Nov 302013
 
Disain Sistem Pertahanan Rudal S-500

Disain Sistem Pertahanan Rudal S-500

Lima baterai sistem rudal pertahanan darat-udara S-500 akan melengkapi program modernisasi Angkatan Darat Rusia hingga tahun 2020. Hal ini disampaikan Komandan Aerospace Defense Troops Rusia, Alexander Golovko, 28 November 2013.

S-500 merupakan generasi baru sistem rudal pertahanan udara Rusia yang didisain untuk menyergap rudal balistik antar benua (ICBM), Pertahanan terhadap Airborne Early Warning and Control (AEW&C) dan Jamming pesawat.

Baterai pertama S-500 akan mulai dioperasikan Aerospace Defense Troops Angkatan Darat Rusia pada tahun 2017. Sistem pertahanan udara baru jarak jauh ini, diharapkan menjadi tulang punggung dari sistem pertahanan kedirgantaraan terpadu yang dibangun Rusia.

Jangkauan S-500 dapat ditingkatkan hingga 600 km dan mampu mengunci 10 target sekaligus. Dengan menggunakan rudal baru, sistem S-500 mampu menghancurkan semua jenis ancaman udara pada kecepatan maksimum 7 km/detik diketinggian 200 km.

Militer Rusia mensyaratkan S-500 harus mampu mencegat rudal antar benua (ICBM) serta rudal jelajah hypersonic. Beberapa elemen dari S-500 sudah mulai masuk tahap produksi dan desainer S-500 Almaz-Antey telah melakukan uji coba pertama.

Sistem pertahanan udara S-500 akan dioperasikan secara paralel dengan sistem S-400, yang sebagian besar ditujukan untuk menggantikan sistem rudal pertahanan udara S-300 Rusia.

Selain itu, Rusia juga sedang meningkatkan kemampuan peluru kendali pencegat rudal nukir SH-08 / ABM-3 Gazelle NATO) yang telah dipasang di sekitar Moskow selama lebih dari dua dekade.

Sistem Pertahanan Rudal  SH-08 Gazelle Anti-ballistic missile

Sistem Pertahanan Rudal SH-08 Gazelle Anti-ballistic missile

 SH-08 Gazelle Anti-ballistic missile, berbasis Silo

SH-08 Gazelle Anti-ballistic missile, berbasis Silo

Rusia sedang merancang sistem pertahanan yang lebih luas, untuk di dalam negeri, serta di sejumlah negara bekas Uni Soviet yang diikat dalam Perjanjian Keamanan Kolektif.

Sistem pertahanan nuklir dan non nuklir tersebut sedang dibangun dan dimulai dari Moskow. Rusia pun kini mulai memasang S-300 di negara Belarusia. Para pejabat AS mengatakan pertahanan baru Rusia, efektif terhadap rudal jelajah, pembom, pesawat tempur, rudal balistik jarak menengah dan pendek, serta rudal balistik antarbenua.

Arsitek dari sistem pertahanan terpadu dan luas itu, tidak lain adalah Presiden Rusia, Valdimir Putin, untuk merespon pemasangan perisai pertahanan rudal NATO di Eropa. (armyrecognition.com).

  67 Responses to “Sistem Pertahanan Rudal S-500 Rusia”

  1. Racun! πŸ˜€

    sayang masih out of reach bagi negara peminat alutsista Rusia, S300 saja masih harapan yg belum tentu kesampaian. salut untuk Russia, ini adalah buah R&D puluhan tahun yg akhirnya membuat Russia mampu mengejar -bahkan dalam bidang pertahanan udara- dianggap sudah melampaui USA

  2. S-500…U R My Dream….., minimal S-400 + Pastryl S1 dulu aja buat melindungi NKRI dari tetangga2 munafik kita..

  3. mengagum kan sangat technologi russia seperti tak ada habis nya

  4. S-500 sudah bisa merontokkan stealth fighter & stealth drone blm ya?

    • claimnya sih bisa menghancurkan apapun yang terbang di udara bahkan ketika masih di angkasa (balistik antar benua). melihat kemampuan S300 yang fenomenal saya kira kemampuan S500 yg 2 generasi di atas S300 tidak sepenuhnya bualan saja. pertahanan udara jarak jauh dan rudal balistik adalah domain militer Russia

      • Tapi harus kombinasi dengan S-400 brow, karena S-500 dirancang untuk target tinggi dan jarak sangat jauh….

