Jul 162017
 

Dana sebesar $ 2,5 miliar akhirnya dikeluarkan untuk membeli sistem pertahanan rudal paling canggih Rusia S-400, dengan syarat Moskow setuju untuk mentransfer teknologinya juga, ujar seorang pejabat Turki.

“Untuk Turki, aspek kunci dari kesepakatan adalah transfer teknologi atau know-how. Kesepakatan Rusia untuk mengizinkan dua dari baterai S-400 yang akan diproduksi di Turki akan memenuhi tujuan itu,” kata pejabat yang tidak disebutkan namanya kepada Bloomberg, 13/7/2017.

Berdasarkan kesepakatan tersebut, Rusia akan mengirim dua sistem S-400 ke Turki tahun depan dan kemudian membantu negara Turki untuk memproduksi dua baterai lagi di dalam negeri.

Jika benar, kesepakatan itu akan menjadi tamparan bagi NATO. Aliansi militer pimpinan AS telah berusaha mencegah Turki -sebagai anggota strategis- dari menjalin hubungan dekat dengan Rusia.

Namun, dorongan ke Rusia tampaknya merupakan akibat langsung dari rasa frustrasi Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, yang semakin kesal dengan Barat dan khususnya Amerika.

Ankara telah kecewa dengan kurangnya perhatian Washington terhadap tuntutannya untuk mengekstradisi tokoh oposisi utama Fethullah Gulen, yang oleh Turki dituduh melakukan kudeta tahun lalu yang gagal di negara tersebut.

Pemerintah Turki mengatakan bahwa pihaknya memiliki “85 kotak bukti nyata” yang membuktikan bahwa Gulen berada di balik upaya kudeta pada 15 Juli tahun lalu, yang menewaskan sekitar 250 orang dan melukai lebih dari 2.100 orang.

S-400 (Vitaly V. Kuzmin)

Erdogan juga kecewa dengan dukungan AS untuk beberapa kelompok Kurdi di Irak dan Suriah, yang dianggapnya merupakan ancaman bagi keamanan nasional negara Turki.

Washington juga pada tahun 2015 telah menarik sistem rudal permukaan-ke-udara Patriot-nya dari perbatasan Turki dengan Suriah.

Sebelum beralih ke Rusia, militer Turki mengeluarkan kontrak senilai 3,4 miliar dolar untuk sistem serupa dari China yang mendapatkan tekanan dari AS.

Baik S-400 maupun FD200 China, kompatibel dengan sistem militer NATO lainnya, namun tidak terikat oleh instruksi NATO yang mencegah Turki menempatkan senjata semacam itu di perbatasan Armenia, pantai Aegean atau perbatasan Yunani.

Menurut pejabat tersebut, S-400 Turki tidak akan dilengkapi dengan sistem identifikasi teman atau musuh, yang memungkinkan mereka digunakan melawan semua target tanpa ada batasan.

Dirancang untuk mendeteksi, melacak dan menghancurkan pesawat terbang, pesawat tak berawak atau rudal sejauh 250 mil jauhnya, sistem pertahanan rudal S-400 sejauh ini hanya dijual ke China dan India, dilansir globalsecurity.org, 14/7/2017.

  40 Responses to “Sistem Pertahanan Rudal S-400 Akhirnya Dibeli”

  1. tebakan sayah dibawah pasti ada komen ” kita kapan ?” xixixi
    bung jim,kira2 apa ajah yang di downgrade nih barang ?

  2. keren..perisai udara 400km,Ri baru manpads swedia short range..kapan naik kelas .

    • Kan indonesia udah akusisi Nasams 2 bung.. Xixixixixixixi

      • Belum Deal Pak… Itu Yg Di Foto Masih Sebatas Brosur Promosi Dari Konsberg Dan Tender Masih Berjalan…

        • Kau jualan jangan mahal-mahal lah Jim.

          Masak per divisi seharga USD 400 juta, mahal amat itu.

