Dec 112017
 

Pekanbaru, Jakartagreater.com – Personel Skadron Udara (Skadud) I Elang Khatulistiwa milik Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio (Spo) Pontianak, sukses menggelar latihan dan simulasi perang. Latihan rutin ini diselenggarakan di Lanud Roesmin Nurjadin (RSN) Pekanbaru, Riau.

Latihan ini melibatkan tiga Skadud, yang terdiri dari dua Skadud dari Lanud Rsn Pekanbaru, dan satu Skadud Lanud SPO Pontianak. Latihan gabungan yang mengangkat tajuk Mission Oriented Training (MOT), diselenggarakan dua minggu lamanya, yaitu sejak 27 November – 9 Desember 2017.

“Betul, kami sudah selesai melaksanakan latihan pertempuran di Pekan Baru, Riau. Latihan ini sebagai salah satu cara meningkatkan kemampuan personel,” ujar Komandan Skadud I, Letkol Pnb Agung Indrajaya.

Selain meningkatkan kemampuan personel, latihan gabungan ini digelar untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan seluruh personel, terutama dalam memanfaatkan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI AU.

Pada simulasi pertempuran, baik di udara maupun di darat, latihan gabungan ini melibatkan total 15 pesawat tempur jenis F16 Fighting Falcon dan Hawk 100/200.

“Latihan gabungan ini dijadikan bekal dan pengalaman serta meningkatkan pemahaman, kemampuan bekerja sama antara penerbang yang mengoperasikan alutsista dengan platform yang berbeda, sehingga kemampuan personel semakin meningkat dan dapat melaksanakan operasi udara yang memiliki kompleksitas tinggi,” paparnya.

Adapun tiga Skadud yang terlibat dalam latihan ini terdiri dari Skadud 12 dan 16 Lanud Rsn, serta Skadud 1 Lanud Spo. Lima pesawat Hawk 100/200 dari Skadud 12, lima pesawat F-16 dari Skadud 16, kemudian lima pesawat Hawk 100/200 Skadud 1, ditambah dengan satu unit Helikopter Puma TNI AU.

“Sekitar 350 personel terlibat dalam latihan tersebut, terdiri dari para penerbang, ground crew, personel GCI dari beberapa Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Kosekhanudnas) hingga pendukung lainnya,” tutur Danskadud I.

Letkol Pnb Agung menjelaskan, seluruh peserta latihan gabungan selalu mengedepankan faktor keselamatan dan keamanan. Cek dan re-checkseluruh Alutsista dan vitalitas personel juga jadi perhatiannya, hal ini dilakukan agar seluruh rangkaian latihangabungan berjalan dengan baik, aman dan lancar.

Komandan Lanud (Danlanud) Supadio, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Minggit Tribowo mengapresiasi peran personel Skadud I Lanud Supadio, yang telah menunjukkan dedikasi dan kerja sama terbaik pada latihan dan simulasi temput MOT tersebut.

“Saya ucapkan selamat datang kembali ke home base di Lanud Supadio. Saya bangga dengan personel yang telah menunjukkan semangat juang yang tinggi,” kata Danlanud.

Marsma Minggit menjelaskan, latihan gabungan tiga Skadud tempur di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, menjadi salah satu cara untuk memperlihatkan kemampuan tempur pasukan udara dalam rangka pertahanan negara di wilayah yang berbatasan dengan Selat Malaka tersebut.

“Latihan tempur gabungan ini memperlihatkan kesiapan TNI AU, yang merupakan bagian dari TNI, dengan kesiapsiagaan tinggi dapat menjalankan tugasnya sebagai alat pertahanan negara dengan baik, guna menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujar Marsma TNI Minggit. (Dispen AU).

Bagikan Artikel :

  105 Responses to “Skadron Udara I Sukses Latihan Tempur di Lanud RSN”

  1. Woof

    • Bro…AU mo beli lagi grob&wongbe lho !!

      Jadi kedepan nanti kayaknya ada 2 fase pelatihan menggunakan grob…fase dasar dg avionik analog, setelah lulus dilanjut dg grob avionik digital (yang akan dibeli ini), trus wongbenya buat.lengkapi 3 wongbe yang total loss (1 di bali + 2 di penang).

      Fokus AU ada pd eksploitasi teknologi maju dunia penerbangan spt radar, senjata, targeting pod, datalink, avionik, dll…jadi bukan tipe pesawatnya yang dibanyakin tapi perlengkapannya yang akan dilengkapi

      • Lha memang mau banyakan pesawat latih dulu biar ada banyak penerbang yang siap untuk menerbangkan 180 – 192 pespur, 6 skuadron angkut dan 4 skuadron heli.

      • Bukan tipe pesawat yang dibanyakin, setuju aku.

        Tapi dari tipe yang sudah ada dibanyakin jumlah unitnya.

        Grob dibanyakin.

        Wongbee dibanyakin, kalau perlu diupgrade jadi varian COIN seperti Tucano.

        F16 diupgrade jadi Viper lalu dibanyakin.

        T50 diupgrade jadiin FA-50 lalu dibanyakin.

