Apr 262019
 

Siswa Kodiklatal naik Kapal Perang Republik Indonesia KRI Teluk Banten-516 di Dermaga Ujung, Koarmada II Surabaya.

Surabaya, Jakartagreater.com   –   Dua Kapal Perang Republik Indonesia KRI Teluk Banten-516 dan KRI Teluk Ende-517, terlibat dalam latihan praktek layar siswa Kodiklatal, yang disebut dengan Latihan Wira Jala Yudha IX/2019.

Keberangkatan kedua kapal yang membawa 1296 Siswa Kodiklatal tersebut dilepaskan secara resmi oleh Komandan Kodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto pada Selasa 23-4-2019 di Dermaga Ujung, Koarmada II Surabaya. Latihan prakterk berlayar tersebut akan dilaksanakan selama 7 hari hingga tanggal 29 April 2019, dengan rute Surabaya-Banongan-Benoa- Surabaya.

Menurut Direktur Latihan (Dirlat), Kolonel Laut (T) Rudi Hermawan, latihan praktek ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mengenal secara langsung kehidupan di atas kapal dan tugas-tugas mereka sebagai pengawak kapal, disamping mempraktekkan prosedur-prosedur tindakan dalam menghadapi permasalahan di kapal seperti kebakaran, kebocoran serta kerusakan mesin kapal.

Pada kesempatan yang berbeda, Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Lattek Wira Jala Yudha IX/2019 Letkol Laut (P) Agung Saptoadi, S.T., M.Tr. (Han) menambahkan bahwa Lattek ini juga akan diisi dengan beragam kegiatan, yang diawali dengan latihan pendaratan siswa Marinir di Pantai Banongan, kemudian berlayar menuju ke Pelabuhan Benoa.

Setibanya di Pulau Dewata, para siswa akan melaksanakan kegiatan melepaskan Tukik ke laut, bersih-bersih pantai, donor darah, promosi ke sekolah-sekolah, kunjungan ke pejabat Pemda Bali, olahraga bersama, dan diakhiri dengan malam prajurit.

Ikut serta menghadiri pelepasan Satgas Lattek Layar Wira Jala Yudha IX/2019 antara lain Wadan Kodiklatal, para Direktur jajaran Kodiklatal, Asops Pangkoarmada II Kolonel Laut (P) Haris Bima Bayu Seto  dan juga Dansatfib Koarmada II Kolonel Laut (P) Dede. (Dispen Koarmada II).