Apr 142018
 

Serangan udara pada Sabtu pagi oleh militer AS, Inggris dan Prancis di Suriah © Arturas Kerelis via Twitter

JakartaGreater.com – Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan sistem pertahanan udara Suriah mampu menangkal serangan rudal jelajah yang telah diluncurkan oleh AS, Inggris dan Prancis, seperti dilansir dari laman TASS.

Sebagian besar rudal-rudal yang diluncurkan oleh negara-negara Barat tersebut telah dikalahkan oleh sistem pertahanan udara Suriah saat mendekati target mereka.

“Sistem pertahanan udara Suriah telah melakukan pertempuran anti-udara”, jelas Kementerian Pertahanan Rusia.

Kementerian Pertahanan Rusia menjelaskan bahwa Suriah memukul mundur serangan Barat dengan sistem pertahanan udara yang dibuat oleh Uni Soviet lebih dari 30 tahun yang lalu.

“Sistem pertahanan udara yang digunakan Suriah adalah S-125 Pechora (SA-3 Goa), S-200 Angara (SA-5 Gammon), termasuk Buk (SA-11 Gadfly) dan Kvadrat (SA-6 Gainful) dalam menangkis serangan rudal pasukan gabungan”, menurut Kementerian Pertahanan Rusia.

Dilansir dari situs berita Ria Novosti menyebutkan bahwa pasukan pertahanan udara Suriah telah berhasil mencegat total 12 rudal jelajah, yang digunakan menyerang pangkalan udara Dumeir.

Sistem pertahanan udara S-400 Rusia belum digunakan untuk menangkis serangan rudal yang dilancarkan pada 10 lokasi berbeda di wilayah Suriah, sebut keterangan militer.

“Tidak satupun rudal jelajah yang diluncurkan oleh AS dan sekutunya memasuki zona pertahanan udara Rusia, yang meliputi pangkalan militer di Tartus dan Hmeymim”, terang Kementerian Pertahanan Rusia.

Menurut militer Rusia, serangan rudal besar-besaran yang menargetkan infrastruktur militer dan sipil dilakukan oleh kapal perang AS bersama dengan Inggris dan pasukan udara Perancis pada pukul 3:42 hingga 5:10 waktu Moskow.

Sebanyak lebih dari 100 rudal jelajah Tomahawk telah diluncurkan yang menargetkan 10 lokasi berbeda di Suriah. Kementerian Pertahanan Rusia mencatat bahwa dua kapal perang AS melakukan serangan dari Laut Merah, pesawat tempur taktis dari Laut Mediterania dan pesawat pembom B -1B dari wilayah al-Tanf.

Jumlah rudal yang diluncurkan sekitar dua kali lipat dari jumlah rudal yang sebelumnya digunakan pasukan AS dalam melaksanakan serangan tahun lalu di pangkalan udara Al Shayrat, kata Mattis. Dalam serangan yang lalu, sebanyak 59 rudal jelajah Tomahawk ditembakkan ke pangkalan udara Al Shayrat di Suriah sebagai tanggapan atas dugaan serangan kimia di provinsi Idlib.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, telah mengecam langkah negara-negara Barat itu, mengatakan bahwa serangan itu “telah diluncurkan di ibukota negara berdaulat yang telah berjuang untuk bertahan hidup selama bertahun-tahun di tengah agresi teroris”.

AS, Prancis dan Inggris meluncurkan serangan terhadap Suriah sebagai pembalasan atas dugaan serangan kimia oleh pemerintah Suriah dikota Douma, yang terletak 10 kilometer dari Damaskus, pekan lalu.

Dalam laporannya, Sputnik menyebut bahwa Kepala Staf Militer Rusia mengeluarkan pernyataan, dari total 103 rudal jelajah yang memasuki udara Suriah, sebanyak 71 rudal berhasil dihadang oleh sistem pertahanan Suriah, menambahkan bahwa tidak ada pesawat tempur yang rusak akibat serangan tersebut.

