Mar 182018
 

Avangard, rudal jelajah hipersonik mutakhir buatan Rusia. © Kementerian Pertahanan Rusia

JakartaGreater.com – Avangard, sistem rudal strategis hipersonik yang paling maju di Rusia diperkirakan akan mulai beroperasi paling lambat tahun 2019, menurut sebuah sumber di sektor pertahanan Rusia mengatakan kepada TASS pada hari Kamis.

“Setelah seri pertama kendaraan luncur diproduksi dan peluncuran rudal pengendali dengan persenjataan ini berhasil dilakukan, sistem Avangard sudah dapat diterima dalam layanan di akhir 2018. Paling tidak, akan di terima untuk operasi dan penempatan dengan kesiagaan tinggi tahun 2019”, katanya.

Namun dijelaskan bahwa TASS masih belum menerima konfirmasi resmi atas informasi tersebut.

Seperti ditambahkan oleh sumber, dengan aktivasi pada sistem hipersonik Avangard, jumlah divisi rudal dalam Pasukan Rudal Strategis Rusia tidak akan meningkat, sistem yang paling canggih akan memasuki layanan dengan formasi rudal yang telah ada.

Sementara itu, Wakil Menteri Pertahanan Rusia, Yuri Borisov mengatakan bahwa pihak Kementerian Pertahanan telah menandatangani kontrak untuk memproduksi sistem rudal strategis Avangard.

“Terobosan” senjata dengan kendaraan luncur hipersonik tersebut telah diresmikan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pidato kenegaraannya kepada Majelis Federal pada tanggal 1 Maret. Kemudian, Komandan Pasukan Rudal Strategis Rusia Sergei Karakayev mengatakan bahwa pengujian sistem Avangard telah selesai.

Avangard adalah sistem rudal balistik antar-benua strategis yang dilengkapi kendaraan luncur hipersonik. Menurut sumber terbuka, terobosan senjata ini dikembangkan oleh Research and Production Association of Machine-Building di kota Reutov, Moskow, dan mulai di uji sejak tahun 2004.

Kendaraan luncur ini mampu terbang dengan kecepatan hipersonik dilapisan atmosfer yang padat, bermanuver dalam jalur penerbangan dan ketinggian serta menerobos sistem pertahanan anti-rudal lawan.

  20 Responses to “Sistem Rudal Strategis Avangard Masuk Layanan Tahun 2019”

  1.  

    Seandainya SDM RI jg bs membuat hal yg sama karena mengusai ilmunya dr hulu hingga hilir maka NKRI jd negara yg diperhitungkan kemampuan Inhannya.he3.ngareb.com

    •  

      Seandainya Di Jaman ORBA Kita Tdk Berhaluan Ke AS. Mungkin Kita Sudah Sekelas India,Korut,Chino.

      •  

        Pasca lengsernya pak Sukarno para sarjana pilihan yg dikuliahkan ke luar negeri gak berani pulang dan yg didalam negeri dibuang dipulau Buru. Miris memang para jenius malah berkiprah dinegeri orang, hanya karena pergolakan politik dlm negeri.

      •  

        Yaa mungkin juga jimm…atau mungkin kita tingal nama(almarhum)…karna meletus perang dunia ketiga…dan kita jadi korban rudal nuk yang salah sasaran…ini kalo bicara mungkin…yaa jmm…!!!

        •  

          Ya Tapi Mana Mungkin Ada Negara Yg Berani Invasi Lawan Yg Punya WMD. Bahkan Daya Tawar Nuklir Itu Sangat Besar Bung. Bahkan Negara Sekelas AS Aja Cuma Main Kompor Ke Korut Yg Notabennya Bukan Super Power Dan Alutsistanya Dah Kudet Semua.

          •  

            Saya rasa usa tidak mutlak ingin menghancurkan korea utara tapi lebih sebagai kartu diplomasi kawasaan…antara ancaman dan perlindungan….kalo dipikir lagi setelah era perang dingin mengapa usa lebih memilih mengalihkan sasaran kenegara negara yang notabenenya pendukungnya…bukan membersihkan pengaruh komunis…!?!?!
            Lagian kalo sekarang usa lebih takut pada dua negara yang diangap membekingi korea utara ketimbang korea utara itu sendiri…!!!

