Mar 062018
 

Sistem Laser Anti-Rudal bertenaga nuklir buatan Rusia. © Youtube/Russian MoD

JakartaGreater.com – Selama berpidato di Majelis Federal Rusia, Presiden Vladimir Putin mengejutkan banyak pengamat pada saat mengatakan tentang kemajuan Rusia dalam persenjataan laser “bukanlah sebuah konsep atau rencana belaka”, dan bahwa tentara telah dilengkapi dengan laser tempur, seperti dilansir dari laman Sputnik News.

Tetapi apa sebenarnya senjata ini? Analis militer veteran Viktor Murakhovsky mungkin punya jawaban untuk pertanyaan tersebut.

“Kemungkinan besar, sistem ini memecahkan masalah pertahanan udara dan tugas pertahanan rudal. Penggunaan sinar laser jauh lebih ekonomis daripada penggunaan senjata anti-rudal standar. Pada saat bersamaan, akurasinya juga jauh lebih besar”, jelas Murakhovsky, pemimpin redaksi Arsenal of the Fatherland.

Murakhovsky mencatat bahwa dia tak dapat mengesampingkan bahwa sumber energi untuk pulsa laser mungkin berasal dari pembangkit listrik tenaga nuklir portabel.

Alexander Khramchikhin, Direktur Institut Analisis Politik dan Militer yang berbasis di Moskow, mengemukakan bahwa berdasarkan tren global saat ini, laser tempur baru Rusia kemungkinan besar dirancang untuk pertahanan udara jarak dekat, dan secara khusus menghancurkan pesawat udara tak berawak serta rudal jelajah.

Menurut Khramchikhin, bahwa “laser strategis itu tidak ada – hukum fisika sama sekali tidak mengizinkannya”.

Pada tanggal 1 Maret yang lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengungkapkan bahwa Rusia telah mencapai kemajuan yang signifikan dalam senjata laser, dan bahwa “sistem laser tempur” mulai dikirimkan pada militer tahun lalu.

Ucapan Putin tersebut ditandai lewat sebuah video yang memamerkan platform laser yang dipasang pada truk berat, yang nama dan tujuannya tetap dirahasiakan.

“Saya tidak ingin mengungkapkan rincian lebih jauh, belum waktunya. Tapi para ahli akan mengerti bahwa dengan persenjataan semacam itu, kapasitas pertahanan Rusia kini telah berlipat ganda”, tambah Putin.

Selain laser tempur, Presiden Putin juga memamerkan serangkaian senjata terobosan baru lainnya, termasuk rudal balistik antar-benua Sarmat, rudal strategis hipersonik Avangard, platform kendaraan tak berawak bawah laut, dan masih banyak lagi.

Anggota parlemen yang berasal dari Krimea, Natalya Poklonskaya mengusulkan untuk mengerahkan sistem laser tersebut di Krimea, dan juga platform drone ke Sevastopol, untuk memperingati sejarah penyatuan kembali daratan Rusia pada tahun 2014.

Dalam berita terkait, pekan lalu, seorang sumber informasi mengatakan kepada media Rusia bahwa para insinyur telah berhasil menyelesaikan pekerjaan pada senjata laser udara yang mampu menembak satelit.

Berikut adalah sistem persenjataan terbaru militer Rusia

Sistem rudal strategis Sarmat

  • rudal balistik antar benua berat
  • sebuah senjata nuklir jarak jauh
  • booster tahap pendek
  • menembus perisai rudal dan udara
  • jangkauan penerbangan tak terbatas

Sistem rudal udara Kinzhal (Dagger)

  • kecepatan rudal diatas 10 mach
  • sangat bermanuver
  • menembus perisai rudal dan udara
  • membawa hulu ledak nuklir dan konvensional

Sistem rudal strategis dengan hulu ledak hipersonik Avangard

  • kecepatan hipersonik
  • terbang di atmosfer rendah dengan jangkauan antar-benua
  • sangat bermanuver
  • menembus perisai rudal dan udara

Rudal jelajah bertenaga nuklir berjarak tanpa batas

  • kemampuan terbang rendah dan tak terdeteksi
  • bertenaga nuklir
  • jangkauan penerbangan tak terbatas
  • menembus perisai rudal dan udara
  • jalur penerbangan tak bisa diprediksi

Sistem drone bawah laut bertenaga nuklir

  • jangkauan tak terbatas
  • rendah suara
  • sangat bermanuver
  • membawa hulu ledak nuklir dan konvensional
  • unik dan berukuran kecil
  • rasio tenaga dan berat yang sangat tinggi

Sistem laser tempur

  • rahasia

  46 Responses to “Sistem Laser Anti-Misil Tenaga Nuklir Tak Hanya Konsep”

  1.  