“Beberapa tahun yang lalu, kami menolak memasok sistem pertahanan udara S-300 ke Suriah atas permintaan dari sejumlah mitra Barat kami. Berdasarkan apa yang telah terjadi sekarang, kami mempertimbangkan untuk mengembalikan isu ini. Dan bukan hanya kepada Suriah, tetapi juga negara-negara lainnya”, kata Kepala Staf Militer Rusia.

Kementerian Pertahanan Rusia menyebut bahwa selama 1,5 tahun terakhir, Rusia telah sepenuhnya memulihkan sistem pertahanan udara Suriah dan terus memperbaikinya.

Pengumuman serangan terjadi beberapa jam sebelum Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) dijadwalkan tiba dikota Douma untuk menentukan apakah senjata kimia memang telah digunakan di sana.

Menteri Pertahanan AS James Mattis mengatakan bahwa serangan udara AS di Suriah adalah “serangan tunggal”. Sementara Kepala Staf Gabungan Jenderal Joseph Dunford mengatakan kepada wartawan bahwa Washington tak memiliki rencana serangan lagi untuk saat ini.

Menurut Dunford, Amerika Serikat menggunakan saluran penyelesaian konflik normal dengan Rusia dan tidak mengkoordinasikan target sebelum serangan udara di Suriah. Pada saat yang sama, dia mengatakan tidak mengetahui “sama sekali aktivitas Rusia”, saat ditanya apakah ada serangan balik dari Rusia terhadap rudal, kapal-kapal perang AS, Prancis atau Inggris.

Bagikan Artikel :

  176 Responses to “Sistem Rudal Suriah Tangkis Gempuran AS, Inggris dan Prancis”

  1.  

    112 rudal baru, canggih dan pintar?

    eek kucinglah sama mu Trump

  2.  

    Tuch gato s 400 sama sekali blm diluncurkan di damascus pake buk dll yg kuno dah ketangkis 13 rudal apalagi jika coba ke latakia vs s400 bru terlihat

  3.  

    mantap.rusia stloooooong.

    uncle putin dua jempol untuk anda.

  4.  

    S400 tangkis tomahawk bisa bangkrut bandar
    Ckup yg tuir tangkis tomahawk

  5.  

    Negeri naga ayo bangun.. Jangan nonton aja.. Klo russia jatuh baru sendirian lo.. Planga plongo sendirian

    •  

      Kalo bangun juga bahaya merambahnya sampe asean nah loh serba salah kan pusing lagi hahah

      •  

        cina tidak jauh dengan rusia perbedaanya belum mampu seperti usa dan sekutunya melakukan kampenye militer jarak jauh secara besar besaran ….kecuali rudal balistik mereka…!!!

        •  

          Yups kampanyenya kurang hahah

        •  

          Kalo masalah uang dan militer memang kuakui top tuh china

          •  

            uang mungkin bung …tapi militer masih tertingal khususnya dengan usa…
            usa bukan hanya kelengkapan sista dan dukungan logistik yang mumpuni …makanya mampu kampaye militer diseluruh bagian dunia….sedang cina dan rusia belum mampu melakukanya….bisa dilihat dari pangkalan militernya diberbagai belahan dunia ….tapi kalo perang perang nyata antar raksasa yang diperhitungkan adalah sistem balistik dan pemusnah masalnya….dan cina masuk hitungan ketiga setelah usa dan rusia….!!!

    •  

      Nilkai bisnis china -amrik 500 m$,inggris dan perancis rata rata 60 m$/th mungkin yg jadi pertimbangan china bro,jgn anggap trump-xi itu bermusuhan justru mereka sohib baik lho ,soal perang dagang ya untuk penuhi janji kampanye trump,buktinya sekrg ga rame lagi kok,pling bantu finansial,diplomatic ke suriah kecuali jika rusia diserang habis ,buktinya gak diluar latakia yg diserang

  6.  

    masalahnya siria minim dukungan dan suport kecuali hanya sekedar simbolis semata…hanya mengandalkan rusia dan iran sebagai sekutu tempat bernaung…maka bisa dibayangkan gejolak ekonomi dalam negri pendukung akan berpengaruh pada kinerja dukungan dilapangan…
    beda keadaanya dengan usa dengan sekutunya mapan baik ekonomi politik dan tehnologi militer ….lain ceritanya bila cina ikut ambil bagian …maka akan berimbang kekuatan dan dukungan logistik militer…!!!

