Mar 092019
 

Sistem rudal S-400 Triumf militer Rusia © Alexei Pavilahak via TASS

JakartaGreater.com – Kemampuan sistem rudal pertahanan udara Rusia yang secara visual menciptakan gelembung besar Anti Access/Area Denial (A2/AD) ternyata bisa ditembus.

Hal tersebut disampaikan oleh lembaga penelitian pertahanan FOI –(Totalförsvarets forskningsinstitut) yang menyimpulkan bahwa kemampuan A2 / AD Rusia “tidak membuat gelembung besar yang tidak dapat ditembus.”

Para penulis di FOI menambahkan bahwa dari hasil analisis operasi udara di atas Suriah juga menunjukkan, bahkan sistem pertahanan udara termutakhir buatan Rusia masih dapat rentan menghadapi serangan udara.

FOI melihat serangan udara Israel di Suriah meskipun di bawah ancaman rudal sistem pertahanan udara modern Rusia sebagai contohnya.

Laporan FOI juga mempertanyakan keefektifan pencegat sistem rudal pertahanan udara S-400 Rusia yang belum memperlihatkan kemampuan efektifnya meskipun mampu menyerang target pada jarak maksimum 400 km.

FOI

  64 Responses to “Sistem S-400 Rusia Bisa Ditembus?”

  1.  

    Coba gripen uji nyali dengan s-400

  2.  

    Memang gampang s400 ditembus, tetapi gua jamin pesawat tdk prnah kembali lg
    😆 😆

    •  

      Ane pilih pesawat gak kembali yg penting sistem musuh bisa ditembus dan sasaran target bisa dihancurkan.

      Itulah gunanya drone loyal wingman.

      •  

        Begitu juga drone bakalan modar juga
        😆 😆

        •  

          Lah, gak masalah orang harga drone lebih murah puluhan kali daripada satu baterai S-400 apalagi aset yg dijaga. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

          •  

            Setuju…. lebih murah drone daripada radar sistem pertahanan Patriot…. dan Yaman sudah membuktikanya….

          •  

            Yupz,makanya ente setuju juga kan kalo S-400/500 juga bisa ditembus dg drone. Bukan pake drone kayu loh ya. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

          •  

            Ya buktikan saja… kalau tidak dibuktikan itu cenderung hanya opini dan ujung2nya hanya Hoax…

          •  

            Lah knapa Rusia gak ngasih hibah S-400 ke Suriah aja. Biar langsung diuji ama Israel. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

          •  

            Hlooo… klo dikasihnya S-400 ya kasihan Israel dong…

          •  

            Iya, kasihan Israel gak dapet lawan tanding yg sebanding. Udah dikasih hanud canggih aja masih aja kebobolan. Gak sekalian tuh Suriah make Bastion buat nyerang Israel biar lebih rame??? Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

          •  

            Nah ente sendiri yang gagal paham… memang beraninya melawan negara2 yang sedang morat marit sudah begitu menggunakannya rudal paling canggih…

            Ingat Suriah itu baru lepas dari dominasi ISIS tahun 2017… itu juga termasuk cukup mampu untuk menangkis rudal canggih yang digunakan Israel-USA-Prancis-UK… Sekarang baru tahu kan kalau sistem pertahanan Suriah yang hanya mengandalkan sistem pertahanan tua ternyata cukup mampu menghadang rudal canggih, kalau lolos jelas sangat wajar… untuk sekelas Suriah itu sudah sangat mengagumkan… bandingkan Arab Saudi yang menghadapi beberapa rudal Houthi kalang kabut…

          •  

            Bung Yuli ngapain repot-repot bales, namanya jongos CIA dimana-mana sama, khayalan mereka seakan ada di dunia nyata.

            Bangsa ayam sayur yang cuma berani perang proxy dan keroyokan dengan teknologi kecap nomor satu, terbukti Israhell mencak-mencak dan mewek-mewek ke putin itu adalah kekuatan penggentar dari S-400. Coba dibalik, apa pernah pemimpin Turki atau Suriah mencak-mencak ketika Israhell beli F-35 kan, ketawa iya 😆 😆