          •  

            Ya Mungkin Karena Induk Komunis Seperti Soviet Dan Chino Terlalu Kuat Untuk AS bung Dan Setelah Perang Dingin Induk Komunis Cuma Tinggal Chino. Makannya Mereka Lebih Milih Invasi Pendukungnya.

          •  

            Uni Soviet/USSR kolaps dgn mengahncurkannya dr segi ekonomi, tetapi China malah melejit ekonominya bgmn sekutu bs menghancurkan sisa komunis terkuat didunia sekrang!he3. Rusia aja diembargo+sangsi2 tapi tetap berdiri malah menghasilkan alutista2 gahar, klu perang secara prontal sulit maka cara lbh murah dan mudah dgn proxy dan sangsi ekonomi. Politik cenderung menghalalkan segala cara!he3

          •  

            Maka dari itu perang ideologi(komunis vs liberalis)itu omong kosong…yang ada perang kepentingan dan nominasi dunia…baik ekonomi politik maupun militer…!!!
            Cina hampir sama dengan kita bedanya mereka tidak dengan cara kudeta…suport dan lain sebagainya ekonomi cina awalnya juga dari sekutu…untuk melemahkan rusia atau untuk membendung pengaruh uni sofyet maka dirangkul cina dengan keuntungan dan bantuaan…tapi jadi bumerang dengan menguatnya cina sekarang…!!!

          •  

            China dari dahulu kala tidak bisa melepaskan dari kebutuhan dukungan dari USSR maupun Russia… perang yang melibatkan negara ketiga yang didukung oleh Uni Soviet/Russia/China terbukti membuat USA berdarah2… baik di perang Korea – Vietnam, USA membalasnya di Afganistan, tetapi juga terjebak ditempat yang sama juga dan menuduh Russia membantu militan Taliban sebagai balas dendam mungkin…
            Yang terakir di Suriah terbukti, USA bahkan hampir gagal total di perang Suriah, hanya kengototan dan sikap muka batu saja yang membuat mereka bertahan dengan misinya…
            Kusus Korea Utara, USA cukup sukses mendapatkan kontrak penjualan senjata dengan nilai yang fantastis…

          •  

            Mungkin satu ideologi antara cina dan unisofyet tapi jelas beda arah tujuan politiknya….bisa dilihat dari runtuhnya uni sofyet…selain amerika cina yang dapat keuntungan terbanyak…baik pengaruh kawasaan ekonomi dan tehnologi…satu contoh menguatnya tehnologi cina secara masif dengan pembelian tehnologi dari pecahan unisofyet,,,baik berupa blueprint maupun tenaga ahli….!!!
            Sayang kita tidak melihat peluang dari runtuhnya negara adidaya…mungkin india kebagian juga walau tak sebesar cina….!!!

          •  

            Jelas berbeda, penduduk sovyet cuma seuprit, penduduk china ramai

            Hahhaahaaaa

  2.  

    Perang Dingin jilid 2 segera dimulai.

    https://www.google.co.id/amp/s/www.telegraph.co.uk/news/2016/10/22/unyielding-russia-and-us-heading-for-a-new-cold-war/amp/

    Hancurkan Russia !!!! Mereka pembohong besar yg berani meracuni orang dimuka umum !!!

  3.  

    RF mana ngerti yg beginian. Hhhhhhhhhh

    •  

      Halah kayak baru sekali ini saja… sebelumnya juga pernah tuduhanya juga ke Russia juga…
      Justru yang heran kejadianya selalu di Inggris, apalagi untuk agen ganda yang sudah diadili dan sudah dibebaskan dan diampuni, tidak memiliki sumber apapun yang membahayakan negara Russia…
      Penyidikan yang masih mentah langsung membuat tuduhan kepada sebuah negara… Bandingkan dengan yang terjadi di Malaysia, karena pihak2 yang terlibat beberapa berhasil ditangkap…

  4.  

    Mami agato