Situs Bersejarah Kapal Perang Australia yang Karam di Selat Sunda Dijarah

12
334

Tahun 1942 Kapal Perang milik Australia HMAS Perth dan kapal milik sekutu USS Houston tenggelam di perairan Selat Sunda setelah diserang Angkatan Laut Jepang dalam Perang Dunia II. Saat ini kapal-kapal tersebut telah menjadi situs bersejarah yang dilindungi.

Namun sayang, sejumlah situs bersejarah yang ada di kapal-kapal itu tel;ah dijarah oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Beberapa peninggalan bersejarah yang hilang antara lain fitting kuningan dan selongsong peluru.
Rencananya, tim penyelam gabungan dari Australia dan Indonesia akan melakukan pemeriksaan untuk melakukan inventarisasi barang-barang yang tersisa dari bangkai kapal.

Sementara itu, pihak Australia meminta agar Pemerintah Indonesia meresmikan situs bersejarah tersebut dan melakukan patroli rutin untk melindunginya dari para penjarah.

12 KOMENTAR

  1. termasuk saya masa bodo…apa yg perlu di banggain historiesnya jg jelek buatt negara kita, baca aja di wiki..mereka sedang saling merebut wilayah di NKRI

    3 negara itu kan agresor…!!

    tau gk kenapa wktu itu australia mengakui kemerdekaan NKRI, krn di suruh amerika..krn amerika ingin menyingkirkan belanda secara halus melalui politik..supya NKRI ini dijadikan negara boneka amerika!!!

    dan kita gk usa takut ama china yg menurut kita besar dan kuat, lihat tuh jepang negara baru terbit bisa serang pangkalan amerika!!!