          •  

            dia itu orang negara tetangga bung… makanya mesti di permak

          •  

            Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh, lupa ya kalo sebagian besar hanud tua Suriah udah di upgrade dulu ama Rusia. Sebelum 2015 kan hanud Suriah cuman jadi pajangan. Baru Rusia masuk dan ngasih bantuan link makanya jadi lebih kuat. Dan yg bikin Suriah bisa nangkis serangan dadakan itu karena Rusia udah dikasih tau 30 menit sebelum serangan biar gak ada personil Rusia yg kena. Rusia manfaatin itu buat ngasih tau Suriah. Makanya begitu waktu pemberitahuannya cuman 5 menit yg jadi korban Il20 kan. Makanya tuh Rusia jangan asal bocor tuh mulut. Gak dikasih tau bakal kelar tuh Rusia dan Suriah. Coba aja waktu peringatannya diperpendek hingga 5 menit. Apa Rusia masih bisa bantu Suriah lagi?? Udah beberapa Pantsir dan S-200 yg ancur jadi korban serangan Israel tuh. Bentar lagi S-300 yg jadi korban kalo perlu kasih aja tuh S-400 sekalian. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

          •  

            Makanya jangan besar mulut doang… sampai saat ini mana sih yang berani menyerang wilayah Suriah tanpa koordinasi dengan Russia???

            Cuman nafsu ente doang berharap USA maupun Israel benar2 berani duel sama Russia… nyatanya mereka ini ga berani tuh main selonong, mereka selalu memberi informasi dan selalu berkoordinasi…

            Dari gambaran itu jelas kelihatan siapa yang lebih berpengaruh, atau memang mereka benar2 takut akan reaksi dari sistem hanud Russia di Suriah… kepencet rata kau…

            Dari pengalaman baik teori maupun opini ente semuanya memang terjadi, tetapi pada pihak yang berkebalikan dengan niat ente, jadi ditunggu bacot gede Israel menyerang S-300 Suriah…

          •  

            Ya jelas lah… musuh Suriah di tahun 2015 adalah ISIS dan militan pemberontak (kata koalisi USA sih pemberontak demokrat : apa pula maksudnya pemberontak demokrat)… dan masa itu hanya tinggal 30% wilayah yang dikuasai oleh Suriah, sehingga sistem hanud jelas tidak berguna karena lawanya bukanlah mereka yang memiliki pespur dan rudal canggih…

            Apapun itu, jelas saja pengaruh sistem pertahanan terintegrasi milik Russia jauh lebih moncer daripada sistem pertahanan barat… bahkan sistem hanud tua semacam S-200 sekalipun bisa menjadi lebih gahar… bahkan jika S-300/S-400 Russia membantu menjadi mata dan pengarah maka pantas saja negara2 Timur tengah pada merapat untuk mendapatkanya…

            Konyol kalau hanya membahas S-300/S-400, karena ketika sistem integrasi terbentuk maka, sistem itu menjadi satu kesatuan utuh yang cukup rapat..

            Israel jelas cukup mampu menarget S-300 Suriah dan melacaknya hanya dengan citra satelit, negara Suriah berada disebelahnya dan cakupan Satelit jelas cukup mampu melacak semua hal di Suriah… tetapi ente mesti sadar kalau Russia biasa menggunakan Dummy untuk menyamarkan sistem pertahanan mereka, dan S-300 adalah sistem mobile yang bisa disiapkan hanya dalam kisaran 5 menit…

      •  

        Si Rusi paling mikir klo S 400 buat nembak pesawat. Yg mau nanggung biaya nya siapa ? Kan mahal ??? baterainya. Utk sementara di pajang dulu.

        •  

          Nah anda mestinya paham, kalau selama ini Russia tenggelam karena memang semua medan operasi militer terutama di timur tengah dikuasai oleh USA dan koalisinya, sehingga mereka bisa pamer dan jualanya laris manis…

          Ketika Russia turun di konflik Suriah awalnya juga diremehkan bahkan diprediksi bakalan membuat Russia colapse secara ekonomi seperti ketika mereka terlibat perang di Afganistan…

          Kenyataanya justru Russia seperti melakukan cuci gudang, mereka justru bisa menguji coba dan juga bisa pamer kemampuan rudal dan alutista mereka dan itu ternyata sangat membuat terkejut pihak barat.

          Justru saat ini kondisinya berbalik, Russia pamer kemampuan sehingga S-400 menjadi salah satu yang mendapat pangsa pasar… rudal yang ditembakan tidak ada masalah, karena biaya itu akan terbayar ketika mereka mendapatkan pangsa pasar, yang jadi masalah adalah tidak ada yang berani berhadapan dengan sistem ini…

  3.  

    lah tumben sini gak bahas martadinata class yg lg pasang vl mica

  4.  

    Kalau bisa ditembus, kenapa tidak percaya diri, kenapa panik dengan pertahanan Rusia, semua kemungkinan pasti ada, kenapa tidak di coba? Kenapa sistem yg lebih tua dari Rusia masih mampu menjatuhkan pesawat tempur modern.

  5.  