        • Sekalian tuh, carin dibanyakin…soale kalo ga ada bung aming, si carin suka “mbanyaki”

          • sebenarnya justru karena kebijakan USA yang menjadikan Indonesia memiliki pespur Russia, coba dulu ga ada embargo pasti Indonesia akan dipenuhi dengan pespur buatan barat, entah buatan USA atau Inggris… efek dari kebijakan itu Indonesia menjadi menggunakan pespur buatan Russia dan sepertinya TNI AU juga menjadi mengenal karakter pespur tersebut…
            Suka tidak suka kedepan akan tetap seperti ini, dimana pespur barat akan disandingkan dengan pespur buatan Russia… meskipun pespur buatan Russia tidak akan sebanyak pespur buatan barat yang akan digunakan… apalagi kategorinya adalah pespur kelas berat yang tidak bisa didapatkan dari negara barat…

          • Halah diulang lagi, Coba Bung Yuli jelasin alasan USA mengembargo Indonesia tuh apa. Apa iya USA tiba2 mengembargo tanpa alasan yang jelas???

          • Ogah…
            Intinya USA melakukan embargo ke Indonesia dan akirnya Indonesia membeli pespur buatan Russia… dengan alasan apapun tidak penting, karena intinya akibat dari kebijakan itu Indonesia yang tadinya tidak pernah melirik pespur buatan Russia menjadi membelinya… itu saja intinya, masalah kenapa melakukan embargo ya terserah saja…
            Filipina melakukan hal yang hampir sama, ketika USA sudah masuk keranah mau memasukan pemerintahan Filipina sebagai pelaku pelanggaran HAM akibat kebijakan kerasnya ya sepele saja, putar haluan mengingatkan USA kalau negara didunia tidak janya USA saja…

          • Kalau bung Agato menganggap USA bisa dan berhak melakukan sangsi sepihak seperti itu, lihat yang terjadi di Yaman… USA tidak melakukan sangsi apapun kepada Arab Saudi yang jelas2 melakukan serangan brutal ke Yaman….

          • Dan Bahkan Israel Pun Jg Tak Di Sanksi Oleh Cowboy Ndrugal.

          • Serangan kemana? Kepada pemberontak yg menggulingkan pemerintahan yg sah hanya karena kalah dalam pemilu atau pemberontak yg berani menembakkan misil ke Mekkah??

          • serangan ke penduduk sipil… perang melawan militan saya tidak peduli…

  2. Baik USA maupun Rusia DAPAT melakukan embargo jika negara pembeli melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan mereka.

    Di tahun 1967, RI menangkapi dan mengeksekusi mereka yang terlibat G30S, hal ini membuat Rusia (dahulu diwakili Uni Sovyet) tidak senang.

    Uni Sovyet menuntut pembayaran lunas sebelum mengirim spare part, atas semua alutsista yang dikirim untuk merebut Irian.

    Saat itu tidak mungkin bagi RI untuk melunasi semua sebab keadaan ekonomi masih terpuruk.

    Saat itu RI berupaya untuk melakukan kanibalisasi suku cadang untuk pespur Mig tetapi ternyata tidak presisi antara satu dengan yang lain.

    Akhirnya sesudah melalui perundingan yang alot, sedikit suku cadang dapat diperoleh namun itu masih tidak cukup sehingga kemampuan AURI menurun drastis.

    Terdesak oleh embargo dari Uni Sovyet tersebut, RI menerima tawaran USA beberapa jet tempur dengan syarat armada bomber Tupolev discrap dan beberapa Mig ditukar dengan jet Sabre.

    Beberapa tahun kemudian di tahun 1991 RI melakukan penembakan ke arah demonstran di TimTim yang menewaskan lebih dari 200 orang. Hal ini membuat US tidak senang sehingga melakukan embargo ke atas RI.

    Jadi baik USA maupun Rusia DAPAT melakukan EMBARGO seenak jidat mereka sendiri.

    Untuk itu penting bagi RI untuk mandiri alutsista. Siapa pun yang membantu RI untuk mandiri alutsista akan diterima. Siapa pun yang alot membantu RI perlahan akan ditinggalkan.

    • Liat, Uni Soviet melakukan embargo karena Indonesia melakukan eksekusi kepada kolaborator kudeta G/30/S-PKI.
      USA melakukan embargo karena alutsista yang dibeli dari USA digunakan untuk pelanggaran HAM di Timor timur yg menewaskan ratusan orang. Jelas beda penerapan embargo.

      Kita aja gak senang bukan ketika SS1 diselundupkan untuk digunakan oleh pemberontak di Filipina?? Pindad aja merasa tersudut kala itu walopun tanggung jawab mereka udah selesai ketika senjata2 itu telah dikapalkan. Makanya jangan asal menggeneralisasi suatu masalah apalagi abai dan apatis terhadap masalah tersebut. Asal tau aja, banyak suku2 lain yg merasa iri dan dengki dengan etnis Jawa karena mereka mulai dianggap abai dan hanya mementingkan diri mereka sendiri. Apalagi pembangunan hanya terpusat di Jawa. Makanya Pak Jokowi bergerak untuk mulai membangun secara besar-besaran dan holistik di luar pulau Jawa khususnya pulau terdepan dan daerah tertinggal seperti Papua, Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi. Belum di Maluku, Nusa tenggara dan Kep. Riau khususnya Natuna.