    •  

      Kalo china ikut entar pd3 lagi wah tambah meletup tuh suriah

      •  

        engak segampang itu bung….masalahnya harus jelas dulu…kemarin issis sekarang senjata kimia….opini publik digiring kesana tingal bagai mana restu internasional dalam resolusi dewan keamanan…tingal pembuktian siapa yang jadi musuh opini internasional tersebut….
        makanya sekutu cepat bertindak tanpa pikir panjang itu sebelum opini berubah….!!!

  7.  

    Hahahahaha iat ucing

  8.  

    Update info

    A Western attack on Syria hit a scientific research facility in Damascus and Syrian army depots in the Homs area, state media said, and a Reuters witness said the Syrian capital was rocked by explosions as smoke rose into the sky.

    The Syrian Observatory for Human Rights said a second research facility was also struck in Damascus, in addition to a third in the Homs area, and five military bases and depots used by elite army divisions in the Mezzeh area of Damascus.
    A senior official in the regional alliance that supports President Bashar al-Assad said the attack by the United States, Britain and France would be viewed as contained if it was now over. “If it is finished, and there is no second round, it will be considered limited,” the official told Reuters.

    Syrian state TV said air defenses were confronting the attack and had shot down 13 missiles in the Kiswah area south of Damascus. It said a pro-Damascus “anti-terror axis” was confronting the attack, language suggesting that Assad’s ally Russia may be helping to fend off the assault.

    State TV described the attack as a “flagrant violation” of international law.

    Observatory Director Rami Abdulrahman said all the targeted locations were evacuated three days ago after the Russians told the government they had intelligence that bases including the research centers would be hit. He said there were so far no reports of civilian or military casualties.

    Dari 112 rudal yang diluncurkan, hingga saat ini belom ada laporan mengenai korban jiwa…

    Yang jadi pertanyaan, bila memang serangan tersebut berhasil, minimal ada 1 atau 2 orang yang tewas… nah sekarang kemanakah para korbannya?… 😀 hehehe apakah takut terbakar, kemudian melarikan diri? 😆 hihihihi

  9.  

    https://jakartagreater.com/rusia-akan-balas-setiap-serangan-as-ke-suriah/

    kata nya 100 biji lebih tomahawk melayang ke suryah…………berarti rus rus harus balas,,,lempar 100 biji lebih kaliber ke amrik dong……..

    nah masalahnya berani ga tuh……..atau cuma nge ong ,,, nge ong ,,,,,, bak kucing bertengkar……..

    puss pusss

    •  

      ya masalahnya menyangkut hidup manusia seluruh dunia,anda mau sampai ada perang nuklir, pun kita tak tahu jgn2 triump sdh bg tahu rusia bahwah tdk sekali2 usa sampai menembak tentara rusia, nasib bangsa kecil ya spt itu jd kelinci percobaan bangsa2 yg kuat.

      •  

        habis gelap eh gertak muncul lah retorika……………hhhhhhhhhh

        •  

          Para fansboy ASU pada sibuk mencari link buat berikan argumen soal efektifitas dan akurasi rudal jelajah yang baru digunakan AS + sekutu untuk menyerang Suriah… bentar lagi bakal dilampirkan link-link tersebut… 😆 wkwkwkwwk

          •  

            bocah dunia maya jaman now,,,,yg cuma bisa meong meong,,,,,,,sambil menutupi agresi militer russ puss di ukraina yg mendukung pemberontak donbass utk mencaplok donetsk oblast.

            akui saja armada rus puss yg di suryah lari terbirit-birit ke arah utara utk menghindari armada sekutu,,,,sekaligus utk mendukung pertahanan laut hitam.

          •  

            Kapal yang merapat di dermaga saat terjadi serangan adalah kebodohan… itu yang dilakukan Japan di Peal Harbour…
            Makanya kapalnya dibawa ke laut, karena lebih mudah mengoperasikan dan melakukan manuver ketika berada di laut lepas dibandingkan di dermaga…
            Lagian yang diserangkan yang jauh dari lokasi sistem pertahanan Russia, ga berani mencoba atau sengaja menghindar??