        • iya bener, Rusia juga mempunyai banyak level pertahanan udara.

          Jika dipikir2 Indonesia tidak butuh S500, yg butuh pertahanan beginian pantasnya negara nuklir yang menghadapi ancaman rudal balistik antar benua. S300 atau HQ9 untuk SAM jarak menengah-jauh akan sudah mencukupi ancaman keamanan udara kita, jarak dekat sudah pake oerlikon

  5. Wuuiihhh…. Cakep nih tapi sangaarr banget….
    Indonesia wajib beli nih buat nakutin tetangga jail… πŸ˜€

  6. di sebuah pinggiran ibu kota jkt…lagi buatt apa ya..bekas pangkalan sekarang lg di renov….30km dr monas..

  7. rusia mmg satu2nya menjadi ancaman serius amerika dan sekutunya(tdk/blm utk china)..
    S300,S400 skrg S500..cakep!
    Lah,indonesia kapan belinya,Apa nunggu teknologi s300 sdh ketinggalan,jd berharap ada tawaran hibah krn rusia ga pakai lg hehe
    pak moeldoko,pak poernomo,pak mahfudz..ayo buruan beli,yg s400 aja yah

  8. kalau menurut saya artikel ini sebenarnya merupakan bentuk pemaksaan secara tidak langsung.. kepada pejabat pemerintahan indonesia untuk memberi rudal pertahanan udara hehehe.. prediksi aj sih πŸ˜€

    tapi bagus bung diego.. kita udah teriak2 MANA PERTAHANAN UDARA KITA..

    moga2 para pemegang keputusan bisa mendengar dan merasakan jeritan kita.. AMIN..

    ayo.. segera beli…

  9. Bung diego artikel ini adl salah satu solusi cerdas, mumpung skrg masih hangat2nya dunia sadap menyadap dan membawa nama Harga Diri dan Kedaulatan Bangsa dan Negara, maka sampe akhir tahun bung diego perbanyakin mengulas artikel alutsista istilah kita “Trio Strong” beserta variannya
    1. Kapal selam produk Rusia.
    2. Rudal pertahanan udara S-300/400
    3. SU-35 bm
    Itu mbak pur juga baru saja teriak2 kita akan beli kapal selam yang banyak untuk menjaga wilayah NKRI yg sedemikian luasnya. Belum lagi klo th 2014 kemhan akan beli satelit pertahanan dan kayaknya disetujui oleh DPR RI.
    Ayoo beli….. insyaallah anggaran untuk mef 2 dan mef 3 cukup koq.
    Insyaallah artikel JKGR semoga menjadi referensi pengambil kebijaksanaan di negeri ini.

  10. S-500 Triumfator/SA-XX-N mungkin belum diexpor oleh Rusia . Namun ada pendahulunya S-300 PMU2 atau PMU3 SA-20 Grumble, atau S-400 Triumf/SA-21 Gargoyle.

    S-400 Triumf/SA-21 Gargoyle ini yang harus dibeli, dengan fokus kemampuan tertentu dalam :
    -Mengalahkan ancaman di ketinggian penerbangan rendah dan sangat rendah;
    -Berurusan dengan pengurangan keseluruhan jejak sasaran yang dihasilkan dari penggunaan teknologi siluman;
    -Berurusan dengan peningkatan jumlah sasaran yang dihasilkan dari penggunaan UAV;
    -Menerapkan segala cara untuk mengalahkan jammers canggih yang digunakan oleh lawan;
    -Bertahan dalam lingkungan di mana PGM (Precision Guided Munition) digunakan secara luas;
    Mengakomodasi lingkungan di mana semakin banyak negara menggelar TBM (tactical ballistic missiles) dan IRBM (intermediate range ballistic missiles).