    Jangan debat lagi masalah GPS yaaaaa

    •  

      Kenapa bung, apa karena bumi itu rata ya?he3.out of topic. Kira2 RI bs gak memiliki senjata laser jg?

      •  

        Kita baru sebatas untuk keper;uan medis, pengukuran dan survey.
        Untuk militer belum ada, bahkan teknologi ini sangat ketat proteksi teknologi dari negara maju.
        yg menarik adalah penelitian antidot laser juga berkembang pesat. Yang paling umum adalah memakai konsep bahwa LAser adalah cahaya dan bisa dibelokkan/dipantulkan.

        •  

          Membelokkan cahaya laser untuk aplikasi militer jelas sangatlah susah. Butuh medium dg kerapatan jenis yg berbeda agar mampu dibelokkan. Cara lainnya adalah dg membuat atau menembakkan Medan magnet yg sangat kuat untuk membelokkan cahaya laser yg ada.

          •  

            Halah, sebenarnya sistem dengan laser sudah banyak digunakan… termasuk dalam industri dimana untuk memotong logam atau plastik bisa menggunakan laser hanya saja terbatas sampai ketebalan terbatas paling hanya sampai 20mm untuk plastik dan 10mm untuk steel…
            Untuk ciri kas yang menjadi momok bagi sistem ini adalah tidak boleh barang yang dipotong memiliki permukaan dengan jenis permukaan berkualitas mirror, seperti stainless steel ada yang permukaanya bertype miror alias bisa buat ngaca dan itu pantangan karena justru akan merusak alat itu sendiri…
            Saya masih sependapat dengan bung SP… tidak perlu sebuah konstruksi rumit untuk menggunakan barang yang memiliki kualitas miror itu sudah cukup mampu membelokan atau bahkan membalikan sinar laser…

          •  

            Tapi, apakah benda yg permukaannya bertype mirror masih bisa membelokkan cahaya laser yg diperkuat??

          •  

            Laser itu prinsip utamanya seperti sinar… sehingga sesuatu yang bisa memantulkan cahaya dengan mudah menjadi momok serius… Walaupun inti dari laser mirip dengan pemotongan dengan plasma yang mengandalkan panas, tetapi ada sepersekian waktu yang tetap memungkinkan sinar balik yang bisa menjadi senjata makan tuan…

          •  

            Emangnya ente pernah nyoba? Kok serasa paham banget

            😎

          •  

            bung Boomerang…
            Pengalaman saya, kalau saya mau motongin plat pakai jasa mesin laser, mereka nolak kalau permukaanya miror bung… dan mereka minta mesti areanya tidak boleh yang memiliki sifat seperti cermin karena merusak mesinya…

          •  

            Kapan-kapan huha dikasi trening motong plat stenlis pake laser dong bung yuli, tapi sampeyan lihatnya cukup dari kejauhan aja…pasti bakalan viral

          •  

            pernah dengar “fiber laser” bung Agato?

          •  

            Apa apaan sih bawa nama gue, pakai traning segala, sudah bosan hidup didarat silahkan ke pohon, jgn lupa bawa pisang

            Hahhaahaaa

          •  

            kekekeke……si huha ga bisa di training,,,takutnya nanti dia kena setrum (electrocute)……tapi lucu(cute) juga loh kalo dia kena seterum,,,,rambutnya bisa berdiri kaya si dono……xixixi

          •  

            Hihhihiii, beda tipis loe ama hari s

            Hahhaahaaaa

  2.  

    sebagai bagian dari proses evolusi manusia.. senjata laser tinggal menunggu waktu akan terwujud. Dari zaman manusia memakai batu sebagai senjata, lanjut logam berbentuk panah dan pedang, kemudian timah berbentuk pelor/peluru untuk menghabisi lawannya. Dan sekarang ada laser yg mampu melumpuhkan benda dari jarak jauh.

