Feb 112014
 
Sistem pertahanan udara jarak dekat, Oerlikon Skyshield, Rheinmetall

Sistem pertahanan udara jarak dekat, Oerlikon Skyshield, Rheinmetall

Düsseldorf. 11/02/2014. Indonesia memilih untuk memperluas penggunaan sistem pertahanan udara dengan Oerlikon Skyshield buatan Rheinmetall dengan melanjutkan pemesanan sistem unit persenjataan Skyshield. Kontrak senilai 38 juta Euro bagi Indonesia termasuk pelatihan dan layanan logistik untuk angkatan bersenjata Indonesia, dengan pengiriman hingga akhir 2015.

Rheinmetall adalah salah satu pembuat sistem pertahanan udara canggih jarak pendek yang terkemuka di dunia. Perusahaan ini memimpin pasar dalam pertahanan udara berbasis meriam, dan satu-satunya suplier sistem teknologi penembakan yang menggabungkan kanon otomatis dengan peluncur peluru kendali dan peluru canon yang dilengkapi amunisi Ahead (Peluru canon yang ditembakkan dan membentuk perisai -butiran-butiran metal kecil- menyerupai jaring, untuk menahan serangan yang datang).

Dengan teknologi Skyshield 35 mm yang sudah diujicoba dan teruji, Rheinmetall telah menetapkan standar internasional yang tak tertandingi, terutama untuk melindungi tempat-tempat umum dan infrastruktur sipil yang kritis dari ancaman teroris .

35mm-1000_Millennium_FCS

Sistem pertahanan udara Skyshield adalah modular, ringan, sistem Short Range Air Defense (SHORAD) yang dikembangkan oleh perusahaan Swiss Oerlikon Contraves (sekarang menjadi anak perusahaan dari Rheinmetall Jerman).

Sistem senjata itu sendiri terdiri dari dua 35 mm (1,38 inci) Revolver Cannon dengan kecepatan tembakan 1000 butir peluru per menit. Sistem kontrol penembakan terdiri dari unit sensor dan pos komando terpisah. Skyshield juga dapat mengusung dua modul (8 cell) rudal darat ke udara untuk meningkatkan kemampuan pertahanan udara. Sistem pertahanan udara Skyshield dirancang untuk pertahanan anti-pesawat dan peluru kendali. (rheinmetall-defence.com).

  30 Responses to “Sistem Pertahanan Udara Oerlikon Skyshield Indonesia”

  1. kita beli sekaligus rudal gak ni bung diego?

  2. Paramexxxxx….

  3. ilustrasi peluru AHEAD 35mm Oerlikon Skyshield

    • Rusia Tidak Akan Biarkan Indonesia di keroyok

      Duta besar rusia untuk indonesia kepada TVRI saat di temui di kantor kedutaan di jakarta mengatakan bahwa indonesia itu adalah negara sahabat kami,sahabat yang telah lama menjalin hubungan baik,tahun 2013 lalu adalah puncak keakraban Indonesia – rusia,indonesia membeli berbegai senjata dan peralatan dari Rusia,pesawat tempur,rudal dan beberapa senjata perang lain nya yang tidak dipublikasikan dan rusia menghargai itu,terkait hubungan yang memanas indonesia dansingapura.

      Rusia akan terus mengikuti perkembangan nya,hal terburuk jika akhirnya terjadi perang antara singapura dan indonesia rusia tidak akan khawatir sama sekali,sebab singapura hanya melihat senjata milik TNI yang di publikasikan sementara tidak mengetahui senjata TNI yang menjadi bagian rasaha oprasi tapi rusia tahu betul kekuatan Indonesia saat ini,indonesia bukan tandingan singapura.

      Namun di tegas kan oleh duta besar rusia untuk indonesia tetapi jika terjadi penyerangan bersama sekutu ( As,ingris,malay sia,PNG,Austral ia,) tanpa di minta maka rusia tau apa yang harus di lakukan untuk Sahabat kami Indonesia,ini sikap resmi pemerintah Rusia ungkap nya.

      jika indonesia menghadapi sebuah persekutuan maka Rusia adalah sahabat Indonesia yang akan melakukan Tugas sebagai sahabat baik yang tidak akan membiar kan sahabat nya diserang dalam sebuah ketidakadilan,indonesi a adalah sahabat kami yang tempat nya lebih
      Tinggi dari sebuah sekutu,dan tentu kami akan melakukan hal
      yang lebih dari apa yang kami lakukan terhadap sekutu kami, melindungi dan membantu sahabat adalah idiologi kami (Rusia)

      TVRI LIVE diaolog wartawan,endang susanti di kantor kedubes Rusia

      Nemu yg kayak gini ne bung, mohon pencerahannya, sori oot.

      • @bung minoritas ada link nya dan bisa dishare disini ?