          •  

            Sebegitunya… dimanapun kalau mau diserang kapal perang pasti bakalan menghindari berada di dermaga, karena itu spot terlemah dari kapal perang… jelas akan lebih efektf berada di laut lepas, kalau rudal menyerang di jamming jatuh kelaut… kalau di dermaga di jamming nanti nyasar ke warung kopi…

          •  

            piye kabare@ anda mungkin blm memahami apa yg sdh berlaku, dua negara kuat itu sdh kongkalikong politik dua jagoan perang ini tdk sesimpel yg anda bayangkan.

    •  

      mainan jadul sudah cukup menimpuk rudal yang katanya tercanggih, terbaru dan terpintar menurut POTUS yang hobbynya narsis 😆 wkwkwkwkw… kita bisa lihat, efektifitas rudal tersebut… gak beda jauh dengan sistem pertahanan udara Patriot milik Saudi 😆 rudal ofensif dan defensifnya sama-sama “kagak moncer”…

    •  

      Gak akan berani.

  10.  

    iya…..kopi..kopi rokok siap

  11.  

    triump presiden amerika yg paling lucu, kayak agato….hhhhhh..

  12.  

    Kalo mau diteruskan perangnya…kalo saya jadi US akan menembakan 100 rdal tomw lagi…kalo jumlah pencegatannya menurun…langsung saya suruh attack pakai pespur…karna kemungkinan ammo rudalnya habis..kalo gak salah..wkwkwk

    •  

      sangat banyak yang dipertaruhkan dengan menganggap “stok rudal” suriah sudah habis… selain armada pespur, efektifitas intelijen dan yang paling utama “muka tembok” pasukan gabungan 😆 akan dipertaruhkan disana…

      •  

        Lebih baik USA hajar aja semua aset Rusia di Hyememim dan Tartus. Kalo dari 103 Rudal Tomahawk yg lolos hanya 30 atau 25 sekalipun, itu sudah lebih dari cukup untuk membungkam S-400, S-300 berikut seluruh alutsista Rusia. Itu kalo 103 rudal, nah kalo 206 rudal?? Hhhhhhhhhh

        •  

          ya hitung sendiri…

          lagian udah mlm… org dah pada plg berkumpul bersama keluarga… besok juga libur, mngkin lusa baru ada yg jawab… atau mngkn nunggu org yg piket deh 😛

          •  

            Tumben pinter, biasanya kayak gak punya otak kalo ngasih Komentar. Jadi tau kan alasan kenapa sedikit korban yg jatuh. Hhhhhhhhhh

        •  

          .. lha klo pangkalan Rusia diserang apa jg Rusia cuma menangkis doang?.. yang ada 2-3 rudal meluncur ke pangkalan Rusia maka akan meluncur jg rudal ke kapal2 usa dkk..jadi jangankan meluncurkan 200an rudal,baru 2-3 rudal aja bakan pindah ke mode defense.. sumpah sebenarnya @agato ini bego beneran apa klik bait sih…tp kayaknya bego beneran deh wkkkk

        •  

          Harapan atau impian??? karena buktinya ga ada satupun yang mengarah ke situ…

  13.  

    Perubahan drastis cuaca dan radiasinya nuklir bisa meracuni kita biar tak perang juga pasti kena dan sangat mengerikan … Pemimpin dunia pasti akal sehatnya terjaga ga sembarangan ,ya pasti kasih tw dulu latakia dan heimim aman , suriah bisa menangkis rudal tomahawk pasti andil rusia dari pernika sampai radar ikut campur

  14.  

    Kira-kira untuk melaksanakan operasi kali ini, AS dan sekutunya telah menghabiskan berapa $$$ ya? trus apakah Trump beneran akan minta kepada Arab Saudi untuk $$$ yang telah dikeluarkan kali ini?

  15.  

