Apr 212016
 

Tanjungpinang – Lanud Tanjungpinang telah naik status dari tipe C menjadi tipe B. Dulunya dipimpin perwira berpangkat Letkol, kini Kolonel. Perubahan juga terjadi pada struktur dan alutista. Ke depannya, Lanud Tanjungpinang, Kepulauan Riau, akan memiliki satu skadron pesawat tempur.

Tujuannya, untuk meningkatkan pengawasan terhadap pesawat-pesawat yang memasuki wilayah Indonesia, khususnya di wilayah Kepulauan Riau dan sekitarnya.

“Jelas ke depan adanya peningkatan kemampuan TNI AU di sini. Tentu juga ada skadron tempur dong,” ujar Danlanud Tanjungpinang Kolonel Pnb Ign Wahyu Anggono, Rabu (20/4/2016).

Kolonel Pnb Ign Wahyu Anggono mengungkapkan bahwa pesawat tempur yang bakal masuk, bisa jenis Sukhoi atau F-16. Tergantung keputusan dari pemerintah dan juga dana yang ada.

Mengenai skadron tempur itu, Kolonel Wahyu mengungkapkan kemungkinan bakal ada dua. Tapi untuk tahap awal, satu skadron saja. “Nanti akan ada di Ranai dan Tanjungpinang,” ujarnya.

Kenapa Ranai? Kolonel Wahyu menjelaskan ke depannya Ranai akan menjadi “homebase” terbesar TNI di Kepulauan Riau. Di sana nantinya ada markas TNI AU, AD, dan AL. Sehingga dengan lengkapnya tiga matra, diharapkan dapat menjaga kedaulatan negara Indonesia di wilayah perbatasan, khususnya Laut Cina Selatan yang kini rawan konflik.

Kolonel Wahyu optimis mengenai pengadaan skadron pesawat tempur di Kepri, sebab beberapa peralatan sudah “ready” di Kepri. Salah satunya adalah radar canggih TNI AU yang terletak di Ranai dan Tanjungpinang.

Dua radar itu mampu mendeteksi pergerakan pesawat apapun jenisnya yang masuk ke wilayah udara Indonesia. “Radar ini cangkupannya cukup luas, sampai ke Selat Malaka, Sumatera, Kalimantan dan sekitarnya,” ungkapnya.

Selamat tahun 2016 ini Kolonel Wahyu mengungkapkan tidak ada pelanggaran udara yang dilakukan pihak asing. “Tak ada,” ucapnya singkat. Tapi meski begitu, pihaknya terus bersiaga dan waspada dengan segala kemungkinan yang ada. TNI AU selalu awas terhadap hal-hal yang mengganggu kedaulatan negara Indonesia.

“Kami rasa perlu mengantisipasi segala kemungkinan yang ada,” tegasnya.

Sumber : Batampos.co.id

  92 Responses to “Skadron Pesawat Tempur di Tanjungpinang”

  1. Waawww

  2. Wait and see …

  3. gripen NG atau mig 35 cucok nih disini, ayo pak RR bungkus dooong

  4. “Radar ini cangkupannya cukup luas, sampai ke Selat Malaka, Sumatera, Kalimantan dan sekitarnya,”

    yang perlu di garis bawahi “dan sekitarnya” ini mencakup sampai mana Kolonel?

    Semakin jaya Indonesia, Jayalah NKRI!

  5. Muantaaaaaabs……lanjutkan

  6. salut bwt tni au,bravo tni lope youNKRI

  7. kepung si upil……

  8. Selama 2016 ini tdk ada pelanggaran pesawat asing……dah pada mulai mikir utk mengusik dimari xixixi….lanjutkan pak RR

  9. Diam-diam makin berotot….xixixi.

  10. Mantep Bung Wahyu ( Letkol )

    Lanjutken , kl ada balck fight , turunkan paksa dan dende dengan setinggi tingginya untuk kemajuan home base Ranai

  11. Tidak ada pelanggaran kedaulatan…. “Yg terdeteksi”… Atau mmg tdk ada pelanggaran ?

  12. Kemungkinan bakal ada dua, namun pada tahap awal satu skuadron saja.

    Kemungkinan F16 viper.

    2034 prediksi :
    Medan 1 skuadron, Pekanbaru 2 skuadron, Palembang 1 skuadron, Tanjung Pinang 1 skuadron, Natuna 1 skuadron, Pontianak 1 skuadron, Tarakan 1 skuadron. Tuh wilayah barat saja sudah 7 skuadron.

