Apr 062014
 
Pembelian Alutsista TNI

Rencana Pembelian Alutsista TNI

Sistem pertahanan udara NASAMS (Norwegian Advanced Surface-to-Air Missile System) merupakan pertahanan udara jarak menengah, buatan Kongsberg Defence Norwegia bersama Raytheon, Amerika Serikat, untuk menangkis ancaman udara jarak medium: pesawat terbang, UAV dan peluru kendali.

Kontrak produksi pertama NASAMS dilakukan tahun 1994 oleh Angkatan Udara Norwegia yang mulai dioperasikan tahun 1995 bersama Bofors L70 gun dan RBS 70 MANPADS. Spanyol memesan 4 sistem NASAMS tahun 2003 untuk Angkatan Darat mereka. Amerika Serikat dan Finlandia juga menggunakan NASAMS.

Sistem Pertahanan Udara Jarak Menengah NASAMS

Sistem Pertahanan Udara Jarak Menengah NASAMS

Sistem penembakan NASAMS terdiri dari satu peleton berjumlah 22 prajurit, dilengkapi: Pusat kendali penembakan, radar 3 dimensi TPQ-36A Raytheon, serta tiga launcher rudal mobile.

NASAMS merupakan kombinasi dari Radar 3D AN/TPQ-36A LASR (Low Altitude Surveillance RADAR) atau AN/MPQ-64 F1 Improved Sentinel 3D X-band dengan rudal AIM-120 AMRAAM active guidance.

Rudal AMRAAM active radar homing artinya external radar guidance tidak lagi diperlukan ketika target yang datang, telah terpindai penjejak internal rudal AMRAAM.

NASAMS-II_Communication_FLO_lg

Sistem ini memberi kesempatan bagi radar untuk terus menerus memindai (scan) udara sambil berbagi beban dengan penjejak internal rudal dalam menghadapi berbagai ancaman.

Integrasi ini dikembangkan oleh Kongsberg melalui sistem BMC4I yang juga disebut FDC Fire Distribution Center. FDC terhubung ke radar TPQ-36A melalui modul “Acquisition Radar and Control System” (ARCS). Selain berfungsi sebagai evaluator ancaman dan weapon assignment, sistem ARCS juga berfungsi melindungi friendly aircraft.

Kelemahan sistem NASAMS adalah jangkauannya hanya 25 km, lebih rendah dari Aster 30 yang mencapai jarak 100 km, bahkan lebih rendah dari SA-11 yang berdaya jangkau 35 km.

Rudal  AMRAAM, AIM-120 pada Sistem Pertahanan Udara NASAMS

Rudal AMRAAM, AIM-120 pada Sistem Pertahanan Udara NASAMS

NASAMS lebih berfungsi sebagai pelapis sistem pertahanan yang luas karena mudah diintegrasikan lewat radio data link. NASAMS yang mobile untuk meng-cover wilayah lembah yang tidak terjangkau dengan baikΒ  oleh radar utama. NASAMS menghadirkan gambar udara real-time yang dapat dibagikan dengan sistem lainnya.

Kelebihan lain dari NASAMS, rudal ini dapat diluncurkan meski radarnya telah dihancurkan musuh karena NASAMSΒ  juga menggunakan external data sources untuk position tracking/ atau mengunci posisi target.

Agustus 2005, Perusahaan Kongsberg Norwegia mendapatkan kontrak untuk Angkatan Udara Norwegia, untuk menyuplai Tactical datalink (Link 16) untuk NASAMS, agar sistem pertahanan ini bisa sepenuhnya diintegrasikan dengan jaringan sistem pertahanan NATO. Upgrdae NASAMS II beroperasi di Angkatan Udara Rusia Juli 2007.

Desember 2006, Angkatan Darat Belanda memesan 6 sistem NASAMS II. Sistem tersebut dikombinasikan dengan radar mobile surveillance EADS TRML-3D yang mulai dikirim tahun 2009.

Amerika Serikat menggunakan NASAMS untuk melindungi wilayah udara di Washington DC, saat pelantikan Presiden AS tahun 2005. NASAMS juga melindungi wilayah udara gedung putih.

NASAMS menjadi salah satu pilihan Indonesia dalam memenuhi sistem pertahanan udara yang modern. Selain NASAMS, Indonesia juga pernah ditawari S-300, BUK-ME dan Pantysr dari Rusia, serta HQ-16 dan variannya dari Tiongkok. Sistem pertahanan udara mana yang akan dipilih ?. (JKGR).

Bagikan Artikel :

  329 Responses to “Sistem Pertahanan Udara NASAMS”

  1. Numpang boleh…

  2. keduax

  3. S300 pastinya…

  4. Ketigax

  5. masih sepuluh besar

  6. sepuluh besar

  7. Coment dliuan y..
    Menurut saya untuk indonesia dgn wilayah yg luas lebih bagus s-300/s-400 (tdk ketinggalan pelindungnya patsir) selain jangkauannya lebih jauh efek deterant lebih besar bagi pesawat musuh.klo seperti diatas cocoknya negara eropa dgn wilayah tdk begitu luas.

  8. Beli aja semua gan, biar pertahanan kita berlapis..

  9. duet trio maut S300,pantsir dan Nasams bole juga…buk buat tambahan,,,

  10. Ketinggalan, nontron metrotv

    • iya bung now bagaimana berkharismanya pak moel apalagi saat mengatakan “saya menaruh hormat pada prajurit saya yang melakukan patroli sepanjang tahun baik di darat, udara dan laut” kemudian disambut dengan tepuk tangan prajuritnya.
      dan beliau juga dengan sangat percaya diri dan mantap mengatakan “kami selalu siap menjaga negara dan rakyat indonesia. saluut untuk pak moeldoko

      • memang membanggakan, pak Mul memposisikan dirinya sebagai ‘ayah’ bagi prajurit. saya rasa itu bagus, karena anak secara alamiah loyal pada orang tua. dalam hal apapun kita tidak harus menjiplak plek cara2 luar. Mudah2an juga nanti dalam pemerintahan pemimpin negara akan memposisikan diri sebagai figure ayah pada rakyatnya

        .. harapan yang terlalu optimistic ya? πŸ˜€ tapi amin, amin, amin

      • # dan kata2 Su 35 beberapa kali terucap oleh pak moel ????

        # Kepingan puzzle lg neh,heheheehhhee

        # SR lg ah

  11. s300 aja. . .biar heboh. . .

  12. HQ-16 aja murah meriah

  13. Ini jadi di bungkus tahun berapa ?

    Minta bocoran

  14. mau apa aja boleh…
    yang penting terealisasi…
    dari dulu kok cuma seperti ini…

  15. salam sama suhu disini

    Setia SR nih,,, TNI pake ini juga ga?

  16. Apabila rusia saja sudah mengoprasikan sistem pertahanan udara NASAMS, kemungkinan besar sistem arhanud ini bisa diintegrasikan dengan s 300 yng telah diadopsi lebih dulu oleh sisarhanud kita, IMHO, CMIIW ah..

  17. Ada apa dengan typhoon ?
    Kenapa gak pilih su-35 aja

    • Itu sudah masuk kelas heavy fighter… Itu mungkin tersendiri, kalau typhoon masuk dalam kelas medium fighter…

      • Iya saya gak setuju tni beli typhoon masa kita kalah sama tetangga udah beli F-35 bahaya bung

        • saya juga gak setuju, kalau ToT saya setuju…
          Jadi ghini bung Azhel, TNI sekarang lagi menyiapkan kebutuhan MEF (Minimum Essential Force), pesawat ada 3 kelas yaitu light, medium dan heavy. Nah Typhhon ini masuk ke dalam medium fighter, sedangkan SU-35 menurut TNI itu masuk dalam heavy fighter. Nah rencana pembelian ini kalau ada dibarengi ToT bagus jadi kita bisa bikin pesawat sendiri. Negara kita punya project yaitu IFX dan LFX, heavy fighter tetap menjadi prioritas bung Azhel, karena melihat eskalasi politik memang pesawat heavy fighter sangat dibutuhkan. Kan kita menganut namanya skala prioritas. semoga membantu

          • LFX itu apa ya bung @Jalo??
            Maaf ni prtanyaan orang awam..

          • Lapan Fighter Experimental. Semacam IFX, didesain oleh Lapan. cmiiw

          • mkasih bung @ghi atas infonya…
            tadi saya coba googling dan ketemu proposalnya, ni program ditujukan untuk mendukung program KFX, tp dari uraianya sih untuk pengembangan pespur gen 5 bukan 4,5. atau emang ni program LAPAN sendiri di luar KFX ya?
            cmiiw juga…

    • Di Metro TV tadi Panglima bilang, seharusnya rencana pembelian seperti SU-35 tetap berjalan, meski pemerintahan akan segera berganti. Program berkesinambungan harus terjaga.

  18. Sedih juga sih kalau kita mengambil NASAMS karena jaraknya pendek, kalau BUK-M2E bisa mencapai 50km dengan kecepatan maksimal 4 mach…. :'(

    • Katanya bang nara, kita sudah oprasiin buk minah bang jalo.. gimana menurut hemat bung jalo sendiri.. terlebih setelah pak Moel memberikan statement dengan begitu percaya diri bahwa kekuatan TNI kita saat ini mampu memberikan jaminan keamanan dan kedaulatan NKRI, tentunya IMO, pak Moel memberikan statement tersebut bukan dengan modal nekat saja atau yg disebut non-physical forces, tp didukung juga physical forces yg mumpuni dalam melaksanakan pengamanan tersebut. Maka oleh karena itu, bertambahlah keyakinan saya apabila kekuatan TNI yang tersirat lebih dari yang tersurat, cmiiw ah bung jalo, maaf cuman pandangan orang awam..

      • Wah kalau ini beneran saya gak tahu bung, mudah2an bener ya… Biar industri strategis dan kantor2 penting bisa dijaga… Amien

      • Bung nara itu suka mencampur adukkan fakta dengan hoax, jadi omongannya tidak bisa 100% dipercaya.

        • Yah boss, minimalnya 60% juga udah Alhamdulillah banget.. heuheu, apalagi Pak Moel sangat percaya diri dengan statementnya… ga mungkin juga kan kalo Pak moel cuman modal nekat ngasih statementnya.. IMHO… cmiiw ah..

        • ente mulai percaya berapa persen ama bung nara ?
          perasaan dulu kagak ada percayanya sama sekali hoax hoex aja masuk angin melulu πŸ˜€
          Tahun depan ente malah jadi suporternya bung nara setelah beberapa hoaxnya terbukti,,,itupun kalau ente kagak ganti nama duluan πŸ˜€
          emang disebelah nama ente siapa sih bung?

          Selamat malam warjager.
          Pola penyebaran informasi itu macam2 jadi orang cerdas saja yang bisa mengunyah sampai matang
          Yang teknologi barat dan tidak terlalu mengguncang kawasan seperti berita diatas bisa dishare tanpa unsur hoax.
          Karena bagi upil dan sonotan mereka akan tenang saja baca berita ini karena mereka beranggapan bosnya akan gampang menyabda embargo bila dipakai untuk melawan FPDA,,tetapi mereka akan mendukung penuh bila untuk melawan China dikonflik LCS.