      • Tetapi USA tidak melakukan embargo kepada Arab Saudi yang menggunakan senjata buatan USA untuk membunuh banyak penduduk di Yaman…
        Jelas lah USSR berang, paham yang dimiliki USSR di sikat di negara yang dibantunya, kemudahan diberikan, pesawat terbaik diberikan, dan Kapal perang juga di berikan… Indonesia adalah satu2nya negara ketiga yang memiliki kapal perang penjelajah… ketika semua kemudahan dibalas dengan kebijakan yang diambil Suharto waktu itu, ya berang lah USSR, siapapu n pasti juga bakalan marah, ditambah lagi pesawat diberikan kepada USA, kalau dekat mungkin sudah di bom atom karena sikap yang diambil Suharto waktu itu…
        Indonesia menganggap Timor Leste sebagai bagian dari Indonesia, jadi ketika terjadi penyerangan yang menimbulkan banyak korban jelas sesuatu yang tidak bisa dihindari, bahkan korban dari militer Indonesia juga banyak yang terjadi di Timor timur… toh akirnya ketika di embargo akirnya juga merapat kembali kepada Russia untuk mendapatkan kemudahan mendapat pespur… yang ketika itu juga berusaha dijegal dengan adanya krismon…
        USSR sudah runtuh, tidak relevan lagi saat ini untuk menyamakan Russia dengan USSR, USSR sangat agresif dalam kebijakan luar negeri, sering melakukan pendudukan dan mencampuri kondisi politik di negara2 eropa timur, semua terus berlanjut sampai era perang Afganistan dan berakir dengan USSR kalah perang dan akirnya runtuh…
        Russia adalag negara yang memulai kembali membangun negaranya yang berantakan, mengembalikan kekuatan ekonomi dan militernya, dan jelas Russia bukan USSR… tetapi USA adalah negara yang melakukan embargo di era modern, dan bahkan sering melakukan tindakan mencampuri situasi politik di sebuah negara…
        apakah Russia bisa melakukan embargo??? jelas sangat memungkinkan, tetapi kebijakan politik Russia terbukti tidak terpengaruh situasi politik dalam negara lain, mereka tidak mau ikut campur dalam situasi dalam negeri negara yang bersangkutan, di Suriah mereka turut campur karena permintaan dari pemerintah Suriah…
        USA, dimana ada konflik di timur tengah yang tidak melibatkan USA??? mungkin hanya di Palestina dan Israel… dan bukanya kalau persenjataan USA digunakan Israel menyerang penduduk palestina seharusnya Israel juga di embargo??? bukanya kalau senjatanya di gunakan Arab Saudi untuk menyerang wilayah publik seperti pasar di Yaman juga di embargo??? atau USA bermuka dua???

          • Pada 25 Januari 2006 Washington Post pernah melaporkan hasil penelitian Komisi Penerimaan, Kebenaran dan Rekonsiliasi Timor-Timur. Menurut penelitian komisi itu Amerika seharusnya bertanggungjawab karena telah mendukung baik secara politik dan militer kepada Indonesia sejak pertama kali menyerang Timor Timur pada Desember 1975 dan selama mempertahankan daerah itu selama 24 tahun. Setidaknya akibat invasi ini lebih dari 100.000 orang telah tewas.

            Ada beberapa tulisan lain yang menerangkan kejadian di Timor timur tetapi tidak bisa saya upload, selalu gagal… jadi kalau kemudian tiba2 USA melakukan embargo militer kepada Indonesia, jelas sangat membingungkan Suharto pada waktu itu… setelah dukungan yang begitu intensif dari USA dan Australia kepada Indonesia waktu itu

          • https://tirto.id/dari-timor-timur-sampai-papua-suara-noam-chomsky-untuk-indonesia-cArj

            Noam Chomsky rajin membeberkan keterlibatan Barat, khususnya Amerika Serikat, dalam tragedi kemanusiaan dan huru-hara politik di Indonesia, dari Timor Timur hingga Papua.

          • Gertakan kebijakan pragmatis kissinger memang yahud
            Top dah

          • Sangat lucu kalo Bung Yuli mempercayai seorang Yahudi. Chomsky jelas2 seorang Yahudi dan pendukung negara Israel. Padahal di artikel2 JKRG ttg Israel-Palestina sebelumnya Anda begitu menentang Yahudi. Coba Bung Yuli cek lagi biodata Chomsky lagi Bung.

            Hhhhhhhhhh

          • Saya biasa mengkroscek sebuah artikel sebelum saya mengshare kan artikel tersebut ke orang lain. Istilah jurnalisnya adalah Check and Balance. Mengecek kebenaran dan kevalidan artikel tersebut serta harus melihat secara menyeluruh baik dari yg pro maupun yg kontra. Kalo bisa terjun langsung maka kita akan bisa melihat gambaran umumnya lebih jelas. Jangan asal share artikel tanpa mengkrosceknya. Begitu Bung Yuli.

          • Coba cek kalimat saya yang mana saya menentang Israel???

