Slovakia Mulai Latih Calon Pilot F-16

Jet tempur F-16 Viper

Angkatan Udara Slovakia telah telah memilih 12 calon pilot pertama untuk menjalani pelatihan jet tempur F-16, lansir spectator.

Enam pilot pertama telah menyelesaikan pelatihannya di Slovakia dan akan melakukan perjalanan ke Amerika Serikat musim gugur ini untuk menjalani latihan tahap kedua, tulis TASR newswire.

Enam pilot lainnya saat ini sedang menjalani pelatihan nasional, yang akan berakhir pada tahun 2020, kata juru bicara Kementerian Pertahanan Danka Capakova.

Militer Slovakia berencana merekrut 22 pilot F-16 seperti yang disepakati dalam kontrak dengan AS.

Kementerian Pertahanan sementara itu mengalokasikan anggaran untuk merekonstruksi bandara Sliac (Wilayah Banska Bystrica), tulis harian Hospodarske Noviny.

Proyek rekonstruksi bandara, diajukan kepada pemerintah dengan dengan anggaran sebesar € 55 juta, dan harus disetujui Pemerintah karena jet tempur F-16 yang dibeli oleh kementerian akan ditempatkan di bandara Sliac.

Keputusan itu muncul tak lama setelah Kementerian Pertahanan menolak investasi € 105 juta dari AS untuk memodernisasi dua bandara militernya pada bulan Maret.

Kegagalan merenovasi bandara dikhawatirkan akan melanggar kontrak dan menghilangkan garansi jet tempur dari produsen pesawat.

Modernisasi bandara, dibagi menjadi tiga tahap dan harus selesai pada saat 14 jet tempur F-16 buatan AS tiba di Slovakia pada tahun 2022 dan 2023.

“Sesuai ketentuan, masing-masing jet tempur baru harus ditempatkan di hanggar yang dihangatkan dan terisolasi, dan negara pembeli harus melakukannya,” kata analis dan pilot Institute for Transport and Economy, Peter Kunkela, seperti dikutip oleh Hospodárske Noviny.

Tinggalkan komentar