint Direct Attack Munition (JDAM) dan peralatan terkait kepada Singapura. Penjualan ini juga meliputi: suku cadang, pelatihan dan dukungan logistik dengan perkiraan biaya USD 63 juta. Agen Kerjasma Keamanan Pertahanan AS, DSCA telah mengirimkan sertifikasi yang dibutuhkan dengan memberi tahu Kongres AS, untuk kemungkinan penjualan di awal bulan Juli 2014.

Pemerintah Singapura telah mengajukan pembelian 913 unit Kit Joint Direct Attack Munition (JDAM) KMU-556B/B untuk bom Mk-84 2000, 100 unit fuse KPH-152A/B dan 300 set Precision Laser Guidance DSU-40. Juga termasuk kontainer, trailer amunisi, peralatan pendukung, suku cadang dan perbaikan, alat uji, publikasi – dokumentasi teknis, pelatihan personil dan peralatan pelatihan, Tenaga ahli dan dukungan teknis, serta unsur-unsur terkait lainnya dari dukungan logistik. Perkiraan biaya sebesar USD 63 juta.

Penjualan ini akan berkontribusi terhadap sasaran kebijakan luar negeri maupun arah keamanan strategis nasional AS, dengan mendukung Singapura sebagai salah satu partner regional dalam mencegah terrorisme dan kekuatan penting bagi stabilitas politik serta perkembangan ekonomi di Asia Tenggara.

Singapura menginginkan perangkat ini, servis dan peralatan untuk mendukung simpanan senjata udara ke darat dan untuk memfasilitasi pelatihannya di luar negeri. Penjualan ini akan memungkinkan Angkatan Udara Singapura menjalankan misi yang dapat berkontribusi pada operasi gabungan (koalisi) serta memenuhi kebutuhan pertahanan nasional.

Singapura menyelenggarakan banyak latihan CONUS F-15SG berlokasi di Mountain Home AFB, Amerika Serikat. Sebagian dari amunisi ini, untuk digunakan di fasilitas pelatihan CONUS dan memungkinkan pilot Singapura (RSAF) praktik menggunakan amunisi berpandu GPS yang akan memperkuat kemampuan perang mereka. Singapura seharusnya tidak kesulitan menyerap tambahan amunisi ini ke dalam Angkatan bersenjata mereka.

Usulan penjualan dari amunisi dan fasilitas pendukungnya, tidak akan mempengaruhi keseimbangan militer di kawasan.

Kontraktor pengadaan akan dipegang Boeing Defense, Space and Security dari St. Louis, Missouri. Implementasi dari usulan ini tidak membutuhkan penugasan dari pihak mana pun di pemerintahan AS maupun perwakilan kontraktor ke Singapura.

Usulan penjualan ini juga tidak berpengaruh terhadap kesiapan pertahanan AS, sebagai hasil dari penjualan. Catatan potensial pembelian ini dibutuhkan oleh hukum dan bukan berarti penjualan telah dilakukan.(DSCA).