          Kogabwilhan adalah cerminan cerdasnya pengatur strategi di tubuh kemenhan/TNI
          Empat kogabwilhan anggap saja empat negara sedang dalam lingkup NKRI Ada yang berblok barat dan ada yang berblok timur dan diisi oleh alutsista dari masing masing blok tersebut,
          Misal Kogabwilhan barat dan tengah akan kita isi alutsista dari blok barat dengan potensi ancaman china konflik LCS
          Sedangkan Kogabwilhan Jawa kita isi campuran alutsista dari kedua blok
          Sedangkan Kogabwilhan Timur akan kita isi alutsista dari blok timur yang potensi ancamannya dari sonotan dan blok barat,

          Konfigurasi Kogabwilhan tersebut juga menjawab tentang Logistic nightmare yang selalu dipermasalahkan, karena di kogabwilhan barat dan tengah akan diisi 2-3 jenis pespur dari barat saja ,,sedangkan kogabwilhan Timur malah akan full pepsur dari blok timur saja.
          Hypermarket di Indonesia saja mengurusi ribuan item barang yang dijual kagak logistic nightmare ,,,memang akan lebih mudah menjadi toko khusus menjual dupa dan menyan saja agar tidak logistick nigmare πŸ˜€ tetapi kedepannya apa bisa maju ? yaa dilindas sama hypermarket tersebut
          Sekarang kita memang akan menjadi Etalase pespur dunia tetapi suatau saat kita akan menjadi etalase produk kemandirian bangsa sendiri

          Gado gado pespur harga yang akan dibayar untuk kemarndirian pespur nasional
          Suatu saat nanti pepsur kita akan terpenuhi kebutuhannya oleh produk dalam negeri..sambil tetap mempunyai pepsur heavy fighter yang untuk satuan pemukul dari negara yg sudah mapan teknologinya

          Cara TERBAIK untuk memulai suatu kemandirian itu adalah dengan cara MULAI
          bukannya sekedar wacana dan takut ribet dan rugi didepan.
          terus maunya kapan kalau selalu takut ???
          Anda Takut????
          saya NO

          • saya juga tidak takut bung Satrio kwkakwwka. mantap dah

          • Aduh bang satrio, saya reader baru disini, baru menimba ilmu di jkgr sebulan kebelakang, boro2 eksis di ruang sebelah, yang mas satrio maksud ruang sebelah pun saya ora mudheng.. mohon maaf bila ada salah2 kata dari saya..
            JKGR bagi saya adalah oasis yg telah saya cari2 selama ini untuk mengobati dahaga curiosty saya selama ini, dan terima kasih kepada sesepuh dengan artikel2nya yg telah memberikan ilmu baru buat saya, sehingga saya bisa share dengan anak didik sya tentang perkembangan situasi NKRI sebagai stimulan untuk menumbuhkan the will of nationalism yg mulai agak pudar pada diri generasi muda kita.. maaf juga saya sampaikan kepada warjager yg lain apabila ada salah2 kata..

          • bung ucav tulisan bung satrio itu buka ditujukan ke anda tapi ke si bravo yang suka hoax hoex kayak orang muntah kesedak becak

          • @Bung Satrio “Mengunyah”
            Hmmm saya jadi teringat dg Oda Nobunaga ketika menjelaskan rencananya kepada sang paman Oda Nobumitsu. Meski mereka hanya berdua Oda Nobunaga tidak menjelaskan rencananya dengan bahasa yang vulgar tp menggunakan Clue.
            Nobunaga: “Paman, tolong cicipi kata-kata saya”.
            Nobumitsu: “Apa imbalan untuk mencicipi”
            Nobunaga: “Dua wilayah diselatan menjadi milik anda”
            Bung Satrio, orang cerdas tidak perlu mengunyah untuk memahami informasi tp cukup mencicipi. IMHO

          • Waduh berarti saya yg kurang konek nih, mohon maaf bung satrio, maklum abis begadang jadi agak lelet prosesornya.. jadi malu diriku..

          • Setuju om, tentang Kogabwilhan dan alutsista TNI, sebetulnya saya ingin menulis komentar seperti itu ketika ada yang bertanya tentang rencana belanja TNI.. Karena menurut penerawangan ghaib saya, memang seperti itu adanya.. tapi saya tidak bisa merangkai kata sebagaimana om Satrio. Sekali lagi setuju saya om..

          • @ Bung Satrio, sy tidak meng-imply bahwa sy sudah mulai percaya sm bualannya bung Nara lho. Sy cuma bilang bahwa sebagian yang dia sampaikan memang fakta tapi sebagian lagi memang murni 100% HOAX dan dia mencampur adukkan keduanya. Terserah kalau sampeyan mau percaya hoax-nya dia spt kita sedang mengembangkan ICBM, kita sudah punya dan ditawari TOT S-300, kita diberikan TOT J-10B dan sedang membuat prototype-nya. Tapi sy tidak akan tergoda oleh “bisikan makhluk ghaib” yang tidak masuk akal dan tanpa bukti sama sekali.

          • @Bravo
            Anda tidak perlu komentar dgn nada yg menyinggung klo tdk percaya dgn seseorang!
            Apa anda merasa lbih baik dari bung nara?
            Klo iya tunjukkan dgn attitude berdiskusi yg sopan, dewasa, cerdas, dan bijak…..
            Masalah percaya atau tdk serahkan kepada warjager….

          • @bung bravo, sy ingin memberi anda ilustrasi. Kalo misalnya 2 th yg lalu ada berita Indonesia mau beli s-300 maka orang akan merasa spt mimpi di siang bolong. Mustahil. Terlalu mewah. Tp bila skrg ada isyu Indonesia hendak beli s-300, maka seorang pesimispun akan bilang its more likely, its possible, cukup masuk akal bla.bla.bla. Pergeseran pandangan itu yg penting. Hanya saja pergeseran pandangan anda msh pendek, mungkin cm sebatas penggantian F5 dg F16 blok 52. Masalahnya ada orang lain krn info yg dimiliki mengalami pergeseran pandangan jauh melampaui anda. Kita cm diminta menghargai perbedaan pandangan. Itu saja. Imho.

          • @ bung openmind, perlu diingat bahwa saya tidak menafikan bahwa kita sekarang BISA membeli sistem hanud S-300, sy cuma tidak percaya kita SUDAH punya dan bahkan dengan entengnya ditawari TOT oleh Rusia, kalau informasi tsb hanya berdasarkan KATANYA bung Nara saja tanpa bukti yang konkrit. Bahkan sekutu-sekutu, teman-teman dekatnya Rusia, atau pelanggan-pelanggan setia alutsistanya mereka spt Iran, Syria, China, atau India TIDAK PERNAH ditawari TOT sistem senjata strategis seperti S-300. Tidak ada makan siang gratis dalam konstelasi geopolitik.

            Saya blm ngomongin soal pengembangan ICBM dan TOT serta pembuatan prototipe J-10 B yang katanya akan diselipkan pada pengiriman F-16 hasil refurbsih dari AS lho ya. Utter nonsense.

            @ bung Redemption, dalam diskusi publik tidak ada istilah orang yg lebih baik tidak boleh disanggah oleh orang yang tidak lebih baik. Jadi kalau ada orang yang lebih baik, maka dia bebas dong ya menyebarkan berita bohong atau bahasa kerennya hoax? Btw, bagi sampeyan siapa sih bung Nara itu? Orang suci atau guru besar yang omongannya selalu benar dan tidak boleh disanggah? Cepat sekali kl begitu pengkultusan di warjag ini. Anda tau track record dia di forum lain (baca: Topix)?

          • Bung Bravo
            anda sepertinya anti banget sama bung nara :mrgreen:
            Kenapa dengan Topix apa itu forumnya setan ? tidak semua thread jelek
            kebetulan saya hanya aktif di satu thread disana,dan banyak belajar mengunyah dan mencerna,

            Saya yang awam akan sangat berterimakasih bila seperti anda bung Ed yang suka menyerang secara personil disini berdebat masalah pengetauan militer melawan bung nara
            Sehingga saya yang awam bisa tau harus percaya kepada siapa,
            Anda bisa memilih temanya mau ngomong radar ,jerohan pespur ,atau taktik militer silahkan semoga bung nara juga mau menanggapi acara Debat sehat

            karena ini forum militer ya coba diadu pengetahuan militer,
            Kalau saya sih orang awam jadi pasti kalah dengan anda kalau debat teknik militer,
            gimana mau menerima tantangan ini,??
            nanti biar bung Now mengemail tentang tantangan debat kepada bung nara ,,,,hitung hitung belajar demokrasi dan sesuai tema pemilu
            hehehehe

          • @ bung satrio, ente mo jadi promotor battle rap kang?…..he,he,he

          • Iya bung erick da lama gak denger batle rap macam bung RIB dan sarkem
            kangen juga ama mereka hehehe
            Bdw emang siapa ya “pemegang record medio 90an, saat joki dimari ngalahin sang instruktur dlm waktu gak nyampe 2 minggu dari pertama kali dia menginjakan kaki di colorado spring ”
            ente ndiri apa bung eris.H
            hehehehe

          • @ bung satrio, nyang jelas klo ane cuman tukang ketoprak bung nyang evading maneuvernya klo pas locked ma satpol pp……he,he,he

          • Kalau ente EH yg ane maksut berarti gurunya si Sharky yang lulusan terbaik JFWIC
            Waduh lupa ane kan punya daftar absen yg berkunjung ke ruskie ama tukang jam ,,,gua pantengin lagi ahh ditaruh dilaci mana ya lupa πŸ˜€

            Lavedure kagak nongol nongol lagi kang hehehe

          • biar makin penasaran, salah sendiri knp gak percaya klo beneran tukang ketoprak……rtb dulu ah…..he,he,he

          • @ Bung Redemption, saya cuma punya satu pertanyaan: kenapa ketika saya menyanggah maka harus menyertakan bukti yang otentik tetapi justru si penyebar hoax dengan pernyataan-pernyataannya yang tidak masuk akal tidak harus menyertakan bukti-bukti apapun? Bukannya terbalik ya, justru pihak yang pertama kali menyebarkan berita bohong yang harusnya diwajibkan menyertakan bukti-bukti otentik untuk membuktikan klaim-klaimnya!

          • Bung satrio, bravo, redemption.. sudah.. sudah.. ga usah ribut2 bagi saya yg mau percaya silahkan.. dan yg tidak percaya silahkan gausah berlebih2an menanggapi, dsni kan forum utk kita berdiskusi dan saling tukar pikiran jd gausalah pke debat kusir gini… hrs’y sebagai warga negara kesatuan RI saling bahu membahu memberikan kontribusi yg terbaik buat kemajuan indonesia begitupun di warjag ini kita jg hrs bahu membahu untuk membuat forum ini lbh berbobot dan sharing ilmu sesuai dgn spesifikasi’y di bidang masing2.. jd jgn merasa pling pintar ataupun sebagai’y..

          • Bung Bravo mau nanya nih, emang untungnya Bung Nar berbohong disini apa? beliau hanya ingin menunjukan klue-klue alutsista yang selama ini pembeliannya enggak dipublish kok. daftar list A1 yang kemarin juga merupakan daftar pengajuan alutsista dari matra user kepada Mabes dan Kemenhan sesuai dengan potensi ancaman negara kita kedepannya. dan itu sebagian sudah deal dengan kesepakatan dan sebagian juga masih digodok. justru mindset anda sendiri yang selama ini taunya TNI kita lemah, enggak ada biaya buat beli alutsista, anggaran kurang, dll sesuai dengan semua pemberitaan media resmi kita selama ini. iya toh ? jadi saat mendengar TNI beli alutsista gahar macam itu anda jadi ‘Hoax-hoex” muntah :D, wajar deh kalo mindset anda jadi seperti itu.

            padahal dibalik semua pemberitaan itu ada strategi khusus lho untuk menyembunyikan kekuatan sebenarnya dari TNI kita. apakah Bung Nar harus memberikan bukti-bukti berupa foto-foto, dokumen pengadaan dan pembelian alutsista strategis itu? maunya anda seperti itu kan? biar tidak dianggap hoax. hehehe… kalo mau anda seperti itu ngimpi bung, itu menyangkut dokumen rahasia negara. :mrgreen:

          • lho? πŸ˜€ kita gak janjian lho ya …

            bisa bareng πŸ™„

          • siang Bung Satrio,
            ini kok ada nama saya terseret di sini ya?
            Satrio says:
            April 8, 2014 at 12:08 am
            …Saya yang awam akan sangat berterimakasih bila seperti anda bung Ed yang suka menyerang secara personil disini berdebat masalah pengetauan militer melawan bung nara…
            http://jakartagreater.com/sistem-pertahanan-udara-nasams/#comment-57940

            sy dan Bung Bravo adalah 2 orang berbeda, silakan check IP address kami. sy malah baru tau ada diskusi ini, ijin menyimak…

          • @ Bung Satrio, terima kasih atas masukan anda. Mungkin sy akan lebih menahan diri lagi utk tidak terlalu mengatakan sesuatu sesuai dengan apa adanya.

            Dan jujur saja saya sudah mengkalkulasi kok kemungkinan bahwa sebagian itu memang bagian dari strategi disinfo. Tapi justru saya menyentil pelakunya agar bisa lebih elegan dan masuk akal dalam menciptakan berita-berita disinfo. Kalau terlalu vulgar dan tidak masuk akal maka tujuan disinfo itu tidak akan tercapai, karena target audience-nya juga akan mengabaikan berita-berita aneh seperti itu (terbaca oleh mereka).