    Dengan beberapa kemampuan kunci diikuti selama desain proses :
    -Sebuah arsitektur sistem terbuka dengan tingkat tinggi modularitas , dimaksudkan untuk membolehkan followon pertumbuhan kemampuan dalam desain ;
    -Kemampuan multirole dan kapasitas untuk integrasi dengan teknologi IADS yg lebih kuno ;
    -Kesesuaian untuk pertahanan udara dari infrastruktur tetap , serta pertahanan kekuatan yg bermanuver;
    -Kesesuaian untuk integrasi dengan kombatan kapal permukaan laut ;
    -Kemampuan untuk memanfaatkan peluru rudal warisan yg sudah kuno;
    -Mobilitas operasional dan pergelaran yang tinggi;
    -Daya penghamcur dan ketahanan jammer tinggi;

    Varian ekspor dari S – 400 Triumf dimaksudkan untuk menghancurkan pesawat lawan stand- off jammer, pesawat AWACS / AEW & C , pengintaian dan pesawat pengintai bersenjata , pembom strategis bersenjata rudal jelajah, rudal jelajah , rudal balistik taktis , teater dan menengah, dan ancaman atmosfer lainnya , semua dalam lingkungan ECM yg intensif.

    Terdiri dari komposisi empat sistem komponen inti :
    1 . 30K6E sistem manajemen pertempuran , yang terdiri dari 55K6E Posko dan 91N6E
    Big Bird radar akuisisi;
    2 . Sampai dengan enam 98Zh6E Unit Batere , masing-masing terdiri dari 92N6E Grave Stone ” multimode engagement radar ” hingga dua belas 5P85SE2 / 5P85TE2 TELS , setiap TEL dipersenjatai dengan sampai empat 48N6E2/E3 rudal ;
    3 . Sebuah pelengkap dari peluru rudal SAM, yang terdiri dari campuran apa saja dari 48N6E , 48N6E2 dan 48N6E3 ;
    4 . 30Ts6E sistem dukungan logistik , terdiri dari penyimpanan rudal , pengujian dan pemeliharaan
    peralatan .

    Semua komponen sistem yang dibawa oleh self-propelled roda chassis segala medan , dan memiliki
    pasokan listrik otonom , navigasi dan geo – lokasi sistem , komunikasi dan peralatan pendukung . Konverter jaringan listrik utama dapat dipasang untuk operasi situs tetap .

    Jarak rudalnya dari 30 km (9M96E dan 9M96E2) sampai 250 km (48N6E , 48N6E2 dan 48N6E3).
    .

  11. Russia dan China adalah salah satu contoh negara yang tidak berbentuk kepulauan, berbeda dengan Indonesia. Tetapi mereka sudah punya sistem pertahanan udara yang canggih dan terpadu, lha kita yang negaranya berbentuk kepulauan apa harus menggotong, menyberangi sungai / laut rudal STRASTERK dkk ke Papua / Natuna jika sedang memanas. Tentu tidak akan berguna apa – apa karena pesawat musuh sudah tidak ada tinggal kerusakannya saja. Sampai kapan kita sangat sopan pada jiran kita padahal mereka malah buka -bukaan meremehkan, mencaci, dan tidak menghargai kita ?? Saya memohon kepada pihak – pihat yang terkait bukalah mata anda !!!

    • percuma bung…paling jawaban pejabat kita…kondisi politik kawasan kita beda…kita gak lagi dalam kondisi perang…jangan memancing perlombaan senjata…mending ngurusin partai dulu…

      nah ketika tiba-tiba kita berkonflik dengan negara tetangga baru pada mlongo…

  12. Mana nih Berita Tentang Singapura. Tapi Mendingan Jangan Macem2 Deh Sama Singapura, Soal’ nya Singapura Menguasai Perekonomian Indonesia. Kalo Macem2 sama Singapura, Indonesia bakalan Kena Krisis Ekonomi. Lagi Pula Pertahanan Singapura Tercanggih di Kawasan.