  78 Responses to “Angkatan Udara Singapura Beli Kit JDAM”

  1. Mulai panas…..!!!

    • Iya ne si Upil ne slalu pengin dan mrasa Paling jaguh di Kawasan.padhl saat ne sj si upil untk Pespurnya sj sudh gahar.dengan total 24 F 15 SG,60 F 16 BLOK 52+,50 F-5 S/T atw Tiger 2.ne jg masih di lengkapi dengn Pesawat AEW&
      C jenis E-2 C Hwakeye sebnyk 4
      unit.Gulfstrem G 550 jg dengn
      jumlh 4 unit.ne mrupkn kekuatn
      Udara yg luar biasa bila di liht dr
      luas wilayahnya.blm lg
      armament yg di gotong mrupkn
      Rudal2 tercanggih.msh mrasa
      kurng jg tambh lg JDAM untk
      menambh kemampuan misil air
      to groundnya sebnyk 913 unit.
      memang ne Upil Negara
      Paranoid sm ky sodaranya di
      timteng.dan si upilne tdk mau
      tersaingi oleh tetangganya
      trutama Indonesia.di saat kita
      mendpt F 16 Upgrade setara
      Blok 52 sebnyk 24.si Upil
      langsung upgrade 60 F 16nya
      dengn Radar AESA terbaru.di saat kita akn kedatangn MBT LEO RI.Si Upil langsung pesan Tank merkava mk4.tp kira2 antidot apa ya untk menghadapi Air to Ground berbasis JDAM ne seandainya ada invasi dr si upil.
      Kira2 pengmbangan Roket R-han gimana ya?!apakh bs nanti Roket R-han di buat Sistm Pertahanan Udara?di antaranya untk memburu air to ground JDAM ne.Untk Roket R-han di ganti Rudal R-han beserta kendaraan pengangktnya yg di
      buat oleh Pindad & Dahana
      sedang untk radar dan pemandunya di buat oleh PT.LEN.Pasti bisa!

  2. setelah menyimak baru absen…

  3. Mau hancurin Johor atau Batam ya? Hehehe..!

  4. tambah panasss…

  5. Lomba senjata dikawasan hotspot makin meningkat. Semoga pemerintah yg baru bs support TNI!

  6. absen dulu sbelum buka puasa…..

  7. Berarti PT,Dahana hrs lebih meningkatkan kepintaran bom P 100.. IMHO

  8. Hmmm.. arm races nih.. padahal kita sudah low profile…

    • Gak guna…kan sy dah bilang ingat sejarah US Navy dan Japan Imperial Navy dulu 😀

      Ke utara tonjolkan otot kita…cm itu bahasa yg mereka mengerti…ke selatan hrs lebih bijak,maklum nilainya lebih bagi sekutunya…tonjolkan otak kita…main dua muka kan lebih baik dari satu…. :mrgreen:

  9. Sudah kelihatan triknya.indonesia harus mencotoh rusia,negara tunggal tapi di hormati karna kemajuan alutsistanya.rusia sekutu sedikit namun sangat di hormati.apakah indonesia bisa seperti itu?jdi bagaimana jika perkembangan alutsista indonesia seperti itu.SDA dan SDM satu/satu akan mutlak di tangan indonesia.dan kita akan menjadi penengah penyeimbang barat maupun timur.

  10. kalau indonesia belanja alutsista, pasti negara kawasan koar koar kayak ayam mau berteluk……….terutama singapura. bulsyit

  11. ralat: kalau indonesia belanja alutsista, pasti negara kawasan koar koar kayak ayam mau bertelur……….terutama singapura.

  12. yup benul (benarbetul) sekali bung, para militan kita juga harus belajar ke hamas u israelnya Asia klo marah pasti mambhung sadis juga mereka. tni khususnya harus meratakan dulu sebelum teman2 nya membantu. kan jadi repot jika yang satu ini berulah disaat bersamaan menangkis dari luar.

  13. atut? tentu tidak tenang dah ad anti maboknya

  14. Saya kecewa dg kerja pemerintah.seharusnya indonesia sudah maju makmur namun itu hanya lagu.seharusnya indonesia sekarang sudah menjadi negara power tapi kenyataannya 0 besar.saya kecewa bung.maaf hanya ocehan rakyat jelata.

  15. Kita kalem aja, semua itu sudah ada antidotnya…. mari rapatkan barisan dan yang utama tetap jaga persatuan dan kesatuan. Hidup NKRI.

  16. Apakah ada diantara petinggi militer kita yg berpikir dan bs merealisasikan strategi penghancuran singapura dalam 1x serangan? Misalnya bombardir dari batam/sumatra dengan artileri/roket/rudal dengan kepastian sekali serang lumpuh total. Terserahlah brpa rudal atau roket yg dbutuhkan, seribu, duaribu atau brpa ribu yg dbutuhkan untuk mlumpuhkan singapura, walaupun fasilitas bawah tanahnya tdk terjangkau semua. Intinya jgn mmbiarkan mereka mnyerang dluan dgn kekuatan udaranya. Krn qt bisa habis dgn kkuatan saat ini. Jakarta bisa dijangkau dan dihabiskan dlm skejap melihat perlindungan udara jarak mnengah-jauh kita tdk punya. Jgn meremehkan singapura

    • Bisa bung jika petinggi kita mau belajar dan bekerja keras.