          Kalau kau kasih harga murah untuk S400 ini USD 5 juta per divisi spek lengkap berikut missile lengkap dan radar dan TOT 100%, pasti diambil borong banyak puluhan divisi sama RI.

          USD 5 juta per divisi spek lengkap dan TOT 100% mau ya Jim ?

          Entar gue kagak lagi bilang alutsista krupuk lagi kalau kau jual ini dengan harga yg kutawar.

          Masakah sama bangsa sendiri kau jual ini mahal-mahal.

          Tega amat kau ni.

          • Hadeuh 400Jt USD (8 Peluncur&112 Rudal) Itu Udah Tergolong Harga Paling Murah Di Kelas Long Range SAM Loh Pak… Coba Bandingkan Sama THAAD Atau Patriot…

          • TOT 100%.

            Ngakak ane bacanyaa :v

        • Foto yg mana bung? Yakin belom deal? Xixixixixixixi

          • Yg Itu Loh… Yg Flag Nation Berbagai Negara… Dan Sumber Terpercaya Konfirmasi Bahwa Tender Masih Jalan

  3. Mantap turki….

  4. Kita sudah punya beberapa baterai alkaline

  5. good job turki…s400 nya ga kenal kawan/lawan, walau ada f35, f16 dan pesawat komersil yg terdetect, luncurin aja s400 nya…hihihi….btw indonesia Kapan punya??.xixi

    • strategi cerdas bung, menyatakan posisi turki. jadi gak ada anggota nato, ato sekutu russia yang kebetulan rival turki seperti armenia yang berani macem-macem. asal jangan nembak temen sendiri ya.hehe

  6. Kampretos… judulnya nyebelin sy kira
    Sistem Pertahanan Rudal S-400 Akhirnya Dibeli… Indonesia

  7. Yahilah gua kira indonesia yg beli-_-

  8. Judul headlinenya mancing imajinasi orang…

  9. So, kita tau kan kemana baiknya kita beli S400 dapet ToT juga?? Turki lah jawabannya.

  10. dari TURKI bakal mengalir ke RI..

  11. Bung Diego suka bikin penasaran, dijudulnya “akhirnya dibeli” ….hi.. Hi.. Hi.. Hii…. Kirain…..

    • Kan belum pernah dengar pihak Indonesia tertarik sama S. Padahal untuk sampai pada tahap “akan membeli” itu harus ada kata tertarik, sangat berminat, akan dipertimbangkan, dan seterusnya sampai 10 tahun.. baru kemudian diberitakan “akan membeli”. Lalu nogosiasi butuh waktu 3 tahun. Atau 5 tahun….

      • Pernah Pak … Dulu Indonesia Pernah Tertarik Dan Minta Brosur S-300 Tapi Seperti Biasanya Setelah Kata ‘AKAN,DIKAJI,Dan MINAT’ Terdengar Langsung Gk Terdengar Kabar…

  12. woh rambo banget trucknya kwkwkwk mantappp

  13. Jika melihat prilaku Turki seelama ini… kayaknya akan sangat rawan jika rusia benar2 memberikan ToT pd turki…

  14. Penetup MEF…beli yg sekelas ini…jadi hanya konsen utk beli pertahanan udara..terkuat..

  15. Gw baca judulnya, semangat bener, kirain Indo mau borong nih alat,, Buat redaksi please, judulnya dikasih subjek pembelinya

  16. Beritanya buat kejutan tp ternyata oh ternyata ayam kalkun yg beli bukan garuda!he3

  17. Beritanya buat kejutan tp ternyata oh ternyata ayam kalkun yg beli bukan garuda!he3 RI kapan?

  18. BTW, min.! bisa gak ya auto logoutnya dibuat lebih lama.?

  19. setuju beli ke rusia aja jangan ke cin0, untung kemarin ada tekanan dari barat mencegah beli dari cina

  20. Boro-boro beli S400….beli F35 aja masih GJ (Gak Jelas)

  21. Wkwkwkwkwkwk numpang ketawa aja yaaaa

 Leave a Reply