            Saya justru yang heran dengan anda… Noam Chomsky memang jelas cara pandangnya bertentangan dengan pendapat anda, tetapi cara pandangnya realistis… dan mempertanyakan seorang Noam Chomsky hanya karena beliau orang Yahudi, jelas anda mengingkari kenyataan…

            http://www.republika.co.id/berita/internasional/palestina-israel/14/07/15/n8qh74-noam-chomsky-kecam-zionis-israel

            Noam Chomsky bukanlah pendukung negara Israel seperti pendapat anda… makanya artikel itu dibaca, dibacanya tidak cuma satu tapi sebanyak mungkin, jangan diambil yang menguntungkan saja tetapi yang pahit juga dibaca…

          • Jadi, posisi Anda terhadap Israel itu apa? Menentang berdirinya Israel atau malah mendukung Israel??

            Coba Bung Yuli baca lagi apa alasan Chomsky mengecam tindakan Israel kepada Palestina. Dan apa sebetulnya ideologi dan pemikiran seorang Chomsky itu seperti apa. Seperti yg Anda katakan sendiri. Baca dan baca sebanyak mungkin artikel, jangan hanya mengambil yg menguntungkan tapi menolak yg pahitnya bukan, Bung Yuli. Baca lagi idealisme dan pemikiran Chomsky apalagi terkait dg Israel.

          • Israel dan Palestina saya tidak paham dan tidak mempelajari, karena efek untuk indonesia lebih kepada sikap yang diambil pemerintah, dan tidak memberikan efek apapun apalagi dalam hubunganya dengan kemampuan militer Indonesia…

            Saya tidak tahu asalannya apa karena saya tidak pernah bertemu dan bertukar pikiran untuk menanyakan itu, tetapi pernyataanya jelas dimuat di media di Indonesia dan bukan mendukung Israel seperti pendapat anda…

            Saya membaca semuanya dan yang pahit adalah beliau memandang pencaplokan Timor timur ke Indonesia waktu itu adalah kesalahan, termasuk kondisi di Papua Barat yang menurut beliau itu adalah pelanggaran HAM yang parah dan epidemi yang dilakukan oleh tentara Indonesia…

            Tetapi selalu ada kalimat yang tidak anda sukai bung Agato, karena yang disorot Naom Chomsky adalah keterlibatan pihak tertentu yang memang menjadi inti setiap pemikiran beliau, bukan Indonesia nya tetapi yang satunya…

        • Bung Yuli,

          Coba lihat lagi kalimat saya : “Baik USA maupun Rusia DAPAT melakukan EMBARGO jika negara pembeli melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan mereka”.

          Kata kunci adalah : TIDAK SESUAI DENGAN KEINGINAN MEREKA.

          Bisa jadi di tahun 1991 itu sudah ada kecenderungan membangkang dari Suharto sehingga Tragedi Santa Cruz dipakai sebagai alasan untuk menghukum pemerintahan Suharto.

          • Sangat paham, hanya saja jika mebandingkan antara embargo USSR dan embargo USA jelas jauh berbeda… ada satu poin yang harus diingat… semenjak berakirnya era USSR, Russia tidak pernah sibuk mengurusi politik negara lain, karena berusaha fokus pada pembangunan negara, jauh berbeda dengan USA yang cenderung agresif terlibat dan berusaha untuk mengendalikan suatu pemerintahan sebuah negara, termasuk pemerintahan Suharto yang sebenarnya dimanfaatkan untuk kepentingan USA dan Australia (ada sangkut pautnya dengan Timor timur ada di link diatas)… ada satu poin yang tidak bisa saya ungkapkan disini karena takut berpolemik, mengapa USA sepertinya menjadi senewen dengan Suharto, sepertinya terbersit sedikit di link yang saya di upload yg di bawah… sesuatu yang sangat tidak disukai, tetapi dilakukan oleh Suharto

          • Pendapat pribadi saya sih Lebih pada lobi2 korporasi perminyakan bung dgn target temuan cadangan minyak dan gas alam timtim yg memanfaatkan turunnya kegunaan indonesia sebagai slah satu benteng anti komunis di asia ketika uni soviet bubar dan china yg masih belum seberapa kuat setelah insiden tiananmen

          • Lalu di Georgia dan Ukraina itu apa?? Bisa jelaskan??

          • Amerika ngapain di Suriah??? bisa anda jelaskan???

            Ini tentang embargo militer Indonesia, jangan kemana2… ini saya sedang getol membahas tragedi Santa Cruz…

