Sistem Rudal Pesisir Anti-Kapal Bastion Ikut Latihan di Krimea

rudal bastion pertahanan pesisir

JakartaGreater – Kelompok kapal perang dari Armada Laut Hitam (Black Sea Fleet) Rusia yang terdiri dari : Rudal, kapal anti-kapal selam, kapal selam, fleet sweeping forces, kapal bantu dan kapal penyelamat telah menyelesaikan latihan bersama dan menuju titik pangkalan di Sevastopol dan Novorossiysk, Rusia, pada Sabtu, 25-9-2021.

Korvet Project 22160 Rusia yang mengikuti latihan pertempuran. (@Russia. mil.ru)

Korvet Project 22160 Rusia yang mengikuti latihan pertempuran. (@Russia. mil.ru)

Selama latihan bersama dengan pangkalan angkatan laut Krimea dan Novorossiysk dari Armada Laut Hitam, awak kapal dalam kelompok taktis yang homogen dan heterogen mengerjakan algoritme untuk melakukan pertempuran laut dengan kapal permukaan musuh kondisional.

Latihan yang dilakukan antara lain : serangan tunggal dan penembakan Rudal dan meliputi latihan khusus untuk melindungi objek kegiatan ekonomi maritim Federasi Rusia di Laut Hitam.

Baca juga : Mengenal Sistem Rudal Fregat FREMM Incaran Indonesia

Sebagai bagian dari latihan, Batalyon sistem Rudal anti-kapal pantai bergerak “Bastion” berhasil melakukan tembakan roket dan mengenai sasaran laut – dua kapal besar imajiner yang meniru kapal-kapal musuh, ungkap laman Kementerian Pertahanan Rusia, 25-9-2021.

Sistem rudal pesisir anti-kapal Bastion. @Russia mil.ru)

Sistem rudal pesisir anti-kapal Bastion. @Russia mil.ru)

Target dari sistem Rudal pesisir anti-kapal Bastion adalah melakukan serangan Rudal terhadap target laut yang meniru sekelompok lawan bersyarat di area Opuk di Krimea.

Drone juga digunakan untuk melacak objek dan target. Dua kapal target melakukan fungsi sebagai musuh bersyarat.

Setelah kembali ke base point, ABK kapal akan mengisi kembali stok material, melakukan perawatan persenjataan, sistem dan mekanisme kapal serta tetap menjalankan tugas sesuai dengan rencana kegiatan armada angkatan tahun ajaran 2021.

Secara total, selama latihan, sekitar 20 kapal permukaan dan kapal pendukung Armada Laut Hitam, termasuk Rudal, kapal anti-kapal selam, kapal selam, pasukan penyapu armada, kapal bantu dan penyelamat, serta pesawat dan helikopter dari Naval Aviation dan Pertahanan Udara, berada di laut dan melakukan tugas yang diberikan oleh Armada Laut Hitam.

Kapal-kapal tersebut keluar untuk latihan di rentang laut sesuai dengan rencana aksi untuk pelatihan tempur Armada Laut Hitam 2021.

Leave a Reply