Apr 142019
 

Sistem pertahanan udara Suriah mencegat dan menjatuhkan beberapa rudal Israel (foto : haaretz.com)

Jakartagreater.com – Sistem pertahanan udara Suriah Mencegat serangan rudal Israel terhadap posisi militer Suriah, lapor media Suriah. Akibat serangan itu dilaporkan menimbulkan korban jiwa setelah pesawat tempur Israel meluncurkan rudal ke sasaran di dekat kota Hama, yang menurut oposisi Suriah merupakan lokasi yang digunakan oleh pasukan Iran dan Hizbullah.

Pesawat-pesawat tempur Israel menargetkan posisi militer di dekat provinsi Hama di Suriah pada Sabtu, tetapi pertahanan udara Suriah mencegat dan menjatuhkan beberapa roket, rilis televisi negara Suriah, pada hari Sabtu.

Mengutip sumber-sumber militer, kantor berita SANA dan televisi pemerintah Suriah mengatakan bahwa pesawat tempur Israel telah menargetkan “salah satu posisi militer Suriah di kota Masyaf” di Suriah barat laut, dan melukai enam tentara.

Oposisi Suriah melaporkan bahwa lokasi tersebut digunakan oleh pasukan Iran dan Hizbullah. Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berpusat di Inggris mengatakan serangan udara Israel menghantam tiga sasaran, melukai 17 tentara Suriah, dan ada korban jiwa, tetapi tidak jelas berapa banyak yang terbunuh dan apakah korban tersebut merupakan tentara Iran atau tentara yang didukung Iran.

Dikatakan serangan itu menargetkan Sekolah Akuntansi serta pusat pengembangan rudal di sebuah desa dekat Masyaf dan pangkalan militer terdekat yang dioperasikan oleh para militan yang didukung Iran.

Menurut laporan SANA, pesawat-pesawat tempur Angkatan Udara Israel menembaki posisi-posisi Suriah dari wilayah udara Lebanon sekitar pukul 02:30. Sabtu.

“Rudal musuh telah ditangani dan beberapa dari rudal ditembak jatuh sebelum mencapai targetnya, yang mengakibatkan kerusakan beberapa bangunan dan mencederai pejuang,” tambah SANA. Sumber itu menolak menyebutkan secara spesifik militer negara mana yang mendukung pasukan tersebut.

Sejak perang saudara dimulai, Israel telah melakukan sejumlah serangan militer di Suriah saat ada pemindahan senjata dan pengerahan pasukan Iran dan sekutu Hizbullah Libanon yang mendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad. Angkatan Udara Israel telah menyerang infrastruktur keamanan dan militer di Masyaf di masa lalu.

Israel dalam beberapa bulan terakhir mengakui telah menyerang target Iran di Suriah. Serangan terakhir yang diumumkan Israel adalah pada akhir Maret.

Haaretz.com / The Associated Press

 Posted by on April 14, 2019