          • maaf ikut nimbrung dikit sebelum cabut πŸ™‚

            #hanya sharing cara pikir saya yang tentu saja anda boleh tidak setuju.
            -Indonesia berencana menjadi kekuatan regional
            -SBY dikutip pernah mengatakan militer Indonesia harus lebih kuat dengan negara tetangga
            -Ada program MEF hingga dekade selanjutnya plus pendanaan jangka panjang
            -Ada rencana pembentukan Kogabwilhan

            #Apa yang harus dihadapi?
            -diantaranya adalah ancaman dari FPDA, US dan China

            #Apa bentuk ancaman militer dari mereka?
            -bisa dilihat persenjataan dan kemampuan militer negara2 tersebut, misal F-15SG, Canberra class, F-35A dll

            #Apa yang kira-kira RI bisa dan mampu dari segi pembiayaan dan kemampuan alutista untuk minimal punya deterrence terhadap ancaman sekeliling di atas?
            #Apakah cukup T50i, handful F-16 blok 32 refurbished, Yakhont berjarak 300km, 2 unit KS jadul untuk melebihi kemampuan militer negara ancaman?
            #clue jawaban: A1 list

          • Semoga semua diskusi makin sejuk.
            Kita sebangsa dan setanah air, mari kita buat diskusi yang sejuk dan konstruktif. .. salam NKRI

          • kami rakyat kecil melihat bahwa informasi di warjag spt orang buta melihat gajah ada langsung berkesimpulan gajah itu bentuk lebar kaya tampah dan berpendapat ini paling benar yang lain salah , ada yg perpendapat gajah itu spt tabung pajang , gajah itu spt bulet kecil panjang , nah semua terserah di sajikan buat orang buta mau berpendapat apa .. namun ada yg berpendapat semua gajah bentuk nya semua itu salah.. krn gajah itu hoax sambil maki maki yg ngasih info/berpendapat .. itu bohong dlll..

            Jadi mohon para sesespuh jangan di layani orang orang yg seperti itu ..kami rakyat kecil termasuk silent reader ikut terganggu . demikian terima kasih salah NKRI RAYA.

          • @Bung Bravo
            Okay thankyou semoga clear
            dan semoga target makin males mantengin disini πŸ˜€
            tinggal kita aja yg pandai mengunyah

            @Bung ED
            Tulisan saya diatas kurang koma atau dan
            saya tau IP anda berbeda ,,walau anda kadang memakai dua IP,satu axist dan satunya dari PT BMP jawa tengah
            maksut saya juga memperingatkan anda yang kadang suka menyerang secara personal disini ,kemarin sdh di ingatkan oleh bung openmind, dan anda beralasan siapa duluan yg insult.
            Padahal nama saya ,bung nara,bung erick dan bung Kri sampean anggap dewatopix sebagai kontributor disini ,anda sentil disebelah seolah membuat anggapan negatif.,
            Biarkan pembaca lain yang menilai siapa yg lebih kredibel,,

            Tetapi semua itu sudah kami lupakan mari kita bangun kebersamaan dalam berdiskusi dan mencerdaskan bangsa disini
            biar kita tinggal memetakan nick lainnya yg ngetrol dan bermaksut tidak baik disini
            makasih dan salam

          • setuju Bung Satrio, let’s roll together… Tp kalau ada pihak yg tidak langsung setuju dengan apa yg disampaikan oleh para sesepuh di sini bukan otomatis we are the bad guys ya? Trus dibully dan ditutup dengan salam NKRI, NKRI harga mati, NKRI jaya, bla.. bla..

          • disini sy paling demen baca komennya bung nowyoudont cz ga pernah nge judge,ga pernah sombong, ga pernah ngeremehin pendapat orang laen,n ga pernah nganggap dirinya lebih senior drpd yg laen,mantap…

    • Mungkin ini ada hubunganya dengan mobil peluncur roket yg dikembangkan oleh AIU om jalo?…..

      Sapa tau, kita beli skaligus dapet ToT biar industri starategis dalam negeri dapt berkembang lebih cepat πŸ˜€

      Ini pendapat saya saja loh hehehehe 😐

      • Mungkin begitu bung, kalau dibarengi ToT gak apa2 deh demi kemandirian bangsa… Tinggal TNI kita yg jago gado2, campurin nih nasams dengan roket kita dan kalau ada ToT dari rusia lebih bagus lagi…jadinya koyok opo ya? πŸ™‚

      • Yang sedang dikembangkan oleh AIU itu rudal MLRS darat ke darat, sedangkan NASAMS ini rudal darat ke udara, beda tipe bung.

        • Sori AIU bukan mengembangkan rudalnya, tapi peluncur rudalnya.

        • Yup bener bung, masih sebatas MLRS dan ini juga masih dalam penyempurnaan… Semoga ada TOT agar AIU bisa naik ke level berikutnya. Info terakhir memang ada pengembanga ke arah surface to air tapi ini yg kembangkan bukan AIU, besok akan ada acaranya. Sayangnya besok saya gak bisa ikut, semoga teman2 paparazi lain ikut mengamati produk dalam negeri dengan seksama. Karena nih barang ada pengembangan dalam pameran besok.

          • Bung Jalo, anda menang satu langkah dari bung Bravo..

          • Ohh gak lah bung, saya sendiri juga masih belajar bung Openmind…

          • Saya katakan anda menang satu langkah bila Bung Bravo juga pelaku dlm “bisnis” ini spt anda. Datang ke pameran, bertanya kpd primary source (meskipun infonya bs “tidak akurat” dan off the record), terang2an maupun mencuri2 foto.
            Tapi bila pengetahuan Bung Bravo hanya dr membaca an sich, maka Bung Bravo bkn kalah satu langkah, tp harusnya tidak punya muka utk berdebat dg anda. IMHO

          • Siap terima kasih untuk penjelasannya bung Openmind…

          • Gak apa2 sih bung, disini kita sama2 belajar… Mungkin bumg bravo punya pengetahuan atau pengalaman berbeda dan saya juga sama… Selagi diskusinya masih sehat gak apa2 bung, πŸ™‚

          • @ bung Openmind, sy tidak merasa sedang berdebat dgn bung Jalo, malah rasanya omongan saya dan dia saling melengkapi. Lagipula saya awalnya meng-quote bung Arjuna kok, terus bung Jalo menimpali. Terlalu semangat mencari celah untuk menjelek-jelekkan saya ya? Well, I feel honored.

          • PS. Bung Jalo sebenarnya salah satu kontributor warjag yg sy hormati dan percaya omongannya, karena beliau selalu menyertakan bukti ketika membicarakan sesuatu (foto, sumber, dll). Beda sama bung Nara yang cuma bermodal omongan dan katanya, katanya, katanya. Tidak pernah ada bukti atau sumber kredibel.

            Bukankah ini salah satu kebiasaan yang merusak bangsa ini, kebiasaan kita utk terlalu cepat mempercayai informasi berdasarkan kata si anu, kata si itu, tanpa berusaha memverifikasi kebenaran sumber informasi atau setidaknya menalari informasi tsb dgn akal sehatnya terlebih dulu.

          • Bung Bravo mungkin anda tidak tahu siapa bung Nara sebenarnya..
            Tapi menurut saya percaya atau tidak itu simpel saja tidak usah diperdebatkan.
            Hehe yang diomongin bung Nara kan kebanyakan alutsista yg punya deterrent effect tinggi mana mungkin TNI ngasih foto atau dipublish jadi ya cuman dari omongan2 doang. Dan menurut saya data yang diucapkan bung Nara akurat kok hehehe saya juga suka menanyakan kepada orang-orang yang tau. Tpi mreka hanya memberi tahu yang menurut mereka boleh saja kalo yang Top Secret yang jangan harap…
            Hehehe

    • sedih juga, tapi mungkin ini yang jarak menengah. semoga dibeli yang jarak jauh

      • Yup bener HQ-16 juga mantab tuh….

        • bung jalo. @ TNI saat ini masih mengunakan doktrin lama,, mungkin karena faktor biaya,
          menhan pernah ngomong, klo ga salah kata dia ” utk pertahanan udara jarak di atas 100km , system pertahanan kita menggunakan pesawat tempur su27/30 utk intercept.
          sedangkan utk dibawah 100km kita menggunakan SAM medium dan VSHORAD

          kemungkinan pernyataan nya akan berubah seiring pertumbuhan ekonomi,,

          biasanya pespur / UCAV / rudal selalu menembak radar terlebih dahulu, karena tanpa radar kyk nya BUK-M2E juga ga bisa berkutik. berbeda dgn NASAMS.

          suatu produk pasti ada kelemahan dan kekurangan nya,

          semua bergantung ma tni, sbg user,,

          • Terima kasih infonya bung andri…
            Nah kebutuhan SAM medium ini, untuk minimal harus 7 betere. Nah masalah BUK ini rencana di MEF kedua ini ada pengembangan namanya IADWS bekerjasama dengan negara asing untuk ToT-nya. Kalau sudah jalan kan kita bisa punya sistem radar sendiri, mudah2an dalam waktu dekat tempat R&D ilmuwan radar kita segara di acc sama bapak dewan terhormat. Nih tempat penting agar kedepan kita bisa membuat radar modern seperti radar Multi role … jadi semuanya terintegrasi dalam satu sistem.

            Nah tinggal di aplikasikan dengan SAM apa aja. Tinggal ilmuwan kita aja, nih barang cucok gak diaplikasikan ama IADWS kita.

    • potensi pembelian NASAMS ini apa ngga nanggung ya dengan jarak jangkauan hanya 25km?peruntukkannya untuk arhanud TNI AD kah potensinya,atau memang ada potensi TOT yang diambil dari rencana ini..

    • @Bung Jalo, NASAMS memang hanya berjarak 25km karena menggunakan rudal jarak menengah dan fungsinya adalah menyediakan sistem SAM dengan harga yg relatif terjangkau (karena rudalnya sudah ada di pasaran, hanya tinggal pengembangan fire control dan radar penjejak saja) Fungsi utama the real SAM memang kembali kepada S family Rusia (S-300, 400, 500, dll) atau dari Amerika (Patriot) CMIIW

      • Terima kasih infonya bang ed. Sekedar memberikan info juga, untuk air defence Weapon system memang ada rencana kerjasama dengan Mama Ely, cuman saya bingung apakah system mama ely ini bisa terintegrasi dengan rudal Ini gak ya?

        Memang the real sam yg dibilang bang ed adalah salah satu impian saya dan teman2 di paskhas. Kebetulan keluarga ada yg pernah menjabat sebagai komandan nih pasukan. Waktu berkunjung ke tempat mereka, pembicaraan memang gak jauh dari keunggulan sam ini. Waktu saya sering main ke pasukan sam kelas medium ini, mereka ini sudah dibentuk tapi alutsistanya gak ada. Akhirnya mereka banyak di bko ke kesatuan lain. Teman2 ini selalu berharap yg dibeli itu the real sam, cuman kalau yg dibeli nasams gak apa2lah dari pada pasukannya ada tapi barangnya gak ada. Kasihan juga,

        Maaf jadi cerita pengalaman pribadi.

        • Maaf ikut nimbrung, saya SR yg selama ini hanya nencoba mencari benang merah dr berbagai clue yg selama ini dipaparkan.
          Pertanyaan saya adalah kaitan cerita bung @jalo dimana paskhas yg dibentuk untuk satuan ‘real’ SAM tp di bko kan krn ga ada SAMnya, lalu tim siapa yg diberikan es telongatus dan pecel buk minah? Apakah AD? bila ya, berarti paskhas tidak akan pernah memiliki SAM jarak menengah dan jauh dong? atau, paskhas pun akan membeli SAM menengah dan jauh juga? apa tidak akan overlap dlm aplikasinya yah?

          Mohon pencerahannya dr para sepuh warja.

          Terima kasih.

  19. S 400 lbh mantaf

    • bung penunggang kuda@ ini bukan long range tp medium range,, siapa sih yg ga mau s400 ?
      klo di kasih mah gpp, tp klo suruh bayar kyk nya mikir2 dulu.. mendesak bgt ga? dana nya ada ga?
      klo udah ada dana nya cukup baru beli, soalnya mitra lain juga membutuhkan biaya, utk alutsista yg lain nya,

      • S 400 jg medium range…klo ICBM baru long range…mungkin short range maksudnya bung andri cahyadi”katanya”.