    Barat, Tengah, Timur dan Jawa = 4 kogabwilhan.

    7 skuadron x 4 kogabwilhan = 28 skuadron.

  13. Mungkin ada yang bisa jawab
    1. Apakah penerbangan dari wilayah ini masuk dalam FIR yang di kontrol Singapura?
    2. Jika ada penerbangan pesawat tempur, apakah akan terdeteksi oleh radar FIR di Singapura?
    Maaf jika pertanyaan nya ngaco tapi kalau ada penjelasan dari para suhu.. InsyaAllah menambah wawasan buat saya.. Thanks

  14. Tergantung dana yang ada…

  15. Biar makin sangar lagi taruh S-400 atau S-300 biar nanti ada yg nyelonong pesawat tetangga k wilayah indonesia tinggal Lock aja tuh pesawat pake S-400,,,jd ga usah di kejar pake pesawat TNI,,TNI tinggal duduk manis aja jadi operator S-400 kaya main game,,yakin tuh pilot pesawat yg nyelonong masuk wilayah RI di Lock S-400 pilotnya langsung loncat duluan,

  16. Jangan lupa ditempatkan sistem pertahanan udara kelas medium, kalau tidak ada s300 ya bisa juga HQ16, buat jagain pesawat musuh. Bravo TNI. Bersama Rakyat TNI Kuat!!!

    • Jangan lupa juga siapakan 1000 drone yang bisa diterbangkan sebagai umpan pertahanan udara lawan, sekalian drone berfungsi sbg rudal pintar

      • Jng 1000 drone bung, kurang lah! Mungkin 1011 ckup ditaruh disitu : P
        S300 200 unit ckup kan? Hehehe
        Bukan pesimis… Koment sah sah saja, tapi sambil belajar berfikir wlo kadang bercanda ato santai santai
        Ya sudahlah… Mari berimajinasi…!!!

  17. Kalau bikin skuadron pasti ada pespurnya,apalagi pangkalan ditingkatkan dari c menjadi b pasti fighternya yg gahar menurut gua pasti yg dari barat.

  18. gripen dan pesawat intelejen aew&c jangan lupa

  19. Kalo boleh milih pake pespur yg ngasih mesin untuk ifx ajavmungkin lebih baik

  20. Senjata as ngk di ikutkan lg untuk d beli.nyesel d embargo.seandya ngk diembargo pemberontak timor2x.udh hbs semua tuch

  21. 2 dari 10 WNI sandera sdh berhasil bebas krna nego jokowi

  22. Masih banyak yg berharap Gripen ya ternyata. Termasuk saya. Hahahaha :3

    • haruslah bung perpaduan kekuatan timur su yang ada ibarat gudang bom dan peluru dengan armornya dan barat gripen sebagai pendukung (SI GESIT IRIT /TUKANG RONDA). sedangkan pesawat aew&c di ibaratkan dukun yang bisa nyari benda yang tidak terlihat mata ALIAS GAIB (mata batin)

  23. Semua komen akan sy rekomendasikan Sukhoi family, mig 35, Typhoon, Tomy Rafael, trs pa lg,…

  24. wajar, buat ngegantiin semua squadron hawk. buat apa pesawat seperti hwak toh da ada pesawat coin. masih juga bisa gotong bom,roket dan missile serta senapan mesin. saya bahkan berharap semua squadron F-16 di ganti ma typoon atau paling g rafale. nah, baru ini yang di sebut peremajaan,

  25. Mumpung tanjung pinang deket sama tetangga, kenapa pada ga minta SU-34 aja sih? Hahahaha

  26. Hati2 pak Wahyu, dng iming2 singaporn, fasilitas liburan rutin,angpau utk ngisi kantong, dng imbalan tutup mata (bilang tidak ada pelanggaran) thd pelanggaran fir oleh pespur singaporn. Semoga tabah melawan godaan singaporn. xixixi.