        • Mohon Pendapat dan komentar para warjager/sesepuh atas link diatas, apakah kiranya beneran ato hoax…. saya senang jikalau Duber Rusia benar-benar membuat pernyataan seperti itu

      • Terlepas apakah ini benar atau hoax, saya pribadi lebih setuju klo kita lebih dekat ke Rusia (+China) dlm urusan pertahanan dan alutsista drpd ke US cs. Blm cukupkah pengalaman pahit kita kpd US cs? US cs itu bermuka dua, muka yg satu menganggap kita sebagai teman/sahabatnya tapi muka yg satunya akan selalu berusaha “menggoyang” kita. Selain itu, kita akan didekati klo dia/mereka (US cs) memerlukan kita, tapi setelahnya bersiaplah utk ditendang dan diinjak. Fakta2 sdh sangat terang-benderang!

      • Bung Alfan, linknya tidak ada karena dari siaran TVRI, itu menurut sumber komentator di atas.
        @Bung MInoritas: Tapi untuk membuktikan ini bukan hoax, minimal tampilkan foto siarannya, atau kalau gunakan TV Tuner di PC, difoto aja siarannya dan gambarnya bisa ditampilkan atau rekaman videonya.. SUpaya tidak dikatakan bahwa berita anda HOAX

      • Jangan pernah sesekali menempatkan janji-janji pihak lain ke dalam kerangka pertahanan nasional. Ada Rusia atau pun tidak, kita harus fokus pada wujud sebuah pertahanan nasional yang kita yakini mampu melindungi semua aspek yang ada di negeri ini. Janji manis hanya akan membuat kita terlena, malas, tidak fokus, lemah dan kurang inisiatif, akhirnya kita pun akan hancur, bahkan walau tanpa melalui perang yang lebih menghancurkan itu sendiri. Fenomena ini akan sangat memprihatinkan, karena walaupun kelak kita menang dalam peperangan, tapi kemenangan itu tidak akan mampu memberikan kebanggaan, apalagi kalau kalah, pasti akan jauh lebih menyakitkan. Tidak akan pernah ada sebuah keberhasilan, tanpa ada kesungguhan untuk meraih keberhasilan itu sendiri. Mari Bung, kita bertekad menjadi manusia dan bangsa Indonesia yang mandiri…!

