Jul 202019
 

Mock up Jet tempur KFX/IFX

Jakarta, Jakartagreater.com   –   Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto mengatakan pemerintah mencoba menegosiasi pembayaran kerja sama pengembangan pesawat tempur KFX/IFX dengan skema imbal beli.

“Kita sedang menyesuaikan, misalnya pembayaran nanti untuk tahap-tahap berikutnya tidak harus dengan tunai, misalnya imbal beli,” jelas Wiranto usai rapat koordinasi khusus di kantor Kemenkopolhukam Jakarta, Kamis, dirilis Antara, pada Jumat, 19-7-2019.

Wiranto mencontohkan salah satu skema yang ditawarkan yakni produksi alat-alat pertahanan Indonesia yang dapat dibeli oleh pihak Korea Selatan. Misalnya pesawat CN235 yang saat ini sudah dipakai Korea Selatan.

Wiranto berharap upaya negosiasi yang sedang dijalankan tetap mengedepankan nilai-nilai persahabatan. Namun kata dia, tetapi jangan sampai Indonesia yang juga ingin menghemat APBN sampai terdesak untuk mengucurkan dana-dana yang cukup besar.

“Ini dinegosiasikan, yang penting kita maksimal untuk berusaha,” ujar Wiranto. Sebelum pelaksaan Rakorsus, Wiranto mengatakan hal itu menjadi tugasnya untuk melakukan negosiasi dengan pihak Korea Selatan, yang mana program itu sudah disepakati oleh kedua presiden dalam pertemuan tahun lalu.

Wiranto mengatakan pihak Indonesia menunjuk dirinya sebagai koordinator dan Menteri Pertahanan Korea Selatan sebagai ketua tim dari negara mereka.

Wiranto menyampaikan di satu sisi Indonesia ingin mengurangi pembagian dalam program itu, tetapi tidak ingin juga mengangu persahabatan kedua negara antara Indonesia dan Korea Selatan yang sudah lama dan berlangsung baik.

Tetapi di sisi lain, Indonesia juga tidak ingin kehilangan kesempatan untuk alih teknologi. Hal itu kata Wiranto sesuai dengan orientasi Presiden Jokowi untuk lima tahun ke depan meningkatkan pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

Hingga akhir tahun 2018, proses pengembangan pesawat tempur generasi 4,5 yang merupakan kerja sama antara Indonesia dan Korea Selatan, KFX/IFX, sejak 2011 sudah mencapai 20 persen.

Pesawat-pesawat tempur ini ditargetkan baru bisa diproduksi massal pada 2026 usai uji coba dan sertifikasi. Sementara jumlah pesawat yang akan diproduksi mencapai 168, dengan rincian Korea Selatan akan memiliki 120 pesawat terbang dan Indonesia 48 unit.

  54 Responses to “Skema Imbal Beli dalam Pengembangan Pesawat KFX/IFX”

  1.  

    Knp ga ngutang aj,Kn udh biasa ini…

  2.  

    Masih gen 4,5 toh
    Bukan pesawat siluman berarti
    Setengah setengah

  3.  

    Menjadikan pespur kfx menjadi pespur siluman membutuhkan biaya dan waktu yg banyak selain itu korsel jg harus beljar dari as utk bisa membuat pespur siluman yg jadi masalah amerika memberlakukan pembatsan dlm memberikan teknologi pespur silumannya bahkan pada sekutunya sendiri tentunya dgn alasan keamanan dan yg lbh penting agar pasar pespur siluman f 35 tdk bisa disaingi oleh negara lain yg bsa memproduksi pespur siluman yg harganya mungkin lbh murah.

  4.  

    Tapi Hal ini dianggap lucu dan Plinplank…..Korea sudah berbaik hati dalam hal TOT , baik kapal selam , pesawat tempur, dan dari awal sudah ada perjanjian bahwa biaya pembuatan pesawat Kfx/Ifx Indonesia menanggung 20% dan berupa Bukan barang Komoditi, tetapi Cas….sekarang mau nego dalam bahas gak malunya mencoba bernegoisasi dg barang Komoditi….Ini menunjukan bahwa , selama pemerintahan Jokowi hanya Penumpukan Hutang yg semakin membengkak….Seandainya kedepan setelah pemerintahan Jokowi tidak ada peningkatan Ekonomi dan Bangkrut…siapa yg naggung…PASTI RAKYAT….Pikirkar Perasaan Hati Rakyat….Terimakasih…Maaf Jangan Marah…ini saran dan kritikan…Kalo Marah berarti Indonesia bukan Demokrasi Rakyat…

  5.  

    saya usul bgmn kalo ada masa pemerintahan yg khusus u mengembalikan hutang2 negara , so tidak ada hutang lagi ..kalau akan ada pembangunan tdk usah berhutang , seadanya duit saja …HARUSNYA MULAI DIPIKIRKAN ..krn hutang yg besar akan membebani rakyat bangsa dan negara Indonesia terus menerus .

  6.  

    Produksi massal 2026.?. disaat itu sdh ada pesawat genre 6 kali ya? Hehehe…

  7.  

    prototype tahun 2026 tp masih gen 4++…

  8.  

    Disaat yang laen sudah muncul prototipe gen 6

  9.  

    Kalo mau Indonesia bisa kayak Perancis generasi ke-4 langsung ke-6. Tapi entahlah.

  10.  