  27. Ngintip aja..

  28. IBU KITA KARTINI
    —————————–
    Ibu kita Kartini
    Putri sejati
    Putri Indonesia
    Harum namanya

    Ibu kita Kartini
    Pendekar bangsa
    Pendekar kaumnya
    Untuk merdeka

    Wahai ibu kita Kartini
    Putri yang mulia
    Sungguh besar cita-citanya
    Bagi Indonesia

    Ibu kita Kartini
    Putri jauhari
    Putri yang berjasa
    Se Indonesia

  29. Merdekaaa…?

  30. Pak RR mana oleh-olehnya…………..??

  31. jika indo ada base udara di tanjung pinang..yg saya tau siap2lah nak dengar bising suara peswat juang singapore biasa terbang kat sekitaran pulau nipah smpai dekat batam ke cangi..semasa ni awak cuma tengok sahaja tu peswat juang singapore mcm,F-15SG, AH-64D, F-16C/D,F-5S/T,E-2C, G550 AEW&C, Fokker 50 ME2, M346, PC-21,dn strsnya,kerana kawasan udara tu masih kuasa singapore.knpa ngara awak tak buat mandri untk kuasa kwasn udaranya..sya fahamkan base singapore ade kat nipah port limit dngn base udara militer singapore kawasan S*D**G ISLAND.setakat jika indo nak ksih base tnjung pinang sya rasa adlh analisa yg bagus.mnrt saya knpa tak mulakan dr masa lalu..salam.
     

  32. knapa tak dari dulu ada base di natuna dan tanjung pinang???..
    1. RI percaya tetangga kita baik…tak tahunya MALING
    2.setelah terbukti jiran2 itu MALING dan tak dapat dipercaya maka RI mulai tegas menjaga kedaulatan.

  33. Masih hebatan elbot b52/60 daripada singa terbang.
    buktinya singapura pake elbot b52.

  34. begini ya dik TMB. Abang jelasin.
    semasa pemerintahan Soekarno, TNI jor-joran beli figther jet soviet(rusia), kapal selam, kapal frigate class, dan banyak lagi.
    Tapi mulai 1966-1970 peralatan tempur tersebut dah tak dgunakan lagi sebab Soeharto mulai berpihak ke barat(nato). Bahkan jet migkoyan pun diberhentikan tugasnya.
    TNI khususnya TNI AU semasa Soeharto cma dapat jet Hawk, F-5 dan F-16 saja dan dalam jumlah yang terbatas saja.
    akibat embargo AS, TNI AU baru berbenah untuk tdak mendatangkan jet/senjata dari AS saja, dan jga mulai melirik pabrikan Rusia.
    misalnya, pembelian jet Sukhoi sejak 2003.
    penyebab lambatnya perkembangan lambatnya TNI dimungkinkan intervensi asing tak suka militer Indonesia menjadi kuat/berbahaya.

    • indo negara besar bang..singapore kecik sahaja,jujur sahaja syapun tak suka sangat dngn singapore,tpi kuasa kawasan udara knpa singapor msih berjaya kat ruang udara kepulauan riau dia masih kuasa.apkh kerajaan awak tak ambik ni kuasa tdk semestinya mcm tu..sya tak bgtu faham sangat sejarah sukarno tpi sikit2 sahaja,pswat juang singapore kat nipah smpai port limit batam dn bintan selalu unjuk kekuatn udaranya,suatu waktu akan dtang kekuatan dr asia timur jika tak salah indo dn diblkng ada malaysia..taktau abad berapa akn tiba tu masa.

      • @ TMB sila dibaca http://www.galamedianews.com/nasional/53251/langgar-zona-terbang-pilot-as-ditangkap-tni-au.html

        kami sudah berjaya tangkap tentera singaporn yang langgar wilayah udara kami. malon bila lagi???

      • @TMB ,
        untuk cerita FIR Singapore , sila baca sejarah di google ,
        disitu kan ada , mulai rapat ICAO ( kalau tak salah ) ketika itu Inggris Dkk termasuk USA membuat semacam taktik jitu mengajak RI untuk dialog , kalau tak salah pula tahun 1947 , yang RI masih berhadapan dengan belanda , maupun pemberontakan-2 yang di sokong pula barat / asing , contih Misalnya Permesta ada pilot Alan pope nyatanya Agent rahasi AS ditunjuk untuk membom RI kala itu , jadi dikarenakan RI sibuk dengan urusan dalam negeri belum selesai-2 maka siding ICAO diputuskan dipegang oleh Singapura ( Negara bentukan inggris ) manakala singapura saat itu belum berdiri sebuah Negara , hanya diwakili oleh inggris …
        dan Jatuh pula FIr dikuasakan singapura ,
        dimana Ri dalam perjalanan detik ini rundingan selalu aja kalah ,
        untuk saat ini kita baru memulai , dimulai dri berneha diri infrastruktur sampai SDM , termasuk penguatan militer terlebih dahulu sebagai daya tawar ( gunboat diplomacy )
        dulu masih berani Singapura nyelonong , sekarg sudah tidak lagi karena selalu di intersept , perlahan dengan pasti kami menuju FIR yang komersial yaitu pernebangan sipil , kita teguhkan dahulu wilyah-2 udara dan kehadiran kita disana ,