    • jika dihancurkan pulaunya , mereka masih bisa survive di tempat lain…..
      Lebih baik Indonesia bantu Thailand untuk mewujudkan Terusan Thailand dan di saat yang sama membuat pelabuhan besar di Aceh, dengan demikian kepongahan mereka akan segera teredam seiring dengan kemerosotan ekonomi.

    • indonesia punya senjata yg paling ditakti ma malay n sngparna, coba kita
      bakar aja lahan gambut yg ada di sumatra dijamin upil pasti ilang dari google map. . hehe

    • Maaf bung bm, kepentingannya apa tiba2 kita ingin menghancurkan singapura? Kalaupun kita ada perselisihan dengan mereka kan ada saluran2 yg dapat di pergunakan dahulu secara damai seperti diforum asean, belum saatnya dan sy pikir tdk perlu kita menjadi negara agresor seperti amerika bisa2 malah kita yg dibuat bulan2 sekutu… jika memang perang tidak dapat dihindari, toh doktrin TNI kita saat ini sudah sangat jelas yaitu pre-emtive strike dengan segala kelebihan alutsista kita yg sudah berulang kali dibabar disini oleh para sesepuh dan sy sangat yakin pemikiran anda sudah ada di benak para petinggi TNI kita. Salam

      • bener bung, sebenernya perang sendiri bukan solusi yang baik jika TERPAKSA… Kita adalah negara cinta damai, jika kita terancam baru kita hadapi.. bukan jika ada POTENSI ancaman kita hancurkan dahulu ancaman itu .. ada kalanya kita tidak bisa langsung memutuskan sesuatu yang menurut kita dapat menghapus sekaligus masalah itu.. msh ada pertimbangan lain

  17. Nyimak

  18. bukannya kita juga beli nie barang…..
    BTW berapa unitkah?….

  19. Hanya lah cara ekonomi untuk melawan keponghan singapur,, dukung thailand dengan terusan lautnya. Dan kita bangun pelabuhan bertaraf internasional yg luas dan modern di batam, aceh dan sumut. Supaya pajak dan pendapatan bongkar muat kapal mengalir ke kas negara kita,, maka sedikit singapur akan tau diri bahwa dia sangt membutuhkan indonesia. Semoga pondasi yg sudah di buat oleh bapa SBY mampu di lanjutkan oleh pemerintahan yg akan datang,, hidup SBY jaya NKRI.

    • giliran thailand kuat ekonomi dan militernya, mereka akan ngece juga sama kita

    • Halah… perlu lihat peta dulu tu kra kanal letaknya jauh di atas Indonesia. Kalau jadi jelas jelas aceh, sumut, batam juga ga akan dilewati kapal. Paling ngga sekarang batam masih dipakai oleh kapal-kapal yg di Singapura untuk “budget” terminal dan servicingnya.

  20. Dari pasir sampai uranium indonesia punya, tapi pimpinan kita tidak punya mental untuk memakmurkan indonesia, yang mereka pikirkan cuma keluarga dan golongan mereka sendiri, biar waktu yg menilai bagaimana kualitas mental pemimpin baru indonesia hasil pemilu 2014

  21. Jika ini tak di tanggapi dg kritis dg kemajuan alutsista indonesia.maka indonesia akan menjadi bulan2nan si upil.bom pintar itu akan dg mudah menghancurkan kri kita pesawat kita bahkan pasukan kita dalam mobilisasi.dan dg mudah memasuki jendela pasutri indonesia hehe.jayalah
    Nkri