    • SIN kalee yang macam2…

    • Investasi terbesar Indonesia datang dari perusahaan2 di Singapura, tapi itu perusahaan2 asing yang berkantor di sana, bukan dari singapura sebagai negara.

      dan melihat anggaran belanja mereka yang nyaris 5% GDP sangat jelas mereka selama ini yg secara konstan merasa terancam. Kelebihan mereka dibatasi oleh keterbatasan wilayah dan potensi ekonomi.

      dengan meningkatnya kekuatan ekonomi dan militer Indonesia maka kekuatan tawar politik terhadap Singapura juga akan semakin besar. itu sebabnya mereka mulai lirik kiri kanan nyari centeng untuk beking, dan sekarang bisa kita saksikan kapal perang US navy berpangkalan di sana πŸ™‚

      • Banyak Lo orang Singapur Pegang Rupiah, Apalagi Ekonomi Indonesia menganut Devisa Bebas. Bisa Di GoYang nih Ekonomi Kita boS, kaya jaman Orba dulu. Apalagi Konglomerat RI saya Lihat Lebih Pro Singapur. ‘Darah Ga Pernah Bohong’.

        • Beneran Loh Mas, orang2 Singapura megang terutama 3 Mata Uang Negara Asean : Malaysia, Vietnam, dan Indonesia

          • Ngapain pegang mata uang asing yang melemah / terdepresiasi? Cari penyakit. Kalau pegang yang terapresiasi/menguat dong.

            Kecuali ambil posisi short Rupiah, baru bener…

        • institusi atau perorangan gan? soalnya saya saja masih pegang $SG dan Dong Vietnam, tapi cuma pecahan kecil total dibawah 100rb rupiah πŸ˜€

          jika institusi buat apa ya? perdagangan antar negara kebanyakan dilakukan dalam USD, kalaupun ada IDR nilainya tidak akan cukup besar untuk bisa mengancam perekonomian. jika perorangan mungkin nilainya jg tidak banyak walau Singapura memang salah satu wisatawan asing utama Indonesia. spekulan mata uang yang menurut saya bisa menghancurkan rupiah, dan di singapura berkumpul para pemain besar. sementara melemahnya IDR saat ini lebih ke kelemahan fundamental ekonomi Indonesia sendiri yg membuat IDR sensitive dgn issue ekonomi US daripada kerjaan spekulan

        • mereka tahu benar, dengan hanya beberapa Milyar, oknum2 itu akan menjadi budak mereka….

        • i feel you gan πŸ™‚
          Indonesia punya SDM dan SDA, daya tawar lemah Indonesia adalah karena salah urus negara, bukan karena tidak bisa tapi karena tidak niat sungguh-sungguh

          Indonesia dgn clean government akan amat kuat dalam semua bidang.

        • masalahnya, sesudah mereka larikan dana ke singapor sana, mereka bikin perusahaan baru… dgn orang2 baru, terus ‘balik’ ekspansi ke indonesia….
          Kalo dikita liyatnya perusahaan singapor, tapi dibalik layar, sebenarnya orang2nya itu2 juga….

  13. Kembali Kemasalah Dana. Yah Harus nya Program Kewirausahaan di Galakkan.

  14. Kelemahan Kita di Banding China salah Satu nya di Bidang Kewirausahaan. Ekonomi Indonesia diKuasai Satu Etnis doang, Padahal Kita Negeri Multi Etnis. Salah Satu nya Salah Soeharto, yang Meng-Anak-Emaskan Pengusaha Satu Etnis untuk menguasai Perekonomian Negara Kita. Sedangkan Yang Lain di Curigain Takut2 Kalo Sampe Kuat Pengusaha Yang Lain itu yang bukan Etnis dari Utara itu, nantinya bisa bikin Revolusi dan Menggulingkan Soeharto. Terutama di Persulit dari Segi Permodalan. Akhir nya Perekonomian Kita di Kuasain Satu Etnis. itulah Salah Satu nya Yang Membuat Garuda agak Sulit Terbang Tinggi Karena di Lilit Naga.

  15. Meskipun di Indonesia ini banyak juga yang Males, Tapi yang Pekerja Keras Juga Banyak. Juga Banyak Yang memiliki Jiwa Wirausaha Selain imigran dari Utara itu.