        • imo, ga bisa dibandingkan antara sam dan icbm. untuk sam, s-400 adalah rajanya dalam kemampuan jarak, hanya kalah oleh jarak s-500 yg juga buatan Russia. sedangkan icbm bisa mencapai 15000 km bahkan lebih, kalo ga salah range trjauh juga adalah produk russia.

          • Oh gitu toh,5 af asal tuls.maklum baru bljr tulis menulis..newbie….trims ats pencerahannya,bung nowyoudont,salm kenal buat sesepuh warjag semua.

          • sama2 bung @pk, kita di sini sama2 belajar dan mencari informasi πŸ™‚ salam kenal

          • bung now @ ada info baru ttg s 500,,
            Masa Depan senjata untuk pertahanan terhadap rudal balistik (yang akan menggantikan S-500) akan ditempatkan di pesawat,,

            kayak apa jadi nya yah,,???

            http://fakti.org/oruzje/ruski-kalibar/antibalisticki-s-500-od-2015

            tp maaf situs nya bahasa rusia,,

          • thanks bung, sepertinya berita mengenai potensi S-500 untuk negara2 uni eropa dan varian baru S-500 yg dipasang di pesawat ❓ lieur baca pake google translate πŸ˜€

        • kalauS-400 utk air defence kalau icbm biasanya utk offensiv

  20. Kagak usah di bungkus,mending S300 PMU aja!
    LEBIH MANTAB!

  21. cocok buat jaga istana dan cilangkap hihihihih

  22. S-300/S-400 titik

    • Sudah punya bung..

      • Cuman katanya kan? Hehe..

        • he…he…ya SANGAT G####K…..kalo diPAPARKAN…DEPLOYnya….

          • Sy tidak mungkin mempertanyakan dimana deploynya karena itu rahasia negara. Yang saya pertanyakan kan kebenaran isu atau gosip yang dilontarkan bung Nara bahwa kita sudah punya alutsista-alutsista tsb.

          • Katanya rahasia negara bung Bravo? tuh bung bravo sendiri yang bilang kan. Untuk rahasia negara gak mungkin dikasi liat lah….. dapet beritanya sedikit aja kan dah lumayan….. jangan harap untuk lebih…

          • @ Bung Masterpoker, lah justru itu kan yang tidak masuk akalnya, kalau memang itu rahasia A1 kenapa justru dibeber di forum dunia maya seperti warjag ini? Bener toh? Hehehe..

          • bung @Bravo, imo- segala macam tidak selalu hitam dan putih. info disini disebut clue karena memang bukan pembeberan informasi terbuka. Apa manfaatnya? jangan dikira tidak ada asing yang memantau pemberitaan. clues yang dilempar lewat jalur tidak resmi bisa memberikan gambaran sekaligus tidak bisa dikonfirmasi, bisa memang informasi atau disinformasi. jika ternyata informasi, pemerintah bisa memberikan gambaran pada masyarakat sekaligus tidak bisa ‘disalahkan’ atau dipertanyakan pihak asing.

            itu juga satu kemungkinan kan? menganggap bahwa berita benar adalah HANYA berita yang dikeluarkan lewat jalur resmi -apalagi berita alutsista strategis- itu baru tidak masuk akal menurut kebiasaan πŸ™‚

            contohnya seperti senjata pemusnah masal Israel, tidak ada berita jalur resmi, tapi dalam beberapa jalur tidak resmi dieritakan mengenai kemungkinan dan potensi tersebut, apa itu juga Hoax karena pemerintah Israel tidak menyangkal atau membenarkan? apa tidak ada untungnya bagi Israel issue senjata nuklir mereka muncul/dimunculkan? apa untungnya bagi Israel tidak secara resmi mengakuinya? dll .. saya kira kita semua bisa menebak-nebak jawabannya

        • hehehe lebih baik katanya daripada tidak..
          Toh udh banyak kok peristiwanya

          • Peristiwa yang berdasarkan katanya lagi kan? Alias itu cuma cerita off the record yg disebarluaskan oleh beberapa khalayak.

    • koma aja .., pan masih ada S-500 :mrgreen:

  23. sekalian bulava dan 5 biji ICBM …biar sekali serang makyos..

  24. Cocok untuk diinstal di objek2 penting, seperti istana negara, pangkalan udara yang berisi SU berbagai versi, pangkalan kapal selam, Pindad, PTDI, Kilang Penyimpanan/Pengolahan Minyak, Jaringan teleomunikasi sipil, militer, pokoke yang menjadi First Primary Target kalau perang pecah antara RI dengan agresor….

    • Yup bener bung desperado, idel untuk negara kita minimal ada sekitar 32 baterai untuk jarak sedang. Mudah2an si MEF kedua bisa terealisasi, setengahnya juga sudah masuk minimum kebutuhan. πŸ™‚

  25. Lho..bukanya kita udh di payungi es telongatos…apa yg ini khusus untuk burung emprit yang terbang rendah aja ya.
    Mohon infonya bung jalo,bung nara,bung digo…dan msh di tunggu lho bung jalo reply email yg calon lurah NKRI. Asli bung di tunggu..hehehehe
    Matur suwun

  26. Sarjana2 atom kita pada kemana yah?

    • Salah satu ahli atom kita sdh wafat, Prof. Ahmad Amiruddin…. mantan rektor salah satu Univ. Negeri. Dia seorang ahli atom…. gak tau patennya di pake di negara mana….

      • Wah klw itu themastermind nya… Muridnya koq pada lari ke ausie, nether, dll? Kan kuta ga perlu impor harusnya.. Apalagi cuman rudal konv gituan… Kebutuhan menengah, TNI dah cukup importnya. Titik.

  27. S-300, BUK-ME Rusia or HQ-16. Titik!!!!

    KEBANGETAN klo pilih NASAMS.

    EMBARGO…!!!!!!!!!!!!!!!
    Ttp Non Blok. Tp pelan2 dan “MEYAKINKAN”, jauhin (bkn tinggalin) BLOK BARAT aja deh terlebih AMERIKA tuh.

  28. wait… rudal AIM-120 AMRAAM?
    Berati rudal pespur untuk SAM ya? Kasusnya sama dengan Aster 30 jadi Aster 30 SAMP-T Mamba atau punya Amerika SLAMRAAM yg jg pakai rudal AIM-120 AMRAAM, Charpparal menggunakan AIM-9 sidewinder atau AAM yg dijadikan SAM seperti MICA, DERBY & PHYTON 5, IRIS-T
    Konsep menggunakan rudal AMRAAM dengan platform peluncur dari darat sebagai SAM secara militer adalah lebih murah karena rudalnya sudah ada dan sudah battle proven daripada harus membuat lagi dari awal.

  29. klo liat tulisan terakhir arikel di atas, berarti blm di pilih,,
    soo,,

    masih ada kesempatan SAM lain yg dipelajari karakternya oleh TNI yang disesuaikan dgn anggaran dan kemampuan alutsistanya itu sendiri,

    berikut SAM yg lain yg mungkin saja di pilih oleh TNI.

    -Advanced Air Defence Missile (AAD)- India
    -Akash Missile – India
    -Arrow – Israel
    -Aster – Inggris/Perancis/italia
    -Aspide – Italia
    -Barak – Israel
    -Bloodhound – Inggris
    -Ground launched AMRAAM – NASAMS (AIM-120 AMRAAM AAM) – Norwegia
    -Ground launched AMRAAM – CLAWS (AIM-120 AMRAAM AAM) – Amerika Serikat
    -Ground launched AMRAAM – SLAMRAAM (AIM-120 AMRAAM AAM) – Amerika Serikat
    -HQ-9 – RRC
    -KS-1 – RRC
    -MEADS – Amerika Serikat/Jerman/Italia
    -MIM-3 Nike Ajax – Amerika Serikat
    -MIM-14 Nike Hercules -Amerika Serikat
    -MIM-23 Hawk – Amerika Serikat
    -MIM-72 Chaparral FAADS
    -MIM-104 Patriot – Amerika Serikat
    -MIM-146 ADATS – Kanada
    -Nike Zeus – Amerika Serikat
    -Prithvi Air Defence Missile (PAD) – India
    -BAe Blindfire Rapier – Inggris
    -RIM-2 Terrier – Angkatan Laut Amerika Serikat
    -RIM-7 Sparrow – Angkatan Laut Amerika Serikat
    -RIM-24 Tartar – Angkatan Laut Amerika Serikat
    -RIM-66 Standard Missile-MR – Angkatan Laut Amerika Serikat
    -RIM-67 Standard Missile-ER – Angkatan Laut Amerika Serikat
    -RIM-156 Standard Missile-Aegis ER – Angkatan Laut Amerika Serikat
    -RIM-161 Standard Missile-3 – Angkatan Laut Amerika Serikat
    -RIM-162 Evolved SeaSparrow Missile – Angkatan Laut Amerika Serikat
    -IRIS-T SL – Jerman (juga kendali infra merah)
    -Roland – Jerman/Perancis
    -SA-1 “Guild” – Uni Sovyet
    -SA-2 “Guideline” – Uni Sovyet
    -SA-3 “Goa” – Uni Sovyet
    -SA-4 “Ganef” – Uni Sovyet
    -SA-5 “Gammon” – Uni Sovyet
    -SA-6 “Gainful” – Uni Sovyet
    -SA-8 “Gecko” – Uni Sovyet
    -SA-10 “Grumble” – Uni Sovyet
    -SA-11 “Gadfly” – Uni Sovyet
    -SA-12A “Gladiator”/SA-12B “Giant” – Uni Sovyet
    -SA-15 “Gauntlet” – Uni Sovyet
    -SA-17 “Grizzly” – Uni Sovyet
    -SA-19 “Grison” – Uni Sovyet
    -SA-20 “Triumf” – Rusia
    -Sea Cat – Inggris
    -Sea Dart – Inggris
    -Sea Slug – Inggris
    -Sea Wolf – Inggris
    -Thunderbird – Inggris
    -Trishul missile – India

  30. Jgn lp msukn tor m klas atau yg lbh baru lg TUNgguska haha ‘. Cocok tuh buat tni ad.. pyung mbt untuk anti hujan bom bs jg untuk jga2 lanud atau tmpt2 vtl… kan tau sndr yg pertamx d ncar musuh adalah lanud klo lwt laut mh kelamnn ga rbet lg g perlu pke pke radar segala kan radarnya satu platprom udah klo soal yg long long ambl s300 aj kan nnt bs beli murah sm russ krn s300 mereka mw gnt sm s next gen
    “”…

  31. Rhan jg bsa kok bkn sam.. asl bukan sampoerna… bayangn rokok yg diameternya 122 coba bayangn bibirnya ky ap yg mw hsap rhan sam poerna.. blum lg klo ufh dkt puntung hahaha

  32. Rhan jg bsa kok bkn sam.. asl bukan sampoerna… bayangn rokok yg diameternya 122 coba bayangn bibirnya ky ap yg mw hsap rhan sam poerna.. blum lg klo ufh dkt puntung hahaha oer

  33. beberapa TNI skr mungkin lg jagongan sambil ngegosipin mainan barunya,katanya “gurih,,gurih,,gurih,,&tambahin yg kebih super puedes dhunk…”

  34. Xixixixixixixixi…….

  35. Mu nanya bung maaf O’OT, kapan kogabwilhan ini mulai d bentuk apakah nunggu program mef selese y
    maaf O’ot kelas berat

    • menurut rencana pembentukannya juni tahun ini sebelum pergantian pemerintahan. mengisinya dgn berbagai kekuatan darat, laut dan udara akan butuh waktu hingga pasca 2019/akhir mef2. sepertinya pada tahap awal masih akan mengandalkan alutsista refurbish campur baru karena ngejar kebutuhan kuantitas.imo, baru akan baru benar2 bisa fungsional sesuai setelah didukung anggaran pertahanan yg memadai untuk pengadaan dan operasional.

      • dalam wacana dialog metro tivi kan dibahas juga tuh tren kecenderungan PERANG ASIMETRIS, tentu dlm kategori ini termasuk perang ekonomi, perang budaya dan ideologi, semuanya mengarah kepada :
        – keuntungan secara ekonomi
        – Pelemahan daya kekuatan lawan yg berujung Slavery
        definis perang pun makin luas.

        sekedar mau tanya kepada sesepuh dlm kaitannya dgn Perang Asimetris, dlm arkian, all option was opened to break the enemy.sbb :

        Selain meningkatkan kesaktian ilmu cyber, apa semacam santet/teluh/voodoo atau hal2 yg diluar kelogisan umum menjadi LOGIS untuk dibentuk serius sebagai kekuatan tersendiri, yg penting musuh bengek..kan begitu pakemnya.?

