Sep 012018
 

Danlaud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Ir. Tedi Rizalihadi S., M.M. dalam arahannya menyampaikan bahwa latihan terbang malam merupakan salah satu bagian dari rangkaian proses pendidikan sekolah penerbang di Lanud Adisutjipto.

Yogyakarta, Jakartagreater.com – Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Tedi Rizalihadi S, M.M memimpin pembukaan terbang malam bagi 19 Siswa Sekbang A-94 dan A-96 pada Kamis 30-8-2018 bertempat di Masjid Al Huda Wingdikterbang Lanud Adisutjipto Yogyakarta.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Danwingdikterbang Kolonel Pnb Deni Hasoloan, Para Kepala Dinas, Para Komandan Satuan, Para Instruktur Penerbang,Para Perwira dan Ground Crew serta segenap siswa Sekbang PSDP TNI.

Latihan Terbang malam merupakan materi khusus atau salah satu tahapan pendidikan yang wajib dilaksanakan oleh setiap siswa. Tujuan dari pemberian materi terbang malam adalah melatih siswa agar mampu beradaptasi menerbangkan pesawat terbang dalam kondisi apapun termasuk pada malam hari.

Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Ir. Tedi Rizalihadi S., M.M. dalam arahannya menyampaikan bahwa latihan terbang malam merupakan salah satu bagian dari rangkaian proses pendidikan sekolah penerbang di Lanud Adisutjipto.

“Kita ketahui bersama bahwa tugas penerbangan adalah tugas yang penuh resiko, perhatikan selalu safety dan prosedur penerbangan. Saya berharap setiap Siswa dapat mengetahui batas-batas kemampuan pesawat dan batas- batas kemampuan diri sendiri. Dengan demikian awak pesawat akan selalu waspada dan memiliki rasa percaya diri, sehingga berhasil melaksanakan misinya dengan selamat,“ tegas Danlanud.

Acara di awali dengan do’a bersama, di lanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Komandan Lanud Adisutjipto dan di berikan kepada siswa Sekbang yang di saksikan oleh para pejabat Lanud Adisutjipto, para Instruktur penerbang dan para siswa Sekbang.

Komandan Skadik 101 Lanud Adisutjipto Letkol Pnb. Frando LH Marpaung dalam kesempatan yang sama menjelaskan bahwa latihan terbang malam ini di ikuti oleh 19 Siswa dan pelaksanaanya akan di gelar selama sekitar 13 hari, di mulai dari tanggal 30 Agustus s.d 12 September 2018 mendatang dengan menggunakan pesawat G-120 TP-A Grob.

Lebih lanjut Komandan Skadik 101 menambahkan, sesuai Silabus Sekbang PSDP TNI A-94 dan A-96 setiap siswa melaksanakan 5 sorties terbang malam dengan jam terbang 01:00 tiap jam terbang, sehingga kegiatan terbang malam oleh 19 Siswa total keseluruhan akan melaksanakan 95 sorties. (tni-au.mil.id)

Berbagi

 Leave a Reply