    Senjata tua vs seratusan lebih rudal canggih dan pintar dr koalisi 3 negara besar, klu ada yg bs lolos jg wajar karena jlhnya banyak dan pintar versi Trumpt.he3. Cuma anehnya kmn omongan dr pihak Rusia yg akan membalas sampe menarget platform peluncur rudal AS+Koalisi dmnpun mereka berada untuk meluncurkan seranagan tsb!he3. Ternyata perhitungan politis lbh kental terasa.

  16.  

    Luar biasa, dari 103 Tomahawk yg diluncurkan hanya 32 yg berhasil. Tingkat keberhasilan hanud tua Suriah bisa sampai 31,07%. Itu capaian yg luar biasa bagi Suriah yg hanudnya telah di perbarui dan diupgrade oleh Rusia. Kita perlu tau, sejauh apa hasil yang dicapai oleh serangan tersebut. Saya yakin bahwa Rusia sudah melakukan Jamming terlebih dahulu.

    Kita tunggu hasil penyelidikan OPCW. Jika tidak ada kaitannya dg Suriah, Mr. Trump mungkin sebaiknya menghentikan provokasi dg serangan rudal. Tapi bila terbukti, saya sarankan dari awal agar Mr. Trump segera memusnahkan aset Rusia dan hanudnya terlebih dahulu di Tartus dan Hyememim. Suriah takkan berkutik bila tak ada dukungan teknologi dari Rusia dan China.

    •  

      dari 103 cuma 32 yg berhasil? berhasil yg mana ini?
      bukannya 103 ditembakkan, 71 dihancurkan dan 32 lolos dari hanud Suriah?

      yakin tingkat keberhasilan 31.07% itu dah bener hitungnya?

      keqnya perlu panggil Tukang Ngitung, PhD. nih

      •  

        Ente gak baca tuh artikel?? Kan sasaran target udah ditulis semua yg kena mana aja. Wah, kok jadi kelihatan gak punya otak lagi sih eta budak. Hhhhhhhhhh

        •  

          Luar biasa, dari 103 Tomahawk yg diluncurkan hanya 32 yg berhasil. Tingkat keberhasilan hanud tua Suriah bisa sampai 31,07%. Itu capaian yg luar biasa bagi Suriah yg hanudnya telah di perbarui dan diupgrade oleh Rusia. Kita perlu tau, sejauh apa hasil yang dicapai oleh serangan tersebut. Saya yakin bahwa Rusia sudah melakukan Jamming terlebih dahulu.

          Nah otak ente yang corrupt itu,
          mestinya yg 31.07% adalah tingkat kegagalannya… karena 32 tak bisa dicegat dan 71 berhasil diremukkan…

          Atau mungkin data yg ente buat berasal dari sumber barat… 😆 hihihi

        •  

          Karena saya berpegangan pada data berikut:

          Kepala Staf Militer Rusia mengeluarkan pernyataan, dari total 103 rudal jelajah yang memasuki udara Suriah, sebanyak 71 rudal berhasil dihadang oleh sistem pertahanan Suriah, menambahkan bahwa tidak ada pesawat tempur yang rusak akibat serangan tersebut.

          Diluncurkan: 103
          Dihadang: 71
          Gagal: 32

          Tingkat keberhasilan: 71/103
          Tingkat kegagalan: 32/103

          coba baca baik-baik komen anda tersebut.

        •  

          coba ulangi… tingkat keberhasilan hanud Suriah berapa % menurut perhitungan anda… 😀 atau jangan-jangan otak anda masih di pantat ya? 😆

    •  

      Pernah baca entah dmn, klw tomahawk itu katanya kebal jamming bang, klw gk salah waktu itu sering dibahas masalah kekebalan jamming tomahawk waktu serangan 59 rudal tomahawk ke suriah.

  17.  

    …luarrrr biasa…emang yg tua itu sarat dg pengalaman….

    dulu di sini banyak yg ngeremehin yg tua tua..

  18.  

    Untuk sementara belum ada korban jiwa dalam serangan tersebut.

    Dilaporkan AFP Sabtu (14/4/2018), SANA memberitakan, terdapat tiga warga sipil terluka di Homs, kota yang terletak 162 kilometer di utara Damaskus.