          • Awal terjadinya perang saudara di Suriah adalah terjadinya demonstrasi menuntut pembagian yg adil dalam politik dan ekonomi antara minoritas Syiah Alawit dg mayoritas Sunni disana. Ini sama dg Indonesia tahun 98 yg menuntut kebebasan dan keadilan dalam hukum, ekonomi dan politik. Mayoritas Sunni yg dimulai dari Kota Homs merambat ke seluruh Suriah termasuk Damaskus. Pemerintah Basyar al-Assad malah mengirimkan tank dan mulai menembaki rakyat mereka yg menginginkan pembaharuan. Akibat tindakan kejam kepada sipil itulah banyak tentara yg desersi. Namun karena tentara loyalis Assad yg notabene dari etnis Alawit terus menyerang bahkan dg senjata kimia maka USA baru turun tangan. Itu jauh lebih kejam dari Santa Cruz maupun aksi di Semanggi dan Trisakti. Wajar bila USA mendukung pemberontak yg sebelumnya ditindas oleh minoritas Alawit yg Syiah. Lalu muncullah berbagai sekte pemberontak termasuk ISIS yg melakukan teror diseluruh dunia serta menguasai sebagian wilayah Suriah. Lalu Rusia datang diundang oleh Assad untuk menghadapi pemberontak khususnya ISIS. Kini ISIS sudah mengecil di perbatasan Irak-Suriah. Nah, sekarang apakah Rusia berani menghadapi Pemberontak yg sebelumnya ditindas oleh Assad yg sekarang didukung oleh USA ?? Saya kira enggak, yg pasti Rusia yg akan mundur. Buktinya Rusia telah menarik sebagian pasukan dan pesawat tempur mereka dari Suriah.

          • Coba anda baca lagi pernyataan duta besar Indonesia untuk Suriah… kemarin saya pernah memberikan Link nya…

            USA berada di posisi berseberangan dengan pemerintah, mendukung pemberontak dan ingin menggulingkan pemerintahan yang berkuasa… sebenarnya apa maunya USA??? mendukung penggulingan kekuasaan???
            Berarti suatu saat bisa saja USA berlaku demikian di Indonesia dong??? dengan dalih ada pihak yang merasa diperlakukan tidak adil…

            Russia kan hadir karena dimintai tolong oleh pemerintah yang sah, dan itu supaya tidak melanggar hukum internasional, sekarang USA atas dasar apa mendukung pemberontak yang di katakan patriotik suriah??? atas dasar hukum internasional yang mana??? mandat PBB???

          • “semenjak berakirnya era USSR, Russia tidak pernah sibuk mengurusi politik negara lain, karena berusaha fokus pada pembangunan negara, jauh berbeda dengan USA yang cenderung agresif terlibat dan berusaha untuk mengendalikan suatu pemerintahan sebuah negara”

            Bung@Yuli,, poinnya udah akur.. Xixixixixixixi

            Yg lupa mungkin indonesia sebagai negara non blok.. Gimana pun juga,, indonesia masih butuh menjaga keseimbangan 2Neagara adidaya yg didebatin.. Yg sempet trlupakan di orde baru.. Di era pemerintah sebelom pak jokowi sempet diaktifin lg.. Cuma di era yg skrng agak lambat memanfaatkan 2 negara adidaya ini.. Karena beda fokus pemerintahan yg skrng..

            Ya Mudah2an,, pemerintah yg skrng lebih cepat bergerak sebelom 2019..xixixixixixixi

      • Serius mereka sengaja menyerang warga sipil?? Bukan militan Houthi yg menyamar sebagai warga sipil?? Apalagi Houthi itu Syiah loh.

  3. Masih memakai pespur low end dibanding pespur tetangga yg high end dan teknologi terkini, semoga kedepan TNI AU memiliki skuadron2 yg trengginas untuk meeleminasi setiap bromocorah diruang udara NKRI!

  4. Gara2 mencari informasi tentang kejadian Santa Cruz jadi malah menemukan ini…

    https://garudamiliter.blogspot.co.id/2012/03/insiden-santa-cruz.html

    Diluar versi tentang kejadian yang terjadi, justru membahas mengenai kondisi internal dalam militer yang mendukung terjadinya peristiwa Santa Cruz… bagi dunia Internasional dan bagi kaum awam kejadian tragedi Santa Cruz adalah sebuah kejadian tragedi kemanusiaan, tetapi ketika mengupas dari sisi internal militer ada sesuatu yang jauh lebih serius… bukan sekedar kekejaman atau kesalahan dalam melakukan tindakan tetapi memungkinkan adanya intrik politik dalam tubuh militer yang sangat berat… agak susah membacanya karena latar halamanya yg kurang sip dan tulisan yg kecil, tetapi ada nama besar disana termasuk pak Prabowo…

    • Mumpung mas yuli mengawali obrolan ttg ini….saya juga punya buku yg membahas ttg hal ini dari pihak yg berdinas disana dari awal proses masuk sampe lepasnya

      Pada intinya…adalah jalinan kontroversi yg berkomplikasi dg blunder kebijakan dan maen trabas alias ada yg suka keluar dari jalur komando…euu, kira-kira begitulah.

      Bisa diibaratkan dg pekerjaan dewa syiwa vs dewa wisnu….

      • Sayang bung masa lalu akan sering diungkit demi tujuan politis apalagi di jaman sekarang dimana kita diambang depolarisasi kekuatan global dimana munculnya kekuatan2 baru menantang kekuatan lama
        Kita sudah melihat sendiri imbasnya 80 tahun lalu tinggal nunggu traumanya hilang dulu
        sejarah tidak akan berulang namun sejarah akan berirama sama

      • Tepat sekali bung Hari, mungkin bersambung juga karena untuk mendapatkan singgasana juga melalui proses yang super… melalui cara2 manuver tingkat dewa…
        Akibatnya kontroversi, blunder, keluar jalur komando, main trabas, menjegal, saling curiga dan ingin berlaku diktaktor akan selalu menyertainya…
        Saya rasa era sekarang orang tidak pernah tahu seperti apa rasanya di berangus, dikontrol dan tidak segan2 “di ciduk”…

        Saya pikir jika sekarang disana Suharto ketemu Sukarno bakalan diapakan ya???