  3.  

    Mantap !

  4.  

    Bila ingin melihat sampai dimana perkembangan tehnologi laser…sebaiknya jerman yang menjadi tolak ukurnya….!!!
    Tehnologi laser memang telat untuk dikembangkan walau sudah lama ditemukan….tapi belakangan mulai lagi digalakkan…seperti negara jerman yang memulainya dengan penelitian dan pengembangan laser…walau memang tidak dikhususkan untuk militer semata…tapi cukup terdepan dalam pencapaianya…!!!

  5.  

    semua hanya teori dan konsep………kalau laser bisa menembus awan dan menghancurkan objek dibalik awan baru lah dipakai itu laser,,,,tapi kalau tidak,,,,ya baiknya beralih ke yg lainnya……

    misal seperti gauss atau railgun,,,,,,plasma dan ion juga cukup menggiurkan.

    •  

      Menurut saya teori dan konsep para ahli jauh lebih baik dan mungkin bisa terlaksana….ketimbang obrolan kosong dalam kenyataan yang tekadang lebih banyak hayalan tanpa ada landasan…..!!!

      •  

        Karna pada dasarnya awan adalah uap air…maka ada kemungkinan bisa dirembus dengan cahaya yang mengandung muatan panas….satu contoh sirkulasi awan kehujan…..!!!

        •  

          Maksud loe energi laser berdasarkan dari energi listrik yg besar, gitu yaa

          Hahhaahaaaa

          •  

            Kalau di Indonesia, laser itu di pakai dokter untuk sunatan masal….cepat dan praktis, katanya yg pernah di sunat pake laser.

          •  

            Kamu engak nungol dimari tak kira masih pussyng mikirin matahari bisa menyala walau egak ada yang mengesek gesek haa…?!?!?!
            Yaa secara teori kian besar daya yang dipasok makan kian kuat…baik jarak maupun daya hancurnya…!!!

          •  

            Eaaallahhh, loe bawa lg tema matahari, apakah menurut loe ada kejanggalan dari reaksi proses matahari?

            Hahhaahaaaa

          •  

            Laser yg dipakai kedoktoran itu jenis apa, karna lasernya ini banyak jenisnya, sperti cahaya lampu laser, orang bilang itu laser, seperti pemotong baja, orang bilang laser, blm lg yg dilihat wi diatas tiang dipinggir jalan, bilangnya cahaya laser

            Hahhaahaaaa

          •  

            Gue nanya eloe engak nungol kemana…apa masih kepikiran matahari…bukan ngebahasnya kali…!!!!

          •  

            Haa…itu tergantung peruntukan dan kegunaan…sama seperti tehnologi lainya…bisa untuk bidamg kesehatan dalam kedokteran dalam membantu oprasi(bedah)bisa juga untuk menghancurkan batu ginjal…
            Dalam bidang tehnik menjadi alat potong logam….dalam masalah ketebalan pemotongan biasanya memang dibatasi…karna memang bembutuhkan daya yang besar juga untuk keamanan…karna peruntukan sipil tehnologi memang dibatasi…!!!

          •  

            @huha

            Hooh…orang batuk juga minum laser

      •  

        walah cak,,,, siapa yg protes sama ahli, saya bilang sebaiknya proyek laser tidak usah dilanjutkan, masih ada rail/coil gun dan gauss.

        utk saat ini peluru menggunakan material lebih baik ketimbang yg menggunakan energi.

  6.  

    Bung fajr…kebetulan saya belum ketemu jaman itu waktu sunat….jaman saya masih pake sembilu(bilah bambu)yang rada mewah waktu itu pake kreta express…jadi tuu burung dipasang diREL kereta sambil nunggu kereta lewat,,,makan bekakak ayam(ayam panggang)jadi rada mewah laa tuu sunat…!!!

  7.  

    Amerika tambah puciiiing neh

    Huehuehue….. 😎