  16. S500 dgn jangkauan 600km pasti tidak akan murah. China saja masih nego untuk bisa mendapatkan S400, sementara Indonesia malah meng-EsBeYe dalah hal penawan S300 oleh Rosoboroneksport, serba ragu dan lamban bereaksi

    Dengan jangkauan 600km kemungkinan paket S500 termasuk satelit untuk pengindraannya, atau minimal jaringan radar darat yang terpadu. mahal mana ya?

    • Jangkauan 600 km? Untuk radarnya atau rudalnya? Jangkauan radar di permukaan bumi terbatas kepada curvature of the earth, sedangkan jangkauan rudal kepada dimensinya makin besar makin jauh.

      S-500 dioptimalkan untuk anti ICBM/IRBM dari China, jadi nggak cocok untuk kebutuhan kita. Bahkan S-400 pun mungkin kelewat besar dan overkill. Solusi yang cerdas adalah menerima penawaran Rusia mendesain sistem pertahanan udara terintegrasi yang cocok dan pas bagi kebutuhan kita, barangkali semacam model2 akhir dari S-300. Famili S-300 ini adalah modular dan dengan arsitektur terbuka. Kita minta dioptimalkan utuk anti siluman, barangkali kombinasi radar aktif, pasif dan networking. A cost effective solution.

      • kemungkinan daya radarnya gan. iya, 100km up memang sudah kena lengkungan bumi, makanya paket S500 dgn jangkauan 600km mungkin termasuk satelit alias tidak akan murah πŸ™‚ lagipula Russia sudah bilang S500 tidak akan diexport. S400-300 memang the next best thing

        produk pertahanan udara Russia adalah produk yang dirancang dengan mempertimbangkan kondisi georafis negara yg sangat luas dan kemampuan militer Russia sendiri yg terbatas dari segi jumlah manpower untuk meng-covernya, memang sangat cocok dan sesuai diterapkan pada kondisi tantangan Indonesia.
        untuk S300 di TNI halangannya mungkin politik luar negeri daripada fungsi πŸ™

      • Saya sepakat dengan komentar ini… s400 aja buat wilayah indonesia sepertinya kebesaran, apalagi s500…

        Kalau saya sepakat, indonesia cukup beli seri2 terakhir s300 yg sdikit dtingkatkan kΓ¨mampuannya, syukur2 kita juga bisa mengkombinasikannya dg pantsyrl dan buk e… dan semua itu harus di integrasikan..dan di sebar dg tepat.

        Saran saya, khusus wilayah udara/pertahanan udara, indonesia harus jelas kiblatnya… biar terintegrasi persenjataannya.. jangan fanatik sama idiom ‘bebas aktif’. Bebas aktif itu dlm hal politik, bukan dlm hal negara memenuhi kebutuhan pertahanannya… dulu soekarno gitu kaan… bebas aktif dlm politik tp tidak dlm soal kedaulatan negara..

  17. ga perlu terlalu menyalahkan pak harto,hrs kita akui era soeharto indonesia begitu dihormati/disegani khususnya dikawasan asia,bahkan rakyat malaysia bagitu mangagumi dan menghormati beliau,mahathir dan lew kuan yew sangat menghormati beliau sbg seorang presiden dan jg sbg seorang sahabat,indonesia hampir tdk ada permasalahan dgn tetangga selama kepemimpinan pak harto,,
    Pada dasarnya semua pemimpin bangsa ini baik,jika terdapat kekurangan adalah hal yg lumrah,krn presiden sama seperti manusia pd umumnya yg tak luput dr kesalahan

    • Omongan lu sara melulu. Cina loe ejek, melayu loe hina..
      mohon maaf, kita disini untuk menyatukan visi dan misi, menyatukan yang berbeda, bukan memecah yang udah satu,
      bukan ke arah sara yang ujungnya tidak jelas…

      • Gua ga setuju Soeharto Bpk pembangunan dan disegani. Apa kita disegani dengan hutang yang menumpuk, nampaknya aja dibangun tapi bermodal hutang. itu sama aja dengan Kita ngapelin cewek pakai mobil tapi pakai mobil orang. Malu tau…..

    • Gua Kurang Setuju Bro. Jadi Utang Indonsia siapa yang Buat?

