Apr 142019
 

Sistem pertahanan udara Suriah mencegat dan menjatuhkan beberapa rudal Israel (foto : haaretz.com)

Jakartagreater.com – Sistem pertahanan udara Suriah Mencegat serangan rudal Israel terhadap posisi militer Suriah, lapor media Suriah. Akibat serangan itu dilaporkan menimbulkan korban jiwa setelah pesawat tempur Israel meluncurkan rudal ke sasaran di dekat kota Hama, yang menurut oposisi Suriah merupakan lokasi yang digunakan oleh pasukan Iran dan Hizbullah.

Pesawat-pesawat tempur Israel menargetkan posisi militer di dekat provinsi Hama di Suriah pada Sabtu, tetapi pertahanan udara Suriah mencegat dan menjatuhkan beberapa roket, rilis televisi negara Suriah, pada hari Sabtu.

Mengutip sumber-sumber militer, kantor berita SANA dan televisi pemerintah Suriah mengatakan bahwa pesawat tempur Israel telah menargetkan “salah satu posisi militer Suriah di kota Masyaf” di Suriah barat laut, dan melukai enam tentara.

Oposisi Suriah melaporkan bahwa lokasi tersebut digunakan oleh pasukan Iran dan Hizbullah. Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berpusat di Inggris mengatakan serangan udara Israel menghantam tiga sasaran, melukai 17 tentara Suriah, dan ada korban jiwa, tetapi tidak jelas berapa banyak yang terbunuh dan apakah korban tersebut merupakan tentara Iran atau tentara yang didukung Iran.

Dikatakan serangan itu menargetkan Sekolah Akuntansi serta pusat pengembangan rudal di sebuah desa dekat Masyaf dan pangkalan militer terdekat yang dioperasikan oleh para militan yang didukung Iran.

Menurut laporan SANA, pesawat-pesawat tempur Angkatan Udara Israel menembaki posisi-posisi Suriah dari wilayah udara Lebanon sekitar pukul 02:30. Sabtu.

“Rudal musuh telah ditangani dan beberapa dari rudal ditembak jatuh sebelum mencapai targetnya, yang mengakibatkan kerusakan beberapa bangunan dan mencederai pejuang,” tambah SANA. Sumber itu menolak menyebutkan secara spesifik militer negara mana yang mendukung pasukan tersebut.

Sejak perang saudara dimulai, Israel telah melakukan sejumlah serangan militer di Suriah saat ada pemindahan senjata dan pengerahan pasukan Iran dan sekutu Hizbullah Libanon yang mendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad. Angkatan Udara Israel telah menyerang infrastruktur keamanan dan militer di Masyaf di masa lalu.

Israel dalam beberapa bulan terakhir mengakui telah menyerang target Iran di Suriah. Serangan terakhir yang diumumkan Israel adalah pada akhir Maret.

Haaretz.com / The Associated Press

  11 Responses to “Sistem Pertahanan Udara Suriah Cegat Rudal Israel”

  1.  

    Israhell terus sj berlaku semena-mena. Suatu saat akan mendapatkan balasannya.

  2.  

    ” Agato Sugimura” Aku Tunggu Coment Dari Kamu…Mengenai si penjajah dan pencaplok Wilayah Negara Lain ” ISRAEL”….

  3.  

    Israhell negara yang dikutuk Tuhan, umat Islam dan Nasrani, negara yang akan selalu dikalahkan sesuai petunjuk di Al Qur’an dan Injil

    😎

  4.  

    belum pakai s,300,, baru s,200!.

  5.  

    Semakin lama kemampuan pertahanan Suriah justru akan semakin maju… dan semua pihak akan makin memahami kemampuan sistem pertahanan buatan Russia… dari semua sistem pertahanan yang ada di dunia hanya sistem pertahan Russia yang mendapatkan ujian berat… selain itu ada Patriot yang digunakan Arab Saudi dan UAE tetapi lawanya jelas tidak seimbang dan hanya rudal tua milik Houthi yang bahkan menurut penelusuran media USA tidak berhasil ditangkis…

    •  

      Lucu, S-300 Suriah udah operasional loh. Kalo itu ditempatkan di Damaskus udah bisa ngover sebelah utara ruang udara Israel dan seluruh wilayah Lebanon juga,tapi kok Suriah masih bisa kecolongan juga?? Harusnya kalo emang udah operasional S-300 sudah bisa menembak jatuh pespur Israel jauh sebelum mereka menyerang wilayah Suriah.

      Adanya korban jiwa pada pihak Suriah jelas menunjukkan kalo serangan tersebut berhasil walopun mungkin itu bernilai taktis tapi karena Israel masih bisa nyerang wilayah udara Suriah jelas menjadi nilai strategis karena itu menjadi bukti walopun Suriah udah dijaga dg S-300 tapi masih tetap bisa diserang.

      Bukannya ente pernah bilang ya begitu S-300 Suriah udah aktif Israel gak lagi ngelakuin serangan udara. Buktinya Aleppo bisa diserang tuh. Kalo Aleppo yg ada di Suriah Utara aja bisa diserang apalagi Damaskus yg ada di selatan dan dekat dg perbatasan Israel.

      •  

        SIapa yang menyatakan kalau S-300 sudah operasional???

        Belajar sistem pertahanan seperti S-300/S-400 itu tidak gampang, bahkan dalam waktu 1 tahun sekalipun belum tentu militer Suriah mampu mengoperasikanya dengan baik… kalau Russia masih membantu mengoperasikan, jelas itu malah kabar baik untuk pesawat tempur Israel, karena Russia tidak akan menarget sumbernya tetapi fokus pada intercept nya…

        Justru sekarang yang lagi di gencarkan Allepo memanfaatkan wilayah udara Libanon, karena mereka lagi kawatir setelah wilayah itu clear dari posisi militan digunakan untuk memasok senjata kepada Hizbullah…

        Lagian S-300 itu adalah sistem pertahanan, dan jika Israel memiliki perangkat yang canggih tentu masih bisa menyerang Suriah, S-300 tentu mempersulit dan itu bisa dilihat dari frekuensi serangan Israel yang tidak masif seperti dulu, penggunakan senjata canggih yang tentu saja menguras biaya disisi lain menguntungkan Russia karena seperti mendapatkan pelatihan langsung gratisan…

        Luar biasa, sistem pertahanan Russia di uji coba untuk menghadapi rudal2 canggih… berbeda dengan yang dialami oleh sistem pertahanan barat bahkan ISrael sendiri, mereka sebatas hanya diserang dengan rocket, bahkan Patriot Arab Saudi hanya menghadapi rudal tua milik Houthi… pantes saja USA senewen bener ketika S-400 mulai laris

        •  

          Kesimpulannya jika sistem S-400 di Suriah diaktifkan, militer Israel gak akan semudah itu melakukan serangan udara ke Suriah.

          Bahkan sistem hanud Pantsir Suriah yg sudah tua aja pun masih bisa menghancurkan lebih dari 30 misil jelajah dan bom terpandu Israel selama serangan berlangsung dua hari di Damaskus.

  6.  

    menyerang negara lain apa tindakan Israel itu di benarkan. kenapa PBB hanya diam atas l tindakan israel..
    Fans boy membuta segalanya, egk bisa membedakan bener dan salah, baik dan bener. mana hati nurani mu.

  7.  

    Entah mau mendukung atau egak. Soalnya yang diserang Israel itu kumpulan orang2 syiah. . Iran sama Al assad dan Hizbullah

  8.  

    Kita di ajarkan untuk hidup rukun walupun kita berbeda.