Oct 192017
 

S-200 (SA-5) long range anti-aircraft missile system (photo: panoramio.com)

Jakartagreater.com. Sistem rudal darat-ke-udara Suriah menyerang pesawat Israel di wilayah udara Lebanon pada tanggal 16 Oktober 2017, ujar Pasukan Pertahanan Israel (IDF), dirilis Janes.com, 18/9/2017.

“Sebuah rudal anti-pesawat diluncurkan dari Suriah menuju pesawat IDF selama penerbangan rutin melintasi Lebanon. Tidak ada hit yang dikonfirmasi, “kata IDF.

Rudal tersebut diidentifikasi sebagai SA-5 – (nama NATO) untuk sistem SAM jarak jauh S-200 – dan mengatakan bahwa pesawat Israel membalas dengan menyerang baterai yang yang meluncurkan rudal tersebut, sekitar 50 km dari Damaskus.

Kantor Berita Syrian Arab News Agency (SANA) melaporkan bahwa pertahanan udara Suriah menembak (hit) satu pesawat Israel, ketika Suriah menanggapi sebuah pelanggaran terhadap wilayah udara di dekat wilayah Baalbek di Libanon pada pukul 08.51 waktu setempat.

Upgrade S-200 (SA-5)

S-200 Iran

Sistem rudal Almaz S-200 yang memiliki jangkauan 296 km merupakan rudal terbesar dan jangkauan untuk sasaran udara yang dikembangkan dan dioperasikan oleh negara-negara Pakta Warsawa selama Perang Dingin.

Meskipun telah sepenuhnya digantikan oleh seri S-300P dalam dinas Rusia, dan pensiun tanpa penggantian oleh sebagian besar negara Eropa Timur yang menerapkannya, namun tetap digunakan secara luas oleh berbagai eks republik Soviet, dan yang terpenting adalah SAM ini berkinerja tertinggi yang dioperasikan oleh baik Iran maupun Korea Utara.

Senjata ini tetap efektif terhadap platform Intelligence Surveillance Reconnaissance (ISR), tanker pengisian bahan bakar udara, dan platform Electronic Attack. Rudal ini tetap strategis secara signifikan. Dengan upgrade teknologi yang ditawarkan, memungkinkan rudal ini beroperasi dengan baik di masa lalu 2020, ujar ausairpower.net.

S-200 Wega (Lukasz Golowanow /commons.wikimedia.org)

Wzu.vipserv.org mencatat, tujuan utama upgrade sistem rudal anti-pesawat S-200 WEGA dua channel ini adalah memungkinkannya beroperasi dengan dua skadron radar jarak jauh yang mampu melakukan operasi otonom, untuk meningkatkan keefektifan perintah, perintah penembakan, dan kerja sama dengan kelompok tempur, serta untuk meningkatkan parameter teknis dan keandalannya dengan menggunakan sistem elektronik mutakhir generasi baru.

Salah satu negara yang telah mengupgrade S-200 adalah Iran dengan mengoptimalkan sistem rudal pertahanan udara S-200 buatan Rusia untuk menutup sasaran terbang mid-altitude.

“Kami memberi tahu komandan Angkatan Udara Rusia mengenai perubahan yang telah kami buat dalam sistem (S-200) dan dia mengagumi kemampuan ini,” ujar pejabat militer Iran, kepada farsnews.com

Menurut militer Iran, S-200 adalah sistem jarak jauh yang sepenuhnya dibuat oleh Rusia, namun Iran dapat menambahkan kemampuannya untuk menutupi ancaman ketinggian dengan mengubah struktur dan protokol sistem S-200 dan menggunakan rudal Sayyad-2. dan Iran juga mengatakan kepadanya bahwa kemampuan (baru) ini telah terbukti berhasil di tempat uji coba.

  31 Responses to “Sistem Rudal S-200 Suriah Serang Pesawat Israel”

  1. Kesimpulannya, kena gak pespur israel yg ditembak rudal S-200 ini.?

    Mana si jimmy nih… :lol

  2. Berarti kebaca radarnya S200…kalo isinyan1 begitu..gak mungkin bisa salvo..

  3. .. dan f35 mendadak nabrak burung.. walau konon sudah lulus uji tabrakan burung

  4. Nanti seandainya pesawat F-35 Australia menyusup ke Indonesia, bisa ngk ya Nassam menembak jatuh.?? Jngan2 itu SAM tidak bisa ngecrot saat menghadapi pespur barat.

  5. pernyataan israel, bahwa pesawat mreka ga kena..namun israel membalas dengan menghancurkan minimal 1 batre..wkwkwkwkwk..israel nya bete..kalo emang ga ganggu tuh s200, kan bisa aja dibiarin..ga bakal kena apapun..

  6. SAUDARA HARUS LEBIH JELI MELIHAT TAKTIK ZIONIS ISRAEL.

    ZIONIS SELALU MENGELAK JIKA PESAWAT RONGSOKANNYA RONTOK. ZIONIS SELALU MENUTUPI ATAU MENGURANGI JUMLAH KORBANNYA DALAM PERANG YOM KIPPUR DAN PERANG MELAWAN PEJUANG SUCI HIZBULLAH DAN PEJUANG SUCI BRIGADE AL-QASAM HAMAS.