  18. sayang suharto warisan utangnya kebangetan trus lengser di saat negara nyaris bangkrut

    • coba dilihat (bisa gogling) besar mana hutang luar negeri jaman soeharto dan sekarang..
      bung diego juga pernah membuat artikel tentang hutang luar negeri sekarang,

      KEPIMPINAN suatu pemerintahan bisa dikatakan BERHASIL bila setelah lengser Indonesia semakin jaya atau penerusnya bisa melanjutkan Indonesia tumbuh,
      Kalau setelah turun makin ribet dan ada huru hara maka itu dikata
      kan tidak berhasil.
      Karena kita butuh Kestabilan dan Istiqomah,dan maka dari itu dibutuhkan masyarakat yang CERDAS

      • menurut saya mas bro, jumlah nominal hutang jaman orba dan sekarang tidak bisa dibandingkan langsung dgn hutang saat ini dan diambil kesimpulan. nilai uang dan kondisinya berbeda

        perumpamaan: hutang 500rb bagi orang yg punya 1jt adalah beban hutang 50%, sementara hutang 100jt bagi orang dgn kekayaan 500jt hanyalah 20%. dan saat ini hutang RI berbanding GDP ada di kisaran 22-23% dari GDP dgn tren terus mengecil selama 10 tahun terakhir dan saat ini merupakan salah satu yg terkecil persentasenya terhadap GDP di antara negara2 ASEAN

    • Utang yang sehat bisa diukur dari prosentase terhadap penghasilan atau asset/harta pengutang (makanya syarat kredit kendaraan adalah slip gaji), bukan dari angka/nominal utang itu sendiri.

      Contoh ekstrim: tukang ojek ngutang sebungkus rokok di warung wajar, tapi kalau pergi ke leasing mau kredit mobil sport dua kursi ya diketawain.

      Prosentase utang RI diukur terhadap penghasilan tahunan antara 2000-2013 adalah seperti grafik
      http://p.twimg.com/Axppi5nCIAEYNC2.png

      Cicilan utang negara yang dianggap sehat adalah 25% dari penghasilan tahunan / GDP, sehingga masih bisa membangun. Jika prosentase cicilan terlalu tinggi, rakyat akan terus membayar pajak, sementara jalanan bukannya bertambah, yang adapun semakin hancur karena anggaran pemeliharaan sangat terbatas sehingga diterapkan prioritas.
      Grafik menunjukkan bahwa utang RI semakin sehat, jika grafik menampilkan juga tahun 1998 (tahun terakhir Orba), pasti kondisinya lebih buruk lagi…

  19. wah,nampaknya pemimpin kita harus sering2,,OL di forum kayak bginian neh..,,biar ngerti apa yang dibutuhkan NKRI…

  20. newyoudont@numpang tanya nih,klo s300,s400 dan sejenisnya apakah peruntukannya mmg khusus buat defense?
    Trus apa saja missile2 darat yg khusus buat menyerang sasaran jarak jauh seperti jarak indonesia-australia?

    • hanya buat defense saja @frans, semuanya adalah pertahanan udara SAM-Surface to Air Missile alias rudal darat ke udara.

      untuk offensive missile banyak sekali jenisnya baik konvensional, kimia atau nuklir. tapi jenis rudal ini sangat ketat pengawasannya di dunia internasional, baik penjualan apalagi ToT. kalo ga salah diatas 300km sudah masuk level yang diawasi MTCR (Missile Technology Control Regime) badan internasional yang mengawasi penyebaran senjata pemusnah masal. itu sebabnya LAPAN adalah badan negara yang sangat strategis bagi Indonesia karena ga akan ada yang ngasih rudal offensive jarak jauh kecuali kongkalikong jalur gelap. Jika hasil pegembangan sendiri dalam negeri tidak akan ada yang protes. Indonesia sendiri -by own will- tidak akan pernah memiliki senjata kimia atau nuklir

      saat ini setau saya yg paling kuat adalah Rudal berhulu ledak nuklir antar benua (ICBM/5.500km Up) Russia dengan code name NATO “Satan”, saat ini Russia sedang mengembangkan ICBM jenis baru yang bahkan akan lebih mempunyai data hancur yg lebih dasyat lagi.