        Sila baca sejarah di google , ada tu

        CMIIW
        silakan yg lain dikoreksi bila salah kata

  35. kenapa bung TMB ini beda sama warga malasia kebanyakan ?? biasanya mereka suka menghina dan sombong

    • soalnya dia habis makan pisang hehehe

    • Bung alex@ karena udah di jinakan sama bung diego dan warga di mari sampe sampe dia mau di tabok sama bang rusky,alhamdulillah warga di mari cekatan nahan bang rusky,klw kaga percaya coba tanya sama bang rusky…..tapi jangan bilang bilang kata saya sama bang rusky,bung tau cerita ini ya bung…..???

  36. enak aja pilah pilih.. bela beli …gripen NG… mig 35 … rafale…
    emang situ kasau ? pangab ? menhankam ???
    presiden sudah setuju beli Sukhoi-35 kok masih usal usul… bela beli
    duit nya dibagi bagi dek…. NKRI masih butuh banyak
    syukuri saja apa yang ada

    #ngopi lagi… sambil nunggu MBAH BOWO comment, siapa tau dia dapat wi-fi gratisan
    qiqiqiqiiiiiiiii

  37. mbah BOWO mana ini?
    apa masih sibuk bahas TUNJANGAN ???

  38. MBAH BOWO belum dapat wi-fi gratisan lagi makanya belum comment
    maklum K2 … masih bingung ngaturnya… beli pulsa internet apa buat bayar kos ya….
    kwak kwaakk kwaaakkk

  39. HUAHAHAHAHAAAAAAAAAAAAA
    embeeeeeeeeeekkkkkk

  40. masalah sukhoi kita semua pasti sepakt di akusisi dan sebagian besar warga sini pasti jiwa su 35 dan presiden JOKOWI juga sudah ngasih ijin sama mentri RR.
    tapi apa anda masih suka liat F16 second dan pesawat jadul lainya dipakai para pilot kita dan kita juga perlu pesawat yang diadopsi dari barat seperti gripen dan pesawat peringatan dini aew &c saab dan kalo mau ngomongin duit nya siapa ya duit masyarakat indonesia lah.
    salam damai

  41. ngga suka sih lihat F16
    tapi pemerintah sudah mengeluarkan jutaan dollar untuk semua F16 tsb, paling tidak kita dipaksa untuk melihat F16 itu 15 tahun lagi
    itu yg harus kita hadapi, mari sarapan semen, biar kuat menghadapi kenyataan
    huwaahuwaaahuwwaaaa :-(( :-((

  42. untuk mendapatkan 24 F16 bekas dari amrik dulu kalau tidak salah pemerintah mengrluarkan usd 800jt ya buat upgrade 24 unit F16 ??
    kalau benar, duit usd 800jt dibelikan SU-30 baru dapat berapa ya??
    tapi pemerintahan pak sby waktu itu mementingkan kwantitas sepertinya…. bekas gak apa apa.,,, yang penting 24 unit 😡

  43. nah…itu baru bener, kalau pemerintah belum ngeluarkan usd 800jt utk upgrade 24unit F16… bisa tuh milih untuk dibeli si rafale atau gripen baru, atau nambah SU-30 lagi…
    tapi berhubung usd 800jt sudah dibayarkan untuk 24unit F16 tsb,.
    walau terasa sakit,. mari dengan lapang dada kita lihat sampai 15thn yang akan datang
    *hiks

  44. @admin
    angkat cerita rudal tomahawk yang jatuh di jalan!!!!!!!!!!!!!!!

  45. Bukan jatuh itu rudal… hussss… sembarangan….
    hanya saja sekrupnya kurang kencang….

    @Mbah BOWO, malam jum’at selalu sibuk ya???…..

  46. 2 skuadron sepertinya cukup buat mengcover selat malaka dan sekitarnya..sedang skuadron di natuna buat mengcover lain2..kami selalu mendukung segala kebijakan yang bersifat urgent pak..lanjutkan ndan

 Leave a Reply