    • Sekitar tahun 90 an sy sdh masuk ke timor timur, dompleng dlm misi kemanusiaan dan LSM, saat disana banyak team2 misi non pemerintah Indonesia yg masuk.

      Feeling ku saat itu pasti ada pergerakan kepentingan asing di timor timur saat itu dlm rangka kampanye sembunyi2, saat disana sy cenderung mengakrabi rakyat kecil dan bertanya ttg sejarah dan konflik antar orang timor timur, ternyata ada orang sana menasehati sy utk hati2 sama LSM, team2, p***** dsb.

      • Makanya perlu ditingkatkan industrial espionagenya lsm aktivis dll hanyalah pion namun tetap bisa menskak sang raja dan kita juga sering2 baca buku dan diskusi biar ngerti aturan percaturan politik global toh yg paling ngerti biasanya berpeluang menang lebih besar

        Dan kita juga harus membentuk tim2 untuk mengcounter taktik shilling mereka di berbagai media sosial terutama yg biasa diakses paling banyak oleh user2 internasional seperti world newsnya reddit atau yg lain2

        • Sebenarnya team2 tsb sekedar pencucian otak terawal di masyarakat, sy yakin ada team lain yg sdh masuk ke pejabat, wartawan dll

          Real serangan asli adalah saat ada kisruh, suriah ada kisruh isis itu bentuk yg terlihat tp pergerakannya minimal 5 tahun sebelum sdh di prospek duluan lah.

          • Kisruh suriah atau lebih tepatnya arab spring sudah dicanangkan sejak 2008 dgn testing shilling di tren terbaru yaitu media sosial baca literaturnya si om pendiri wikileaks
            When google met wikileaks
            Disitu juga dijelaskan kerjasama antara beberapa organisasi islam dgn aliran tertentu dgn google dan korporasi multinasional yg efeknya mash berasa kuat sampai sekarang dgn gerakan pembersihan di dalm plitik saudi sebagai kejadian paling baru.
            Ironisnya adalah arab spring malah memunculkan dominasi baru iran dan rusia di timteng yg malah awalnya digunakan utk mendobrak iran sendiri

          • Itulah knapa sy jadi ngakak, susah payah ngerjain negara orang biar dpt upeti malah terdepak dan sekarang power dah hilang, barusan aja amrik diancam sama china, “jika amrik (armada) merapat bersandar ke taiwan maka china akan menginvasi taiwan”, kayaknya amrik bakal mundur tuh hahaha

          • Terakhir china mundur bung ketika digertak usa dgn beberapa carrier strike group di tahun 1996 terkait ancaman pemilu demokratis pertama taiwan dgn latihan militer china di dekat wilayah taiwan
            maklumlah negara satu partai paling alergi yg namanya demokrasi atau musyawarah

          • Aku tertarik dgn china apalagi amrik yg jelas2 mengizinkan inggris utk menjatuhkan bom nuke di jakarta ketika era bung karno, kalau sy jelas NKRI dan wajib bela bung 😀

          • Aku tidak tertarik dgn china apalagi amrik yg jelas2 mengizinkan inggris utk menjatuhkan bom nuke di jakarta ketika era bung karno, kalau sy jelas NKRI dan wajib bela bung … 😀

          • Tidak semudah itu menjatuhkan nuklir ke negara yg tidak memiliki Nuklir. Buktinya Jakarta masih ada sampai sekarang tuh.

          • Dokumen nya aja sudah di keluarin sama amrik sendiri to agato, jgn cuma berasumsi pribadi aja dong wkwk

          • Lah, Tu-16 kita dah kejar-kejaran sama pespur Inggris. SAS udah tembak2an sama tentara kita di Kalimantan Utara. Jadi kurang apalagi?? Itu sah jelas konflik bersenjata apalagi KAKI udah ngebom Singapura. Kenyataannya Vulcan tidak terbang keatas Jakarta sambil jatuhin bom nuklirnya kan??

          • Inggris menyiapkan nuklir dan mengebom Jakarta kalo Indonesia berniat pake nuklir hasil pengembangan dari Uni Soviet. Inggris sudah bersiap karena Indonesia dan Uni Soviet membangun reaktor nuklir di Serpong dan percobaan roket Kartika yg dianggap sebagai ujicoba balistik misil oleh Inggris dan sekutunya. Kenyataan bahwa Reaktor Serpong tidak bisa mengaya uranium dg kadar yg berat maka Inggris menunda peluncuran bom nuklir hingga akhirnya Indonesia memilih damai dg Malaysia dan menghentikan Konfrontasi. Gitu Bung Bamboo.

          • Typo: KKO, bukan KAKI.