  21. S-500 sudah bisa nembak jatuh satelit belum ya ?

  22. Putin bener2 smngat membawa kembali Rusia sbg Adidaya dunia.
    S-500 plus Future Bomber TU-180, kombinasi maha dahsyat.

  23. Sekedar sharing saja, kalau US diam2 sdg merancang dan mengembangkan senjata meriam canggih yg dirancang utk dpt merontokan rudal, pesawat tempur, kapal laut,MBT bhkn bs menembak jth satelit. Jauh lbh cpt dr rudal trcpt yg prnh ada. Meriam ini mengunakan rel yg dialiri energi elektromagnetik yg dipasok dr pembangkit listrik sbsr 78 MW. Byngkn energi sbsr itu bs mengalirkan listrik utk satu kota. dan dr energi sbsr itu, dikonversi mnjd elektromagnetik utk melontarkan proyekti sbrt belasan kg, dgn kcptn lbh dr 7 kali kcptn suara dan dpt meminimalisir efek lengkungan dr tmbkn proyektil krn kcptn dan kekuatan daya lontarnya, yg terpengaruh gaya gravitasi dr proyektil yg dilontarkan dgn efek ledakan sprt jns peluru saat ini. Sulit utk mengelak jk sdh terkunci dlm sasaran meriam tsb. tp syukurlah kendala trbsr US dlm pengembangan alutsista canggih tsb shngg utk saat ini msh prl penyempurnaan lbh lnjt yaitu wujudnya yg bsr dan brt srt senjata tsb memerlukan energi listrik yg sngt bsr, dan dr bhn metal utk rel proyektil yg kekuatannya msh terbatas dan meleleh jk di uji dlm bbrp kali tembakan, jd blm efesien utk saat ini. Mrk skrg sdg mencari desain yg lbh efisien baik dr bobot dan bsrnya, jg di mslh pasokan energinya. Jika brhsl pryk alutsista meriam rel elektromagnetik tsb pst akn merubah dokrin dlm prngkt prg dan pertempuran yg skrg ini lbh byk mengandalkan persenjataan rudal/misil yg bisa dikecoh dan di jammer. Mnrt pndpt saya sprtnya teknologi meriam rel elektomanetik ini cm bs diantisipasi dgn penemuan tandingan ykn penemuan teknologi meriam laser, agar dpt menandingi kcptn lontaran proyektil meriam rel elektomagnetik. Tiba masanya rudal2 dan misil balistik pensiun, gak berkutik menghadapi kedua alutsista canggih masa dpn tsb. apa yg saya komentari disini bkn hsl imaginasi saya, tp mmg begitulah penemuan alutsista era kedepan yg tdk brp lama lg akn mnjd kenyataan.

  24. indonesia cukup punya perisai manpads udah cukup dan aman,,jadi boleh trtarik dg es es yg lain,,kalao prntah kt msh mentingin saku sendiri dan masih bisa didikte ngr lain ,sulit rasanya memmiliki alutsista canggih

  25. mimpi…… kali ?

  26. iya nich bingung ku ama indonesia, udah di beri kesempatan kerjasama pertahanan masih plinplan, negara mana yang udah rusia percayaain rudal yakhontnya, kan cuman indonesia untuk kawasan asia tenggara sam vietnam, cuman kita yang gak ada sejarah sekutu sama negara barat…..

  27. dikit negara yang rusia percayaain teknologinya bisa dikerjasama, harus indonesia bersyukur tuhhhhh,
    jangan lagi kita tergantung pada negara yang menjajah kita, ingat kasus corby udah bikin harga diri kita turun ……

  28. ya doain aja semoga pak Jokowi-prabowo duet jadi presiden, karna kalau beliau ane yakin pasti militer kita diperbaiki besar besaran

  29. Yang penting peningkatan SDM
    pengolahan SDA yg baik

    baru deh EKONOMI:)..soal senjata mah gampang

  30. Indonesia Hebat…………..rusia hebat…china hebat….iran hebat

  31. Indonesia hebat……….rusia hebat…china hebat…iran hebat. Kabietnya Indonesia HEBAT

  32. KALO DITEMPATIN DI NATUNA…WOW KEREN…

 Leave a Reply