    ===============

    https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQbMAm1LOKwrTDz4bdbFdL1f96xz0_6XO5CZkRWlRHnxBD5IsuyibbU-3w-

    ===============

    https://defence.pk/pdf/proxy.php?image=http%3A%2F%2Fwww.islamicinvitationturkey.com%2Fwp-content%2Fuploads%2F2012%2F11%2FHamas3.jpg&hash=65dfd25c71a4309f7d448b4d7337bd06

    ================

    http://media.farsnews.com/media/Uploaded/Files/Images/1394/03/04/13940304000398_PhotoI.jpg

    • Alasannya knpa ditutupinya? dikarnakan amerika kawatir kalau pengaruhnya di israel bisa hilang ditimur tengah, sama sprti kejadian ketika pesawat u2 pengintai cia ditembak jatuh di uni soviet, yg sebelumnya mrk katakan ini adalah pesawat paling canggih, tapi di tembak jatuh, disini mrk menutupi kejadian itu dgn segala cara, tapi terbongkar juga bau ituu

      Hahhahaaaa

    • Alasannya knpa ditutupinya? dikarnakan amerika kawatir kalau pengaruhnya di israel bisa hilang ditimur tengah, sama sprti kejadian ketika pesawat u2 pengintai cia ditembak jatuh di uni soviet, yg sebelumnya mrk katakan ini adalah pesawat paling canggih, tapi di tembak jatuh, disini mrk menutupi kejadian itu dgn segala cara, tapi terbongkar juga bau ituu

      Hahhahaaaa

  7. Itu rudal mw kena atau gk ke F35 to ttp aj bikin Israel baper. Tandanya Israel msh tkt sama itu rudal.

  8. Wkkkk… Benarkah? Kalau iya pastinya memang harus di tutupin, masa pespur gen 5 keok lawan sam tua bisa ga laku n rugi bandar nih xixixi…

  9. hihihi ga komen ah.

  10. ko itu gambar kedua klo ga slah di roket pendorong yg kecilnya bengkok, kya rudal korut yg wktu itu dianggp palsu

  11. Hahaha… Yg Lucunya Radar Kuno Era Cold War Bisa Me Lock Pesawat Yg Katanya LO (Low Observable) Yg RCSnya Katanya 0.005M2 😆

  12. klo s-200 yg tua sempat nembak brarti bisa detek pesawatnya…disini hrsnya ikut belajar cara detek nya dan integrasi dengan sistem samnya krn ada potensi kita diserang pesawat siluman…ingat waktu medium sam Pechora serbia yg juga berhasil detek dan nembak jatuh f-117 dan f-16c dengan memanfaatkan gelombang uhf dan vhf…
    klo bnr ketauan bisa kedetek dan kemungkinan ditembak jatuh efeknya bakalan ga laku ini pesawat dijual mahal alias ntar jualan obral..

    • f-117 bisa ditembak Serbia karena peran intelijen yg bisa menyadap rencana penyerangan.. Sam sudah ready semua.. saat f117 membuka perut untuk ngeluarin bom lgsg kena lock dan selasai sudah ceritanya..
      masalah nya band rendah untuk detect pesawat siluman sangat mudah tercampur dgn awan, cahaya, burung, debu dll.. solusinya radar dipasang di beberapa titik untuk mendapatkan konfirmasi gambar.. tentu saja pilot2 pesawat siluman berlatih untuk maneuver stealth.. disinilah pertempuran sesungguhnya.. posisi 3-4radar (rudal) vs maneuver stealth.. kalo dalam masa perang langit lebih bersih sehingga rélatif mudah dipantau.. tapi saat masa damai sulit,, peswt stealth bisa “numpang” deteksi radarnya pada pesawat komersial dll

      • Katanya pesawat itu dalam misi pengintaian, bukan mengebom, jadi iwbnya tidak dibuka, tapi kok bisa didetek radar permukaan ke udara? Karna masih ada kelemahan dipesawat f117

        Hahhahaaa

      • saya setuju krn adanya bantuan intelejen….ttp yg luar biasa menurut saya adalah cara serbia menghadapi pesawat silumannya dgn tehnologi sam yg relatif tua…bgmana menemukan cara men-tweak radarnya untuk mendapatkan kunci target yg presisi tipe pesawat stealth..juga menghindari rudal HARM dari SEAD amrik..dmn target dpt dijatuhkan tanpa sempat menggunakan jamming dan manuver untuk mengelak….jadi bukan murni sepenuhnya tehnologi radar anti pesawat stealth spt sekarang yg gencar diriset..istilah jawanya tu ngakali..

        • .. iya.. itu peran intelijen + strategi handal.. dimana f117 digiring diarea “bebas radar” padahal disitu ada beberapa sam “tidur”(agar tak terdeteksi) .. begitu f117 kena detect Sam2 ini (hitungan detik) bangun dan dor.. disinilah pentingnya kecepatan kesiapan rudal dari off ke fire..

  13. Mungkin crew hanggar pada taruhan, ketembak tidak? Ketembak tdk? Yg kalah nraktir baso plus gerobak nya, tdk tahu nya malah ketembak …

    Terpaksa ngibul ditabrak bangau tongtong
    Xixixi …

 Leave a Reply