  22. Er

  23. waspada perlu tapi gak usah pinginan. tetangga beli ini kita pingin.tetangga beli itu kita pingin…saya sih percaya sama tni dengan segala alusista dan kemampuanya menjaga bumi pertiwi ini….gak usah takut sama singapor dengan senjatanya tapi takutlah sama ular dan tukang jegal kemandirian negeri ini

    • kenapa msh kepingin klo udah dikasih ( already approved ) tinggal tggu deliverynya aja. kecuali utk BLU-107/B, utk nyang ini kecil kemungkinan di approved…… :mrgreen: …..he,he,he

      • @Pak Erich : berarti secara halus apa yang singaporn mau beli/punya,kita udah punya dluan ya? bahkan sudah ada penangkalnya,bukan begitu Pak?hehehe

        • @ bung NJ, bukan punya duluan kang, tapi klo dimari mau jg dikasih koq walaupun gak sejor-joran klo ngasih ke si upil. lagian pan dimari masih ada om putin. ke deketan ma om putin, sesuatu nyang kaga dimiliki ma si upil…..kira2 bgtu maaf klo ngawur……..he,he,he

          • siap Pak Erich hehehe kirain sudah punya dluan,soalnya teringat ttg f16 kita itu loh hehehe diam diam menghanyutkan dan mematikan dibanding upil hehe

      • tuuh..kann…

      • Om Erich..gmna kbrnya Merignac.? Kpan mulai bertugas Kamling dimari.?

        Trs yg di Lutfhwaffe progressnya gmna Om.?

  24. Affirmative 😈

  25. panic room…

  26. wong TNI sdh bisa melakukan pre-emtive strike kog. gak perlu kuatir lah sm si singa.

  27. kenapa bahasannya sering memamerkan kemajuan alutsista negara tetangga..?

  28. Singapore membeli sesuatunyg sangat “gahar” …..ada apa?

    Apa yg ditakutkan?

    Kepanikan menunjukkan bahwa dia dikelilingi oleh suatu yg sangat menakutkan…..
    Sebahaya itu kah para tetangganya?

    Apa mereka sadar ya kalau mereka tidak punya salah satu elemen yg menjadi kekuatan pertahanan negara mereka…..

    Yah….LUAS WILAYAH lah yg jadi persoalan…..
    Sampai kapanpun….kayak tak akan pernah berubah jadi banteng walaupun katak itusangat beracun sekalipun……

  29. jujur saya jg ikutan panik hehe
    klo menurut saya,amerika lg dagang senjata..berharap indonesia merespon dan amerika siap jd pemasoknya..brgkali

  30. Tenang bro! barangnya om putin lebih gahar!meskipun kita bukan sekutu tetapi situasi sekarang meskipun itu brg baru keluar dari penggorengan ama asu dikasih asal sewajarnya!syarat dan ketentuan berlaku!

  31. Buat apaaan si upil nimbun senjata sebanyak itu, senjata sebanyak ituh butuh perawatan secara kontinyu, sedangkan tentaranya sedikit. Kalau ga terawat tuh senjata bisa meledak dinegri sendiri. Hadeh si upil sok jaguh kepret aja .ngadepin siupil ga perlu senjata canggih kita dah punya anti dotnya yaitu asap dari kebakaran hutan. Heheheh dasar upil

  32. Pearl harbour bung ……

  33. semoga waktu di taruh di gudang meledak semua

  34. tenang aja singapur akan berpikir ribuan kali untuk memulai perang, senjata2 canggih mereka cuma sebagai pertahanan bukan untuk invasi. aktivitas ekonomi singapur akan terganggu atau bahkan terhenti, ga ada turis ,ga ada yg berobat, belanja dan dana asing yg ditaruh disana akan ditarik ga ada jaminan pertahanan mereka ga kebobolan.
    perang itu mahal. contoh asu yg ekonominya sangat besar ternyata perang berlarut membuat keuangan mereka terkuras.
    militer singapur belum teruji jadi ga usah panik

 Leave a Reply