    Selain itu, beberapa rudal dilaporkan menghantam pusat penelitian di Barzeh, utara Damaskus.

    “Rudal tersebut menghancurkan laboratorium sains, serta pusat pelatihan,” ulas SANA.

    Lebih lanjut, Kementerian Luar Negeri Suriahseperti dikutip SANA mengecam serangan tersebut yang disebut sebagai “agresi yang brutal dan barbar”.

    “Serangan ini melanggar hukum internasional, melanggar kehendak komunitas internasional, dan ditakdirkan untuk gagal,” ujar kementerian.

    Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump mengumumkan serangan kepada Suriah pada Jumat (13/4/2018) waktu setempat.

  19.  

    Gila kasian nih warganya gedungnya pada hancur https://youtu.be/Kk_Xl4Zomi0 tapi mereka tetep semangat si warga suriah

  20.  

    Nih gedung pada hancur tapi warga suriah tetep gak peduli dan semangat https://youtu.be/Kk_Xl4Zomi0 padahal lagi perang

  21.  

    Biar tuwir pasti dah di upgrade sama dibantu radar dan pernika rusia

  22.  

    kata jendral rusia dr 103 tomahawk 70 rontok di rengah jalan di cegat SAM kuno soviet

  23.  

    sibuk memburu diktator kecil.. sampai harus melalui..gempur sana gempur sini.. finah sana fitnah sini… perbuatan diktator besar aman terkendali tanpa ada yg mengusik……

    . smoga nkri di jauhkan tangan tangan jahat mereka..

    ..

  24.  

    Rudal mbah2 .. Masih moncer

  25.  

    Barusan baca dari media Israel, akibat serangan rudal AS dan sekutu ke Suriah, mereka kini merasa terancam dan siaga 1

  26.  

    xaxaxa….anunya huha sembunyi takut kena rudal nyasar….xaxaxa…..

    •  

      Si agato taroh di suriah biar rasain gimana ranyanya perang hahaha peace

    •  

      jelas yang kalah bangsa dan rakyat siria…siapapun pemenangnya….!!!
      dua kubu asing hanya membantu mem:bantai dan menghancurkan ….usa menargetkan orang pemerintahan dan asetnya…sedang rusia menargetkan pemberontak dan asetnya…jadi dua target kubu adalah orang dan aset siria pada umumnya….!!!
      lucunya malah jadi tontonan dan hiburan dunia….yang lebih parah diperdebatkan oleh pendukung dua kubu tanpa melihat apa yang dialami siria dan penghuninya…daku tak tau apa harus tertawa atau menagis dibuatnya….!!!!

    •  

      jelas yang kalah bangsa dan rakyat siria…siapapun pemenangnya….!!!
      dua kubu asing hanya membantu membantai dan menghancurkan ….usa menargetkan orang pemerintahan dan asetnya…sedang rusia menargetkan pemberontak dan asetnya…jadi dua target kubu adalah orang dan aset siria pada umumnya….!!!
      lucunya malah jadi tontonan dan hiburan dunia….yang lebih parah diperdebatkan oleh pendukung dua kubu tanpa melihat apa yang dialami siria dan penghuninya…daku tak tau apa harus tertawa atau menagis dibuatnya….!!!!

  27.  

    Intisari-online.com – Kemenhan Rusia mengatakan, militer Suriah yang menggunakan sistem pertahanan udara S-200 sukses merontokkan 71 misil jelajah Tomahawk yang digunakan AS.

    Padahal, menurut Kemenhan Rusia, sistem pertahanan S-200 yang dimiliki Suriah sudah terbilang kuno karena dibuat di masa kejayaan Uni Soviet.

    Sistem pertahanan darat ke udara (SAM) S-200 ini dibuat pada dekade 1960-an untuk melindungi sebuah area luas dari serangan pesawat pengebom atau pesawat strategis lainnya.

    Sistem ini biasa digunakan untuk melindungi tempat-tempat penting misalnya pusat pemerintahan, industri, dan fasilitas militer.

