Oct 062017
 

Sistem Rudal S-400 (Vitaly V. Kuzmin)

Jakartageater.com. Arab Saudi dikenal sangat selektif dalam memilih sistem persenjataan militer. Contohnya saja pesawat tempur F-15 SA. Mereka mau membelinya, jika peralatan militer itu dipercayai sangat prima. Untuk itu situs Nastional Interest sempat menganalisa bahwa jet tempur F-15 SA yang diterima Arab Saudi sejak awal tahun 2017, adalah pesawat F-15 paling canggih yang pernah dibangun oleh manusia.

Arab Saudi bisa dikatakan merupakan pelanggan setia sistem pertahanan Amerika Serikat, seperti: membeli 150 unit helikopter Black Hawk, membeli kapal perang siluman Littoral Combat Ships (LCS), Sistem THAAD, Hulu ledak penetrator dan bom dipandu laser Paveway dari Raytheon dan memesan 115 unit MBT M1A2 Abram. Semuanya senjata modern dan kelas satu.

Namun, Arab Saudi belum puas dengan kemampuan sistem THAAD rudal Patriot tersebut.

Arab Saudi telah menyetujui kesepakatan untuk membeli sistem pertahanan rudal S400 dari Rusia pada hari Kamis, 5/10/2107, saat kunjungan kenegaraan Raja Salman Bin Abdulaziz ke Moskow, Rusia, seperti dirilis Alarabiya.net.

Kesepakatan tersebut akan memungkinkan kerajaan Arab Saudi untuk mengakuisisi salah satu platform pertahanan rudal paling maju di dunia.

S-400 Triumf adalah sistem pertahanan udara : anti pesawat terbang, anti-rudal balistik dan anti-rudal jelajah yang telah yang dioperasikan Angkatan Darat Rusia sejak 2007.

Sistem ini menggunakan empat rudal: rudal jarak jauh 400 km, rudal jarak jauh 250 km, rudal jarak menengah 120 km dan rudal jarak dekat 40 km.

Sistem ini memberi Arab Saudi kemampuan pertahanan multi-lapis melawan ancaman udara.

S-400 digunakan oleh tentara Rusia, Belarusia dan Cina. Turki dan India sedang menunggu pengirimannya.

Meskipun kerajaan Arab Saudi menggunakan basis pertahanan rudal Amerika-Eropa yang sangat bergantung pada sistem rudal Patriot Raytheon, masuknya sistem Rusia ini tidak akan mempengaruhi namun meningkatkan sistem yang ada, ujar Riad Kahwaji, Chief Executive of the Institute of Near East and Gulf Military Analysis di Dubai.

“S400 adalah platform rudal yang efektif yang dapat dimanfaatkan secara efektif asalkan jaringan komunikasi terpasang,” katanya. “Selama komando dan kontrol Anda bisa saling komunikasi dan melihat ancaman yang muncul, Anda baik-baik saja dengan sistem ini,” tambahnya.

Arab Saudi sudah memiliki sistem peringatan dini dengan radar, pesawat peringatan dini dan sistem pertahanan rudal, Kahwaji menambahkan.

Arab Saudi tidak hanya membeli S-400 dari Rusia, tapi juga termasuk : Kornet-EM anti-tank missiles, TOS-1A MRL & thermobaric weapons, AGS-30 automatic grenade launcher dan AK-103.

  56 Responses to “Sistem Pertahanan Udara S-400 Memang Mantap !”

  1.  

    Kalo dekat dgn Rusia, Indonesia bisa membeli S-400 dgn harga murah, ………………… ( Tetapi jgn kebangetan menawarnya ) !!!

  2.  

    memang idamannnnn!!!!!!

  3.  

    bukan mantap lagi tapi super mantap

  4.  

    Bisa mendeteksi burung yang datang dan pergi dari lingkaran berdiameter 580km… ternyata tidak hanya sistem pertahanan, tetapi bisa untuk mendeteksi aktivitas kegiatan udara di sekitarnya… Patriot hanya bisa melakukan dengan jarak 177km dan hanya searah…
    secara tidak langsung, kalau ada yang main drone bisa kedetek dari rumah siapa, buat ngintip siapa dan kapan… hmmmmm
    Pantesan benci bener itu paman Sam sama yang satu ini, dengan mudah segala kegiatanya bakalan terpantau… dan itu jelas sangat menjengkelkan

    •  

      Itulah bro yuli kenapa kemarin sy bilang SU 35 adalah pesawat pemburu siluman bisa mungkin saja, krn S400 bisa mendeteksi pesawat siluman bahkan burung2 pun bisa ke deteksi walau burung tdk mengeluarkan energi panas kuat, itu info kedapet dari sumber2 luar negeri….

      •  

        memang bung… makanya perhatikan saja, jika benar2 menguasai makalah seharusnya memahami adaapa saja di perangkat militer Russia secara keseluruhan, tidak bisa hanya sepotong2, toh ujung2nya kalau adu argumen keteter akirnya juga keluar semua alutista dibelakangnya, ada AWACS lah, ada pesawat ini itu lah… hla kan sama Russia juga punya ini itu untuk mendukung operasi militernya… jadi tidak bisa berargumen pasti kalah atau pasti menang

    •  

      Karna S400 Secara khusus sudah dilengkapi RAM dgn RCS paling rendah & bisa mndetek pesawat musuh dgn rcs rendah, jgnkn drone yg terbang, orang yg mengendalikannya pun bisa didetek

      Hahhahaaaa

  5.  