    Dicoba aja f35 atau f16 atau f22 israel melintas ke Russia sambil serang pangkalan Russia, jika tembus maka f22 bisa disebut hebat, gitu aja repot

    😎

  6.  

    Ini lembaga penelitian tinggal dalam goa dan gak pernah baca berita… data di suriah di pake, bukane s400 di suriah cuma buat mayungi fasilitas militer rusia saja. Bukan buat nglindungi suriah,
    Kl mau ngetes srempet aja itu pangkalan militer rusia, ntar s400 bales kagak…

    •  

      Ente yg tiggal dalam goa. Ente gak tau apa Il 20 kena tembak dekat pangkalan Rusia yg ada S-400nya. Itu Es teh-400 aja diem aja tuh walopun bilang F-16 Israel pelakunya. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

      •  

        Hla terus S-400 suruh nembak F-16 gitu???

        F-16 tidak menembak pangkalan militer Russia, dan F-16 Israel hanya memanfaatkan Il-20 sebagai tameng ketika diserang rudal S-200… lalu apa hubunganya dengan S-400???

        •  

          Karena yg kena tembak itu Il 20Rusia. Masak iya Rusia mau diem aja. Lah itu S-400 buat apaan kalo bukan buat hanud?? Buat pajangan biar bisa nakut-nakutin F-35 ama F-22 gitu??, knapa gak orang orangan sawah aja sekalian Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

        •  

          Lalu ngapain S-400 susah-susah nembak drone atau PGM, yang kecil kecil gitu mah urusannya Pantsu. S-400 seperti yg kita lihat di Suriah sekarang atau Rusia yg ada Pantsu.

          •  

            Hhhhhhhhhhh, Itu Pantsunya Lingkar apa Pantsunya Ruskye yg dipake buat nangkal rudal Bung. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

        •  

          S-400 itu sistem pertahanan… berguna untuk menangkal serangan dan itu termasuk rudal maupun apa saja…
          F-16 Israel tidak menembakkan apapun keposisi militer Russia, Israel juga sudah memberikan informasi mengenai serangan mereka kepada Russia, kejadian yang menimpa Il-20 jelas bukan dalam eksalasi dimana Israel menyerang Russia, tetapi akibat reaksi dari sistem pertahanan Suriah…
          Lalu mengapa S-400 yang malah di goreng menjadi tertuduh sama ente???

          Israel tahu kalau Suriah sistem pertahanannya tidak canggih dan tidak bisa mendeteksi kawan dan lawan… makanya mereka memanfaatkan kondisi itu untuk kepentingan mereka.
          Karena murka Russia mengirimkan S-300 untuk di operasikan oleh Suriah, simple dan langsung membuat Israel panas dingin… ente mesti paham bahwa tidak selalu harus melakukan reaksi saat kejadian itu terjadi, karena reaksi yang lebih keras dan lebih berat bisa dilakukan setelahnya, dan itu cukup untuk membuat Israel kelabakan…

          •  

            Itu S-400 buat hanud apa buat jadi orang-orangan sawah tuh. Wahh harusnya Israel dan USA+sekutunya gak usah takut ama S-400. Terobos aja wilayah udara Suriah dan hancurin aja tuh hanud,pespur dan pasukan assad. Yakin. Rusia gak bakal pake tuh S-400. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

          •  

            Sayangnya kenyataan jauh dengan yang anda sampaikan…

          •  

            Kenyataannya Suriah masih jadi sasaran rudal Israel tuh. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

          •  

            Iya… tetapi sekarang Israel mesti berhitung karena mereka tidak bisa legi seenaknya menggunakan wilayah udara yang dekat dengan Suriah… mereka mesti menembak dari jauh atau mesti menggunakan drone seperti serangan2 yang mereka lakukan baru2 ini…

            Israel akan terus menyerang Suriah supaya mereka terlihat tetap kuat, tetapi mereka tidak bisa lagi melakukannya dengan cara lama… dan menyerang dengan rudal canggih jelas bukanlah hal yang sederhana, akan menguras biaya dengan hasil yang tidak terlalu signifikan… mereka hanya menghancurkan apa yang mereka pikir harus dihancurkan, tetapi itu tidak bisa menghentikan apapun…

            Dan akan bagus bagi S-300 karena mereka akan mendapatkan banyak masukan dengan menghadapi lawan yang sangat kuat seperti Israel, berbeda dengan Patriot milik Arab Saudi dan UAE yang hanya menghadapi rudal tua milik Houthi…

          •  

            Yah mau didalam wilayah Suriah atau diluar wilayah Suriah asal rudal jelajah dan drone kamikazenya bisa menjangkau dari jarak jauh dan bisa signifikan menghancurkan sasaran ya gak masalah.