    Sistem pertahanan ini juga “tidak manja” karena bisa digunakan dalam cuaca dan iklim apa pun.

    Misil yang ditembakkan sistem pertahanan ini mampu mencapai jarak maksimal hingga 300 kilometer.

    Kecepatan jelajahnya hingga empat kali kecepatan suara di ketinggian antara 300-20.000 meter dari permukaan laut.

    Resimen operasional S-200 pertama beroperasi pada 1966 di 18 lokasi dengan 342 peluncur misil pada akhir tahun yang sama.

    Meski terbilang kuno, sistem pertahanan ini masih sangat bisa diandalkan, tentu saja dengan perbaikan dan perawatan yang seksama.

    Saat ini masih 13 negara yang menggunakan sistem pertahanan udara S-200, termasuk Suriah, Iran, serta negara-negara Asia Tengah bekas Uni Soviet.

    Khusus Suriah, negeri ini sudah menggunakan sistem S-200 sejak Januari 1983 dengan membentuk dua batalion pertahanan udara yang masing-masing dilengkapi 24 peluncur rudal. 

    Kini AD Suriah masih memiliki dua resimen pertahanan udara yang memiliki dua unit baterai S-200.

    Pada 2016, AD Suriah membangun dua lokasi pertahanan S-200 di Bandara Kweires dekat kota Allepo.

    Tidak diperoleh informasi harga sistem pertahanan S-200 milik Suriah ini.

    Yang jelas “peralatan uzur ” ini mampu merontokkan 71 misil Tomahawk milik AS yang satu unitnya dihargai 1,87 juta dolar AS atau hampir Rp26 miliar. (Ervan Hardoko)

  28.  

    Sruputtr hah sruputt

  29.  

    sekarang kita musti hati2 nih klo pake klorin di kamar mandi…..bisa2 kamar mandi hancur di tomahawk ama gerombolan ork….

  30.  

    nyimak aja ya

  31.  

    oke tomahawk menjadi bintang lapangan, terlebih lagi sistem pertahanan udara russia, bakal laris manis luar biasa. promosi yang bagus untuk as dan sekutunya maupun russia. suriah? maaf, anda hanya sebagai obyek promosi. termasuk rakyat sipil yang jadi korban…

  32.  

    wuiiihhh… bung jimmy kemana nih… bakalan banyak yg nyari barang antik tuh..

  33.  

    diluncurkan 103
    dihadang 71
    mengenai sasaran 32
    target 10

    coba simak informasi berikut

    Jenderal Joseph Dunford, salah satu perwira tinggi ternama AS mengatakan, serangan tersebut menghantam tiga target.

    Ketiga target itu adalah pusat riset di dekat Damaskus, fasilitas gudang, dan pos komando juga di dekat ibu kota, serta fasilitas penampungan senjata kimia di dekat Homs.

    ada 3 lokasi yg dihantam rudal (32 rudal)

    kemungkinan di 3 lokasi yg disebutkan sang Jendral adalah lokasi yang tidak dilindungi hanud oleh Suriah. Makanya itu rudal bisa leluada menghantam… Jika memang demikian maka efektifitas S-200 bisa mencapai 100% di 7 lokasi lainnya 😆

  34.  

    mungkin tercapai kata sepakat dibalik tirai atau dibawah meja …tapi sulit dibuktikan apa semua bisa mencapai apa yang mereka targetkan…karna kepentingan lebih besar dari scenario sesunguhnya adalah ekonomi dan sumberdaya….bisa jadi kompromi dilakukan dua atau tiga pihak untuk mencapai kesepakan bersama…
    ditakutkan bila raksasa berbagi maka dunia dipeta petakan mana bagian siapa….tapi itu sama buruknya dengan perang dunia….dan kecil kemungkinanya….tetap waspada apa salahnya…..!!!!

  35.  

    dari seluruh rudal yg ditembakkan kumpulan nato? kesemuanya pula dicegat diudara oleh rudal jadul cetakan russia & ini dr informasi intilejend yg melihat tkp & tdk ada pemberitaan ditkp itu rudal kumpulan nato menembus pertahanan anti udara suriah

    hahhaahaaaa

  36.  