    Kata orang arab
    “Duit aing kumaha aing”

  6.  

    mungkin Saudi perlu yg lebih joss …
    mungkin Saudi perlu vendor lebih variatif …
    mungkin Saudi kesal dg syarat penggunaan sista yg sdh ada …
    (ga boleh nimpuk Israel, ga boleh nimpuk NATO + apalagi kalo nimpuk negara produsen nya sangat di larang)

    •  

      Saudi sebenarnya sudah lama tahu pola-pola “kasar” amerika & british dalam “mengatur” negara-negara monarki arab, tapi raja Salman sepertinya tidak takut akan resiko-nya, karena kekasaran mereka sudah keterlaluan, mengagitasi dan memperburuk situasi keamanan Timur Tengah. Lebih dekat dengan Russia adalah jalan bijak.

  7.  

    LEBIH MANTAP LAGI KALO DIBELI INDONESIA COCOK BUAT MELINDUNGI RUANG UDARA KITA YANG MASIH BOLONG PESAWAT TETANGGA BAKAL MIKIR LAGI KALO MAU NGELANGGAR WILAYAH INDONESIA BELI 3 BATERAI AJA BUAT JAKARTA DAN SURABAYA YANG SATU LAGI TARUH DI BATAM SINGAPUR PASTI KETAR KETIR F-15SG BARU TERBANG DAH KEDETECT S-400 WKWKWKWK

  8.  

    tni au jadi beli nasams?tni ad beli apa?

  9.  

    Gak percaya..
    Hhhhhhhhhh

  10.  

    Apa artikel ini menyindir pak RR yg blm ada minat, melihat bahkan melirikpun tidak.he3.

  11.  

    eh …… lu jangan hina teman baik gw yah… dasar lu tuwir beraninya cuma teriak ontaontaontaontaontaontaontaon taon depan saudi beli S-400 😛 huihi……….
    ada duitnya lu belain jimmy ga ada duitnya jimmy ditendang hihi 😆
    hihihi piss jimm….i’m not extrimis, i just a opportunitis.

  12.  

    Jangan sota (so’tau) baca:

    “kunjungan Raja Salman ke Rusia bukan hanya membeli senjata saja tapi kerja sama membangun industri militer yang akan dibangun di Arab Saudi dalam waktu dekat”

    http://bangka.tribunnews.com/2017/10/06/raja-salman-ke-rusia-borong-senjata-untuk-persiapan-melawan-iran

  13.  

    Pa Presiden, jangan lupa Janjinya. Anggaran pertahanan 1,5% sampai 2% GDP dan Kekuatan Militer Raksasa di Asia. Jangan kesalip Arab Saudi yg saat ini masih dibawah kita dalam rank GFP (globalfirepower.com).

    •  

      Anggaran pertahanan kita saat ini 114 trilyun. Jika nyampe “standar” rata-rata dunia yg mencapai 2% GDP, maka anggaran pertahanan kita bisa mencapai lebih dari 400 trilyun. Bayangkan, kekuatan militer “standar” yg besarnya 4 kali lipat kekuatan saat ini. Wuiihhh… pa Presiden sudah berjanji… pokoknya awaaasss.. !! :V

  14.  

    lebih mantap lagi kalo di beli om

  15.  

    Sidikit koreksi arab saudi tdk takut dgn qatar walau sekarang sedang ada masalah yg jadi alasan saudi beli s 400 kemungkinan besar iran yg telah memiliki rudal jelajah yg bisa menjangkau isarel dan jgn lupa iran ada di belakang konflik yaman yg berulangkali nembakan rudal jelajah ke saudi.tp dpt fi tangkis patriot versi 3
    Saudi udah punya thaad msh beli s 400 cukup membingungkan krn hampir tdk mungkin mrnyatukan 2 sistem berbeda dlm 1 frame pertahanan

    •  

      Justru patriot dan thaad itulah antidot arab saudi utk Iran yg persenjataannya banyak dibanti China & Rusia. Tp utk antidot dr produk barat.? Masa mau dilawan dng produk barat jg.? Kekhawatiran itu dipicu dng timbulnya ketegangan dng Qatar. Kalo ketegangan dng Iran itu sebenarnya hanya cerita lama yaitu masalah perebutan penguasaan jalur distribusi pipa minyak ke Eropa.
      Arab Saudi meniru langkah Turkey yg selalu bermasalah dng Yunani sesama block Nato.
      Ya ini cuma analisa amatiran dr fans boy militer saja yg ngawur tanpa beban. Tp kalo analisa sesungguhnya dan dr perspektif militer sesungguhnya mari kita tanyakan Pak Gatot saja…xixixi

  16.  

    Menunggu komentar Donal trompa & kroni2nya…

  17.  

    Tidak mempengaruhi sistem yang ada…malah memperkuat…mantap ini…kata2nya…

  18.  

    Hahaha… Embbeeerr. Tapi Benerkan Yg Kemaren Saya Bilang Klau Akan Ada Kejutan dari Slh Satu Negara Timteng…

    #Gk Sia-2 Pak Chemezov Sampe Dateng Kesana

  19.  

    Dan kita hanya mampu dengan yg sekelas NASSAM..Hasil export credit yg diberikan Norwey..

  20.  

    Kan negara kita negara damai jadi ga butuh yg beginian paling nanti gitu jawabannya

  21.  

    Sebesar apappun anggaran militer di arabnya saud tetap lah percuma krn disana tdk ada nasionalisme krn saud mendapatkan wilayah arab dgn cara mencaplok dan invansi.

    Tinggal nunggu keruntuhan dan bangsa arab bangkit melawan bani saud, huehuehue

  22.  

    Saya berharap Indonesia beli S400 sesegera mungkin, nanti diletakkan di natuna dan jgn lupa beli produk amrik biar gak cemburu …
    Xixixi …..

 Leave a Reply