            Lagian dalam strategi apapun, menyerang akan memberikan chance yg lebih besar untuk menang daripada bertahan. Suriah dan Rusia takkan bisa bertahan lama lebih dari 15 tahun kalo status quo saat ini tidak berubah kecuali Suriah sudah bisa menguasai seluruh wilayahnya. Masalahnya masih ada Kurdi yg memberontak dan pemberontak pro Barat dan Turki yg memanfaatkan keadaan. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

          •  

            Kurdi bukan pemberontak… Kurdi itu suku yang diberikan wilayah otonom… jangan di putar2 atau ngpot2 model macam ente… dan karena memiliki wilayah otonom USA memanfaatkanya dengan memberikan support kepada Kurdi supaya mendapatkan tempat untuk beroperasi dan membangun pangkalan militer…

            Pemberontak pro barat maupun ISIS sama saja, semuanya berusaha untuk tetap dijaga supaya tetap eksis dan itu juga ga jauh dari pengaruh dan usaha USA… lihat saja diwilayah mana ISIS bercokol, ga jauh dari pangkalan militer USA dan sengaja disamarkan berada di wilayah perbatasan yang dijaga oleh USA…

            Jadi memang sebenarnya masalah di Suriah itu tidak akan pernah selesai selama USA ada disitu, karena tujuan mereka bukan untuk menghancurkan ISIS tetapi melengserkan Assad… sekaligus memutus pengaruh Iran di Suriah

        •  

          kasian yah, ngelesnya si SUGI MURAHAN…..saking murah harganya dibayar CIA, ngelesnya sampe keujung dunia….moga segera ke dunia baqa deh

      •  

        US kepingin sistem pertahanan udaranya seperti punya nya israel ” yg menghancurkan kan serangan musuh diatas langit” pernah ada artikelnya. Jadi selama ini system pertahanan udara US lebih suka menghancurkan serangan musuh setelah didarat dan malah senjata makan tuan seperti kasus Saudi vs houti. Wik wik wik

  7.  

    sebuah analisa untuk menghibur diri tuh.

  8.  

    Tapi kenyataannya, s400 rusia belum pernah nembak pesawat atau rudal, hanya sebatas opini dan propaganda aja,

    •  

      Waduh Mbak. Jangan jujur gitu dong. Russian Fanboys disini galak-galak loh. Apalagi kalo yg namanya Lingkar, Huha/Ana Kuna dan Ruskye. Ati² mbak Elsa. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

      •  

        Konyol, system yg lebih tua dari S-300 saja masih mampu memburu dan menghancurkan target pesawat tempur modern. Apalagi versi upgrade atau versi tercanggih nya. LoL

        •  

          S-75 dan S-200 Suriah diupgrade dulu ma Rusia. Kalo kagak ya lewat terus tuh pespur Israel. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

          •  

            Kalo masih original sih udah ancur dari kemaren. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

          •  

            nah ente sendiri yang membuat pernyataan… jelas kalau sistem hanud tua di upgrade pun menjadi sangat mampu…. sudah barang tua dan jelas murah tetapi gahar…

            Pantas saja USA kebakaran jenggot ketika mitranya termasuk Turki membeli S-400 sewotnya dan paniknya ga ketulungan

    •  

      Bah mungkin elsa walimatunisa 11 12 dgn agato kalleee blm tau klu pendahulu s400 dulu banyak digunakan diperang timur tengah bukan sedikiti pesawat² nato yg brjatuhan & perang sebagainya & s400 sudah lbh canggih dr pendahulunya oleh karna itu swedia prlu mmboyong s400 utk menghalau rudal² balistik nuklir amerika karna amerika sudh keluar dr perjanjian inf akibat apapun tdk ada yg didapatkn amerika
      😆 😆

    •  

      belajar lagi ya cari referensi yang banyak sebelum di bully di jakarta greater yang penuh serigala berwawasan luas wkwkwk

  9.  

    Gak ada yg sempurna selama masih ciptaan manusia, hanya Tuhan yang sempurna, karena itu marilah kita mengambil hikmahnya dari JAV aja ya

  10.  

    Oowwww….Yg saya baru sadar itu ternyata masyarakat sipil di Indonesia ini ternyata lebih pintar Dari pejabat2 militer yg ada di bumi ini yaaa…

    Beneran dah. Br sadar sy

  11.  

    Pola pikir orang kan beda2 pak, x aja pola pikir kami bisa menjadi masukan buat perkembangan militer negeri yg kita cintai pak. Dan kalao ada yg menyimpang karena ketidak pahaman kami karena kami masyarakat awam tolong di beri penjelasan atau di luruskan