  4. Ini bisa gak di pasang kapal perang indonesia, wuuiihh pasti mantap tuh….

  5. “USA Takut Gempur
    NKRI” Ini Alasannya
    Pukul 04.00 WIB atau jam 05.00
    waktu TEXAS USA, ada suatu yang
    istimewa dalam acara TALK SHOW
    di TV ABC 13 TEXAS. Acara tersebut
    bekerjasama dengan Universitas
    Dallas TEXAS. Karena dalam
    wawancara tersebut dihadirkan
    narasumber yang cukup kompeten.
    Tapi yang menarik acara tersebut
    justru menyangkut militer
    Indonesia.
    TALK SHOW di TV ABC 13 TEXAS
    menghadirkan para jenderal
    purnawirawan USA dan BRITISH,
    tapi ada seorang mahasiswa
    Universitas Dallas bertanya tentang
    penempatan MARINIR USA di
    AUSTRALIA. Maka jawaban dari
    Jenderal tersebut cukup
    mencengangkan buat pemirsa
    semua.
    TALK SHOW di TV ABC 13 TEXAS
    dihadiri Jenderal (purn) Mike
    Jackson (pemimpin pasukan Inggris
    saat menyerbu Irak), Jenderal
    (purn) Tommy Franks (pemimpin
    DELTA FORCES saat OPERASI BADAI
    GURUN), Jenderal (purn) Peter Pace
    (mantan JENDERAL US MARINE dan
    KEPALA STAF GABUNGAN US).
    Mahasiswa dari Universitas Dallas
    bertanya : apa penempatan US
    MARINE berindikasi akan serangan
    USA ke Indonesia suatu saat nanti?
    Jend. Peter Pace : ” saat ini ada 3
    besar kekuatan MARINIR dunia dan
    Indonesia berada pada posisi ke 3.
    Penempatan US MARINE hanya
    untuk STABILITAS kawasan di ASIA
    TENGGARA”. Jangan bermimpi USA
    berencana menyerang Indonesia
    meski USA pimpinan NATO. Tidak
    pernah terpikir oleh pemimpin USA
    untuk menyerang Indonesia.
    Presenter TV ABC 13 TEXAS,
    HANNAH menambahkan pertanyaan
    USA pernah terlibat konflik di
    kawasan ASIA TIMUR JAUH…
    kenapa Indonesia begitu
    diperhitungkan?
    Jend.Tommy Franks : “Kita pernah
    punya pengalaman pahit di
    VIETNAM dan KOREA, dan semua
    pemimpin USA sadar siapa dibalik
    ke 2 negara ASIA yang pernah
    terlibat konflik dengan kita.
    Indonesia adalah guru bagi
    VIETNAM dan KOREA UTARA saat
    berperang melawan USA.”
    Jend. Peter Pace : “kita sering
    berlatih dengan Indonesia, kita
    sadar bagaimana kemampuan
    pasukuan khusus Indonesia,
    pasukan kita sering kewalahan
    dalam setiap latihan perang dengan
    Indonesia.”
    Jend. Tommy Franks : “saat operasi
    pembebasan sandera di pesawat
    yang dibajak di Bangkok Thailand,
    DELTA FORCE memantau operasi
    tersebut, tapi yang tidak dimiliki
    oleh pasukan negara lain dalam
    pendidikan pasukan KHUSUS
    adalah, Anda akan terkejut bila
    mendapati satu mata pelajaran yang
    takkan didapat di pendidikan elite
    militer manapun, yakni pendidikan
    menaklukkan makhluk halus.
    Jend. Mike Jackson : “DOKTRIN
    militer Indonesia sudah dipakai di
    beberapa negara ASIA bahkan
    AFRIKA karena Indonesia memang
    diminta melatih beberapa negara
    ASIA dan AFRIKA. Meski Indonesia
    kekurangan senjata tidak mungkin
    mudah menaklukkan Indonesia
    karena jika perang terjadi bukan
    hanya militernya yang maju perang
    tapi rakyatnya juga pasti turut
    membantu untuk menghabisi lawan.
    SAS sudah pernah merasakan saat
    berhadapan dengan aliansi tentara
    Indonesia dan rakyat indonesia.
    Jadi jangan pernah anggap ringan
    dengan Indonesia ungkap Jenderal
    Mike Jackson.
    Seorang mahasiswi juga bertanya
    tentang kekuatan ASIA dimata
    MILITER INTERNASIONAL. Apa
    jawaban mereka? Lagi-lagi
    Indonesia menjadi sorotan.
    Jend. Mike Jackson : “Indonesia
    dalam waktu dekat akan menjadi
    sebuah negara yang militernya
    sangat besar dan sulit tertandingi”.
    Jend. Peter Pace : “Indonesia
    memiliki semuanya dan kalo itu
    diopersionalkan maka Indonesia
    akan melampaui India dan Cina
    dalam perkembangan militer”.
    Jend. Tommy Franks : “sebagai
    orang yang pernah memimpin
    pasukan khusus, saya tahu banyak
    rahasia tekhnik militer yang tidak
    ditunjukkan dalam latihan perang
    bersama. Kalo saat ini banyak
    negara terutama yang tergabung
    dalam NATO mengadakan hubungan
    dagang militer dengan Indonesia,
    itu sebuah kebijakan yang tepat,
    karena kalau tidak akan sangat
    membahayakan posisi NATO di
    ASIA, karena Indonesia memiliki
    konsep NON BLOK. Kedepan saya
    harapkan tidak ada sanksi atau
    embargo yang dijatuhkan kepada
    Indonesia, karena itu dapat
    menimbulkan kerawanan dikawasan
    ASIA terutama LAUT CINA SELATAN.
    Untuk urusan LAUT CINA SELATAN,
    Indonesia adalah kunci kita. Kalo
    USA tidak berhati-hati memegang
    kunci tersebut maka dampak besar
    akan dirasakan oleh sekutu kita
    dikawasan itu”.
    Dalam akhir acara Jend.Tommy
    Franks mengungkapkan “ada satu
    pasukan khusus Indonesia yang
    jarang mengadakan latihan bersama
    yaitu AU. Pasukan khusus AU
    Indonesia adalah satu satunya
    pasukan dengan kualifikasi Korps
    Pasukan Khas TNI-AU di Asia dan
    terlengkap di dunia.” Meski USA
    juga memiliki pasukan serupa
    dalam beberapa satuan tapi
    kelengkapannya tidak mampu
    mengalahkan pasukan khusus AU
    Indonesia” ujar Jend.Tommy
    Franks.(theglobal-review)

    ane jg nemu nih gan artikel bgus diblog sblh.. maaf mlenceng dr tema

  6. Jadi inget IFV puma

  7. Alangkah bagusx..Penempatan Tank IFV PUMA di Kal-Tim smoga aja…Amien…

  8. @ Bung Now
    bagaimana sih cara kerja SKYSHIELD itu?
    Begitu di tembakkan pada jarak tertentu koq pelurunya kaya meledak sebelum menghantam sasaran ,…

    • kalo ga salah tangkap, ada semacam sensor/fuse di setiap butir peluru AHEAD 35mm itu. Jarak target diperhitungkan oleh radar, dan ada semacam trigger elektronik di ujung moncong cannon yang akan mengaktifkan peledakan peluru AHEAD ketika melewatinya (ketika peluru keluar). proses itu yang menentukan kapan/pada jarak/waktu berapa lama peluru meledak dan “menyebarkan jaring”. ditembakkan secara salvo akan memberikan efek ‘tembok besi’ yang menghadang serangan rudal, UAV atau object terbang lainnya

      cmiiw

  9. rencana yg sangat hebat, dengan membuat tameng udara hingga rangkap 3 untuk kedepanya. tameng jarak dekat, jarak menengah, dan jauh klw jadi akuisisi S300/400/hq. bisa2 lalat saja bakalan rontok jika lewat sembarangan tanpa permisi..:D.

 Leave a Reply