        CSG pun akan mandul jika dlm perutnya tiba2 ada sebuah batu segede gedung bertingkat..

        justru hal ini adalah kemampuan cyber dlm tingkat paling advance..
        πŸ˜€ πŸ˜€

        • sepertinya anda betul juga bung @donnie, dalam peperangan yang dikejar hasil akhir bukan proses, all is fair in love and war, perang itu tipu daya kata Rasul. banyak kita dengar bagaimana cerita2 mengenai program rahasia pemerintah yang masuk kategori X files πŸ™„ memberikan arti harfiah untuk by any means necessary

        • untuk perlombaan cyber di kemenhan sudah selesai kah bung?perasaan masih berjalan deh..bagian mana yang sudah “battle proven” ini??

        • orang dayak hebat loo….
          q orang oseng / laros aja angkat jempol ..
          (brdasar info orang d balik layar … ^_^ )

      • Bung Now usul, ini kan sudah mulai pada ngeh tentang tujuan makan gado-gado atau lotek .. hhehe. Gimana kalau dibuat artikel dengan tema lebih kurang “Makan Gado-gado untuk Kemandirian” .. asyik kayaknya .. tapi ditunjukkan juga meski berupa clue, misalnya kenapa kok si lesus, si leo, si hoax siapa lagi .. πŸ™‚

        • saya teruskan usulannya pada bung @Satrio atau bung @Nara, tema itu butuh pemahaman mendalam mengenai strategi luas jangka pendek dan jangka panjang. Dan saya ga ada kapasitas untuk itu bung @ghi πŸ™‚
          Bung Satrio ada artikel mengenai mengembargo diri sendiri dan kemandirian alutsista, bung Nara ngasih kisi-kisi MEF1 dan 2 serta bung @Jalo menyediakan informasi factual yang sebenarnya bisa saling melengkapi dan crosschek. percaya memang butuh alasan, dan saya pribadi punya alasan mengapa saya punya kecenderungan percaya dengan informasi2 yang mereka sampaikan. Kita tunggu saja ulasan lanjutan dari para narasumber ini

          • Trims .. heheh .. semoga para suhu bersedia .. πŸ™‚

          • Secara umum saya juga cenderung percaya bung .. πŸ™‚

          • lho sudah pernah …kan coba baca lagi
            http://jakartagreater.com/pola-pembelian-alutsista-menuju-kemandirian/
            itu by satrio lho πŸ˜€
            Tinggal diupdate dengan berita Rafale dan kogabwilhan saja,

            Memutuskan membeli Typhon itu karena dasault menolak syarat syarat kita dulu,,,dipilihlah Typhon ternyata inggris mbuletisasi,,kemudian beralih menoleh ke Gripen TOT yang menawarkan menjadi tukang jahit ..
            Nah sekarnag muncul Dasault rafale dengan proposal lebih yahud dan menawarkan lebih dari sekedar tukang jahit saja.
            Dasault pun memberikan penawaran kembali karena melihat kita ini serius belanja gede gedean terbukti pada awal aja udah beli 12 typhon,.
            tinggal lihat siapa yang berani paling telanjang ya kita sikat πŸ˜€
            TOT nya maksutnya πŸ˜€

            Nah pinternya orang seperti bung nara dan bung lainnya untuk memberikan info yang membuat produsen berkeringat dingin ,mikir panjang,berpacu dengan waktu dan SALING SIKUT memperebutkan kue pengganti F 5 itu,,dan yang tambah bingung dan pusing para intel mblayu ,,gumam mereka dlm bahasa Singglis “iki kok akeh sing arep dituku,,pancene wong edan πŸ˜€ ”
            efeknya kaum hoaxer ikut terguncang dan muntah muntah
            makanya saya ketawa ketiwi saja melihat banyak yg mabok
            ane tetep mabok janda saja niru bung now πŸ˜€
            hehehe pinter ya

          • Itu baru mabuk namanya πŸ™‚ .. kalau kena hoax sudah mabuk, perlu banyak makan vitamin dulu .. hhehe

  36. saya tertarik dengan radar pesawat T-50. Pesawat sudah T-50 kan sudah dibeli, barangnya sudah dimari. Trus beli radar pesawat sendiri. Ini jenis radar apa? Trus yang masang siapa? Apakah PT DI mau bongkar tuh pesawat T-50 trus diinstal radarnya? Sudah ijin korea belum?

  37. yes, akhirnya dapat nomer urut 38.. hehehe
    dari dulu TNI terbiasa dengan keterbatasan anggaran dan alutsista terbatas, gado gado pula. so, sekarang dengan anggaran yang terus meningkat saya sebenarnya tidak bisa membayangkan sistem raksasa apa yang sedang di bangun untuk mengcover seluruh wilayah Nusantara..
    saya yakin itu sudah cukup membuat rakyat tidur nyenyak

  38. “Upgrdae NASAMS II beroperasi di Angkatan Udara Rusia Juli 2007” itu salah tulis ataukah bagaimana ya ? karena rusiakan tidak mengoperasikan nasams. jika finlandia dia pernah menggunakan buk system dan digantikan oleh nasams cmiiw.

  39. Nasams ini cocok dipasang di kapal angkatan laut kelas fregat atau klewang 2.fungsi nya sebagai payung udara portable itupun kalo bisa terkonekci kan dengan jaringan kapal perang kita.wah tambah serem juga kan.coba bayangankan kalo misal nya kita punya fregat 20 biji aja trus di instal nasams semua apa ga makyus tuh.seperti angakat laut opa sam yang menjadi payung sekaligus sebagai anak panah dalam strategis bertahan maupun menyerang.:mrgreen: maaf hanya IMHO .

    Maklum Orang Awam

  40. Ijin nyimak & belajar …

    Smlm liat metrotv disinggung tetang FIR Singapura, sdh brapa thn lamanya kdaulatan udara kita dkontrol oleh negara asing..sedih sih dengernya..
    Tp apa dikata, narasumber diacra tsb pun blm bisa brbuat bnyak..
    Kita punya SDM yg bnyak, kita bisa beli dan belajar teknologi aviasi dgn cpt,tp smpai kpn kedaulatan udara kita masih dkontrol trus oleh negsra asing.
    Semoga ada solusinya

    Salam.

  41. inget-inget rudal jarak pendek dalam menangkal upaya penyusupan serta serangan dari pesawat tempur lawan, jadi inget Rudal RBS 23 BAMSE buatan SABB Swedia dengan radar pengintaian dan pengendali operasi rudal Giraffe alias jerapah, inventory Arhanud TNI AD yang enggak pernah dipublikasikan :mrgreen:

  42. Universitas Surya itu punyanya Prof Yohanes Surya ilmuwan fisika jenius kita ya Bung Jalo? no wonder….

  43. Ke depan alangkah bagus jika tidak hanya berbasis satelit GPS, dan sekalian semoga satelit buatan lokal dipercepat. Imho.

  44. Mantap, tapi lebih bagus S300 MPU rusia..

  45. jawaban bu mega.. di situ ada point dimana ada imbal balik dengan korut soal teknologo tertentu yg membuat amerika menyingkir dan sedikit mengendorkan embargo..
    http://lm.facebook.com/l.php?u=http%3A%2F%2Fvensca81.wordpress.com%2F2014%2F04%2F04%2Fmegawati-menjawab-lanjutan-penjualan-indosat-dan-lng%2F&h=yAQGrjIgs&enc=AZNporAd_rcXpqk3bukbSxE7KezpeESOoqNYK_7eHBD9VD8vyCE01grAjNW9CCbQDgs&s=1

  46. Membahas tentang S400. Yang Saya baca di artikel Sebelah! China akan Order S400 tapi…. Rusia akan MengExpor Sesudah th 2016. Karna Rusia msh Perlu melengkapi kebutuhan S 400 nya. Menurut pendapat saya, Indonesia blum punya S400 & yg Jelas, Jika sudah Order, mka Kedatangan S 400 mungkin di akhir MEF 2/3. Tercantum atau tidak dlm daftar belanja Alutsista TNI MEF 2/3 S 400 bakal menjadi Misteri bagi Publik. Seperti Kilo Class? Cuma pendapat org awam. Kalo salah kata, tolong di Jelaskan πŸ™‚

  47. Bung sesepuh warjag, maaf sedikit OOT. Ane dpat berita bhwa Heli Panther AKS yg dulu di tampilkan dan uji coba ktanya itu Heli palsu alias Heli Basarnas yg di modifikasi ya? Modifikasi meliputi wrna nya yg di ubah smntara mnjadi abu2 sprti yg di tampilkan saat itu. Mohon pencerahan nya bung.
    Trims

    • Thankz bung ed tambahan sumbernya.
      Kami tunggu pencerahan sepuh warjag… πŸ™‚

      • penasaran pengen denger komentarnya yg dulu komen ini :
        ….baranganya sudah nonggol diatas sigma tanpa rilis media, pengen denger apa kata hoaxer…

        • Dulu sudah pernah dibahas bang ed, cuman saya lupa di artikel mana…
          Jadi waktu itu saya pernah bilang itu heli basarnas. Helinya memang sudah diatas Sigma tapi itu pinjam dari basarnas. nanti saya cari2 dulu artikelnya.

          Bukan mau membedakan bang Ed, saya juga sudah punya foto itu yg diambil sendiri saat selesai pengerjaannya. Masalah saya belum memiliki izin untuk mengaksesnya,

          Nanti saya cari lagi artikel lama….

          • saya bantu Bung Jalo,
            http://jakartagreater.com/presiden-inspeksi-alutsista-baru-di-surabaya/

            yg jelas bukan Bung Jalo yg sy maksud yg komen seperti itu, justru yg memberikan info heli basarnas adalah Anda sendiri.

            pertama komen di komen no.5
            Teman-teman warjag, maaf nih…
            Dari hasil tanya2 ternyata heli panther ini punya basarnas dipinjam ama TNI AL…. Punya Tni masih digarap ama PT DI,

            kemudian komen no.21
            Kayaknya besok mau dipamerin kemampuan heli panther, biar pak beye terkesima dan minta pak menhan langsung beli.. -Imho. Itu mungkin loh, makanya dipinjam dulu helinya di basarnas…

            tetapi yg sy prihatinkan adalah bahwa masih saja ada yg komen seperti yg sy quote di atas :
            ….baranganya sudah nonggol diatas sigma tanpa rilis media, pengen denger apa kata hoaxer…

            benar – benar fanatik dan membabibuta….

          • Ok siap salah bang ed, kalau saya ada2 salah2 kata maaf ya. salam

          • aduh bung, bukan Bung Jalo yg saya maksud….

          • Ooj siap bang ed…

  48. S300

  49. integrated optronics defence system itu sprti apa y bung @jalo.?

    Salam

    • Ternyta SDM kita tdk kalah hebatnya dgn negara maju yg sdh lbih dulu mempunyai technologi tsbt..
      Sejauh ini sdh brpa persen technologi tsb sudah diaplikasikan utk militer kita?

      Nambah lg deh informsi buat ane.
      Trima kasih bung @nara..

    • Ngawur ah.. Masa seratoptik jatuh ke IR?
      Mungkin aplikasi seratoptik dlm militer. Kan RI juara dunia efisiensi semiconductor πŸ˜›

  50. “Menurut Surya, dalam pengembangan teknologi tersebut 5 tahun ke depan, nano satelit akan memiliki ukuran seperti kutu. Saat ini, nano satelit berukuran 10 x 20 cm dengan berat 1 kilogram.”

    Bung @jalo, klo nano satelite sbsar kutu, pengoperasiannya sprti apa y bung..!! Ketinggian serta resolusi pncitraannya ..!!!
    & peluncuran stelite tsb by roket atw gmna y? Masa by ketapel (mentang2 stelitenya sbesar kutu..

    Maaf msh awam..

