Sistem Penargetan Baru, Gandakan Jangkauan Sistem Pertahanan Udara Pantsir

10
18
Sistem Pertahanan Udara Pantsir-S (Foto: Sergei Bobylev)

TULA – Peningkatan Pantsir-SM mengkombinasikan sistem rudal permukaan-ke-udara dan senjata artileri anti-pesawat, dilengkapi dengan sistem penargetan multifungsi, akan dapat menghancurkan target hingga 40 km jauhnya, kata Alexander Khomyakov, kepala desainer di Biro Desain Instrumen KBP yang ada di Tula kepada TASS Defense.

“Pengembangan dari sistem penargetan multi-fungsi baru yang menggabungkan radar AESA mampu menggandakan jangkauan efektif Pantsir ini”, kata Khomyakov.

Menurutnya, bahwa jangkauan tembak sistem Pantsir-S1 saat ini adalah sekitar 20 km, sedangkan generasi berikutnya, Pantsir-SM dapat mencapai target hingga 40 km jauhnya.

“Sistem pertahanan udara Pantsir baru akan dapat mengidentifikasi target pada jarak 75 km, sementara pada model sebelumnya hanya 40 km”, kata Khomyakov.

Komponen dari sistem pertahanan udara baru yang dikembangkan tersebut saat ini sedang dalam tahap pengujian. Namun Khomyakov tidak mengatakan kapan sistem tersebut memasuki layanan.

Pada bulan Agustus 2016 lalu Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa Pantsir-SM akan segera memasuki operasional.  Menurut laporan sebelumnya, sistem baru tersebut akan dipersenjatai dengan rudal berkecepatan lebih tinggi dari rudal yang digunakan saat ini. Selain versi darat, ada laporan bahwa saat ini sedang berlangsung pengerjaan versi Angkatan Laut dan Arctic.

JakartaGreater

10 COMMENTS

LEAVE A REPLY