          • http://historia.id/sains-teknologi/kisah-bom-atom-buatan-indonesia

            Siwabessy, yang dipercaya menjadi direktur jenderal LTA, lalu membuat blue print pengembangan nuklir nasional. Selain memberi beasiswa kepada anak bangsa ke berbagai negara untuk mempelajari nuklir, LTA aktif berkeliling untuk mempelajari nuklir. Berbagai kerjasama juga dijajaki, yang terpenting dengan Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA).

            Kerjasama itu membuat Indonesia mendapatkan bantuan dari AS. Pada Juni 1960, Indonesia menandatangani kerjasama bilateral di bidang nuklir dengan AS di bawah program “Atom for Peace”. Selain memberi dukungan dana sebesar 350 ribu dolaruntuk pembangunan reaktor nuklir, dan 141 ribu dolar untuk riset pengembangan. AS juga mengirim tenaga ahlinya. Meski menuai pro-kontra, Indonesia berhasil membangun reaktor nuklir pertamanya, Triga-Mark II, pada April 1961.

          • https://satuislam.org/nasional/kisah-bom-atom-buatan-indonesia-yang-bikin-amerika-kelabakan/

            Namun, kerjasama itu perlahan berubah bentuk seiring berubahnya hubungan Indonesia-AS. Kematian Presiden John F. Kennedy membuat hubungan Indonesia-AS tak lagi mesra. Sukarno makin lantang mengkampanyekan perlawanan terhadap neokolonialisme dan imperialisme yang ditopang negeri-negeri tua seperti AS.

          • Banyaklah membaca supaya anda tidak beropini… carilah sumber kredible untuk mendukung pendapat anda, sekarang anda tahu kan kalau Nuklir/atom Indonesia didapat dari teknologi USA dan bukan USSR… poros peking ternyata berhubungan dengan ini (saya juga baru tahu hal ini)… tolonglah dibaca, disitu ada rencana kapan Indonesia mau uji coba bom atom waktu itu yang akirnya mebuat heboh seluruh kawasan

          • Inggris menyiapkan nuklir dan mengebom Jakarta kalo Indonesia berniat pake nuklir hasil pengembangan dari Uni Soviet. Inggris sudah bersiap karena Indonesia dan Uni Soviet membangun reaktor nuklir di Serpong dan percobaan roket Kartika yg dianggap sebagai ujicoba balistik misil oleh Inggris dan sekutunya. Kenyataan bahwa Reaktor Serpong tidak bisa mengaya uranium dg kadar yg berat maka Inggris menunda peluncuran bom nuklir hingga akhirnya Indonesia memilih damai dg Malaysia dan menghentikan Konfrontasi. Gitu Bung Bamboo

            —————

            Kok Kayaknya Ini Opini Pribadi Ya?.

          • Itu kan 1 artikel yg disalin oleh website lainnya Bung Yuli. Dan artikel itu jelas mendukung pendapat saya walopun sayang disitu tidak dijelaskan dg gamblang. Indonesia tahun 60an lewat Bung Karno ingin membangun senjata nuklir Lewat Tiongkok setelah diprakarsainya Poros Jakarta-Beijing-Moskow. Jelas kerjasama nuklir lewat reaktor mini Triga Mark 2 bukan dibuat untuk tujuan pengembangan senjata nuklir tapi tujuan damai. Karena sikap Bung Karno lah yg bergabung pada Komunis China-Rusia makanya Bung Karno ingin mendapatkan kemampuan membangun senjata nuklir. Ingat, USA tidak berencana membuat Indonesia bisa membangun bom nuklir tapi nuklir untuk tujuan damai. Tahun 60an India, China, Pakistan, dan Korut sedang belajar2nya membuat bom nuklir. Indonesia tak mau ketinggalan, itulah sebabnya Inggris menyiapkan bom nuklir di Singapura karena saat itu sedang berlangsung konfrontasi Malaysia dengan Indonesia. Wajar bila Inggris dan USA khawatir karena bila lancar, dalam 5 tahun saja Indonesia bisa buat nuklir serta bisa saja digunakan dalam konfrontasi. Bom nuklir Inggris disiapkan hanya untuk berjaga2 saja. Nah, Bung Yuli bisa menangkap gambaran besarnya kan??

          • Loh, opini atau pendapat dari seorang pengamat/analis itu dibangun dari justifikasi yg didasarkan atas fakta yg ada. Kalo opini ngawur itu pendapat tanpa fakta kayak si Huha itu.

          • Nuklir cuma gertakan bung sama dgn ancaman nuklir argentina dulu oleh si margaret thatcher waktu perang falkland lagian konfrontasi dgn malay juga obyektifnya kepo bener mau daerah kalimantan utara berdiri sendiri atau menghancurkan federasi malay di semenanjung
            maklumlah bisikan halus kuminis di telinga pak karno sangat kuat
            Namun kita juga gak kalah kok dari konfrontasi tersebut cuma mundur teratur dgn hasil brunei dan singapura memisahkan diri dari federasi malay
            Kah kah kah

          • Reaktor Serpong adalah reaktor ketiga RI setelah Bandung & Yogya, dibangunnya tahun 1987 !