    Salam

  51. 6. Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Darat: Unmanned Aerial Vehicles (UAV) autopilot, simulasi menembak laser gun, dan integrated optronics defence system

    —————————–
    aplikasi Laser gun dgn + network radar multi band aktif dan pasif untuk Arhanud keren ya…
    konsep perang akan cepat berubah dgn kehadiran Laser weapon …

  52. asik….ditunggu loh Pak Mayor :mrgreen: dapat tugas jaga juga ya πŸ˜€ 😳 keceplosan Dech πŸ˜€

  53. Sy selama ini silent rider di jkrtgrtr ini. tapi makin lama kok makin terasa banyak bohong alias hoax nya ya forum ini? sangat-sangat tidak masuk akal dengan tentang alutsista yang di bahas disini. mohon agar tetap menjaga kprcayaan member jkrtgrtr sprti saya ini. apabila anda merasa apa yg di posting disni, setidaknya berilah gambaran atau sedikit bukti tentang kebenaran alutsista tersebut. kalau hanya sekedar pendapat, analisa, dsb, siapa aja bisa beranalisa bahwa indonesia sudah bisa buat jet tempur siluman, kapal selam nuklir, dan sebagainya.

    Maaf ini hanya pendapat awam saya sebagai member jkrtgrtr setia. bukan maksud menyinggung, tapi sesuai dengan apa yg sy rasakan bhwa makin lama jkrtgrtr makin hoax dan makin khayalan tingkat tinggi

    • inilah dunia militer bung @Ken_do,,, dunia yg ngeri2 sedap.

    • @ken_do anda disini bilang hoax tapi masi aja mantengin nih forum habis itu anda ambil artikel dimari trus anda sebarkan di FB πŸ˜†

      • akun di atas + bbrp akun lain emang getol bener bilang warung ini isinya hoax, pemimpi + penghayal tingkat tinggi tapi anehnya mereka masih aja ngendon dimari, bukannya buruan kabur cari warung lain yg punya inpo lebih akurat & resmi…
        Belum lagi ada akun yg sibuk bilang anggota warung ini suka fanatik membabi buta, sementara die ndiri kagak punya inpo penyeimbang… Jadi berasa kayak pedagang kalah saingan terus nyari2 cara buat ngejatuhin dagangan orang lain… Lucu !

        • sy tidak punya info penyeimbang?
          tolong dong Bung Barbie, Anda punya info penyeimbang apa?
          karena yg sy tau cuma ini :

          Barbie says:
          April 3, 2014 at 3:30 pm

          Maaf, presiden sama legislatif bukannya sama2 penting bung? Maksudnya sama2 berperan menentukan dalam mengambil keputusan untuk negeri tercinta ini termasuk dalam menentukan APBN/APBD…. CMIIW

          Kalo saya pribadi sih untuk pileg paling2 milihnya pake cara cap-cip-cup aja.. yg penting milih, bener atau salah urusan ntar…. hahaha… piss ah
          http://jakartagreater.com/ekonomi-konstitusi-tetap-jauh-panggang-dari-api/

          benar-benar info penyeimbang yg sangat cerdas

          • @Bung Openmind,
            maaf jgn salah sangka Bung, bukan sy yg mulai insult
            kl memang dia mau berdiskusi sy akan senang sekali menanggapi tp kl cuma ngetroll semua org jg bisa.

            OK, case closed for me
            back to the topic NASAMS, shall we?

          • Sy ikuti diskusi bung dg bung erich, jg koment anda di topik lain, very intelectual. The real you. Sy bkn teman diskusi yg sepadan utk anda. Utk urusan military hardware sy akan merasa beruntung klo bs membaca tulisan yg anda kirim ke admin..

          • Bung utk kasus foto sukhoi yg diduga milik venezuela menurutku blm case closed. Kesimpulan akhirnya gmn? Thanks.

          • @ bung openmind….ane juga binun kenapa nick ane dibawa2 kewarung sebelah ya?…..padahal nick ane kaga bisa dipake bwat ngutang rokok loh…….baedewei, salam kenal bung…….he,he,he

      • saya setuju dgn bung barbie.Dan menurut saya hoax dibagi mjd 3 tipe:
        1.HOAX ORI:tipe orang yang berkata hoax karena speechless dgn suatu berita/statement shg tdk ada kata yg terucap selain HOAX.
        ciri2x:berkata hoax tanpa disertai alasan,jika didebat mengeluarkan jurus seribu langkah,kemungkinan SR.
        2.HOAX KW:tipe ini berstatemen hoax justru karena ingin mendapat informasi lebihdlam ttg suatu berita.
        ciri2x:berkata hoax tnp disertai alasan,biasanya bertanya kpd member pd kesempatan terpisah,kemungkinan SR
        3.HOAX BERALASAN:berstatemen hoax dan disertai alasan yang jelas.jika berdebat bisa memberi argumen
        ciri2x:berkata hoax disertai alasan,akan memberikan argumen jika ditanya,kemungkinan SR.
        JUST KIDDING:D

    • Bung ken_do, gitu saja kok repot .. hheheh ..

    • buyng@ken klo su 35 bukan hoax loh….panglima TNI SENDIRI yg bilang ada rencana membeli su 35..karena kehebatan dan kebutuhan akan heavy fighter TNI AU untuk menyaingin tetanga yg usil… hoax itu gosip..gosip itu sesuatu yang ada dasar nya… logika nya.. ” tidak ada asap jika tidak ada api” jika melihat asap ngepul logika orang pasti ada api bkn…padahal kita ga liat tuh api nya..kira kira begitu.. peaceeeee…

    • So what gitu loh? Kami nyaman dgn dunia kami sendiri.mau hoax mau enggak itu urusan kami…disini tujuannya macam2 ada yg sekedar say helo,ada yg pengen keliatan cerdas,ada yg ingin menambah wawasan dan ada yg fanatik,rasis atau cenderung maniak…saya aja sampe di tegur boss sy karena asik online di mari ketimbang ngurusin kerjaan…

      Tp janganlah komentar anda menyakiti penulis warung ini setelah anda berkunjung…ibarat tamu anda sdh makan disini habis makan anda buang air pula di tempat anda makan…

      Kalau tdk sependapat berilah pencerahan atau diam lalu pergi tanpa suara seperti anda tdk pernah ada…singgggg….

    • Bung ken_do, di mana sih artikel yang rahasia negara? tidak ada stempel, ya bukan rahasia negara kan? .. hhehe .. tenang saja. Jangan takut.
      Nggak perlu marah-marah, santai saja .. hhehe

    • bang kendo, k**k** masih 2 belokan lagi di depan. silakan melanjutkan perjalannya.

    • Bagi saya sih percaya ataupun yg tdk percaya masing2 mempunyai hak’y… yg terpenting bagi yg tdk percaya jgn hanya bilang hoax trus kabur tanpa penjelasan/pendapat… dlm berdiskusi ini memang perlu yg nama’y pro dan kontra asal smua yg disampaikan dgn bahasa yg sopan dan santun tdk saling membully.. anggep aja ini warna warni dlm kehidupan berdiskusi yg pro silahkan dgn pandangan’y sendiri dan yg kontra silahkan dgn pandangan’y sendiri.. kita ambil positif’y yg kontra ini mempunyai pandangan yg kritis dr informasi yg diberikan narasumber.. pandangan kritis bs disebabkan oleh kekurangan bahan informasi yg di dapat ataupun mempunyai data atau sumber yg kredibel dan valid.. mudah2an pro dan kontra diskusi dlm warjag bs membuat warjag smakin naik level dan lbh berbobot…

    • bung ken percaya atau tdk dgn sutu berita itu sesuai dgn pemikiran dan pemahaman anda.lagipula tdk ada kok yang menyerang anda

  54. ditunggu bung naraya hoax apa lagi yang akan anda sebarkan.

  55. Wah..sepertinya akan diinstall kesemua KRI ya..advance sekali tekhnologinya bung..thanks sharenya.

    • Karena ini tipe radar silent, sekarang PT Len masih belajar pengembangannya. Ehh gak tahunya di dalam negeri industri swasta sudah bisa membuat, itu pengembangannya cepat lagi cuman 2 tahunan….

  56. bung @Nara, ane skalian minta artikel tentang satuan intel TNI dari semua matra dong ? kalo ada yaaaaa…..
    Salam kenal Bung…..

  57. bung jalo , jangkauan nya tidak di jelaskan berapa jarak nya.. kira2 berapa km jangkauan radar LPI ini yah bung?
    bisa di jadikan artikel kyk nya bung, siapa tau jadi bahan pertimbangan kemenhan,,

    • Tergantung mau dibuat apaan? Kalau untuk mengganti radar navigasi bisa sampai 80 km itu juga tergantung ketinggiannya. Sekarang masih pengembangan ke arah long range, tapi setidaknya bisa setipe thales lah… πŸ™‚

  58. bung now, katanya mau ulas ttg hasil riset TNI AD dan universitas surya,, di tunggu tayangan nya.
    sudah tersiar di detik,com
    cuma gambar2 nya belum lengkap,

  59. Pelopor HOAX di sini ya si ####….WKWKWK….awas admin, ni org kek-nya mau mendiskreditkan forum ini dgn memasang artikel murahan dan berisi hoax…..

    • baru sekarang ane pengen nge-banned orang πŸ‘Ώ πŸ™„

      • @NYD kasih dah neng ponari tendangan mau πŸ˜€ :mrgreen:

      • wkwk sabar bung..
        Tapi kalo mau nge-banned lanjutkan aja si hehehe

      • he he he bung @Ngurah Rai, bung @Bulba, masalahnya saya dan dia sama2 cuma tamu di sini. biar jika bgitu terus saya masukan spam dan jika gak kapok baru minta restu yang punya warung untuk ngebanned IP dan emailnya, kalo masuk lagi ganti IP-pun tapi ga robah adat ya ketauan lagi πŸ™‚

        • Bukannya bung nowy udh dikasih hak admin sama bung diego? Or admin yg lain?
          Saran saya jgn terlalu lembek bung nowy, kita ingin sikon kondusif diskusi kita terjaga disini, klo mo ngetroll/spam udh bejibun forum2 laen punya budaya kyk gitu…..

      • Tapi kayaknya lebih keren dicoret kayak gitu, daripada di banned .. seperti nonton video kapal kena rudal .. πŸ™‚

      • Setuju bung Lambert!

        Yg patut dikhawatirkan bukan pernyataan hoaxnya, tpi bahasa dan gaya diskusinya yg suka menghujat/mencaci maki……

        Dari skian banyak forum yg saya datangi, yg bikin saya kepincut dgn JKGR ya cara berdiskusi yg santun dan dewasa itu…..ada yg bisa tunjukkan forum umum lain yg punya kualitas diskusi spt JKGR (tdk hrs militer), saya sangat tertarik……coz kbanykan forum yg berawal dgn diskusi sehat ujung2nya berakhir dgn debat kusir dan lomba cacian!

        Utk owner dan admin mhn lbih tegas thd hal2 yg seperti ini

    • gue heran dgn keberadaan orang2 kaya begini…

      ga kuat iman ..oli naek ke ubun2..
      berdiskusilah yg santun, mengupas wawasan, kalo tidak ya nanya2 lah ..gue pikir itu lebih baik, kalo males nanya ..ya sr z kaya kebiasaan gue..qiqiqi daripada OLI Naek ke Jidat.??
      cobalah mampu respect satu sama lain.

    • Sabaar ya bung mpoknarii…
      Sementara jadi SR dulu sambil menyelam minum cucu, hehehehe… bercanda

  60. Aduh.. ternyata AKS kita kemarin palsu

    Malu….*-‘

    http://indo-defense.blogspot.com/2014/04/sulap-menyulap-helikopter-aks.html?m=1

    Gitu

  61. Bung ken_do .. sudah puas? .. hheehe

  62. nyimak..

  63. Agar negara kita menjadi negara maju, ekonomi harus dimotori kegiatan produksi yang berbasis nilai tambah tinggi, inovasi, daya kreasi. Intinya ada di kualitas SDM.

  64. Yang pasti underground jakarta jadi pentagonnya ntar -_-“

  65. Good news…… Sebuah gong panggilan ibu pertiwi bagi putraputri terbaik bangsa yg selama ini berjuang nun jauh di sebrang mata.

    BTw apa mereka siap? Harus disupport anak istri dia kelak. Di luarnegri mah enak dia.

  66. Salam Kenal Buat para Warga Jakarta Greater. Dan Salam Hormat buat para sesepuh Bung Jalo, Bung Nara, Bung NYD, Bung Satrio, Bung Diego.

