Apr 152017
 

Boeing (Kawasaki) CH-47JA Chinook (414), Japan (Toshi Aoki – JP Spotters)

Tokyo – Dewan Keamanan Nasional Jepang membahas rencana untuk mengevakuasi hampir 60.000 warganya dari Korea Selatan jika krisis muncul di Semenanjung Korea, menurut seorang pejabat pemerintah, 16/4/2017.

Pembahasan dilakukan di tengah kekhawatiran terkait perogram senjata nuklir Korea Utara.

Korut pada Jumat, 14/4/2017 mengecam Amerika Serikat karena mengerahkan “aset-aset strategis nuklir yang begitu besar” ke Semenanjung Korea. Sementara itu, kelompok kapal induk AS juga telah mengarah ke wilayah itu di tengah kekhawatiran bahwa Korut kemungkinan akan melakukan uji coba nuklir yang keenam kalinya.

Selain kapal-kapal dan pesawat komersil, Jepang ingin mengirimkan pesawat dan kapal militer untuk membantu pemindahan para warga negaranya dari Korea Selatan jika pemerintah Korsel menyetujuinya, kata pejabat tersebut.

Dewan Keamanan Nasional, saat sidang yang berlangsung pada Kamis, juga membahas upaya untuk menghadapi kemungkinan banjir pengungsi dari Korea Utara ke Jepang. Sejumlah mata-mata dan agen intelijen Korea Utara kemungkinan akan menyelip di antara para pengungsi, ujar media Jepang.

Ketegangan telah meningkat sejak Angkatan Laut Amerika Serikat menembakkan 59 peluru kendali Tomahawk ke sebuah pangkalan udara Suriah pekan lalu sebagai tindakan terhadap serangan gas maut.

Serangan Tomahawk itu menambah kekhawatiran soal rencana Presiden AS Donald Trump terhadap Korea Utara. Korut telah melancarkan serangkaian uji coba peluru kendali dan nuklir, yang bertentangan dengan sanksi-sanksi unilateral dan Perserikatan Bangsa-bangsa.

Amerika Serikat telah mengeluarkan peringatan bahwa kebijakan AS yang “sabar secara strategis” sudah berakhir.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga mengatakan dalam acara jumpa pers pada Jumat bahwa pemerintah selalu mengumpulkan dan mengulas informasi menyangkut langkah-langkah Korea Utara. Namun, ia tidak memberikan keterangan lebih rinci.

“Pada saat ini, kita menjalin kontak secara erat dengan Amerika Serikat dan Korea Selatan dan, selain itu, mendesak (Korea Utara) untuk menahan diri dari tindakan-tindakan provokatif serta agar mematuhi resolusi-resolusi Dewan Keamanan PBB yang terkait, kita akan mengambil semua langkah yang memungkinkan untuk melindungi nyawa para warga kita beserta aset-asetnya,” ujar Suga.

Kantor berita Kyodo melaporkan bahwa Jepang mulai membahas rencana menghadapi kemungkinan krisis di Semenanjung Korea pada Februari, yaitu setelah Perdana Menteri Shinzo Abe bertemu Trump pada konferensi tingkat tinggi di Amerika Serikat.

Para peserta sidang Dewan Keamanan Nasional pada 23 Februari memperkirakan bahwa krisis di Semenanjung Korea bisa menimbulkan gelombang besar pengungsi yang menggunakan di sepanjang perairan Laut Jepang, menurut Kyodo.

Para peserta meminta pihak-pihak terkait untuk mempersiapkan tanggap kemanusiaan serta pengetatan keamanan atas kemungkinan bahwa para tentara Korea Utara bisa memasuki Jepang dengan berpura-pura menjadi pengungsi, kata Kyodo yang mengutip sejumlah sumber pada pemerintahan.

Antara/Reuters

Bagikan Artikel:

  54 Responses to “Situasi Memanas, Jepang Rencanakan Evakuasi 60.000 Warga dari Korsel”

  1. wah indonesia siap nambung gadis gadis korsel…. yg kesepian krn perang dunia3

  2. saya mau evakuasi snsd dulu

  3. Wowooooooooowww….. atuuutttt……!!!!

  4. Uaaaa.ga..mungkin..(nagapasa gimana nasib.y)…ptrx

  5. Di korsel jg bnyk warga Indonesia. Pemerintah perlu jg bertindak spt jepang mempersiapkn evakuasi scptnya klo situasi memburuk..

  6. INDONESIA DARURAT TERIMA PENGUNGSI GIRLBAND DARI KORSEL TYPE DESTROYER !!!

  7. Dengan situasi Korea yg semakin kacau..Dikawatirkan program kapal selam dan ifx akan terhambat…

  8. Ini tanda2 kemungkinan AS jadi serang Korut, dan China pun mengerahkan 150 rb tentara nya ke perbatasan utk jaga2 pengungsian besar dari Korut.