        • Kalau dlm permainan sepakbola, strategi bertahan mulu tidak memasukan gol itu tidak dianjurkan bagi semua pelatih lho

          😀

          • Nih ada Mourinho, emang gak tau ya?? Strategi serangan balik juga gak kalah ampuh kok.

          • hahahaha..bung bamboo ya iya lah pada prinsipnya harus meyerang habis…sama dg beli bakso .. masa abis beli bakso cuma untuk di liatin doang

          • Baca lagi komen ku to agato, jgn asal nulis doang wkwk

          • Betul bro peuteuy, masa baso cuma dilihat aja, ntar bisa dilempar sendal sama penjual nya ya kan wkwk

          • Lah bahasanya kan ttg sepakbola, emangnya bahas main Halma???

          • Neh baca lagi, komen sy sdh tak setting sulit dibantah, jika tetap di bantah maka akan tak analogikan dgn “knapa amrik tdk bertahan aja tp suka menyerang?”

            ————–

            Kalau dlm permainan sepakbola, strategi bertahan mulu tidak memasukan gol itu tidak dianjurkan bagi semua pelatih lho

          • Hiya malah dibahas seriusan. Hhhhhhhhhh…. USA tak pernah menyerang duluan tanpa alasan yg jelas. Pernahkah USA menyerang negara lain tanpa pemberitahuan atau alasan konyol: karena penduduk dan bahasanya sama dg yg dipakai oleh warga Amerika?? Gak pernah kan. Kecuali Beruang Kutub mabok Vodka.

            Hhhhhhhhhh

          • Ngeles dan muter2 lagi to

            Wkwk

          • Yang penting gak mabok Vodka.

            Hhhhhhhhhh

          • Emang ngelesnya dimana coba.

          • Sop strategi perang dari ribuan tahun itu mah
            Pertahanan terbaik adalah menyerang

          • Berarti Bung Anu udah melupakan pertempuran Peloponessos, Waterloo, Midway, dan bahkan Stalingrad. Itu semua diawali oleh pertahanan disiplin yg baik dan kemampuan membaca gerakan lawan seperti Cattenatio yg disempurnakan dg Parkir Bus ala Mourinho.

            Hhhhhhhhhh

          • Tapi Tetep Opsi First Strike Lebih Menjanjikan Tingkat Keberhasilannya Daripada Defensif

    • Saya tidak pernah percaya apa yg disampaikan oleh tentara apalagi pimpinan mereka. Buktinya peristiwa 65 dan 98 aja mereka tidak mau mengaku dan diusut.

      • wuih ….sales viper ..lg konsen bahas yg super berat nih .. kembali ke viper aja lebih asik…… hihihihi

        • Ane cuma mau bales komentar sesuai topik dari pendapat yg diomongin oleh Warjager kok. BTW Bung Peteuy dukung Ane ya, ato Ane bakal mengembargo dan menolak untuk beli bakso lagi ditempat Bung Peteuy loh.

          Hhhhhhhhhh

          • ane sih penikmat yg blm deal aj..lebih asik dg teka teki .. namanya tukang bakso.. y harap maklum ane pengen untung dr rasa penasaran biar kuahnya lebih gurih dan segar… hihihihi

      • Protes boleh saja bung namun jgn sampai terbawa arus. rasionalitas juga dipake hampir semua setiap pengusutan peristiwa masa lalu semuanya berunsur politis semisal partai komunis china yg membakar nasionalisme rakyat china daratan sekaligus mengukuhkan kekuasaan partai tersebut dan mencegah reformasi china terjadi kembali(tiananmen 1989 adalah kegagalan reformasi 98nya rakyat china daratan) dgn mengungkit2 kejahatan perang jepang di masa lalu padahal seharusnya pemerintahan partai republik kuomintangnya taiwan lah yg berhak mengajukan pengusutan karena waktu kejadian tersebut merekalah yg berkuasa lagipula beberapa kali perdana menteri jepang sudah meminta maaf atas peristiwa nanking tersebut.
        Partai kuminis china juga melalui pasukan internet wumaonya di medsos weibo mereka juga mempolitisasi tragedi 98 dan 65 bahwa kita membantai 400 ribu orang china di tahun 65 dan ratusan ribu di tahun 98.
        Jadi jgan heran para wumao di medsos seperti youtube dn lain2 juga menyudutkan kita supaya kita kena sanksi barat lagi dan membuat kita tak punya pilihan selain merapat ke mereka.

  5. Wah, dari 70 komentar diatas, 20nya dari Ane sendiri. Luar biasa. Ah istirahat dulu Ah. Makan bakso dulu buat ngisi tenaga.

    Hhhhhhhhhh

  6. sapa yang main dimari bawa bawa puppy mana engak dirante lagi……!!!!
    ❗ 🙁

  7. [[235308179897232]] 👿

  8. :kiss: :heart:

  9. :* :Glasses: 😀

  10. komenan si atas .Asli Super . trmksih buat ilmu nya om smua.

    • sama sama bung….!!!
      saya mewakili teman teman loh bung….kalo komen saya angap angap sampah aja….maklum lagi ngobrol dengan puppy….bahasa rada ribet…..!!!! 😀

 Leave a Reply