  67. yang butuh release resmi pemerintah terkait Typhoon silahkan baca koran tempo hari ini.. Pasti akan percaya, mungkin bisa bermanfaat… πŸ™‚

  68. Nanti aja ya bung, tuh riset lagi jadi sasaran den karung tetangga.. tetangga lagi ngrumpi ama tetangga lain karena strees mikirin tuh barang… πŸ™‚

    Clue2nya sudah banyak tercecer di artikel2 sebelumnya kok…

  69. Bung@Jalo kira kira apa bunyi dari release resmi pemerintah kita terkait pespur Typhoon??????
    Mohon Pencerahannya…..

  70. ini saya bantu

    berita dari koran tempo

    judul: USUL PENGANTI F 5 BERTAMBAH

    JAKARTA – Kementerian Pertahanan dan TNI Angkatan Udara masih mengkaji calon pengganti pesawat tempur F-5 Tiger yang akan dikandangkan. Kepala Badan Perencanaan Pertahanan Kementerian Pertahanan, Laksamana Muda Rachmad Lubis, mengatakan empat pesawat generasi 4,5 atau mendekati kemampuan pesawat siluman atau antiradar yang dilirik adalah Sukhoi Su-35 buatan Rusia, SAAB JAS Gripen produksi Swedia, Dassault Rafale dari Prancis, serta Boeing F/A-18E/F Super Hornet bikinan Amerika.

    “Masih kami pertimbangkan dari sisi anggaran. Kami mempelajari yang paling menguntungkan pemerintah,” kata Rachmad kepada Tempo di kantornya, Rabu pekan lalu. Rachmad belum bisa memastikan jumlah anggaran untuk membeli pesawat baru.

    Sumber Tempo di Kementerian Pertahanan mengatakan sebenarnya ada usulan baru pengganti F-5 Tiger. Yaitu Eurofighter Thyphoon yang diproduksi bersama oleh Inggris, Spanyol, Jerman, dan Italia. Usul pembelian Thyphoon diajukan oleh PT Dirgantara Indonesia.

    Menurut sumber ini, PT DI beralasan para produsen Thyphoon lebih mau berbagi ilmu atau transfer teknologi. Bahkan, sangat mungkin PT DI diberi lisensi memproduksi beberapa suku cadang. “Kalau pesawat buatan Amerika dan Rusia tak ada transfer teknologi,” kata si sumber. Berdasarkan Undang-Undang Industri Strategis, pembelian alat utama sistem persenjataan dari luar negeri harus disertai dengan alih teknologi.

    Direktur Teknologi Penerbangan PT DI Andi Alisjahbana tak mau berkomentar tentang usulan perusahaannya. Dia hanya mengatakan pengadaan persenjataan sebaiknya tak hanya melihat kecanggihannya. “Tapi diperhatikan pula kesediaan negara pembuat untuk membagi teknologi dengan industri dalam negeri,” katanya.

    Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto menanggapi positif usulan Typhoon sebagai pengganti F-5 Tiger. Musababnya, Typhoon punya kemampuan relatif sama dengan calon pengganti lainnya. Hadi juga menilai pembelian Typhoon bakal menambah varian pesawat tempur Angkatan Udara. “Tapi keputusan pembeliannya berada di Kementerian Pertahanan.” Sejumlah pilot tempur yang ditemui Tempo justru menilai pemerintah seharusnya membeli Sukhoi Su-35. Pesawat ini dianggap superior di udara dan menimbulkan efek gentar bagi negara tetangga. INDRA WIJAYA

    • YG KAMREN BILANG HOAK AYO MINTA MAAF …SAMA SESEPUH..INI RILIS KORAN TEMPO HARI INI,,MAKASIH BUNG@JALO

    • Bung@Kancil makasih atas infonya…..

    • kalo tempo yang memberitakan ga ada yang muntah hoax hoex ya? he he he.. padahal sama saja dgn info yg sudah lebih dulu muncul di warjag.

      • bkn muntah lagi bung@NYD….pastilangsung tegangan tingi menahan malu..bibir rapat…lidah sepet,,,mata belekan..saking melototin berita hoax dari koran tempo, xixixi…salam peace sambil nungu bung@nyd pasang artikelbaru di temenin istri

      • Seperti kata bung @satrio (tabik bung!), paling2 yg kemaren bilang hoax langsung buru2 ganti akun atau minimal jd SR… hehehe

    • tuhkan…bener feeling gw….. ini masih usulan… analisa gw kapan hari gak tepat2 amat, cuman gak menth2 bilang hoax juga kaliii…artinya chance rafale ,grippen ama typon masih ada semua…

      • Iya, tapi antara usulan dengan barangnya sudah datang atau sudah pasti akan datang (pake embel-embel kata welcome segala) itu beda jauh lhoo, hehehe.

        • ya tapi paling tidak kan sudah ada titik terang nya bung.
          seperti yg bung diego bilang, ini barang yg terbang diudara, bisa dilihat siapapun, jd di tunggu aja bung

          • Sipp, kita tunggu aja. Kalau beneran barangnya datang, saya akan mengaku salah. Tapi kalau barangnya nggak datang-datang maka si penyebar hoax mau minta maaf nggak? Hehehe..

    • ga ada juga yg minta bukti pada redaksi tempo mengenai isi berita, ga ada yg minta photo dan ketika dikasih bukti pendukung malah bilang anak esde juga bisa bikin yang begituan he he he

      • cemungudd ea bung@nyd.. orang sabar disayang JANDA …ups…

      • Ini karena mereka mereka itu pada gak mau nerima kenyataan, kalo di JKGR dimunculkan tulisan ato berita pasti di bilang Hoax… tp kalo tempo yang munculkan berita mereka gak berani komen apa apa….. padahal yang ditulis sm wartawan tempo itu belum tentu juga bener adanya….. apalagi kalo gak ada fotonya….. hayooo…. para HOaxer manic…. tuh sono di forumnya tempo pada tereak hoax hoax…… gak usah di mari tereaknya….

      • mereka dapet pencerahan bahkan proposal sekelas pt DI nggak perlu keren2 banget, yg penting kan isinya. πŸ˜€

        • Sorry bung, saya gk prnah nongkrong di warung lain slain warung ini. Saya jg penggemar jkrtgrtr sprti anda. Tapi makin lama saya makin gk prcaya jkrtgrtr ini.
          Hak saya kan mnyampaikan pendapat wlaupun gk sejalan dgn pendapat saya?
          Ini kh jkrtgrtr yg menyerang sndiri member nya yg brtentangan dgn artikel nya? Ini kan forum bung, sama2 saling menghargai pndapat lah

      • bung @nowy, mungkin yg dimaksud alay2 yg bertebaran di warung ini, berita di JKGR itu hoax kalo tidak disertai bukti foto panglima atau kepala staf kita selfie di depan alutsista yg dibeli…

    • mungkin om beye ama om hollande udah telpon telponan eh bbm an atau whatsup atau wechat atau apalah namanya gitu..kan sblm deal ga harus ketmu..
      sedangkan Thypon masuk kandidat adalah atas permintaan PT,DI. knp demikian? karena disana termasuk ada spanyol yg ikut projek thypon.. sedangkan kita tahu kedekatan PT.DI dengan CASA spanyol dalam pembuatan CN235 dan kawankawan nya,,,eurocoopter..sehiungga jika terjadi pembelian di sertai TOT rasanya PT.DI menang banyak kan…logika dasar Spanyol ga pelit TOT kan dalam pengembangan CN235 kirakira begitu

      • I would love to believe all info ya. Tapi kita harus rasional juga dong. Gak hanya mungkin, dan mungkin. Bagi yg punya info dari dalam, tinggal kasih bocoran kemudian bisa bilang, take it or leave it.
        Bagi kita pembaca, harus mencoba untuk mencari tau seberapa jauh berita itu bisa diterima. Kan punya pendekatan sendiri boleh dong ? Kita kan harus menjadi smart reader πŸ™‚ yang tidak seketika bilang hoax, tidak pula langsung telan.

        Hmmm, konsorsium eurofighter emang lagi butuh project banget tuh, Spanyol dan Italy udah dapat dana talangan untuk mengatrol ekonomi nya, mau tidak mau harus agresif untuk jualan dagangannya. Walaupun dalam hati masih ngarep Dassault Rafale yang dateng dan Gripen daripada Typhoon. hehehe maksa banget neh..

        • betul bung@ponix,, eropa lg BU = butuh uang heheheh abis krisis kan

        • betul bung @phoenix, itu cara yang lebih baik dalam menyikapi informasi. saya yakin warjagers yang pro dan kontra terhadap satu pemberitaan punya saringan masing-masing yang juga berdasarkan informasi yang diketahui masing-masing. jika setuju semua jelas ga mungkin πŸ™‚

          Spanyol memang salah satu yg kena parah krisis ekonominya, mereka bahkan sempat berencana menawarkan kewarganegaraan bagi pembeli asing property di Spanyol seperti yang dilakukan Portugal. Saya juga jadi keingetan info bung Nara mengenai tambahan 100+ Leo2 eks AD Spanyol, cara pikirnya dari pihak penjual, pembeli, potensi, rencana, dana, kebutuhan dll .. maka informasi ini (setelah melalui saringan berita ekonomi politik ke dua negara) masih sangat bisa diterima dan masuk akal

        • Bung NYD, kadang-kadang netiket (internet Etiket) pembaca bermacam macam. Melihat komentar cuman satu kata Hoax, emang menjengkelkan. Sama bahasa yang uncivilized, dan yang sedikit mengganggu adalah membaca komentar yang banyak atau sebagian adalah huruf kapital (identik dengan orang teriak2). Tapi ya gimana lagi, begitulah resiko nya, semoga admin JKGR sabar menghadapi cobaan πŸ™‚

          Betul bung, Info dari Bung Nara itu tidak harus langsung dipercaya. Saya pribadi biasanya tidak percaya, karena emang tidak mengerti. Jadinya tiap baca komentar Bung Nara harus liat wiki biar ngerti. Disinilah seni pembelajaran yang saya suka. Beberapa yang udah mengerti, melihat keadaan, dan peristiwa di lapangan, banyak yang masuk akal. Salah satunya soal Typhoon ini.

        • Setuju bung, sepakat jg dg bung @nyd. Selain analisis yg membuka semua kemungkinan kt jg jangan serta merta menuduh hoax gara2 gaya penulisan. Setahu sy gaya penulisan military fanboys ya begitu. Sedikit hiperbolis lah. Jujur sy kadang jg jengah. Tapi yg penting kontennya sama contohnya tentang thypoon itu. Kalo kt terlalu kaku dan serius membacanya bisa repot..

        • Iya, sebenarnya mumpung Spanyol masih megap-megap .. πŸ™‚ .. masih minus pertumbuhan ekonominya (tahun depan diprediksi mulai plus ekonominya), pengangguran masih tinggi sekali (termasuk prediksi tahun depan), peluang buat minta teote yang lumayan. Tapi kalau bisa dapat dari negeri anggur buat teote rafale lebih asyik sepertinya.

    • Kerjasama sama SAAB itu cuman sebatas tukang jahit. Kalau Typhoon sudah ToT awalnya airframe dan akan terus ke avionics… Ayo milih mana?

      • Hahahahaha

        • awas lalat masuk bung@jalo ntr lalat nya bilang hoex hoex

        • baru tau kepala @bung bravo peyang kemasukan lalat

        • harapannya bung2 yang berdiskusi bias tetap menjaga tutur bahasa. jangan sampai acaranya menjadi kebon binatang ragunan dan tempat akhir pembuangan sampah. silakan dilanjut bung.

        • betul bung@alugro… maklum ada yg muntah darah xixixi

        • Kalau saya sih pengen kalau pemerintah kalau mau membeli pesawat yah kalau bisa yg ada ToT-nya. Ini demi kemandirian, sesuaikan dengan anggaran yang ada. Kita beli Cougar EC-725 6 unit aja bisa dapat ToT. Mudah2an ada yang berminat memberikan ToT dengan dana kita yang minim dan cara membeli ketengan ini. Saya salut ama pemerintah kita, beli dari barat tapi juga beli dari timur. Nah ini yg diperlukan yaitu gado2 pespur gado2. IFX memang sudah mulai, tapi masalahnya kalau nunggu dan sampai sekarang belum ada jaminan tuh pespur bakalan datang tahun 2025 belum lagi masalah pemilihan desain. Saat ini kita perlu rencana baru agar kemandirian kita dalam teknologi pespur bisa semakin maju. Contoh kecil ghini, taruhlah saat ini ilmu teknologi pespur kita sudah 20%, nah 80 persen ini harus kita cari mau nyicil juga gak apa2. Nantikan ilmu itu akan bertambah sendiri.