  9. Info dr teman yang kerja di korea selatan. Semua warga pada panik.dan pulang kampung… Siap2 hadapi perang….segenting itukah….. Wah……beneran perang ini…..

  10. bunker sudah penuh..ngumpet dimana lagi warga korut

  11. Di balik rice cooker

  12. Changbogo jg harus cepat diungsikan..

  13. Indonesia kehilangan perhatian terhadap situasi di Semenanjung Korea, padahal kalau perang pecah maka keselamatan para TKI di Kosel terancam. Media kalang kabut, lebih-lebih pemerintah…

  14. Kasihan…orang2 yg tidak tau menau dan tidak berdosa ikut jadi korban perang akibat ulah su diktator donal bebek dan si kepala batu kimjong noooon…jika tidak ingin senjata nuklir di produksi di muka bumi ini…maka hapuskanlah senjata2 nuklir di seluruh muka bumi…termasuk si amerika yg selalu sok jagoan itu…jangan hanya bisa bicara tapi ternyata negaranya lah sendiri yg mengajari yg lain untuk membuat senjata pemusnah masal…

  15. salut buat warga korut yg mempertahankan budaya kearifan lokal mereka
    tidak salut terhadap administrasi kim

  16. sue amat ..sy udah siap siap di depan tv nih..kok blm di mulai sih ..

  17. Sudah saatnya pemimpin korut di turunkan .Kasihan warganya yang selalu kesulitan kebutuhan pokok dan kadang kelaparan. Tapi cara keras dengan menggunakan militer langsung akan menghadapi resiko besar .Warhead yang di isi senjata kimia sangat potensi digunakan pemimpin korut dari pada senjata nuklir . Hal itu mengancam warga korea ,ini harus di pertimbangkan dengan matang . Yang paling bagus adalah meruntuhkan dinasti Korut dari dalam dengan mengompori rakyat mereka sendiri . hal ini memang sulit tapi ini satu satunya cara yang tidak bereriko besar. Atau kirimkan senjata hanya untuk membunuh the badboy ,kim jong un . Butuh Intelijen yang cakap dan canggih untuk mengetahui dimana persisnya Kim . Hal itu sangat sulit karena banyak lorong rahasia bawah tanah yang dibangun.
    Kita tunggu saja pilihan apa yangakan diambil TRUMP sesuai dengan laporan intelijennya . Yang pasti ,AS tak kan berani menggunakan cara keras seperti di IRAK .

  18. Test

  19. Tolong.. toolooonngg sekali,. Yg harus d selamatkan jepang adalah para artis2 JAV,. Apaa jdnya jepang tanpa merekaaa..

  20. itu semua kesalahan America mengapa terlalu mau campur urusan negara orang lain. …Donald Trump akan mendapat kecaman dari masyarakat baik di dalam negri maupun luar negri atas kebijakan nya yg mengambil keputusan berdasar kan emosi, mampu kah America berperang di banyak wilayah seperti di Suriah, Afghanistan, Korea dan kelak mungkin di Eropa. ..? Donald Trump harus berpikir panjang

    • itu kesalahan semua negara bung, kenapa begitu leluasa rezim USA memporak porandakan negara -negara yang mereka anggap berbahaya tanpa ada sanksi hukuman. jd menurut saya mungkin PBB mesti di bubarkan saja.

  21. Biasanya kalo udah gini ujung ujungnya amerika bikin skenario busuk seolah olah korut yang memulai provokasi.
    Skenarionya bisa sangat ga terduga oleh karena itu siap siaplah mengantisipasinya.Termasuk Indonesia dan Malon.

  22. Inilah klu orang paranoid dipilih jd Presiden meneruskan kegilaan Bush Family sesama separtai! Nyawa manusia dianggap lbh rendah dr hewan, karena di AS dan Eropa orang lbh menyayangi hewan peliharaan drpd manusia.

  23. Terus apa yg udah mau dikerjakan jokowi w ,mengantisipasi perang , jangan hanya taunya pencitraan dong

  24. Ap mugkin sudah ada bocoran dri usa klo dh mau mulai..

  25. Memang sudah waktunya rezim kim jong un harus dimusnahkan,walau nanti pihak2 yg bertikai akan memakan korban jiwa yg besar,tp kelak rakyat korut akan benar2 merasakan kemerdekaan sesungguhnya yg masyarakat negara2 lain. Rezim kim family memang keterlaluan sekali pada rakyatnya selama berpuluh puluh tahun mereka sangat menderita dan tertindas. Cuma ada imbas kalo terjadi konflik,negara2 sekitar jg bisa terlibat dan bisa jg merembet ke nkri.

  26. Lupakan IFX .!

 Leave a Reply