    OPINI
    suriah salah kiblat, kalau mau jadi negara diktator harusnya ngejilat usa bukan rusia
    contohnya indonesia, pernah di perintah sama diktator tapi gak di invansi usa, biar pun rezimnya tumbang bukan karena di invansi usa, tapi karena kesadaran rakyatnya sendiri

    cuma ada satu soulusi bagi negara diktator yang gak mau ngejilat usa ya (wajib) punya rudal berhulu ledak nuklir sendiri kayak korut, di jamin usa dan anteknya gak bakal berani cari gara2

    sejauh ini cuma indonesia dan korut yang bisa nekan usa untuk menuntaskan konflik dengan diplomasi, yaitu zaman bung karno waktu konflik di irian barat ketika usa menekan belanda untuk menarik diri dari irian barat karena usa khawatir akan campur tangan uni soviet yang semakin melebar jika konflik terus berlanjut. korut ya zaman kim jong-un ini dimana usa lebih mengedepankan diplomasi dari pada invansi (karena takut kenak serang balik sama rudal berhulu ledak nuklir)

  37.  

    bakalan seru nie … mau tau rudal mana yang lebih unggul ..

  38.  

    Suriah, menangkis serangan Barat melalui kompleks pertahanan udara yang dibuat di Uni Soviet lebih dari 30 tahun yang lalu.
    “Sistem pertahanan udara S-125, sistem pertahanan udara S-200, Buk dan Kvadrat digunakan dalam menangkis serangan rudal,” kata kementerian tersebut, seperti dikutip Russia Today.
    Di pangkalan udara Dumeir, sistem pertahanan udara Suriah menangkis sekitar 12 rudal jelajah AS dan sekutunya.
    Sebelumnya, seorang pejabat pertahanan AS mengatakan sekitar 100 rudal jelajah Tomahawk digunakan AS dan sekutunya untuk menyerang beberapa target di Suriah. AS sendiri juga mengaktifkan pesawat pembom B-1.
    Sedangkan media pemerintah Suriah melaporkan lebih dari 20 rudal jelajah musuh ditembak jatuh di sekitar Damaskus dengan sistem pertahanan udara pasukan Presiden Bashar al-Assad.

    “Tidak ada rudal jelajah AS dan sekutu-sekutunya yang menembus zona pertahanan udara Suriah yang jadi tanggung jawab Rusia, yang meliputi zona Tartus (fasilitas angkatan laut) dan Khmeimim (pangkalan udara yang terletak di provinsi Latakia),” imbuh Kementerian Pertahanan Rusia.

    Kedua zona yang dilindungi militer Moskow itu diamankan oleh sistem anti-rudal S-400, S-300, serta sistem rudal air-to-air Pantsir-S1.

  39.  

    Mantap ini, kita harus banyak belajar teknologi ginian sama Rusia, borooong !!

  40.  

    Maksutnya apa ya US?…kemaren nembak 59 rudal sekarang 2x lipat…mau melihat kefektifan SAM dan mengukur waktu reload apa ya?…jadi pas waktu reload yg hanya sisa 5 menitan SAM tsb akan dihajar pake rudal dr pespur…wah kalo gitu harus ditutup pake pantsyr,silka,atau oerlikon kayakna..dan hujan rudal hanya pengecoh..sampai waktu reload..mungkin lho..

  41.  

    tomahawk yang speednya ga sampe mach 1 dah pasti lebih mudah dihalau pertahanan udara kuno dan dia juga termasuk barang kuno loh, cek dulu *

    •  

      Ga cuma Tomahawk…
      SCALP/StormShadow/AGM-158 tetapi kesamaan dari ketiganya mungkin dengan Tomahawk adalah kecepatanya kisaran subsonik… mungkin karena itu masih bisa di tangkal dengan sistem pertahanan tua era Sovyet…

  42.  

    Fb rosiah menghibur diri, sistem hanud suriah tak ada satupun yg terbang di ketinggian rendah utk menangkis tomahawk kecuali s400 rusia di latakia yg cuma liat2 aja di layar radar gak berani nangkis

 Leave a Reply