          Contoh lain, dalam kasus pembuatan kapal frigate Self improvment kita 33%, Basic Knowledge 50% nah yang kita cari ToT sisanya yaitu 17%. Jadi hitung2an harus diukur, kira2 kita butuh berapa persen lagi dan negera mana yg berbagi kekurangan kita itu. IMO

        • masalahnya skeptisnya sudah tahap akut, selalu mencari alasan untuk pembenaran skeptismenya. boro2 memberi pencerahan. contoh itu bang ED aka ..dini πŸ˜€ atau mbah Moel, biarpun masih sepemikiran sama anda, masih ada sesuatu yg dia kasih. setidaknya bahasanya lebih santun..

        • Yang awalnya memakai bahasa “lalat” siapa ya? Apakah itu bahasa yang sopan untuk digunakan kepada pihak lain yang berbeda pendapat dengan dirinya?

      • @ Bung Jalo, sangat wajar rekan anggota DPR mengharapkan skema ToT. Hal ini mirip dengan UU mengenai TKDN (tingkat kandungan dalam negeri) atau biasa disebut local content bagi produk atau layanan yang di jual di Indonesia. Tujuannya adalah menjaga supaya perputaran uang lebih banyak terjadi di dalam negeri, dan devisa tidak mudah keluar negeri. ToT adalah sarana untuk menjaga stabilitas ekonomi. Meskipun ekonomi kuat, tetap fokus pada pengembangan dalam negeri. 1 00% saya setuju.

        Yang sedikit saya kritisi, sejak kemaren diskusi dengan Bung Nara, adalah kenapa harus membeli Typhoon yg fungsi nya mirip dengan SU 27/30/35 ? Terus terang saya lebih suka Flankers, tapi mengingat Russia pelit ToT, bisa dimaklumi jika beralih ke Typhoon. Semoga ini tidak menjadi bumerang bagi kita, mengingat kepercayaan Russia sudah begitu besar pada kita, kita harus bisa bermain cantik untuk menjaga persahabatan dengan Russia yang lebih menjanjikan.

        • Kalau kita ngerti pespur, nah tinggal utak-atik tuh sukhoi kita. China bisa menjiplak karena mereka mengerti teknologi itu. πŸ™‚

        • @ bung jalo, waduh….jgn asal utak-utik bung, salah utak-utik nyawa joki taroannya plus klo gerobaknya diasuransiin klo kaga biji mane?

        • @bung erich…

          Tangan ente siap2 aja trs di tuas baker seat zero zero…

          Eject! Tuing blasss…

          Jgn lupa cek trs parasut cadangan he he…

        • Hehehehehee bung wehrmacht sadis juga…… nih barusan 5 shukoi keluar kandang…… gak tau pade mau kemana… apa buat acara besok ya tuk ultah nya TNI AU

        • Bung Erich, maksudnya satu pesawat dikhususkan untuk utak-atik peneliti kita kalau boleh, buat nyuri teknologinya.. Kalau peneliti kita sudah mengerti pespur kan enak tuh, kalau d utak-atik ngerti dasar2 pesawatnya.

          Kasusnya kayak Amerika utak-atik pespur sukhoi malaysia. Tuh pesawat sampai sekarang gak apa2, cuman buat belajar aja. cuman sekedar saran aja πŸ™‚

    • Belum fix kan? Nanti ada barangnya baru percaya.
      Anda kok terlalu mudah ya percaya.
      Hoaaam, ngantuk saya baca komentar2 kalian yg ngarep banget.

      • ya itu intinya, yen hura percoyo yen ono duite… πŸ™‚

      • Sorry bung, saya gk prnah nongkrong di warung lain slain warung ini. Saya jg penggemar jkrtgrtr sprti anda. Tapi makin lama saya makin gk prcaya jkrtgrtr ini.
        Hak saya kan mnyampaikan pendapat wlaupun gk sejalan dgn pendapat anda?
        Ini kh jkrtgrtr yg menyerang sndiri member nya yg brtentangan dgn artikel nya? Ini kan forum bung, sama2 saling menghargai pndapat lah

        • @Ken_do say bukannya menyerang anda bung…tapi kalo anda trus trus ngetroll bilang hoax tanpa alasan yang masuk akal itu sama aja dengan kaum warung sebelah yang tidak bisa mencerna suah informasi dengan benar.seperti apa yang dikatakan oleh bung satrio kalo kita makan bakso ga mungkin kita langsung menelan pentol bakso tersebut tanpa mengunyah nya.jadi nya kayak anda ini hoax hoes ga jelas.saya sangat menghargai pendapat semua memeber warjager kalo pendapat itu menurut saya radional tapi kalo tidak ya mohon maaf saya tidak bisa menerima nya.bukan nya saya memaksakan pendapat saya ke anda bung Ken_do.tapi cobaalah cerna dulu informasi itu dan barulah anda berpendapat disertai alasan yang rasional.santai aja bung jangan emosi gitu :mrgreen: πŸ˜†

      • bung@ken_do:kalau anda tidak percaya lagi dgn jkgr yaudah anda cari saja sumber yang lbh terpercaya mnrt anda daripada blng hoax disini.nggak ada gunanya bung.lagipula anda juga tidak menyertakan argumen anda saat bilang hoax.

      • bung@ngurah rai:slow aja bung:)

    • Membeli Pesawat tempur yang produsennya bersedia berbagi teknologi memang layak untuk dibeli. tujuannya adalah untuk kemandirian di masa depan.

      PT. DI memberikan opsi Typhoon, karena PT. DI melihat bahwa produsen Typhoon bersedia berbagi teknologi. Jika pemerintah Indonesia menuruti opsi dari PT. DI dan akhirnya memilih Typhoon, Pemerintah Indonesia harus meminta jaminan dari PT. DI bahwa ditahun 201*, PT. DI sudah bisa membuat pesawat tempur sendiri. tentunya dengan kualitas tidak jauh dari spesifikasi Typhoon.

      Jika ternyata di tahun yang sudah ditentukan PT. DI gagal, tentunya harus ada yang bertanggung jawab atas kegagalan itu dan recomendasi dari PT. DI untuk pembelian Typhoon perlu di selidiki oleh BIN dan KPK.

      Secara serampangan, pilihan para pilot TNI AU itu juga perlu diperhatikan, mereka cenderung memilih SU-35. Sebagai orang yang memang dilatih dan dididik menjadi pilot tempur dengan segala resikonya, para pilot TNI AU itu lebih mengerti dan lebih memahami medan pertempuran udara yang mungkin kelak mereka hadapi. Para pilot TNI AU tentunya ingin memenangkan setiap insiden pertempuran udara karena kalau mereka kalah berarti nyawa mereka sendiri sebagai taruhannya.

      Sangat wajar para pilot cenderung memilih SU-35 karena Australia membeli F-35 dalam jumlah yang efective ( kisaran 75 – 100 ) dan Singapura juga membeli F-35 ( kisaran 45 – 75 ) selain itu mereka juga mempunya F-18 dan F-15. Jika tetangga membeli F-35, tentunya akan terbuka peluang mereka juga akan membeli F-22.

      Jika Indonesia membeli SU-35 dan dikemudian hari ternyata tetangga mempunyai F-22, Indonesia “tinggal melanjutkan” membeli SU-T50 Pakfa. itu juga berlaku untuk negara-negara eropa anggota NATO, jika ternyata pesawat NATO semacam Typhoon dan Rafale banyak yang rontok atau ketinggalan teknologinya, mereka tinggal telpon ke Amerika agar mengirim F-35 atau F-22. itu mudah karena NATO adalah sekutu amerika.

      Karena konsorsium eropa “sudah menawarkan” ToT pesawat tempur Typhoon walau agak “aneh” karena tiba-tiba royal berbagi teknologi, mungkin Typhoon perlu dibeli dalam jumlah minimal seperti yang disyaratkan produsennya agar PT. DI mampu berkembang dan memproduksi pesawat tempur sendiri sekaligus untuk opsi cadangan IFX korea selatan.

      Jika Typhoon sudah menawarkan ToT, untuk pesawat tempur SU-35, sepertinya pemerintah Indonesia harus berusaha dan memaksa Russia untuk berbagi teknologinya, mungkin dengan membeli dalam jumlah lebih banyak, bekerja sama dalam banyak hal, peluang itu ada karena Russia juga memerlukan partner dalam segala bidang setelah hubungan Russia dengan NATO dan USA bermasalah.

      Dengan membeli SU-35 dalam jumlah sekitar 4 sampai 6 skadron, Indonesia akan memperoleh keuntungan ganda.

      Keuntungan Pertama adalah : Dengan Skill pilot Indonesia yang terkenal handal, dengan Su-35, maka Indonesia akan mempunya skadron pemukul kelas berat yang mampu membuat tetangga meriang, panas dingin, muntah-muntah dan kadang kencing di celana.

      Keuntungan Kedua adalah :
      Untuk keutungan ke-2 tolong dipikirkan sendiri karena sudah waktunya saya sarapan dan minum susu dulu.

    • @Bp. Rachmad Lubis,
      SU-35 jangan diadu-adu ama rafale/typhon/gripen dll dunk Pak. SU-35 itu mandatory untuk kelasnya dan antisipasi F-35 sebelum kita bikin IFX/stealth.

      Klo buat nglengkapi teknologinya IFX yaat monggo dipilih TOT tapi salah satu aja antara typhon/rafale/grippen… dan jumlah unitnya jangan banyak-banyak , biar sisa duitnya bisa banyakin pensil-pensil nya.

  71. Request judul baru bang moderator: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (tengah) didampingi Wapres Boediono (kanan) menghadiri peresmian Kawasan Indonesia Peace and Security Center (IPSC) Sentul di Desa Sukahati, Citereup, Kabupaten Bogor, Jabar, Senin (7/4).

  72. Saya cari websitenya pt infra rcs nggak ketemu. Yang ketemu solusi 247. Tapi deskripsi radarnya sama. Kalau info global gimana ya kabarnya untuk avioniknya, apa ada yang dipasang? Mungkin ada info bung Jalo .. πŸ™‚

  73. salam kenal semuanya,,,buat yang hoax hoex,Ni forum ga usah ente ambil pushing,,rugi di ente ngabisin energy ente aja.mending ente kalem, diam n cerna tu infoh.masa lah percaya ato ga urusan ente…buat para sesepuh,,keep posting…berita2 di forum ini yang jadi tambahan pengetahuan Ane ttg tni..jayalah nkri

  74. lagi dan lagi test,opipini umum dan persepsi kawasan untuk mewujudkan atau mentransformasikan system keamanan yang ideal NKRI.
    maaf hanya pendapat,kembali SR lagi.

  75. test

  76. tambahan info mengenai nasams :

    +
    – Sangat fleksibel
    – Commonality dengan rudal udara AAM
    – Tinggi mobilitas
    – Active Guidance
    – Jarak jangkau cukup bagus
    – Beberapa pilihan rudal
    – system elektronik yang bagus


    – Mahal
    – politik

    Ini adalah dua sistem berbasis rudal yang sama , yang berbeda terutama di radar dan peralatan komunikasi yang digunakan . Sampai saat ini , setidaknya 6 negara di luar AS telah menggunakan system ini , total unit lebih dari 20 paket terjual . Pada dasarnya , sistem ini menggunakan AIM – 120 misil udara-ke – udara yang disesuaikan untuk penggunaan ground launcher . system ini menyediakan coverage medium range yang baik bagi pasukan mobile, dengan keuntungan special karena menggunakan active seeker . Seperti versi – AAM , rudal yang diluncurkan ke arah target , bahkan bisa diberikan update di tengah jalan.
    SL – AMRAAM juga memiliki 3 pilihan rudal : rudal dasar AIM – 120C dan memiliki jangkauan 33 km , sedangkan SLAMRAAM – ER memiliki tubuh ESSM dengan AMRAAM Seeker , dan cocok untuk range sampai 40 km . Akhirnya, AIM – 9X dapat digunakan untuk titik pertahanan untuk 10 km . SL – AMRAAM cukup fleksibel dan dapat diluncurkan dari sejumlah platform , termasuk HMMWV , NASAMS launcher , bahkan , HIMARS versi khusus, sehingga memungkinkan sistem artileri mampu menyediakan pertahanan udara sendiri ! bahkan compatible dengan Patriot (PAC III)

 Leave a Reply