    Aneh…

  11.  

    campret gato ini…!!!
    pas gue engak komen aja meraja lela…pas gue komen,,,engak nongol nongol…!!!

  12.  

    Ini project ngabisin APBN. Kenapa harus dengan korea? Belajar membaca dari orang yg sedang membaca juga. Kenapa tidak dgn negara lain yg sudah mapan secara teknologi dan kemampuan membangun pespur dari scratch. Pasti ada negara2 yg tertarik. Entah eropa barat atau eropa timur.

    •  

      Kenapa Indonesia mau join ama Korsel, karena Korsel udah pengalaman dg T-50/FA-50. Selain itu jangan remehkan teknologi yg dimiliki Korsel, karena soal itu Korsel tidak kalah dari Eropa Barat. Eropa Barat bisa berkembang Aviasi termasuk rancang bangun pespur karena mereka sudah memulai sejak awal pengembangan pesawat terbang dan Aviasi.

      Kenapa gak join ama Eropa Timur khususnya Rusia?? Karena kalo mau join ama mereka, Ente harus keluar duit yg luar biasa banyak. Maklum, mereka juga butuh duit. Itu aja gak bisa dikasih utuh kecuali Ente nyuri teknologi kayak China. Selain itu syarat lainnya adalah haluan politik pemerintah juga harus condong kesana, itu mustahil bagi Indonesia karena Indonesia mengenal Haluan Bebas Aktif. Kalo ngeyel, akibatnya bakal kayak tahun 65.Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

    •  

      Intinya sekarang ini, lupakan kapabilitas nya yang udah ketinggalan jauh pada masanya. Kita masih bertahan di proyek ini demi SDM.

  13.  

    Namun, setelah penandatanganan pada Januari 2016, Indonesia dalam waktu kurang dari dua tahun menghentikan pembayaran iuran KF-X karena menganggap manfaat program tersebut tak sebanding dengan ongkos yang dikeluarkan.https://www.google.com/amp/s/amp.tirto.id/pemerintah-akan-kurangi-share-proyek-pesawat-tempur-kfx-dan-if-x-eewW

  14.  

    kalou dilihat dari komentator disini sekarang…dah pada melex semua kayaknya…tapi sayang para pembuat kebijakan dan kewenangan masih lugu semua…masih berharap ada negara lain berbaik hati mau ngasih sesuatu kekita tanpa bersusah susah dan tanpa modal besar…!!!
    jadi baiknya ganti aja para pejabat sama fansboy…genah…gagal juga engak malu maluin…nama nya juga fansboy too…waxaxaxaxa…

    •  

      Apa perlu Kementrian Pertahanan diisi oleh Warga Jakarta Greater ??? Hehehe

      •  

        kalou menhan itu engak menarix…kementrian ekonomi baru ada tantanganya…8 sampai 10 % pertumbuhan ekonomi…apa engak guncang dunia…kalah ketenaran putin sama donald…jelas banyak masalah bangsa bisa teratasi….engak kayak sekarang…bayar cicilan dan bunga utang aja dah senen kamis…itu ratusan tahun baru lunas…itu juga kalou engak nambah tuh kutang…wkwkwkawk…!!!

        •  

          Aming jadi menkeu atau menko ekuin juga percuma, uangnya buat nyembunyiin si pria dari Huha. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

          •  

            orang beriman itu jarak pandangnya luas dan jauh dex gato…bukan cuma ngupex urusan dunia tox…jadi panjang pola pikirnya…!!!
            jadi orang yang melakukan dosa dan salah itu tidak beriman…setidaknya waktu melakukan kejahatan tersebut…!!!
            kalou engak percaya tanya bang napi(preman)…..

            …!!!

        •  

          sehebat apa pun dan sepintar apa pun menhan…kalou engak didukung dana besar…sama aja macan ompong…contoh menhan negara adi daya…anak tk juga yang jadi menhan pasti sangar…kayak mana wang banyak…mau program apa pon berjalan…mau shooping juga borong borong…naa kalou kere…???

    •  

      Memang Betul Bung @aming lee Orang Beriman itu selain memikirkan urusan Dunia dia juga harus memikirkan kehidupan Darrul akhiroh (negeri-negeri akhirat). Mungkin didunia ini yang paling berharga adalah harta tahta wanita serta uang akan tetapi di akhirat kelak itu semua tidak manfaatnya tidak ada gunanya kecuali “Iman dan amal Sholeh”…

  15.  

    Jangn ngimpi bisa buwat pespur sndiri. Karena pespur itu senjata ampuh. Tracknya ja tambah mundur trus, dulu sampai 2023 sekarang sampai 2026.
    Mndingan sama turki jlas jdnya.
    Amerika ja ga suka ktika turki mmbeli s400.
    Mmbuat pespur dngan general electrik ( inggris) pun jd batal krna amerika ktakutan.
    Akhirnya buat sndiri sama rusia. Baru bisa trwujud.

  16.  

    Nih negara yg pro as & israel
    Inggris, perancis, korea, taiwan, filipuna, singapura, india, hongkong, australia dll

    Negara yg pro rusia
    Cina, korea utara, vietnam

    UNBLOCK
    Indonesia

    SENDIRI
    TURKI

  17.  

    xixixixi……
    gue kira mau lanjut debat politikus dan tim sukses…ngak tau nya cuma seencrit doang…padahal gue dah siap kopi dan pengorengan nya sekalian…aaah engak seru ni orang…!!!